Urutan Pakai Skincare yang Benar dan Lengkap


Urusan penggunaan perawatan kulit, mungkin kerap dianggap sepele. Padahal urutan pemakaian skincare yang benar perlu diperhatikan, agar hasil make up tampil dengan sempurna, dan kulit wajah tetap terawat dengan baik. 


Kesehatan pada kulit wajah ini berlaku untuk semua. Oleh karenanya, tidak hanya dikhususkan kepada perempuan saja perhatian terhadap perawatan kulit, tetapi pria pun setidaknya wajib tahu. Sebab bila kurang tepat penggunaannya atau justru malah tidak dijaga, maka berdampak pada gangguan pada kulit, misalnya jerawat, bruntusan, kusam, bintik hitam, milia, dan sebagainya. 


Urutan pemakaian skincare yang benar, Urutan pakai skincare pagi dan malam, Urutan skincare yang betul, Urutan pemakaian skincare yang tepat , Urutan pemakaian skincare agar wajah glowing, urutan skincare pagi dan malam, urutan skincare pagi dan malam ala korea, Urutan skincare malam, Urutan pemakaian skincare malam, Urutan pemakaian skincare pagi, Urutan memakai skincare, Urutan pemakaian skincare malam hari, Urutan pemakaian skincare emina, Urutan pemakaian skincare scarlett, Urutan pemakaian skincare wardah, Urutan pemakaian skincare ms glow, Urutan pemakaian skincare acnes treatment series, Urutan pemakaian skincare basic, Urutan pemakaian skincare remaja, Urutan pemakaian skincare untuk remaja, Urutan pemakaian skincare cowok, Urutan pemakaian skincare cewek, Urutan pemakaian skincare pria, urutan pemakaian skincare lengkap, urutan pemakaian skincare lengkap untuk pria dan wanita, urutan pakai skincare harian, urutan pemakaian skincare harian untuk wajah,


Kenali Jenis Kulit Wajahmu

Sebelum mengerjakan urutan pakai skincare pagi dan malam, di sini kamu wajib untuk mengenali jenis kulit wajah. Manfaatnya agar produk perawatan kulit yang digunakan adalah memang sesuai dengan kondisi kulit. Jangan malah yang sebaliknya digunakan, misalnya seharusnya kamu membeli produk perawatan untuk kulit berminyak, malah membeli skincare jenis kulit kering. 



Pahami Ingredients Produk 

Kamu dapat mengetahui komposisi produk skincare, bisa membacanya di internet, atau lihat pada bagian belakang kemasan. Ini bertujuan agar produk yang kamu gunakan bebas dari kandungan bahan yang tidak cocok untuk kulit wajahmu. 



Pastikan Kondisi Tangan Bersih 

Sangat penting untuk setiap melakukan apapun kondisi tangan dalam keadaan bersih. Apalagi ini untuk mengaplikasikan produk perawatan ke kulit wajah. Jadi bagian tangan kamu, usahakan bersih dulu ya.  



Lakukan Skincare Pagi dan Malam Secara Berurutan 

Segala sesuatu yang tertib dilakukan, akan memberikan hasil sesuai yang diharapkan. Begitupula melakukan urutan skincare wajah yang betul dari semenjak pagi dan malam hari, yaitu: 


Langkah Penggunaan Skincare Ketika Pagi Hari 

Pagi hari sebelum memulai rutinitas, jangan lupa untuk menggunakan skincare dulu ya, agar wajah terlindungi dari paparan buruk sinar matahari. Nah urutan penggunaannya adalah: 


  • Bersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah (facial wash/foam). 
  • Setelah bersih dan kering, aplikasikan toner wajah. (kalau saya, bagian ini di skip, hehe). 
  • Pakai serum wajah yang dikhususkan untuk pemakaian pagi hari (Ini juga bagian yang kadang ke skip sama saya, haddeh, hehe).
  • Kira-kira serum telah menyerap, lalu gunakan pelembap/moisturizer
  • Tahap terakhir yang menjadi pamungkas skincare pagi hari adalah gunakan sunscreen atau tabir surya minimal SPF 30 sih ya. 



Langkah Mengaplikasikan Skincare Saat Malam Hari 

Malam hari setelah semua rutinitas dilakukan, memang asiknya langsung rebahan dan terlelap. Namun, pastikan dahulu bahwa kulit wajah sudah bersih, agar tidak mudah berjerawat. Caranya mengaplikasikan skincare saat malam yaitu: 


  • Bersihkan wajah dengan make up remover.
  • Lanjut kemudian gunakan pembersih wajah, atau kalau misalnya kamu ingin eksfoliasi juga bisa. Namun eksfoliasi atau scrubing wajah hanya dilakukan seminggu 2 kali saja ya. 
  • Setelah bersih-bersih wajah, lanjutkan dengan toner wajah. 
  • Kemudian pakai serum wajah. 
  • Terakhir bisa dilengkapi dengan mengaplikasikan eye cream dan night cream. Psst, kalau kamu menggunakan eye cream ada catatannya nih, jangan sambil begadang, hehe. Nggak akan maksimal dong hasilnya buat menghilangkan si mata panda, ya kan..


Urutan pemakaian skincare agar wajah glowing ini bisa diterapkan juga untuk remaja. Hanya saja untuk remaja, kondisikan dengan kulit wajah yang sesuai usia kamu ya. Sebab dengan penyesuaian yang tepat dalam melakukan perawatan kulit wajah, bisa menghasilkan sesuai ekspektasi. 


Bukan itu saja, penerapan tahap-tahap pemakaian produk perawatan wajah ini haruslah senantiasa dilakukan secara berkelanjutan alias konsisten. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat menjaga kesehatan kulit wajahmu ya..

Artikel Terkait

Komentar

  1. Wah ternyata gak sembarangan ya misalnya mau pakai skincare. Mau pake serum aja harus pake toner dulu biar hasilnya optimal. Selama ini ternyata saya masih salah dalam memakai serum. Makasih kak info di atas, mau kupraktekin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe wajar kalau Mas yang laki laki mengaku selama ini menggunakan tidak semestinya lah saya aja ini yang perempuan juga malah batu tahu setelybaca artikel ini

      Hapus
  2. Harusnya memang rutin ya mbak pakai skin care ini. Namun saya juga sering lupa, apalagi kalau udah ngantuk, hehehe

    BalasHapus
  3. Skinkeran malam nih, emang pr banget buat aku. Kalo agi, kan, karena sekalian beraktivitas keluar rumah, kalo malam, sering lupa.

    BalasHapus
  4. Yang paling harus diperhatikan ialah kekonsistenan kita sih ya. Perawatan bagus tapi kalau kaclep, alias kadang ingat kadang enggak, tetap hasilnya tidaklah maksimal ya...

    BalasHapus
  5. Aduh, Mbak, kadang saya tuh suka kelupaan kalau udah malam. Maklum kalo punya anak kecil, niatnya mau skincare-an abis ngelonin, eh malah ikut pulas hehehe.... Tapi, memang kalau pengen hasil maksimal yang harus konsisten pake skincarenya.

    BalasHapus
  6. Kalo udah pakai serum saya suka lupa pelembab.
    Trus kalo begadang karena dedlen suka lupa pakai cream malam
    Gak heran kulit wajah jadi blang bentong, hiks 😢😢😢

    BalasHapus
  7. Wah serangkaian ya mbak, sayang, aku kurang serum ini kalau mau ikutan step lengkapnya ya. Sgt membantu informasi ini. Untuk lebih care lagi dengan wajah

    BalasHapus
  8. Iya harus rajin ya Mba... kalau engga nanti menyesal sudah tua nya hehe.... Baru kerasa setelah kita merasakan akibat tidak rajin merawat kulit. Jadi harus memaksakan diri.

    BalasHapus
  9. Uyeaayy, seneng banget nemu artikel kayak gini. Coba bikin infografisnya kak pasti lebih menarik hehe.

    Yap, yg penting adalan rajin alias konsisten, jgn malas skincarean dengan urutan yg tepat kalau mau wajah sehat dan terawat. Nice artikel kak.

    BalasHapus
  10. Memahami urutan pemakaian skincare secara tepat tentunya menjadikan kulit tepat perawatannya ya,Mba. Selama ini saya pun rutin pakai skincare pagi dan malam. Serta tentunya harus paham juga sih jenis kulit sehingga tau jenis skincare yang mana mau diaplikasikan ke wajah

    BalasHapus
  11. Kalau aku sih setiap mandi selalu rajin membersihkan kulit wajah denga facial foam. Ada juga krim pagi yang sudah ada kandungan sunscreen 15 SPF dan krim malam yang bisa menghilangkan komedo dan jerawat. Kalau pembersih dan toner aku pakai jika aku pakai make up bepergian aja. Kalau ga ya ga usah karena aku bisa menggunakan bedak tabur aja yang ringan.

    BalasHapus
  12. Aku juga moody banget nih pake toner pagi hari. Sampe awet banget tuh tonernya. Pake make up remover juga ngga rajin. Paling kalo ngerasa lagi seharian di jalan terus mukanya kena asap gitu. Kalo di rumah bae ya ga pake make up remover. Bener ngga sik?

    BalasHapus
  13. Saya malah hampir ngga pernah pakai sunscreen. Soalnya jarang keluar rumah hehe apa tetap harus pakai sunscreen ya meski di dalam rumah?

    BalasHapus
  14. Merawat wajah sesuai dengan urutan yang tepat, hasilnya juga bakalan lebih maksimal ya Mba Fenni. Harus infoin ke istri nih. Kalo saya sih perawatan wajahnya cukup cuci muka saja. Itu pun kalau inget, kalo lupa ya wis wassalam, hahahaha....

    Makasih infonya ya, keren nih artikelnya, izin save di Google OneNote ya....

    BalasHapus
  15. Ahaha....pakai eye cream tapi begadang maaaah... bakal jadi panda imut atau gimana tuh? :D Teratur merawat kulit wajah ini loh yang aku masih sulit. Apalagi malam. Kalau udah ngantuk berat ya babay aja. Langsung tidur :D

    BalasHapus
  16. Nah ini pas banget untuk yang baru mau belajar menggunakan skincare. Perlahan tapi pasti bisa

    BalasHapus
  17. Hehehehe... Kalau iritan skincare udah khatam kak. Tapi kadnag suka skip di bagian tertentu.

    Apalagi kalau malem. Udah keburu ngantuk. Jadinya pake yang penting-penting aja wkwk

    BalasHapus

Posting Komentar

Salam SemangatCiee, bertamulah yang santun dengan tidak menyelipkan link apapun karena pasti saya hapus🙏

Postingan populer dari blog ini

Review Wardah C-Defense Sleeping Mask

Review Wardah Lightening Micellar Gentle Wash

Review Wardah Lightening Day Niacinamide (Kemasan Baru)

Perbedaan Wardah Lightening Loose Powder dan Everyday Luminous Face Powder

Resensi Buku: The Autobiography of Valentino Rossi

The Mask Singer Indonesia 27 Desember

Review Wardah Hydra Rose Gel to Foam Cleanser