Langsung ke konten utama

6 Tarian Tradisional NTB yang Masih Lestari Hingga Kini

apa saja tarian tradisional NTB, macam-macam tarian NTB, 6 tarian tradisional NTB yang masih lestari hingga kini, tarian tradisional yang masih lestari saat ini, apa saja tarian tradisional Nusa Tenggara Barat, sebutkan tarian tradisional NTB, apa ibukota NTB, sebutkan macam-macam tarian NTB, apa itu tari buja kadanda, apa makna tari buja kadanda, apa filosofi tari buja kadanda, apa itu tari lenggo, apa makna tari lenggo, apa filosofi tari lenggo, apa itu tari rudat, apa makna tari rudat, apa filosofi tari rudat, apa itu tari peresean, apa makna tari peresean, apa filosofi tari peresean, apa itu tari nguri, apa makna tari nguri, apa filosofi tari nguri, apa itu tari oncer, apa makna tari oncer, apa filosofi tari oncer,

Senangnya mengetahui, bahwa setidaknya ada 6 tarian tradisional NTB yang masih lestari hingga kini. Pasalnya, kita mengetahui bahwa Indonesia memiliki kekayaan seni yang luar biasa banyaknya, terutama seni tari. Di tiap daerah, setidaknya terdapat minimal satu tarian tradisional yang melambangkan kekhasan dari daerah tersebut. Dari beragam daerah tersebut, kali ini kita akan membahas tarian dari Nusa Tenggara Barat.

Provinsi yang termasuk Wilayah Indonesia Tengah (WITA) ini, memiliki cukup banyak tarian tradisional yang dilestarikan hingga saat ini. Biasanya tarian tersebut ditampilkan pada acara adat atau untuk menyambut tamu dan wisatawan yang datang ke provinsi yang beribukota Mataram ini. Apa saja tarian tradisional NTB yang masih lestari hingga kini? Yuk kita bahas sebagai berikut.

apa saja tarian tradisional NTB, macam-macam tarian NTB, 6 tarian tradisional NTB yang masih lestari hingga kini, tarian tradisional yang masih lestari saat ini, apa saja tarian tradisional Nusa Tenggara Barat, sebutkan tarian tradisional NTB, apa ibukota NTB, sebutkan macam-macam tarian NTB, apa itu tari buja kadanda, apa makna tari buja kadanda, apa filosofi tari buja kadanda, apa itu tari lenggo, apa makna tari lenggo, apa filosofi tari lenggo, apa itu tari rudat, apa makna tari rudat, apa filosofi tari rudat, apa itu tari peresean, apa makna tari peresean, apa filosofi tari peresean, apa itu tari nguri, apa makna tari nguri, apa filosofi tari nguri, apa itu tari oncer, apa makna tari oncer, apa filosofi tari oncer,
Sumber gambar: Channel YouTube Cendana TV

Tari Nguri

Tarian ini adalah tari persembahan yang berasal dari Sumbawa Barat. Dahulu, tari nguri digunakan sebagai dalam upacara penghormatan dan penyambutan raja-raja. Kini tarian ini digunakan untuk menyambut dan menghormati tamu agung. Tari nguri sendiri dibawakan oleh empat orang wanita. Penari tersebut memakai baju panjang (among pene),rok panjang (tope), dan hiasan kepala (kasigar) atau kain penutup kepala (cipo cila).

apa saja tarian tradisional NTB, macam-macam tarian NTB, 6 tarian tradisional NTB yang masih lestari hingga kini, tarian tradisional yang masih lestari saat ini, apa saja tarian tradisional Nusa Tenggara Barat, sebutkan tarian tradisional NTB, apa ibukota NTB, sebutkan macam-macam tarian NTB, apa itu tari buja kadanda, apa makna tari buja kadanda, apa filosofi tari buja kadanda, apa itu tari lenggo, apa makna tari lenggo, apa filosofi tari lenggo, apa itu tari rudat, apa makna tari rudat, apa filosofi tari rudat, apa itu tari peresean, apa makna tari peresean, apa filosofi tari peresean, apa itu tari nguri, apa makna tari nguri, apa filosofi tari nguri, apa itu tari oncer, apa makna tari oncer, apa filosofi tari oncer,
Sumber gambar: Channel YouTube Indonesia Culture

Tari Oncer

Tari Mandalika yang berasal dari suku Sasak ini berasal dari kata ‘ngoncer’ yang berarti berenang. Biasanya tari oncer dimainkan oleh 3 kelompok yang terdiri dari 6-8 orang penari kenceng, 1 orang pembawa petuk (penari petuk), dan 2 orang yang membawa gendang (penari gendang). Tari yang dapat dilakukan oleh laki-laki dan perempuan ini sering digunakan sebagai tari sambutan untuk wisatawan.

apa saja tarian tradisional NTB, macam-macam tarian NTB, 6 tarian tradisional NTB yang masih lestari hingga kini, tarian tradisional yang masih lestari saat ini, apa saja tarian tradisional Nusa Tenggara Barat, sebutkan tarian tradisional NTB, apa ibukota NTB, sebutkan macam-macam tarian NTB, apa itu tari buja kadanda, apa makna tari buja kadanda, apa filosofi tari buja kadanda, apa itu tari lenggo, apa makna tari lenggo, apa filosofi tari lenggo, apa itu tari rudat, apa makna tari rudat, apa filosofi tari rudat, apa itu tari peresean, apa makna tari peresean, apa filosofi tari peresean, apa itu tari nguri, apa makna tari nguri, apa filosofi tari nguri, apa itu tari oncer, apa makna tari oncer, apa filosofi tari oncer,

Tari Rudat

Suku Sasak juga memiliki tari rudat yang mirip seperti pertunjukan pencak silat. Di dalam tarian tradisional NTB yang masih lestari hingga kini ini, terdapat gerakan menendang, memukul, dan menangkis. Biasanya tari rudat dipertunjukkan untuk menyambut tamu atau acara pemerintahan. Tari rudat juga ditampilkan pada acara besar Islam seperti Isra’ Mi’raj, Maulid Nabi, Idul Fitri, hingga khataman Al-Quran.

apa saja tarian tradisional NTB, macam-macam tarian NTB, 6 tarian tradisional NTB yang masih lestari hingga kini, tarian tradisional yang masih lestari saat ini, apa saja tarian tradisional Nusa Tenggara Barat, sebutkan tarian tradisional NTB, apa ibukota NTB, sebutkan macam-macam tarian NTB, apa itu tari buja kadanda, apa makna tari buja kadanda, apa filosofi tari buja kadanda, apa itu tari lenggo, apa makna tari lenggo, apa filosofi tari lenggo, apa itu tari rudat, apa makna tari rudat, apa filosofi tari rudat, apa itu tari peresean, apa makna tari peresean, apa filosofi tari peresean, apa itu tari nguri, apa makna tari nguri, apa filosofi tari nguri, apa itu tari oncer, apa makna tari oncer, apa filosofi tari oncer,

Tari Peresean

Wilayah Mandalika juga memiliki tari peresean yang dilakukan oleh masyarakat suku Sasak. Peresean bermakna pertarungan antara dua pria yang memiliki senjata tongkat rotan dan perisai kulit kerbau (ende). Petarung dalam tari ini disebut dengan pepadu, sedangkan wasit disebut dengan pakembar. Selama pertarungan, bunyi gamelan Sasak akan mengiringi dalam tempo yang cukup cepat dengan tembang khusus yang beraura magis.

apa saja tarian tradisional NTB, macam-macam tarian NTB, 6 tarian tradisional NTB yang masih lestari hingga kini, tarian tradisional yang masih lestari saat ini, apa saja tarian tradisional Nusa Tenggara Barat, sebutkan tarian tradisional NTB, apa ibukota NTB, sebutkan macam-macam tarian NTB, apa itu tari buja kadanda, apa makna tari buja kadanda, apa filosofi tari buja kadanda, apa itu tari lenggo, apa makna tari lenggo, apa filosofi tari lenggo, apa itu tari rudat, apa makna tari rudat, apa filosofi tari rudat, apa itu tari peresean, apa makna tari peresean, apa filosofi tari peresean, apa itu tari nguri, apa makna tari nguri, apa filosofi tari nguri, apa itu tari oncer, apa makna tari oncer, apa filosofi tari oncer,

Tari Lenggo

Daerah Bima di Sumbawa Timur juga memiliki tarian tradisional yang bernama tari lenggo. Tari ini adalah tarian peninggalan kerajaan Bima yang dahulu berkuasa di Nusa Tenggara Barat. Terdiri dari empat orang laki-laki dan empat orang perempuan dengan menggunakan baju bodo. Biasanya tari tarian tradisional NTB yang masih lestari hingga kini ini, ditampilkan di lingkungan Kerajaan Bima atau di kantor pemerintahan untuk menyambut tamu penting.

apa saja tarian tradisional NTB, macam-macam tarian NTB, 6 tarian tradisional NTB yang masih lestari hingga kini, tarian tradisional yang masih lestari saat ini, apa saja tarian tradisional Nusa Tenggara Barat, sebutkan tarian tradisional NTB, apa ibukota NTB, sebutkan macam-macam tarian NTB, apa itu tari buja kadanda, apa makna tari buja kadanda, apa filosofi tari buja kadanda, apa itu tari lenggo, apa makna tari lenggo, apa filosofi tari lenggo, apa itu tari rudat, apa makna tari rudat, apa filosofi tari rudat, apa itu tari peresean, apa makna tari peresean, apa filosofi tari peresean, apa itu tari nguri, apa makna tari nguri, apa filosofi tari nguri, apa itu tari oncer, apa makna tari oncer, apa filosofi tari oncer,

Tari Buja Kadanda

Bima juga memiliki tarian tradisional lain yang bernama tari buja kadanda atau tari mpa’a manca. Tari ini mirip dengan tari peresean, karena terdiri dari dua pria yang seolah sedang berperang membawa tombak dan perisai. Tarian ini memiliki arti untuk mengenang para prajurit yang telah berjuang dalam mempertahankan daerah. Selain itu, tarian ini juga bermakna memberitahukan kepada anak muda zaman sekarang bahwa dahulu masyarakat Bima hebat dan Berjaya, maka diharapkan generasi penerusnya harus lebih baik lagi.

Semoga informasi 6 tarian tradisional NTB yang masih lestari hingga kini ini, dapat menambah wawasan untuk kita sehingga makin kenal dan paham dengan kebudayaan Nasional. Dengan begitu akan terus ada hingga ke generasi selanjutnya. Yuk semangat melestarikan budaya asli Indonesia. 

Komentar

Bai Ruindra mengatakan…
Banyak informasi yang didapat dari postingan ini, udah pernah ke sana tapi baru tahu sekarang
Didik Purwanto mengatakan…
Yang aku tahu cuman Rudat krn tarian ini juga sering dimainkan oleh masyarakat Muslim Kepaon di Denpasar, Bali. Akulturasi budaya ini emg makin memperkuat jejak Islam di Nusantara.

Beberapa masyarakat Sasak di berbagai daerah kadang juga mempertontonkan tarian ini. Seru banget ya kak melihat keberagaman budaya Nusantara.
Sarah Jalan mengatakan…
Ternyata banyak juga tari tradisional NTB ya, dan Aku baru tau setelah baca postingan kaka, bermanfaat banget kak :)
Dyah Ummu AuRa mengatakan…
Banyak juga tarian tradisional dari NTB ini ya mbak. Aku baru liat beberapa aja sih itupun paling dari YouTube doank. Ternyata Indonesia emang sekaya itu dalam hal kebudayaan ya.
Laily M Octavia mengatakan…
Harus dilestarikan ni kak tarian daerah. Biar nggak punah kayak dinosaurus
iidyanie mengatakan…
Saya sama sekali belum tau ttg tarian khas NTB ini, ternyata banyak juga ya dan memang rata2 mirip dengan suku adat tertentu ya, jadi mau lihat videonya deh :)
I. Afrina Putri mengatakan…
Jadi rindu nari karena udah lama gak nari. Dengan membaca artikel ini aku jadi tertarik mencoba nari tarian ke-6 dari NTB ini. Coba dehhhhhh
Taumy mengatakan…
Sejak adanya sirkuit Mandalika, hal-hal terkait NTB jadi menarik untuk diketahui. Tidak terkecuali adat dan istiadat serta budaya yang ada.
saya pernah nonton dari Peresean waktu berkunjung ke Desa Wisata Sade, unik banget yaa, ada anak kecil juga yang bisa memainkannya.
Didik Purwanto mengatakan…
Beragam sekali ya kak kekayaan budaya negara kita. Aku jadi pgn belajar nari salah satu kesenian tersebut.

Kalo bukan kita yang mau melestarikannya, siapa lagi? Ayo temen2 jg semangat buat belajar tari krn tari jg bisa menenangkan hati.
Ursula Meta Rosarini mengatakan…
Aku yg dari jaman SD udah ikut les nari tapi tetep aja garakan kaku kaya kanebo kering hahahha, sampe skrg ga pernah bisa nari.

Bukan cuma di NTB, semoga tarian2 tradisonal di Indonesia semuanya selalu dilestarikan ya beb
Hamimeha mengatakan…
indonesia negeriku yang kayak akan budaya, di sisi ini aku bangga disisi lain kadang merasa emankarena kurang terekslpore. eh ternyata mandalika ini yang kemrin dipakai buta motorGP kan ya
http://www.inatanaya.com mengatakan…
Wah saya baru mengetahui ada 6 tarian daerah di NTB yang begitu menarik. Mudah2an para pemuda/i melestarikan budaya tarian sehingga dapat menjadi budaya local yang bisa jadi kekayaan NTB
Bundamami Devi mengatakan…
Wah, ternyata NTB pun punya bermacam tarian menarik ya.
Sejak Mandalika nge-hits dengan sirkuitnya, sekarang makin banyak yang eksplorasi keindahan budaya dan alam di NTB.
Makasih info dan insight-nya, Mbak.
Eka FL mengatakan…
ternyata tarian dari NTB banyak juga ya sampai 6. kalau di tanah Sunda yang saya tahu malah kurang dari 6, hehehe. tari jaipong, tari merak, tari topeng....udah itu aja, hehehe/ btw kemarin pas pembukaan motoGP di Mandalika disambut tarian khas NTB juga gak ya? aku gak nonton, hehehe
NTB emang banyak banget pemikatnya termasuk budaya. Jadi inget punya list mau jalan jalan ke sana tapi belum tercapai sejak covid huhu
Shyntako mengatakan…
NTB tuh salah satu wishlist travelling aku loh Fen, selain pemandangannya bagus banget, plus kulturnya juga oke bangettt, banyak tarian tradisional yang oke ya
Han mengatakan…
Keren bangeeett, wajib dilestarikan ini sihh. Jarang2 nonton tarian tradisional kayak gini
Wiwid Nurwidayati mengatakan…
Baru kali ini tahu nama-nama tari dari NTB. Biasanya tahunya Trai pendet, tari jaipong tari piring
Hallowulandari mengatakan…
Dari enam tarian NTB itu, aku taunya dan emang pernah dengernya Tari Rudat aja nih, emang yaa informasi tentang budaya tradisi harus terus ditulis dan disebarin biar terus terjaga dan lestari
Ulfah Aulia mengatakan…
Aku baru tahu tarian NTB lewat postingan ini… Sebenarnya tarian daerah punya keunikan masing2 dan perlu dilestarikan supaya terus jadi kebanggaan Indonesia yaa kak
Wahyu Eko C mengatakan…
makasih banget nih, jadi tahu nama-nama tari tradisional khas NTB, jujurly baru denger sekarang
Dee_Arif mengatakan…
Tari tari ini menunjukkan betapa beragamnya kekayaan bangsa kita ini
Nurrahmah Widyawati mengatakan…
Sejak event Moto GP di Mandalika, jadi familiar sama Mandalika. Padahal ternyata justru banyak kekayaan seninya ya, terutama tari. Aku sendiri suka nari tradisional pas SD. Tapi jujur belum coba tari daerah NTB ini. Lebih sering jawa & sumatera.
deddyhuang.com mengatakan…
tarian ini bakal lebih dramatis lagi kalau kita bisa nonton langsung pertunjukan mereka ya.. duh aku kangen bisa ke NTT lagi nih.
lendyagasshi mengatakan…
Kekayaan budaya Indonesia ini yang menjadi daya tarik wisatawan yaa..
Bagaimana bisa di setiap daerah memiliki banyak keanekaragaman sehingga sangat menarik untuk dipertujukkan kepada dunia.. Apalagi kini ada sirkuit Mandalika yang sangat terkenal.
Nabilla DP mengatakan…
aku dulu suka nari, mba.. tarian tradisional gitu, tapi belum pernah belajar tari dari NTB. prnahnya belajar tari bali aja dikit2.. kalau dari daerah lain di luar jawa beluumm
Maria G Soemitro mengatakan…
sangat menarik tarian NTB ya?

tercipta untuk pesta ya? karena setiap tarian terdiri dari banyak penari
April Fatmasari mengatakan…
Wah, terima kasih infonya Mbak. Saya baru dengar semua. Hehe

Alhamdulillah masih ada tarian yang tetap dilestarikan sampai sekarang. Bisa untuk ajang tampil di acara-acara, seperti sekarang di Mandalika
Fionaz mengatakan…
Banyak juga ragam tarian daerah yang aq belum pernah dengar, next semoga makin banyak anak2 yang cinta dan melestarikan tarian daerah
Nita Juwithafina mengatakan…
Sesekali aku juga pengenn nih ke NTB bisa lihat serangkaian budaya di sana :) Indah tak tterkira
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
berharap banget, yg begini-begini jangan sampai punah ya :) banyak jg ternyata jenis tari-tarian khas NTB, jadi penasaran pengen liat langsung tiap pertunjukannya :)
Yola Widya mengatakan…
penasaran sama tari Rudat, bener-benar mirip pencak silat ya mbak? Indonesia memang kaya budayanya
Ayah Ugi mengatakan…
Indonesia begitu kaya, kita layak berbangga, bahasa, budaya begitu banyak dan semuanya dalam harmoni melengkapi kekayaan dan keanekaragaman. Misal satu wilayah saja seperti NTB sudah memiliki 6 Tarian khas dan sedihnya saya baru tahu
Irawati Hamid mengatakan…
lumayan banyak juga yaa tari tradisional dari NTB. Mengetahui banyaknya tari-tarian ini membuat saya sadar kalo indonesia itu kaya banget akan budaya dan sebagai rakyat indonesia, saya bangga dengan hal itu
Iva C Wicha mengatakan…
Ternyata banyak jga ya tarian2 dri NTB. Dlu sempat tggal setengah tahun di Lombok, tpi malah belum prnah liat tarian2 itu scra langsung
Talif mengatakan…
Cukup bangga sih sebagai orang Indonesia karena kita punya banyak jenis tarian. Dan jika ditelisik lebih jauh, rata-rata tarian itu memiliki makna, filosofi dan gerakan yang menarik untuk dipahami.
Rani Retnosari Mantriana mengatakan…
Ternyata banyak juga ya tarian tradisional dari NTB, dan yups kebudayaan indonesia harus tetap dilestarikan
Aku kasih lihat iparku tulisan ini
Katanya memang benar tradisi ini masih terus ada dan unik diceritakan
Eka FL mengatakan…
pengen deh aku ke NTB, selain pengen lihat tarian-tarian khas NTB juga pantainya yang indah. BTW selain tarian ada tarian tradisional lain gak sih kak? kalau di sunda ada bangabrongan, reog di jawa dan leak di bali, kalo di NTB ada gak ya yang serupa? anakku suka banget soalnya, hehehe
Ova Forlendy mengatakan…
NTB adalah salah satu propinsi yang sangat ingin saya kunjungi, dan melalui postingan ini, saya dapat mengetahui tarian tradisional propinsi ini.
Pradyta Febriana mengatakan…
Kerwn banget, semoga generasi muda bisa terus melestarikan tarian adat agar tetap terjaga keutuhannya
Efa Butar butar mengatakan…
Mba Fen, sukaaa banget sama bahasan budaya semacam tarian ini. Jadi kepikiran buat riset tarian di Batak yang masih terjaga deh.
Henny mengatakan…
Baru tau ada sebanyak ini tarian dari NTB. Keren Indonesia punya banyak jenis tarian. Dari NTB aja udah ada 6. Mungkin bisa lebih kalau diteliti lebih dalam lagi
Priyani Kurniasari mengatakan…
Menarik ya, NTB punya banyak tarian, jadi satu poin plus kalau kita berkunjung ke Lombok ya mba? Apalagi dengan dibangunnya sirkuit Mandalika
Siswiyanti Sugi mengatakan…
Nice info, Mbak. Meski ada teman yg tinggal di NTB, saya hanya tau baju adatnya yang semacam sarung itu serta madunya yang lezat. Kalo tarian, baru baca di tulisan ini. 😁