Langsung ke konten utama

Komentar Blog Belum Masuk? Enam Ini Alasannya


Fenni Bungsu (curcol) – Yeay jumpa kembali kita jelang akhir bulan April 2020. Alhamdulillah kita selalu diberikan kesehatan, rezeki dan perlindungan dari Allah Swt. Semoga banyak kemudahan saat kita menjalankan ibadah di bulan Ramadhan, selalu ceria dan mantap ketika Hari Raya Idul Fitri tiba, aamiin. Sepenggal harapan tersebut saya sampaikan melalui blog, sebagai media tulisan yang sangat simple dan dapat dilakukan melalui ponsel.

kenapa komentar blog belum masuk, cara agar komentar kita masuk ke blog, cara mengatur komentar blog,


Pilihan jatuh pada blog karena kita bisa menuliskannya tanpa batasan, bisa dilengkapi dengan foto, video dan widget lainnya sesuka hati. Apalagi saat ada yang berkunjung membaca tulisan kita, dan kemudian meninggalkan komentar. Sebab biasanya bila artikelnya yang memang dibutuhkan, isinya bagus dan menarik maka akan ada saja yang meninggalkan komentar. Oh iya, blog yang saya maksud di sini adalah platform Blogspot ya.

Namun perlu diperhatikan, bisa saja ketika kita mampir dan “sudah meninggalkan jejak” ternyata tidak tampil sama sekali di blog tersebut. Atau misalnya saja kamu meminta tolong kepada teman/rekan/keluarga yang minimal sudah memiliki akun gmail maka dapat memberikan komentarnya di akun blogspot. Sayangnya ketika di cek, kamu pun berkata: “Kok Komentar kamu belum masuk ya di blog saya?” Maka dari hasil pengamatan saya yang belum panjang (siapa tahu kamu mau menambahkannya di kolom komentar), permasalahan di atas bisa terdapat beberapa kemungkinannya, yaitu:


Blog Dimoderasi

Artinya adalah si empunya blog sengaja membatasi komentar, sehingga harus dengan persetujuan “yang punya blog” baru komentar tersebut dapat dimunculkan. Hal tersebut biasanya karena untuk menghindari komentar: 
  • mengandung spam/iklan,
  • hal yang kurang disukai oleh “yang punya blog”,
  • dan sebagainya. 

kenapa komentar blog belum masuk, cara agar komentar kita masuk ke blog, cara mengatur komentar blog,
Saat kamu meninggalkan komentar lalu ada notifikasi yang kurang lebih seperti gambar di atas, pertanda bahwa blog yang kamu kunjungi dimoderasi



Belum Clear Cache dan History

Saat membuka artikel blog dapat dilakukan melalui computer, laptop, tablet, maupun ponsel yang biasanya menggunakan browser. Aktivitas mencari informasi pun tentunya akan meninggalkan jejak (history dan cache). Oleh karenanya, sebelum berkomentar di platform blog lebih baik hapus Cache dan History, agar komentar bisa sampai ke tujuan.

kenapa komentar blog belum masuk, cara agar komentar kita masuk ke blog, cara mengatur komentar blog,




Berkomentar menggunakan Url + Link?

Dalam urusan blogwalking untuk saling mendukung, dibentuklah WAG. Dari situ bisa saling tukar pengalaman juga. Pernah pengalaman dari salah seorang teman yang berkomentar menggunakan Url + Link pada kolom komentar Blogspot, ternyata saat itu dia mendapat informasi bahwa komentarnya tidak masuk pada blog yang dituju. 


Untuk lebih dalam mengenai komentar dengan Url + Link bisa baca pula pada artikel “Serba-serbi Komentar di Blog Berplatform Blogspot”.


kenapa komentar blog belum masuk, cara agar komentar kita masuk ke blog, cara mengatur komentar blog,


Saran pun diberikan dengan melakukan teknik nomor dua, lalu mengganti dengan berkomentar menggunakan akun blogger. Hasilnya komentar yang dituju pun sampai dengan selamat. 

Saya pun mencoba trik tersebut, baik menggunakan url + link maupun akun blogspot, terkadang berhasil adakalanya juga gagal 🙈. 

Untuk hal ini kenapa bisa begitu, saya pun tidak memahami dengan jelas bagaimana sistemnya.  Apakah ini sebuah misteri? Entahlah, mungkin kalau kamu mengetahuinya bisa sharing di kolom komentar ya. Kita lanjut bahasan selanjutnya.


Ganti Browser

Saran mengganti browser pernah juga saya ketahui dan alami. Jadinya kalau semisal gagal dengan chrome, saya coba komen dengan opera mini atau sebaliknya, alhamdulillah komentar bisa mendarat dengan baik. Makanya jadi sedia browser lebih dari satu.



Ganti Pilihan Lokasi Komentar

Lokasi komentar pada platform blogspot dapat kamu perhatikan dengan menuju menu: 
  1. Pengaturan (Setting) 
  2. Postingan, Komentar, dan Berbagi 
  3. Cari Fitur Komentar 
  4. Lalu lihat bagian Lokasi Komentar, di sini terdapat empat pilihan yaitu: 

  • Tersemat : Pilihan ini kamu dapat membalas komentar dari para pengunjung blogmu. Hanyasaja terkadang ada komentar yang entah mengapa tidak masuk. (Hal itu belum saya ketahui kok bisa begitu.)  
  • Halaman Penuh: Pilihan ini akan mengarah pada bentangan halaman baru untukpengunjungmu berkomentar. Hanya saja kode chaptca harus dihadapi dengan SemangatCiee😂
  • Jendela Pop-up: sama seperti Halaman Penuh.
  • Sembunyikan: pada pilihan ini tiidak sediakan fitur untuk menghapus komentar, tapi bisa tergantung oleh si punya blog mau ditampilkan atau tidak. (Untuk pilihan ini belum pernah saya coba, kalau kamu sudah pernah coba boleh sharing di kolom komentar ya 😉).

kenapa komentar blog belum masuk, cara agar komentar kita masuk ke blog, cara mengatur komentar blog,




Cek Sinyal Gadget Kamu

Bila kelima cara di atas sudah semua dilakukan dan ternyata masih beum berhasil juga, mungkin kamu harus cek sinyal gadget deh. Mungkin saja jaringan tidak stabil, kuota habis, atau malah belum dinyalakan jaringan internetnya hahah..😂

kenapa komentar blog belum masuk, cara agar komentar kita masuk ke blog, cara mengatur komentar blog,



Dalam menyampaikan komentar pada blog yang dikunjungi, berarti kita meninggalkan jejak di sana. Maka bijaklah dengan penyampaian yang baik, kata-kata yang asik, sebab mungkin saja melalui komentar yang diberikan itu akan mendatangkan manfaat suatu saat nanti, insya Allah. Baiklah di edisi kedua terkait blog ini kita cukupkan dengan jangan lupa minum air putih, hihi, ya siapa tahu aja dari tadi baca artikel ini fokus banget sampai yang ingin minum belum sempat (lebay hehe), pokoknya #SemangatCiee dan stay safe guys.

Komentar

Mutia Ramadhani mengatakan…
Oke bangetttt ini menjawab kebingungan sebagian besar yang baru mulai BW perdana.
Nurul Sufitri mengatakan…
Aku belum pernah kayaknya deh clear chache and hostory atau pernah ya? Kok lupa wkwkwkwk. Kalau aku sih memang komentar dimoderasi biar ga ada iklan2 aneh atau tawaran2 ga jelas. Iya sih link hidup dan unknown ga bakalan aku tampilkan.
Farida Pane mengatakan…
Aku kok mikirnya karena jaringan internet yang macet aja, ya? Ternyata ada banyak kemungkinan alasan yang lain.
Dee_Arif mengatakan…
Oalah ini toh alasannya..
Pantesan perasaan da komen, kok blm muncul...
Thx ya mbak infonya
Maria G Soemitro mengatakan…
Hehehe jadi inget, pernah nih saya dijapri karena katanya saya belum komen di blognya tapi kok udah ceklis
Kalo saya sih ada 2 kemungkinan, sinyal lagi lemot seperti ditulis di atas
Atau saya komen pakai laptop (seeprti sekarang), tujuannya agar bisa berlama lama
Tapi efeknya, komen saya malah ngga masuk, pakai HP barulah lancar jaya
Nanik nara mengatakan…
Saya lagi ngalamin nih sekarang. Nggak bisa komen di blogspot kalau pakai mozilla, bisanya pakai chrome. Belum ketemu masalahnya di mana.
Alix Wijaya mengatakan…
Banyak faktor memang ya,
Dan sebagai Blogger wajib tahu 6 hal ini, biar gak mudah Baper saat BW ^^
Triani Retno A mengatakan…
Selama ini aku nggak pakai moderasi. Males aja ngecek2nya. Baru pagi ini kepikiran buat memoderasi komentar. Pusing sih emang kalo ada komen yang "ajaib" terutama di postingan bersponsor.
Hidayah Sulistyowati mengatakan…
Banyak faktor komentar jadi nggak masuk ya, tapi aku memang belum pernah clear cache kalo di laptop. Dulu aku kira karena jaringan internet lemot
Nurhilmiyah mengatakan…
Nah, pas banget ini artikelnya kak Fenni.. suka bingung juga kl komen gak masuk padahal gak dimoderasi kan ya hihi... tfs Sis
Muyassaroh mengatakan…
Sekarang saya pakai moderasi karena banyak sekali spam masuk. Ini lebih praktis sih, kadang ada yang nyasar juga di spam..hihi
Haeriah Syamsuddin mengatakan…
Pertama kali bw-an, sempat bingung juga kok komentarku gak masuk. Salahnya di mana, coba? Nah, artikel di atas telah menjawab tanyaku tersebut.
denik mengatakan…
Sempet bingung juga nih awal-awal BW. Ternyata dimoderasi. It's oke... hehehe
Yustrini mengatakan…
Alasan memoderasi komentar di blogku, salah satunya karena pernah dispam dg iklan situs judi dan menghapusnya tuh, bikin nangis. Udah seharian menghapus komen di 20 post, eh, besoknya udah muncul lagi di 30 post. Isinya sama semua, hu, hu...
Khoirur Rohmah mengatakan…
Pernah jadi korban saat komen tapi ga muncul komentarnya dan pernah di notice gegara ada yg komen ke aku tapi ga tampil di artikel yg telah dikomentarin hehhehehe

Sebab masih dimodifikasi itu mbak kolom komentarnya

Ternyata banyak juga ya mbk penyebab komentar nggak masuk di blog hehehe. Nambah juga ilmunya. Btw TFS ya mbak
lithaetr mengatakan…
MasyaAllah, bermanfaat sekali informasinya. Ini bisa menjawab pertanyaan buat blogger newbie yang ikutan blog walking. Saya dulu awal-awal juga suka bingung. Pas, belajar akhirnya tahu. Coba membaca artikel ini lebih awal, hehehe.
Ratu Kemala mengatakan…
Sangat berguna untuk saya yang masih newbie ini
Terimakasih banyak atas sharingnya
Rudi G. Aswan mengatakan…
Aku sering komentar ga muncul dan ga ada pesan apakah itu dimoderasi atau tidak. Jadi bingung Mbak itu komentar udah terkirim atau belum, akhirnya kutinggalkan hehe. AKu belum kepikiran moderasi komen sih utntuk tiga blog yang kukelola, entah nanti. Kasihan juga kalau komen ga segera muncul. Bungah kan kalau komen langsung kelihatan hehe. Kalau clear cache and hostory belum pernah sih....
Arif Rudiantoro mengatakan…
Wah ada sebagian teman malah comennya terdeteksi Broken link, terpaksa di hapus dari pada bermasalah di kemudian hari :)
Monica Anggen mengatakan…
Mantap. Tulisannya lengkap. Kelihatannya sederhana ya masalah yang muncul ketika berkomentar di blog teman, tapi faktanya banyak juga yang mengalami kendala dan bingung. Syukurlah ada tulisan ini sehingga bisa jadi referensi buat teman yang sering bingung komentar belum masuk
Mis Juli mengatakan…
Sepertinya paling sering signal deh mbak. Sering ngerasain banget sampe dua kali terposting he he
Joko Yugiyanto mengatakan…
Ku kira cuma gara2 ga ada sinyal aja, ternyata ada bnyk penyebab ya komentar g masuk itu
Arda Sitepu mengatakan…
Bener banget mbak, aku juga sering ngalamin kalau komentar itu belum masuk dan akhirnya ganti jaringan internet.
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
kalau diriku yang paling sering jadi masalah adalah sinyal. Duhhh bisa gelut dah kalau sinyal lagi jelek banget sementara deadline komentar sudah didepan mata heheh
Solusinya segera pindah jaringan yang berkuota
Yasinta Astuti mengatakan…
Suka bikin galau kalau komen belum masuk, khawatir masuk spam juga jadinya. Ternyata signal internet juga ngaruh ya
Kartika mengatakan…
Sama kak. Klo clear cache itu ke menu apa ya? Monmaap klo pertanyaannya retjeh ��
ida tahmidah mengatakan…
Jadi ingat dulu suka agak kesel kalau main ke blog Mba Feni karena hanya menyediakan komentar dengan akun google wkwkwk...ups sorry saya berterus terang banget yak xixiix... tapi aku berpikir ah ini anak baru nih..belum paham hehe...
Manik Swadiaya mengatakan…
Aku paling sering kena moderasi, wajar sih kan untuk keamanan blog juga dari rekan rekan yang memang sedikit jahil hehe.
YSalma mengatakan…
Saya selama bertahun-tahun, baru kemaren kepikiran untuk clear history karena laptop bututnya sudah mulai lelet.
Komentar hilang padahal sudah berkunjung itu memang masih sebuah misteri ya, mba. Apa mungkin terlalu cepat menutup si blog yg dikomentari dan berpindah ke blog lain, sehingga si komen belum tersimpan sempurna? Para mastah mungkin tahu ya mba.
Haeriah Syamsuddin mengatakan…
Saya pernah "ngamuk-ngamuk" gara-gara komen gak masuk. Setelah dicek, ternyata koneksi internet yang bermasalah. Oalah, jadi malu sendiri.
Sam Leinad mengatakan…
Moderasi komen adalah hal yg wajar, terutama utk menyaring hal2 yg mengganggu. Saya sering mendapatkan komen yg ngga nyambung sama artikel, biasanya promosi barang.
Lina W. Sasmita mengatakan…
Saya selalu moderasi komentar di blog karena dulu banyak spam yang masuk sehari bisa 5 sampai 10 komen, sementara saya lelah banget menghapusinya.
itsmutiara.com mengatakan…
Saya pernah ngalamin kayak gini. Kadang ada komentar yang nunggu di approve dulu tapi tidak ada notificationnya. Jadi sampe komentar dua atau tiga kali. Kirain salahnya di signal saya.
Marfa Umi mengatakan…
Kalau url link bisa jadi nggak masuk yah? Kalau d blogspot aku kadang lama juga masuknya, karena dimoderasi dulu juga jadi nunggu beberapa menit. Apapun yg prnting ga ninggalin brokenlink deh XD
Tian Lustiana mengatakan…
wah gitu yah, kalau komentar ke blog saya memang di moderasi sih
Ummu Auliya mengatakan…
banyak juga ya alasannya ternyata. baru tahu..
Artha Nugraha Jonar mengatakan…
hehehe, saya udah lama gak pakai blogspot. Kadang memang beberapa komentar tidak ada status apakah dimoderasi atau tidak. Biasanya saya coba tes memasukkan komentar yang sama. Kalau direject karena duplicate, berarti commentnya sudah masuk.
Kiky | riskysupriati.com mengatakan…
Wahh komprehensif dan lengkap abis. Trims mba saya jadi punya referensi.
Dee_Arif mengatakan…
Sama, kukira masalah jaringan saja.
Ternyata banyak faktor ya
Dek Is mengatakan…
Walah ternyata gak cuma sinyal yang jadi masalah. Sering sekali saya sudah komen tapi enggak ada.
Kornelius Ginting mengatakan…

Jadi sekarang kalau koment belum muncul sudah ketahuan oenyebabnya ya kak fen. . Emang nich masalah koment aja kalau belum paham benar suka menjadi masalah ya . . Secara blog hidup terlihat dari komentar yang ada
Damar Aisyah mengatakan…
Aku pikir selama ini karena moderasi atau sinyal aja, ternyata urusan link juga bisa bikin omen gak masuk ya, hm... baiklah, coba lebih aware lagi nanti kalau pas blogging.
Rindang Yuliani mengatakan…
Nah saya pernah punya masalah dg berkomentar name/url ini. Sampe skrg blm nemu solusinya. Biasanya syboakai akun Google/Blogger aja bias asti masuk.
Nisya Rifiani mengatakan…
Saat blogwalking, ketika ninggalin komentar ada yang langsung muncul. Ada yang dimoderasi tapi ada notifikasinya. Nah yang bingung tuh kalau halaman udah "berganti" tapi komentar nggak muncul, nggak ada notifikasinya pula. Kalau seperti itu sih aku tinggal mba, hehehe...
Salbiah mengatakan…
Oalaaa, ternyata byk juga ya penyebabnya komentar belum muncul. Tak pikir krn dimoderasi aja. Biasanya sy kalau sdh Komen trus blm muncul meski krn dimoderasi. Jadi enggak mikir yg lain-lain... Makasih infonya ya Mbak...Kita meski tahu nih sbg blogger
Fira Firdaus mengatakan…
Biasanya sih ya karena di moderasi. kalau ga muncul pun aku bisa maklum, mungkin memang belum jodoh (lah?)

Ranti mengatakan…
aku juga suka nge moderasiin komentar. biar ada jeda aja buat ngebalesin satu-satu hehe.

btw mba jadi kepo deh sama wag blogwalkingnya 😁
Wiwid Nurwidayati mengatakan…
saya pernah komen di beberapa blog yang ikut BW estrilook ini, seringnya nggak muncul dan nggak ada keterangan di moderasi. Apa yang salah ya? kadang saya ulanhi, kadang takut nggak masuk. itu kira-kira yang mana ya, mbak? soalnya blog saya pkai wordpress
Nurhilmiyah mengatakan…
Hmm bs juga karena problem di jaringan yaa Mba Fen
Aprilely Ajeng Fitriana mengatakan…
Saya termsuk yang memoderasi komentar. Dulu pernah ada spam komen soalnya. Capek banget apusin satu-satu. Kalo dimoderasi kan lebih enak, kita bisa saring-saring dulu sebelum publish.
Lia Yuliani mengatakan…
Ternyata bisa ganti browser atau clear catche buat Salah satu solusi. Saya sekarang memoderasi komentar biar enggak ada yang kasih link hidup atau ngiklan
Inna Poernomo mengatakan…
Waaah kalau saya keseringan clear cache biar laptop gak berattt, ixixiiii. Dan untuk komentar di blog yang blogspot saya pakai moderasi, kalau yang wordpress karena udah ada satpamnya si akismet jadi sekarang gak saya moderasi, mmm atau perlu dimoderasi juga kali ya, biar lebih aman
Dari point-point di atas, menurut aku yang paling sering menyebabkan komentar blog gamuncul itu ya pilihan lokasi komentarnya bukan 'tersemat'.
Irena Faisal mengatakan…
Aku pakai wordpress. Di blog aku biasanya harus input cache dulu baru bisa masuk. Kalau pakai platform lain, harus aku approve dulu
Seftinaqurnia mengatakan…
Saya juga pernah sih kayak gini komentar gak masuk, ternyata blm clear chatce hehehehehe
Damar Aisyah mengatakan…
Oh ya, kalau akhir-akhir aku sering gagal komen di WP. Padahal blog-ku sendiri WP. Kalau itu kira-kira kenapa ya? Padahal email dah siapkan 2.
Ainhy Edelweiss mengatakan…
Waktu awal-awal blog walking itu aku sering was2 saat komen gk msuk krna ad beberapa blog stlh klik krm komentar gk ad muncul pemberitahuan, tau2nya emng udh masuk, thank you infonya mba jd bljr banyak nih
www.grandysofia.com mengatakan…
Pernah ketika bw dan ada komen yg belum masuk ak wktu itu lagi rajin cek cek mana aja yg blm komen. Pengaruh dari browser yg dipake juga besar banget
Akarui Cha mengatakan…
Saya juga memoderasi blog saya. Buat jaga jaga kalau a komen spam atau yang ngasih link aneh aneh di kolom komentar.
Dyah mengatakan…
Di blogger ada setting untuk mengatur apakah sembarang orang bisa kirim komentar, boleh anonim, atau harus pakai akun blogger. Kalau settingnya hanya bisa pakai akun blogger, maka yang kasih komentar pakai url + link nggak akan bisa masuk. Ini terlepas dari harus lewat moderasi atau tidak, ya.
Ami Hamni mengatakan…
Bener2 baru tau soal ini hehe, trims informasi bermanfaatnya mba
ennikurniasih mengatakan…
Aku juga sering kesulitàn ninggalin komen kalo beda platform blog. Biasanya komen di wordpress agak susah, karena aku pake blogspot.