Menu MPASI Pertama Yang Aman Untuk Bayi

Menu MPASI Pertama Yang Aman Untuk Bayi (Kesehatan) - #SemangatCiee jumpa selalu dengan saya yang kali ini akan membahas mengenai kesehatan, yang lebih detailnya adalah mengenai kesehatan untuk bayi. Dari judulnya sudah jelas sekali yah, “Menu MPASI Pertama Yang Aman Untuk Bayi”. Hal tersebut menarik untuk disimak, karena selain menjadi ilmu baru untuk saya mengenai seperti apa sih MPASI yang baik untuk bayi. 

Menu MPASI Pertama Yang Aman Untuk Bayi


Masa tumbuh kembang dede bayi atau si kecil menjadi perhatian besar bagi kedua orangtuanya, dan tentunya anggota keluarga lain. Seperti ketika lahirnya keponakan saya, David, dulu masih kecil dan merah sekarang ia berusaha 5 tahun saya terus ikuti perkembangannya dengan antusias. Dalam masa tersebut, saya kerap memerhatikan menu makanan yang diberikan oleh kakak saya, terutama MPASI.

Menu MPASI Pertama Yang Aman Untuk Bayi
Ilustrasi : Pixabay


MPASI atau lengkapnya adalah makanan pendamping ASI diberikan kepada dede bayi yang telah memasuki usia 4 hingga 6 bulan. Ini dibolehkan sebab pada umur tersebut sistem pencernaannya telah sanggup menerima asupan selain air susu ibu. Namun begitu ternyata ada hal-hal yang diperbolehkan dan yang dilarang, seperti MPASI instan yang di dalamnya memiliki kandungan bahan pengawet sehingga dapat memberikan efek kurang baik untuk kesehatan dan tumbuh kembangnya. Oleh sebab itu, sedapat mungkin kita menghindari bahaya mpasi instan untuk dede bayi, terlebih lagi bila kandungan bahannya bukan dari bahan alami.

Menu MPASI homemade bisa menjadi pilihan tepat karena kehigienisannya sudah pasti terjamin. Perhatikan pula cara memasak atau penyajian makanannya agar tidak menghilangkan kandungan gizi. Nah menu MPASI ini bisa jadi masukan dan dapat dipraktekkan dengan mudah, seperti:

Menu MPASI Pertama Yang Aman Untuk Bayi
Ilustrasi : Pixabay



Minggu Pertama

Aneka buah-buahan yang mengandung kalium, serat, kalsium dan asam folat, seperti buah pir, pisang, apel, alpukat, dan lain-lain. Bisa pula disajikan dalam satu hidangan berisi dua macam buah misalnya, pasti jadi menu yang segar.



Minggu Kedua

Ragam umbi-umbian, bubur, maupun oatmeal, sebagai sumber karbohidrat dapat dipadukan dengan macam-macam sayuran misalnya buncis, wortel, jagung manis brokoli, dan zucchini (sayuran mirip terong) guna kelengkapan kebutuhan nutrisinya.


Minggu Ketiga

Pemberian daging atau ikan salmon (yang telah dihaluskan sebelumnya) dapat bermanfaat untuk menambah berat badan dede bayi. Selain itu ikan salmon menjadi nutrisi yang baik untuknya karena mengandung omega3.


Menu MPASI Pertama Yang Aman Untuk Bayi
Ilustrasi : Pixabay


Masih kurang nih menunya apa saja? Tenang, informasi yang lebih lengkap bisa kunjungi situs website dan aplikasi kesehatan terbaik saat ini di Indonesia yakni di https://www.guesehat.com/inilah-4-menu-pilihan-kaldu-untuk-mpasi-bayi


Maka dari itu, selalu utamakan untuk berikan MPASI homemade pada dede bayi agar tumbuh kembangnya berjalan dengan baik. Semoga tulisan “Menu MPASI Pertama Yang Aman Untuk Bayi” ini bermanfaat. Sampai jumpa di edisi selanjutnya. 

Komentar

Abby Onety mengatakan…
Ibu harus selektif dalam memberikan asupan tambahan pada si kecil ya. Seperti MPASI instan sangat tidak di anjurkan. Terima kasih sudah share ilmunya tentang Menu MPASI homemade sehingga si kecil bisa dapat menu asupan yang lebih higienis.
Rita Asmaraningsih mengatakan…
Penting sekali memperhatikan asupan makanan bagi si kecil ya Mba.. Apalagi pas masa MPASI dimana si kecil butuh banget makanan yg menyehatkan utk tumbuh kembang si kecil agar tumbuh sehat dan kuat..
Dwi Puspita mengatakan…
Saya biasanya ngasih kaldu ke anak saya saat mpasi dulu, dia suka banget dan lahap makannya... biasanya kaldu sapi yang paling sering...kalau ayam sesekali saja...karena saya nggak doyan ayam...hehehe
Okti Li mengatakan…
Doakan Fahmi segera punya adik, ya... Amin...
Biar MPASI bisa saya praktikkan...
amathiya mengatakan…
Mantaps nih pengetahuan sbg calon bunda sdh mumpuni hehe
Tati Suherman mengatakan…
Instan memang simpel ya tapi balik lagi ya gizi yang kurang bagus buat anak-anak
Tian Lustiana mengatakan…
Jadi ingat dulu pas Mpasi neng Marwah .Hehehe skr saya juga udh agak lupa deh menu2 apa aja yang bagus buat anak. Thnks loh jd mengingatkan
Juliastri Sn mengatakan…
Sebaiknya MPASI dibikin sendiri supaya fresh Dan kandungan nutrisinya terjaga
Mamiyu mengatakan…
awal punya anak emang ribet banget sih soal MPASI hehehe.. kesini sini nya, dibikin santai 😅 apa lagi sekarang udah ada web guesehat ya.. jadi gak perlu ribet2 lagi cari informasi tentang mpasi anak
Reyne Raea / Rey mengatakan…
Waktu punya anak pertama, agak rempong tapi excited saat MPASI

Pas anak kedua lebih santai sih.
Awalnya saya kasih biskuit hahaha.
Trus pisang, lalu bubur saring

Dan karena saya menghindari bubur instan, eh jadinya anak2 saya ogah makanan instan dan sukses bikin emaknya rempong hahah

Rey
Herva Yulyanti mengatakan…
Aku juga lagi kejar mpasi homemade mba alhamdulilah masih kehandle jadi pengen buka2 guesehat biar nambah varian menu buat mpasi Rayi :)
Tetty Hermawati mengatakan…
Noted banget, april nanti aksaran bakal MPASI, emaknya nyari ilmu dulu dari sekarang. Makasih Mbak Fenny
adeuny mengatakan…
Aku jadi kangen bikin mpasi.. Dulu aemangay banget bikinnya hehehe
Laily Desy mengatakan…
MPASI homemade memang yang terbaik mba Fenni, karena bundanya sendiri jadi bisa paham menu kesukaannya si kecil dan pastinya rasa pun lebih enak dibanding yang instan
Irra Octaviany mengatakan…
Baru minggu lalu mulai MPASI, sebisa mungkin bikin yang homemade..
Ika Maya Susanti mengatakan…
Apalagi masa 1000 hari pertama bayi ya. Nggak bisa ngasal buat urusan apa yang dikonsunsi bayi. Kalau salah, bisa mengganggu proses tumbuh kembang bayi nantinya.
Permah buat MPASI homemade tapi si kecil sukanya yang homemade tapi dibeli haha.
Lebih suka dianya padahal yaa sama saja.
Yoanna Fayza mengatakan…
aku langsung kasih beras putih dan merah di minggu pertama MPASI, trus minggu kedua kasih daging merah yang halus banget karena butuh ngejar BB.
Siti Faridah mengatakan…
Jadi teringat dengan keponakan saat masih kecil. Saat itu keponakanku nggak doyan makan apapun. Cuma mau ASI dari ibunya saja. Emang lebih bagus kalau MPASI itu bikin sendiri. Apapun yang serba instant itu kadang tidak terlalu baik.
Anggraeni Septi mengatakan…
Hatus di bookmark nih tulisannya. Inga2 dlu rada rempong nyiapin mpasi bocah krn masih kerja :)
Fenni Bungsu mengatakan…
Setuju Bunda, dan artikel ini pun sekaligus untuk bekal saya nanti setelah menikah 😘
Fenni Bungsu mengatakan…
Iya Bunda, dengan memerhatikan makanannya sekaligus menjaga higienisnya agar kandungan gizi tetap terjaga
Fenni Bungsu mengatakan…
Dapat masukan nih saya, dengan metodenya mbak dwi. Boleh sontek yah, hehe
Fenni Bungsu mengatakan…
Aamiin, insyaAllah terwujud, Teh
Fenni Bungsu mengatakan…
Iya Bunda Ida, penuhi bekal biar nggak canggung 😁
Fenni Bungsu mengatakan…
He em, mungkin bisa antisipasi nggak terlalu sering juga yah
Fenni Bungsu mengatakan…
Siip, saling ingat mengingatkan mbak
Fenni Bungsu mengatakan…
Selain fresh juga higienis yah mbak
Syarifani Mulyana mengatakan…
Sebenarnya MPASI instan bisa lebih tahan lama karena melalui proses pengeringan, sehingga bakteri tidak mudah hidup disana. Pengalaman anak pertama yang sempat ADB, karena terlalu banyak serat. Sekarang untuk adik-adiknya, saya perbanyak protein kaya zat besi (daging, ati ayam) dan karbohidrat.
Rach Alida Bahaweres mengatakan…
Jadi ingat dlu anak masih MPASI, siapkan menu MPASI sendiri dan alhamdulillah sukses lewatin dengan baik. Tteap semagat berikan yang terbaik buat anak ya mba
Dian Restu Agustina mengatakan…
Jaman punya anak bayi dan musti kasih MPASI sering bingung, jadi berkreasi sendiri . Sekarang sudah ada aplikasi ini, gampang banget cari idenya. Infonya lengkap pula. Cus coba kepoin aplikasinya:)
Leyla Hana mengatakan…
Anak-anakku susah makan MPASI, jadi lebih banyak ASI nya meskipun sudah diatas 6 bulan hehe
Tika Samosir mengatakan…
Boleh nih informasinya mba untuk anakku nanti. Belajar membuat MPASI ya. Save ah informasinya.
Wian Hermawan mengatakan…
Aku selalu kasih MPASI homemade ke kedua anakku. Sebisa mungkin gak kasih yang instan.