Langsung ke konten utama

6 Hal Ini Sebab Belanja Online Jadi Pilihan


FenniBungsu (Bisnis) -- Belanja online bukan lagi sesuatu yang hanya diminati oleh kaum hawa saja. Teman kerja saya, yang laki-laki ada yang suka juga belanja online, terutama untuk membeli tas. Sebab praktis dan efisien menjadi daya tarik tersendiri sehingga dengan hanya bermodalkan perangkat media dan internet, masyarakat dapat berbelanja kebutuhan tanpa harus mendatangi lokasi market tersebut. 



 
Bahkan pernah terkait online shop ini, dijadikan tema dalam event menulis. Alhamdulillah-nya saya terpilih sebagai kontributor 😍

[Baca Juga : Antologi Event Online Shop]


Belum lagi bermunculannya ragam e-commerce yang menawarkan keunggulannya masing-masing, sebut saja adanya promo ongkos kirim gratis, buy 1 get 1, flash sale, dan sebagainya.  Atas dasar itulah, saya hendak membagikan 6 Hal Ini Sebab Belanja Online Jadi Pilihan, sebagai berikut: 


📱 Di website maupun aplikasi e-commerce biasanya kita dapat mengetahui reputasi seller melalui adanya label bintang. Semakin tinggi labelnya berarti semakin baik, begitupun sebaliknya. Ini sangat bermanfaat untuk yang baru pertama kali belanja online.

6 Hal Ini Sebab Belanja Online Jadi Pilihan
Ilustrasi from pixabay


👜  Bisa melakukan pencarian produk yang serupa atau sama dari seller yang berbeda. Dengan begitu, kita bisa memilih mana yang paling sesuai sama kondisi di kartu debit, hehe.

👞 Adanya pilihan ragam metode pembayaran bisa disesuaikan dengan kondisi kita. Misalnya saja ingin bayar tunai ah, biar langsung lihat produknya karena sudah terbawa mimpi semenjak hari lalu 😂. Atau justru bayarnya melalui teller, virtual account, minimarket maupun layanan payment lainnya.

6 Hal Ini Sebab Belanja Online Jadi Pilihan
Ilustrasi from pixabay


💻 Notifikasi yang terhubung antara aplikasi/web e-commerce dengan email maupun nomor handphone, memudahkan kita untuk memantau apakah kita benar memesan barang tersebut, kapan barang akan dikirim, dan barang sudah diterima.

🚲  Fitur chat dengan CS (Customer Services) dapat kita andalkan untuk bertanya ataupun complain.


👗 Tersedianya fitur retur, yang memungkinkan saja ada barang yang tidak sama dengan foto, salah warna, salah kirim, dan sebagainya. Tentunya metode pengembalian barang ini disesuaikan dengan kebijakan e-commerce masing-masing.  


Dimanapun kita berbelanja, baik itu secara online maupun tidak hendaklah tetap bijaksana. Pastikan bahwa yang dibeli adalah yang benar-benar dibutuhkan atau untuk hadiah kepada teman karena sedang berulang tahun, misalnya. Jangan kalap, semua dibeli tanpa berpikir panjang hanya karena melihat lambang %. Padahal belum tentu itu artinya diskon, mungkin saja maksudnya persentase potongan harga, wkwkwk, sama saja yak.

Baiklah selamat berbelanja dengan bijaksana. #SemangatCiee untuk bertemu lagi di edisi selanjutnya.

Komentar

Ursula Meta Rosarini mengatakan…
Kayak aku nih suka bgt belanja online, tp buat barang2 tertentu doang sih, kalau sepatu/baju aku jarang beli online skrg, sering kecewa sama bahan & ukurannya hahaha
Fenni Bungsu mengatakan…
Hahah, daku juga pernah sih mbak pas beli baju ternyata ukurannya kebesaran. Akhirnya buat kakak, 😂. Jadinya memang untung-untungan yah, pas nya.
Khairunnisa Z Putri mengatakan…
Biasanya kalau belanja online nisa sering kalap 🙊 apalagi kalau ongkir murah duh langsung di masukin kekeranjang deh 😂😂
Fenni Bungsu mengatakan…
Daku juga gitu mbak, apalagi ada yang menarik hati, haddeh bingung deh nolaknya 😁
Akarui Cha mengatakan…
Iya banget. Hampir dari senua poin di atas lah yang sukses bikin saya betah belanja online. Ditanbah, nggak perlu berpanas-panasan keluar rumah. Sayangnya memang karena belanja online, jadi perlu sabar menunggu barang pesanan tiba.
Akarui Cha mengatakan…
Iya banget. Hampir dari senua poin di atas lah yang sukses bikin saya betah belanja online. Ditanbah, nggak perlu berpanas-panasan keluar rumah. Sayangnya memang karena belanja online, jadi perlu sabar menunggu barang pesanan tiba.
Fenni Bungsu mengatakan…
Iya memang.
Meski begitu sebenernya bisa pilih yang sehari sampe, cuma tentu saja ongkirnya lumayan, haha
Tian Lustiana mengatakan…
Belanja online terus mendapatkan poin, kan asik. Belanja online pun makin semangat hehe
Mara solehah mengatakan…
Aq jg suka belanja online terutama skincare dan kosmetik. Kalau baju udah kapok deh, beli kegedean mulu,sepatu jg udh kapok beli sepatu 3x cm sekali yg puas, 2nya zonk.

Rani Yulianty mengatakan…
Bener bnget, apalagi saya rempong dengan bocah, jadi lebih praktis belanja online
Gita Siwi mengatakan…
Udah beberapa kali belanja online buat pakaian & hijab. Tetap ya yang terpercaya jadi pilihan apalagi lagi sale hahaha
Ursula Meta Rosarini mengatakan…
Iya mbak, kadang aku udah ukur tuh di badan sesuai ukuran di gambar, tapi barangnya tetap ga sesuai, kesel hahaha
Utie Adnu mengatakan…
Selain hemat waktu praktis juga sih y blnja online gk mesti kluar tinggal trnfers tunggu breng dtg
Juliastri Sn mengatakan…
Belanja online itu praktis, menghemat waktu. Kadang kalo beruntung dapat harga promo plus ongkos kirim gratis. Untungnya dobel :)
Nefertite mengatakan…
Memang belanja online itu enak karena praktis.
Cuma ada barang tertentu yang aku nggak berani belanja online, terutama yang butuh ukuran
Natara mengatakan…
Iya bener kak, aku juga kalo mau belanja online selalu liat jumlah bintangnya... Kalo bintangnya cuma satu atau dua mending cari seller lain ...
Dian Restu Agustina mengatakan…
Aku dan suami tipe online shopper, Mbak..kwkwk. Karena praktis...Duduk manis saja enggak kena macet dan ribet, barang sampe hari yang sama atau esoknya. :)
Akarui Cha mengatakan…
Iya banget nih soal belanja online. Kemudahannya bikin suka lupa kondisi dompet. Apalagi kalo udah liat presentase diskonnya, duh ... kudu kuat kuat nahan diri.
Okti Li mengatakan…
Belanja online memang ada suka dan duka nya ya. Kalau gak cocok bingung mau gimana...

karena itu kalau mau belanja online harus teliti
Amallia Sarah mengatakan…
Bener kal fen belanja online sekarang memudahkan banget buat kita smw nggak perlu lagi ribet ke toko antri ... tinggal buka hp aja kalau sekarang
amathiya mengatakan…
Aaya utk barang2 tertentu milih o line tp utk tertentu yg lainnya pilih offline krn barubsreg stlh liat barangnya langsung hehe..
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
Suka karena gampang dan mudah. Ngga pake repot terus juga kadang kadang kalau beruntung visa dapet harga murah. Ngga repot buat nyari juga
Sigit Agustina mengatakan…
Terkadang kalau sudah buka online shop rencana beli barang 1 menjadi banyak karena tergoda dengan barang yang tiba-tiba muncul dalam pencarian dengan harga yang sedang diskon juga. Apalagi jasa pengiriman barang cepat sudah sampai pula ke daerah saya yang tergolong pelosok daerah. Belanja online memang memudahkan banyak orang.
Utie Adnu mengatakan…
Bener mba praktis hemat dan cepat ... Terlebih nggak kena macet dijalan intinya😉
Hani mengatakan…
Mba ciee. Hihi.
Iya ya mba sekarang mah serba online aja. Biar hemat waktu. Biasanya juga kadang mah lebih murah online. Banyak promonya. Hehe.
mude mudrikah mengatakan…
Hahaa.. memang sih ya kalo lihat lambang % tuh suka langsung ijo mata. Buat aku Belanja online tuh membantu banget, hemat waktu sm aku bisa pilih2 dan bandinging harga dlu