Langsung ke konten utama

Tradisi Lebaran dari 5 Negara


Fenni Bungsu (Wawasan) – Hai, hai semua, kita membicarakan Tradisi Lebaran yuk. Soalnya kan beberapa hari Hari Raya akan tiba. Hmm, pasti deh banyak hal nih yang menjadi perencanaan kamu mau ada hidangan ketupat dan rendang misalnya, atau cat rumah, beli baju lebaran dan sebagainya. Atas dasar itulah saya akan membagikan yang tidak akan membuat kamu kudet (kurang update) karena yang namanya tradisi biasanya selalu ada. Kalau nggak ada ibaratnya seperti sayur tanpa garam, karena memang udah nggak asin sih, hihi. Kuy lah langsung disimak.




Afrika


Tradisi Lebaran di Afrika adalah sama dengan kita mengenakan baju lebaran. Untuk wanitanya menggunakan pakaian seperti kaftan yang dilengkapi dengan pashmina. Motif pakaiannya ini penuh warna. Sedangkan untuk prianya mengenakan bazin yang merupakan pakaian seperti baju koko.

sumber: detik.com

sumber: detik.com


Mesir


Bila di Indonesia Tradisi Lebaran biasanya dihidangkan ketupat, sambal goreng ati, opor ayam, rending, dan sebagainya. Maka di Mesir kuliner khas lebaran akan dihidangkan yaitu Ranja, terbuat dari acar dan ikan asin.




Turki

Kalau di Indonesia kan biasanya Tradisi Lebaran akan saling bersalaman dengan mencium tangan kepada yang lebih tua, bersilaturrahmi, keliling ke tetangga maupun saudara. Nggak disangka, di Turki pun kurang lebih sama, guys. Di sana mereka akan saling berkunjung dan mengenakan pakaian terbaik sambil mengucapkan, Mutlu Bayramlar, yang artinya selamat merayakan Hari Raya Bayram (Bayram berarti Hari Raya Idul Fitri).


 
sumber gambar: cermati.com

China


Kamu tahu peci/kopiah putih? Hmm, tradisi masyarakat muslim Cina di Xinjiang untuk para prianya adalah mengenakan peci putih. Kalau untuk wanitanya mengenakan baju dan kerudung baru. Selain itu, usai melaksanakan solat Ied dan bersilaturrahmi, Tradisi Lebaran di sana dilanjutkan dengan berziarah ke makam.
sumber: cermati.com


Asia Selatan

Tradisi Lebaran dengan memberi uang kepada anak-anak, nggak hanya di Indonesia saja lho. Di Asia Selatan pun ini menjadi tradisi yang disebut dengan Eidi. Hmm, sungguh indah yah menjadi anak-anak, soalnya kan di berbagai negara manapun anak-anak pasti kecipratan indahnya dari  THR, hehe.

Komentar

Dinilint mengatakan…
Mirip2 ya tradisi lebarannya.
Intinya kumpul rame2 bareng keluarga.
Arni mengatakan…
Masing-masing negara punya tradisi sendiri ya
Intinya lebaran itu adalah hari istimewa, makanya dirayakan dengan cara istimewa
Matius Teguh Nugroho mengatakan…
Mungkin artikel ini bisa dibuat lebih spesifik, mbak. Bagian apa dari "tradisi lebaran" yang mau diangkat? Misalnya fokus bahas makanan, baju, atau kebiasaan. Jadi masing-masing poin juga bisa seragam :)

Aku jadi penasaran sama Ranja. Kayak gimana ya rasanya.
Dyah mengatakan…
Pada intinya, lebaran adalah kesempatan untuk berbahagia bersama orang lain, baik dengan makanan enak, baju baru, atau sekadar kumpul-kumpul.
Widyanti Yuliandari mengatakan…
Aku penasaran ama perpaduan ikan asin dan acar. Seru-seru gitu kali di lidah, ya? (widyantiyuliandari(dot)com
Nurul Sufitri mengatakan…
Wah, silaturahmi lebaran orang kita mirip ya dengan di Turki. Yang seru lihat foto masyarakat CIna yang memakai peci putih semua. Bagus kompak banget ya benar2 menghayati suasanya dan makna hari suci.
admin/ hani mengatakan…
Aku suku gaya baju dari Afrika Selatan tuh. Warnanya bisa gonjreng gitu yah. Ternyata mirip-mirip ya tradisinya di negara2 yang lain. Pokoknya Lebaran yaaa hari istimewa...
Jalan-Jalan KeNai mengatakan…
Kalau melihat dari pakaiannya, saya suka lihat tradisi di Afrika. Pakaiannya warna-warni sepertinya sangat ceria menyambut hari raya
Ariefpokto mengatakan…
Merayakan Lebaran di berbagai negara meriah juga ya. Merayakan Hari Kemenangan dgn penuh kegembiraan
Seru yaaa tradisi lebaran di negara lain.
Btw, lebaran emang momen paling seru buat kumpul keluarga
Darius Go Reinnamah mengatakan…
Bagi-bagi uang ini nih yang suka bikin tekor. Ahaha
Terus aku suka banget sama pakaian dari Afrika. Orang kulit hitam itu kalau tabrak-tabrakin warna seru banget. Terus mereka percaya diri banget menggunakan warna yang ngejreng gitu :)
diane mengatakan…
Ternyata tradisinya emang mirip2 ya.. Dan seru2 pastinya..Sama2 memberikan yang terbaik juga ya di hari raya Idul Fitri...
Gaussone mengatakan…
Tradisi di berbagai negara bikin kita semakin tahu, kita semua bersaudara bukan? Rasanya menyenangkan bisa lebaran meski di negeri orang, ya? Semoga lebaran taun depan kita masih bisa merayakan nya. Amin.
Medan Wisata mengatakan…
Pasti seru tuh,, keunikan lebaran dari berbagai negara
Syaiful BS mengatakan…
Oalah di Asia Selatan juga ada THR yaah kak hehe ... Kirain di Indonesia aja yang ada wkwk