Resep Kuliner Mudah Tahu Bihun Telur (TBT Cruncy)

Olahan Tahu Bihun Telur, cara memasak Tahu Bihun Telur, menu masakan Tahu Bihun Telur, cara memasak Tahu Bihun Telur yang mudah, resep masakan Tahu Bihun Telur yang simple, Tahu Bihun Telur cara masak yang murah,


Fenni Bungsu (Kuliner) – Punya Tahu, Bihun, dan Telur sebagai stok makanan, terkadang olahan yang dihasilkan hanya itu-itu saja, misalnya telurnya di dadar, lalu buat bihun goreng, kemudian tahunya di goreng biasa, atau di olah dengan bumbu kuning atau dibuat bacem. Hal tersebut membuat saya kadang bingung pas kebagian jadwal masak di rumah, hahah, soalnya gantian masaknya sama kakak. Jadilah browsing ide cara membuat menu makanan dari olahan Tahu, Bihun, dan Telur yang anti mainstream di pencarian google, hingga mendapat saran melihat di Youtube.


Alhamdulillah nih dapat sebuah ide yang menarik. Sepertinya caranya pun nggak membuat pening kepala hahah, bahan-bahannya juga sudah ada di dapur. Hanya saja, ternyata ada yang perlu disiasati. Soalnya komposisi bahan yang saya lihat dari beberapa video di youtube adalah untuk porsi sedikit. Sedangkan, saya maunya yang lebih banyak (baca: biar nggak bolak-balik ke dapur buat masak, haha). Baiklah tanpa berlama-lama, saya pun akan membagikan resepnya yang ala saya ya. Oh iya, kita kasih nama menu makanan ini yuk, dari olahan Tahu, Bihun, dan Telur yaitu TBT Cruncy.

Olahan Tahu Bihun Telur, cara memasak Tahu Bihun Telur, menu masakan Tahu Bihun Telur, cara memasak Tahu Bihun Telur yang mudah, resep masakan Tahu Bihun Telur yang simple, Tahu Bihun Telur cara masak yang murah,


Bahan-bahan:


  • 1 bungkus bihun jagung (biasanya ukuran satu bungkusnya itu 330 gram).
  • ¼ kg telur (isi 4)
  • 5 Tahu ukuran sedang (kalau di tempat saya, sudah disiapkan seperti gambar di bawah ini. Kisaran harga Rp 4.000).
  • Minyak goreng
  • 5 daun bawang (dipotong kecil-kecil)
  • 1 buah wortel ukuran sedang (kalau mau ditambah lagi juga bisa).



Olahan Tahu Bihun Telur, cara memasak Tahu Bihun Telur, menu masakan Tahu Bihun Telur, cara memasak Tahu Bihun Telur yang mudah, resep masakan Tahu Bihun Telur yang simple, Tahu Bihun Telur cara masak yang murah,


Bumbu untuk dihaluskan:


  • 17 butir lada (ini bisa sesuai selera ya, mau agak semriwing lagi aromanya boleh ditambahkan)
  • 5 butir bawang putih
  • 7 butir bawang merah
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya (kalau saya menggunakan gula karena tidak pakai kaldu, dan sekaligus untuk menggantikan mecin)




Bahan Tambahan (optional):  

bahan tambahan ini dapat kamu gunakan sebagai penambah cita rasa pedas, dan bisa pilih salah satu atau sesuai selera yak.
  • Saus sambal
  • Saus kacang
  • Irisan cabai rawit

Olahan Tahu Bihun Telur, cara memasak Tahu Bihun Telur, menu masakan Tahu Bihun Telur, cara memasak Tahu Bihun Telur yang mudah, resep masakan Tahu Bihun Telur yang simple, Tahu Bihun Telur cara masak yang murah,


Cara Membuat:


  1. Rebus bihun, lalu tiriskan.
  2. Haluskan Tahu, bisa menggunakan sendok atau ulekan.
  3. Kocok lepas telur.
  4. Campur telur dengan memasukkan daun bawang, wortel yang telah diparut, bihun, tahu, dan bumbu yang telah dihaluskan. Aduk bersamaan. 
  5. Campuran bahan tersebut dapat kamu bentuk sesuai keinginan, misalnya bentuk bola-bola atau memanjang, atau bisa pula dengan bantuan sendok sayur seperti halnya saat membuat bakwan. Di sini kamu yang menyukai pedas, bisa pula sekalian menyelipkan irisan cabai rawit.
  6. Panaskan wajan yang telah berisi minyak goreng.
  7. Goreng hingga berwarna kekuningan atau sesuai tingkat kematangan yang kamu inginkan.
  8. Sajikan selagi hangat dengan saus yang kamu suka.  



Catatan: Dari bahan-bahan di atas, bisa menghasilkan kurang lebih 20 pieces. Ini juga tergantung dari bentuk ukuran TBT Cruncy yang kamu buat.


Olahan Tahu Bihun Telur, cara memasak Tahu Bihun Telur, menu masakan Tahu Bihun Telur, cara memasak Tahu Bihun Telur yang mudah, resep masakan Tahu Bihun Telur yang simple, Tahu Bihun Telur cara masak yang murah,



Menu TBT Cruncy ini alias si Tahu, Bihun, dan Telur bisa dijadikan sebagai cemilan asik untuk menemani kamu saat work from home atau buat para emak-emak yang sedang menemani anaknya belajar, hahah. Atau bisa pula nih untuk menu masakan yang dihidangkan bersama nasi hangat, sayur, dan lauk lainnya. Kalau saya kemarin mencobanya dengan nasi. Maklum kalau belum masuk nasi belum makan namanya, wkwkwk. Ah sudahlah, intinya #SemangatCiee menggali ide menu masakan yang mudah, murah, nggak ribet yang dapat dinikmati oleh semua anggota keluarga. Selamat menikmati Tahu, Bihun, dan Telur alias si TBT Cruncy.


Artikel Terkait

Komentar

  1. Bisa di coba nih buat sarapan besok pagi,makasih ya resepnya nih,kak.

    BalasHapus
  2. Laperrrr... Kemarin aku juga baru bikin Fen tapi bukan pake bihun tapi pake makaroni sisa yang kebanyakan direbusnya. Emak medit ga mau rugi hahaa

    BalasHapus
  3. woh buat cowo yang tinggal sendiri seperti saya membuat ini jauh lebih mudah di bandingkan makanan lainnya yang kadang susah diikutin Apalagi tahu banyak manfaatnya, dan ternyata bisa dipadukan dan dibuat menjadi bihun telur enak. Mantap

    BalasHapus
  4. kalau saia suka masak telur gobal gabul, itu tuh yg di warteg dan mengembang gede. cara masak gampang banget, cukup 3 telur di kocok kasih irisan sayur, bawang merah dan cabe, goreng dengan minyak banyak. pasti deh jadi dan uenak tenan

    BalasHapus
  5. Pas banget nih mbak di rumah aku punya stok bihun dan tahu. Kalau telur sih selalu stok banyak. Bikin ah nanti buat variasi makanan anak di rumah

    BalasHapus
  6. Simple ya, bisa dicoba di rumah nih, cuman ternyata stock bihun habis, ini bisa diganti mie nggak ya?
    Kayaknya enyak juga nih pakai mie hihihi

    BalasHapus
  7. oh gorengan? saya pikir bikin bihun goreng
    boleh juga dicoba buat camilan nih
    murah meriah dan enak :D

    BalasHapus
  8. Aku juga kadang bosan makanan itu2 aja. Pingin nyobain resep tapi kok ribet resepnya. Liat resep ini simple ya. Jadi pingin nyoba nih. Buat camilan kayaknya juga oke nih

    BalasHapus
  9. Wah boleh dicoba nih. Biasanya saya bikin martabak tahu, telor dan mie goreng. Ini ntar coba diganti dengan bihun. Makasih resepnya Mbak Fenni

    BalasHapus
  10. Mau ah besok pas weekend eksekusi resep tahu bihun telur ala Mbak Fenni. Enak dicocol saus cabe ya... btw itu serius mericanya bener2 dihitung 17 butir yak hehe...

    BalasHapus
  11. Enyaakkk ini sist.
    Pan.kapan daku mau coba.

    Bahan2 juga gampil dan mursida alias murah kan ya qkqkqkqk

    BalasHapus
  12. Makin kreatif nih mengolah bihunnya ya mbak biar gak monoton. Selama ini memang masak praktis aja padahal bisa lebih berinovasi mengolahnya ya. Enak juga langsung praktek di rumah biar bisa nikmati langsung bihunnya.

    BalasHapus
  13. Pas banget yg.. bahan-bahannya ada semua di kulkas, bisa buat cemilan nih, kelihatan enak dan mudah bikinnya. Nanti tak eksekusi ah.. terima kasih resep dan idenya mbak

    BalasHapus
  14. Enak nih, buat camilan atau lauk. Kemarin saya bikin seperti ini tapi tanpa bihun. Bikin sekalian 20 tahu ukuran besar dan pesan ke semua kalau itu untuk lauk sehari. Wkwkwk. Dapat 60 sekian.

    BalasHapus
  15. Lihat fotonya aja udah kebayang enaknya. Mau coba resepnya ah kapan-kapan. Bahannya gak susah didapat juga kok.

    BalasHapus
  16. wah wah wah, praktis banget ya fen, akutuh g pernah keabisan stok bihun, tahu, telur tp ga pernah kepikiran buat bikin ginian, ini sih fix aku mau coba, suamikupun pasti suka, tks ya fen

    BalasHapus
  17. bener banget nih bisa buat cemilan di rumah, gampang banget dan nggak butuh budget banyak

    BalasHapus
  18. waa menarik banget ini resepnya deh, mumpung besok hari minggu dan belum punya rencana apa apa mau cobain bikin juga ah ini hiiihi

    BalasHapus
  19. Siang-siang di saat wiken melihat makanan ini ku jadi mumpeng kak. Kak kirim aja ke rumah haha aku belum bisa masak lebih tepatnya mageran orangnya wkwkwk.

    BalasHapus
  20. Wah boleh nih dicoba resepnya. By the way tahunya harus tahu kek gambar/ foto di atas yah? Kalo pake tahu kuning yang dijual di pasaran bisa nggak yah? 😊

    BalasHapus
  21. Pengen cobain euy...kayaknya enak ya...Anak2ku suka sama camilan pake bihun gini...

    BalasHapus
  22. wah bahannya mudah didapat dan kelihatan enak! terima kasih sudah membagikan resep ini Mb ^^

    BalasHapus
  23. Awalnya kukira bakalan dimasak biasa eh, jadinya kayak perkedel tahu cuma dikasih bihun. Wah dapat ide cemilan baru nih! Patut dicoba.

    BalasHapus
  24. Makasih mba, bisa jadi menu baru buat anakku pas ga doyan nasi ini, tapi bikinnya yang versi nggak pedes. Ijin save ya Mba Fen

    BalasHapus
  25. Ya ampun menggoda banget mbak. Noted nih, long weekend bisa buat nyobain resepnya, duh ngiler bgt

    BalasHapus
  26. Waaa sy juga pernah bikin kaya gini tp sebelum dgoreng saya kukus dulu, mau nyoba ah yang langsung digoreng ky Mb fenni ini

    BalasHapus
  27. Duh jadi laper nih, thanks ya mbak untuk resepnya ntar aku coba recook ahh dirumah.

    BalasHapus
  28. Kebetulan sy punya bihun Di rmh, blm pernah Di colek acan, besok brrti tinggal Beli tahunya ya, kayaknya enak liat gambarnya, apalagi pakai wortel tambah sehat donk, makasih resepnya Mbak, mudah dan cepat sepertinya.

    BalasHapus
  29. belum pernah bikin yang kayak begini.. boleh juga nih dicontek resepnya. keliatannya enak. lumayan buat camilan sore.. hehe

    BalasHapus
  30. sabagai sahabat emih... ini pasti kece rasanya. bihun jagung beneran enak kalau ditumis atau goreng. sedep nih. aku mau contekin resepnya ya kak... mumpung liburan begini

    BalasHapus
  31. Kalau di sini, kadang dijadikan snack kenduri Mbak. Rasanya enak dan bisa jadi tambahan lauk. AIh jadi pengen bikin, nih

    BalasHapus
  32. Sepertinya ini mudah. Ntar klo pengen, aku coba bikin ah di sink.

    BalasHapus
  33. Wah lihatnya bikin laper nih Mba... Jadi pengen nyoba nih karena belum pernah nih hehe...

    BalasHapus
  34. Ide yang bagus kak, iya saya juga suka bingung tahu di buat apalagi hahaha.. Terima kasih resepnya ya ^------------^

    BalasHapus
  35. Bahannya mudab didapet ya. Trus keliatannya juga enak ada crunchy2nya. Cocok buat jd temen ngemil sambil minum kopi nih.

    BalasHapus
  36. Wah cocok nih di rumah lagi mendung2. Pas banget keknya bikin camilan TBT ini. Cuzz ah mau nyobain resepnya. Makasih mbak.

    BalasHapus
  37. Hihi pas banget bacanya siang2 gini. Pas nyari bahan di kulkas mau masak buat kudapan sore. Apalagi anakku jg suka bihunn. Thankyou mbaa resepnya

    BalasHapus
  38. Mba fennn.. ada aja idenya bikin kudapan ..mana ga blibet2 banget ni yaaaa...
    aq print ahh resepnya, manatau weekenf bsk bs bikin

    BalasHapus
  39. Simple tapi enak banged buat camilan akhir pekan nih Mbak... mau ah eksekusi resep Tahu Bihun Telur ini... anak2 pasti suka

    BalasHapus
  40. Baru tahu aku ada resep ini. Ternyata bisa ya memadukan bihun, telur dan tahu. Boleh juga resepnya

    BalasHapus
  41. kak fenni jahat
    aku buka ini pas lagi laper dan perlu rekomendasi resep karena punya bihun
    alhasil tambah laper kan dirikuuuuuuu

    Putri Santoso

    BalasHapus
  42. enyak nih mba. dan gampang membuatnya. mau coba bikin juga aah

    BalasHapus
  43. Cemilan ini tuh emang banyak disukai orang-orang. Terbukti pas hari raya disuguhin cemilan ini yang paling cepet ludes wkwk. Selain enak juga mengenyangkan

    BalasHapus
  44. Wah enak ni. Bisa dicoba. Kayaknya bisa dijual juga. Iya sih.. Selama ini klo masak tuh cuman diolah sendiri sendiri.

    BalasHapus
  45. Gampang aja ya, mirip sama sarang burung cuma minus bahan bihunnya. Pengin nyobain deh, mayan kan biar gak jajan mulu. Apalagi musim dingin gini, bawaannya lapar mulu, hahaha. Pas kebetulan punya bihun 2 pak.

    BalasHapus
  46. jadinya kayak perkedel gitu ya Kak, tapi ada bihunnya, macam tahu isi juga tapi cara gorengnya beda, jadi penasaran deh pengen coba juga ini, kayaknya masih ada bihun jagung di dapur :)

    BalasHapus
  47. Baca ini pagi pagi jadi pengen eksekusi, biasanya aku pakai mi instan mbak. Hihihi, biar lebih sehat memang bagus pakai bihun ya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Salam SemangatCiee, bertamulah yang santun, sebagaimana kamu datang berkunjung ke rumah sahabatmu🙏

Postingan populer dari blog ini

Review Wardah C-Defense Sleeping Mask

Review Wardah Lightening Day Niacinamide (Kemasan Baru)

Review Wardah Lightening Micellar Gentle Wash

Resensi Buku: The Autobiography of Valentino Rossi

Review Wardah Hydra Rose Gel to Foam Cleanser