Langsung ke konten utama

Wonderfull "Digitalisasi Pariwisata" Indonesia.

Fenni Bungsu (Wisata) - Hai...jumpa lagi dengan saya yang akan memberikan informasi #KetjeCiee mengenai wisata. Pembahasan tentang pariwisata boleh dikatakan menyenangkan dan membuat penasaran. Pasalnya, semakin banyak tempat menarik yang diekspos dan masih banyak pula yang belum terjangkau publisitas sehingga ingin dikunjungi. Dari situlah, dalam forum diskusi yang dihadirkan oleh IndoTelko menarik untuk disimak, sekaligus merayakan hari jadi yang ke -6, IndoTelko menggelar seminar bertajuk Digitalizing Wonderful Indonesia dengan menghadirkan para narasumber dari berbagai bidang, yaitu :

Dok. Pribadi



Dok. Indotelko.com


- Doni Ismanto Darwin selaku Founder IndoTelko Forum dan Pemimpin Redaksi IndoTelko.com

- Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Keynote Speaker.

- Alex J Sinaga, Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Unlocking Digital Indonesia).

- Indra Utoyo, Direktur Digital Banking  & Teknologi Informasi Bank BRI.

- Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II

- Gaery Undarsa, Chief Communication and Founder Tiket.com

- Suhono Harso Supangkat, Ketua Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIC), Opponent Speaker.



Acara ini dibuka oleh Doni Ismanto Darwin selaku Founder IndoTelko Forum dan Pemimpin Redaksi IndoTelko.com menyampaikan bahwa, Synergy among us is a must! Dengan kecepatan, kesolidan, dan kecerdikan bisa membuat Indonesia menjadi besar dan lebih baik di masa depan.

Dok. Pribadi

Perolehan devisa Indonesia meningkat pada tahun 2016, sehingga dapat dikatakan bahwa pertumbuhan pariwisata di Indonesia naik dengan konsep digitalisasi Wonderfull Indonesia dari pemerintah.

"Kita bisa mengalahkan Malaysia, Singapura, dan Thailand. Tahun ini jumlah wisatawan macanegara yang datang ke Indonesia tumbuh 24 persen, sementara Thailand 6,69 persen, Singapura tumbuh 3,83 persen, Malaysia hanya naik 0,87 persen," terang Menteri Pariwisata, Arief Yahya.



Dukungan kepada pemerintah disampaikan oleh Alex J Sinaga, melalui infrastruktur telekomunikasi yang memadai agar banyak netizen yang berwisata ke Indonesia. Sebab biasanya pelancong akan memposting foto  foto liburan ke media sosial. Namun, terdapat tiga tantangan yang harus diselesaikan bersama, yaitu meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk pembayaran secara digital, masih banyak yang belum paham teknologi, dan belum sepenuhnya digitialisasi pariwisata.

Dok. Pribadi ~ slide seminar


Perbankan mendukung agar pertumbuhan pariwisata Indonesia meningkat dengan memudahkan sistem pembayaran yang terkait industri pariwisata dan juga merilis edisi kartu kredit yang menampilkan 10 destinasi wisata baru Indonesia untuk membantu mempromosikan pariwisata.

Dok. Pribadi ~ slide seminar


[Baca Juga: Hanya 5 Hari Kriya Nusa 2019 di Balai Kartini]

Begitupula halnya pada sebagian besar bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II telah mendigitalisasi layanan. Sebabnya, melalui aplikasi orang  orang dapat lebih mudah merencanakan terutama kapan waktu untuk berlibur.

Dok. Pribadi ~ Slide seminar


Jadi dengan era digital seperti sekarang ini, diharapkan kemajuan industri Tanah Air semakin berkembang lebih baik, dan memudahkan para pengguna, terutama di bidang pariwisata, WonderfullIndonesia. Yuk Majukan Pariwisata Indonesia, dan selamat ulang tahun IndoTelko yang ke -6. Baiklah, sampai jumpa di reportase saya selanjutnya. Tetap #SemangatCiee.

Dok. Pribadi ~ slide seminar



Komentar

Annafi mengatakan…
Seneng banget, ternyata banyak turis mancanegara yang tertarik dengan Indonesia 😃 semoga dengan kemajuan teknologi di Indonesia dan maraknya influencer di sini bisa mengajak orang luar negeri untuk main lewat medsos 😄
Tian lustiana mengatakan…
zaman now ya digitalisasi itu imbasnya keren, termasuk digitalisasi pariwasata
Gita Siwi mengatakan…
Dukungan perbankan ini keren ya dengan CCnya tentang destinasi Indonesia. Akhirnya kalau bukan kita siapa yang akan mengenalkan tentang negeri tercinta Indonesia ini.
Utie adnu mengatakan…
Inilah gunanya digital bisa menarik turis mancanegara maupun domestik untuk.mengexplore keindahan negri kita
Valka mengatakan…
Nah, gitu dong jangan mau kalah dengan pariwisata dari negeri tetangga! Yakin deh kalau Indonesia terus berinovasi kayak gini makin banyak turis asing yang datang dan semakin banyak turis lokal yang berwisata di dalam negeri :)
Sara Neyrhiza mengatakan…
Menarik sekali..dengan sistem digitalisasi seperni ini akan mudah akses berbgaai informasi yang dibutuhkan para turis. Semakin mudah juga destinasi wisata Indonesia terpetakan
Agustina Dwi Jayanti mengatakan…
Pariwisata Indonesia tidak kalah dengan negara lain ≥3≤
Anisa Deasty Malela mengatakan…
Baru tahu loh saya kalau pariwisata atau wonderful Indonesia sudah digitally akses :) semoga makin banyak wisman yang datang ke Indonesia yaa
Fenni Bungsu mengatakan…
Iya karena melalui medsos itulah bisa mengembangkan pariwisata
Fenni Bungsu mengatakan…
Bener mbak Gita, kita pun harus mengenalkan pariwisata negeri kita sendiri
Fenni Bungsu mengatakan…
Iyes mbak.. Memanfaatkan peran digital dengan cara yang positif
Fenni Bungsu mengatakan…
He em kak, harus kita sendiri yang promosikan wisata negeri.
April Hamsa mengatakan…
Ingin sekali keliling2 Indonesia, apa daya kadang lbh mihil dari kalau melipir ke negara tetangga yg deket2 :(
Semoga inovasi pembayaran digital ini bisa mempermudah, bahkan kalau bisa mempermurah (haha) wisatawan lokal yang mau liat2 negerinya sendiri yaa TFS
Fenni Bungsu mengatakan…
He em mbak, dengan begitu pastinya devisa negara akan bertambah
Fenni Bungsu mengatakan…
Aamiin, kita doakan yang terbaik.
Fenni Bungsu mengatakan…
Hahaha, iya juga, kalau dipikir-pikir malah lebih murah ke negara tetangga ketimbang menjelajah negeri.

Semoga pariwisata Indonesia semakin lebih baik lagi
Mardiah mengatakan…
Indonesia memang selalu bikin banggaaaaa. semoga pariwisata di Indonesia semakin maju dan tidak semakin banyak oknum yang memanfaatkan uang, karna kadang tuh ke Indonesia apalagi tempat yang viral, banyak yang mintain uang nya berlebihan :( padahal boleh dikenakan biaya tp kalau terlalu mahal kan jadi kapok..
Novitania mengatakan…
hal hal kaya gini nih, yang aku harapkan terus dikembangkan. biar Indonesia makin dikenal baik di laura negeri sana, TFS kaka
Fenni Bungsu mengatakan…
Nah ini yang memang harus diberantas. Kan yang rugi siapa
Fenni Bungsu mengatakan…
He em, #SemangatCiee Digitalisasi Pariwisata Indonesia