Langsung ke konten utama

Ini Saatnya Kamu Harus Memulai InvestasiKu

Ini saatnya kamu harus memulai InvestasiKu, menjadi bahan pertimbangan untuk memikirkan tentang kelola keuangan dalam jangka panjang. Pasalnya, menjalani kehidupan ini ada waktunya. Masa ketika sedang berlimpah dana, sekadar cukup untuk kebutuhan sehari-hari, bahkan mungkin ada masanya sedang kekurangan. Oleh karenanya, instrumen keuangan yang ada saat ini seperti menabung, dan berinvestasi, sudah harus dipikirkan secara matang. 

Ingin yang seperti apa sih untuk kehidupan di masa tua mendatang? Bisa tidak ya, saat nanti di usia tidak lagi produktif tetap dapat menjalani hari-hari tanpa memikirkan mencari lagi pendapatan?

Kesemuanya bisa terjawab dengan kembali lagi kepada diri kita, sebab yang bertanggungjawab untuk kehidupan yang kita lakoni adalah diri kita sendiri. Dari situlah dilakukan dengan cerdas berinvestasi. Sebagaimana yang disampaikan oleh Pak Firman Marihot selaku Group Head of Probiz Dev PT Mega Capital Sekuritas, saat webinar Cerdas Berinvestasi bersama Komunitas ISB, yakni:

“Hidup seperti roller coaster kadang di atas kadang di bawah, kita tidak tahu kapan masanya tersebut. Namun kita mesti tahu, bahwa segala sesuatu yang kita simpan adakalanya tidak cukup. Selain itu ada batas waktu kita dalam menabung dan berinvestasi. Usia meningkat, maka konsumsi pun meningkat,”

Terlebih lagi saat ini kita melihat harga gas, dan minyak goreng yang meningkat. Padahal saat saya sekolah, kedua harga tersebut terbilang stabil. Soalnya saat itu saya masih bisa main masak-masakan bersama teman, dan membeli minyak goreng dengan harga terjangkau.

Kenaikan di atas memang tidak bisa dielakkan, karena terjadinya inflasi keuangan. Di sini, pentingnya mencari solusi jangka panjang untuk kehidupan kita, yaitu dengan investasi dan perencanaan keuangan.

[Baca Juga: 6 Kunci Kelola Keuangan di Masa Pandemi]


Mengapa Pilihannya adalah Investasi?

Bila merujuk pada KBBI, Investasi merupakan penanaman modal atau uang di suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Kalau disimpulkan, intinya adalah investasi itu tanam modal guna mendapatkan keuntungan.

Nah mendapatkan keuntungan itu kerap menjadi landasan untuk memilih investasi. Pasalnya berinvestasi dapat dijadikan sebagai tabungan jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Selain itu modal yang di investasikan harganya pun ikut naik.

Kurang lebih contohnya sebagai berikut, pada tahun 2021 saya berinvestasi di suatu perusahaan senilai Rp 10.000.000,- dalam jangka waktu satu tahun. Setahun kemudian yaitu tahun 2022 ini, uang yang saya investasikan ternyata menjadi Rp 20.000.000, dengan begitu saya mendapatkan keuntungan 10juta, karena mengikuti kenaikan harga saham dari perusahaan tersebut.

Menguntungkan, bukan?

Jelas, karena bisa sebagai aset masa depan juga. Apalagi tempat kita untuk menginvestasikan dana adalah terjamin karena berada di bawah pengawasan OJK, paham alurnya dan memiliki banyak produk sebagai pilihan untuk kita, seperti investasi saham, reksa dana, obligasi. Hal tersebut bisa kita dapatkan dengan mudah melalui aplikasi InvestasiKu.

InvestasiKu untuk Masa Depan Gemilang

InvestasiKu adalah aplikasi investasi yang dapat membantu kita meraih kebebasan finansial yang dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas. Berada di bawah pengawasan OJK, dan di bawah naungan PT. Trans Corp, aplikasi InvestasiKu sangat mudah untuk dioperasikan serta memiliki ragam keunggulan, seperti:

  • Tersambung dengan ekosistem Trans Corp sehingga kita berpeluang mendapatkan poin (1 poin = 1 rupiah). Selain itu berkesempatan mendapat kupon yang dapat digunakan sebagai potongan belanja.

  • InvestasiKu menyelenggarakan edufest dan webinar untuk para penggunanya, agar semakin paham dengan produk-produk keuangan. Dengan begitu selain mendapatkan keuntungan karena berinvestasi, sekaligus juga memperoleh wawasan tentang finansial. Nah pada bagian ini, kamu harus follow akun media sosial InvestasiKu, agar tidak ketinggalan informasinya.

 

Kapan saat yang tepat investasi saham atau obligasi? dan bagaimana dengan manager investasi untuk reksa dana?

Dengan menggunakan analisa teknikal (chart pergerakan saham selama beberapa waktu ke belakang) dan analisa fundamental (bisa melihat laporan keuangan perusahaan). Untuk manager investasi di InvestasiKu, adalah orang-orang yang kredibel di bidangnya. Jadi tidak tidak perlu khawatir. 

Disarankan buat yang baru ingin bertransaksi jangan berinvestasi saham kecuali belajar dulu, atau ikut webinar seperti belajar di InvestasiKu yang menyelenggarakan webinar dan edukasi yang diadakan di InvestasiKu.

Lalu bagaimana cara berinvestasi di InvestasiKu?

Hal pertama yang dilakukan adalah pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi InvestasiKu, melalui klik gambar berikut ini: 

apa itu aplikasi investasiku, cara berinvestasi di investasiku, apakah investasiku terdaftar di OJK, investasiku di bawah naungan Trans Corp,

Selanjutnya, isi data diri dan tunggu OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel kita untuk menyelesaikan pendaftaran akun.

Saat memiliki akun InvestasiKu, sudah siap nih untuk bisa mendaftar RDN atau Rekening Dana Nasabah. Ini bertujuan agar kita bisa memulai investasi. Caranya dengan klik fitur “portofolio”, lalu ikuti langkah-langkah yaitu validasi KTP, isi formulir pembukaan rekening Investasi dan verifikasi Biometrik. Lalu tunggu email notifikasi dari tim InvestasiKu.

Praktis untuk mulai menanamkan modal, apalagi bersama InvestasiKu akan mendapatkan wawasan kekinian tentang produk investasi. Sehingga dapat memberikan manfaat yang berarti.

[Baca Juga: Stabilkan Keuangan, Jangan Lengah di Tengah Pandemi]

Oh iya, saat saya mengikuti webinar bersama Pak Firman, beliau berpesan bahwa, trik memilih manager investasi agar tidak dikelabui ala Pak Firman yaitu dengan melihat dari kinerja (history-nya) reksadana tersebut. Selain itu, jangan berinvestasi memakai uang pinjaman online (pinjol), dan usahakan jangan menggunakan uang bulanan atau uang dapur. Namun dari menyisihkan uang kecil, dan pendapatan tetap. Jadi berinvestasi bukan dari kebutuhan jangka pendek. Bagaimana kamu sudah siap berinvestasi? 

Komentar

Blog berita mengatakan…
Memulai mengerti arti investasi untuk jangka pendek dan panjang akan memudahkan kemnalininvestasi melalui aplikasi tersebut
Dian Restu Agustina mengatakan…
Akupun merasa dulu harga stabil, enggak gonjang-ganjing seperti saat ini yang enggak bisa diprediksi, membuat kita mesti bersiap dengan pengelolaan keuangan yang lebih terencana di antaranya dengan berinvestasi
Irawati Hamid mengatakan…
investasi memang harus dilakukan yaa agar keuangan kita aman. Dan gak perlu menunggu memiliki uang banyak baru melakukan investasi karena sekarang ini udah banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk memulai investasi
Maria G Soemitro mengatakan…
setuju, penting banget berinvestasi di platform terpercaya seperti Investasiku

Karena Investasiku merupakan bagian dari CT Corp

dan kebetulan adikku kerja di Bank Mega sebagai kepala cabang

jadi tahu banget betapa kompetennya meereka
Deeva Collection mengatakan…
Investasi memang diperlukan untuk jangka panjang, namun perlu memperhitungkan banyak hal, salah satunya adalah dalam memilih investasi yang tepat ya, kak
www.kisahsejati.com mengatakan…
Untuk investasi dalam saham saya belum berani.Karena memang tidak paham ya.Yang saya dengar katanya kalau berinvestasi saham jika salah perhitungan meruginya banyak.Oh baru tahu nih kalau Investasiku grup Trans ya?wah, managementnya bagus nih.Salam: Dennise Sihombing
Annie Nugraha mengatakan…
Semenjak kejadian Indra Kenz dan Doni Salmanan merebak, kegiatan trading sempat jadi buah simalakama. Mendadak banyak investor yang menelisik kembali institusi investasi. Khususnya tentang perijinan dan sistem berinvestasinya. Tapi semoga hal ini tidak terjadi pada kita ya. Karena sejatinya investasi itu harus menyenangkan dan membawa kita kepada keberuntungan. Plus tentu saja bisa membantu masalah finansial ketika kita sudah tidak produktif lagi.
Nanik nara mengatakan…
Investasiku ini dibawah naungan CT Corp ya, nah kalau begini sih yakin aman ya, kan terdaftar di OJK juga.

Jadi nggak bakalan ketipu kayak yang terbujuk investasi bodong ala para crazy rich itu
Siti Nurjanah mengatakan…
Memilih investasi tentu memerlukan perhitungan keuntungan dan risiko yang tepat selain itu pilih juga yang resmi dan terdaftar di OJK
Lasmicika mengatakan…
Investasi memang harus mulai dipikirkan dari sekarang agar keuangan tertata, tidak habis cuma buat makan lah istilahnya. Cukup pelajari sistemnya dan tentukan jenis investasi apa yang cocok buat kita.
Okti Li mengatakan…
Betul banget, berinvestasi itu harus pakai uang dingin. Jauhkan dari pinjol. Jangan sampai menggunakan uang kebutuhan sehari-hari pokoknya ya
Manik Swadiaya mengatakan…
Setuju banget kak, investasi kudu di lakukan sejak dini, dengan aplikasi ini semua makin mudah, bisa dari rumah tanpa harus datang ke kantor fisik. be smart for your invesment
Mugniar mengatakan…
Jaman now, cara berinvestasi semakin kekinian dan mudah ya ... yang lagi mencari cara investasi, silakan disimak nih. Kalau ada yang butuh referensi bisa juga saya rekomendasikan.
Yayu Arundina mengatakan…
Informasi yang menarik dan bermanfaat. Investasi harus mulai dibiasakan seperti menabung ya, demi masa depan yg lebih baik. Deal ah
Gita Siwi mengatakan…
Asyik ya ini aplikasi yang berkaitan dengna financial. Nggak blasss gitu aja setelah kita download karena ada webinarnya juga, jadi makin tercerahkan urusan investasi ya mba
Susi Susindra mengatakan…
Nah, ini warning yang bagus. Jangan berinvestasi menggunakan uang pinjol atau uang untuk pengeluaran yang sudah fiks. Ini unvestasi jangka panjang. Bukan sebulan dua bulan.
Kalau masuk jaringan Trans Corp, wah, jadi pengen punya nih
Mporatne mengatakan…
Kalau pinjaman online buat investasi bagaikan gali lubang tutup lobang. Mendingan kurangi jajan kopi deh.
Yuni Handono mengatakan…
Investasi memang bukan hanya untuk jangka panjang saja, tapi juga untuk jangka pendek. Dan saya telah membuktikan bagaimana kehidupan itu ibarat roller coster. Saat punya uang jangan kalah, tetapi gemarlah menabung agar disaat uang menipis, tabungan bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan yang tiba2 dan mendadak.
Utie Adnu mengatakan…
Salah satu untuk mengatur financial Dan sifatnya jaga2 investasi Pilihan tepat ya mba... Boleh nih aplikasi investasiku jadi pilihan... Harus banget punya investasi memang
Diaz Bela mengatakan…
Keren ya.. bisa juga nih untuk alternatif orang yang baru akan memulao investasi. Anti ribet dan praktis krn bisa dilakukan dalam satu pintu!
Ruziana mengatakan…
berinvestasi memang perlu pemikiran dan perencanaan yang matang
kondisi keuangan harus benar-benar sehat
jadi berinvestasi jg harus punya dasar dan tujuan yang jelas alias tidak ikut ikutan supaya tercapai tujuan yang diinginkan
Ainun mengatakan…
sekarang udah makin banyak pilihan untuk berinvestasi dan semua balik lagi ke masing-masing personal pengen model investasi yang kayak apa.
paling mudah memang reksadana dan kudu diliat lagi tujuan investasinya
Bambang Irwanto mengatakan…
Hidup ini memang terus berja;an ya, Mbak. Dan pasti akan selalua da perubahan. termasuk hadirnya rencana-rencana baru. Makanya kita harus punya simpanan dana. Dan bagusnya memang dengan cara investasi.
Syukurlah, zaman now semakin mudah untuk investasi. banyak pilihan, asalkan pilih yang sudah diawasai oleh OJK.
Didik Purwanto mengatakan…
Lebih baik telat tahu daripada tidak sama sekali. Bener banget uang kita di tabungan selalu abis kena biaya admin dan tergerus inflasi. Cara yg paling tepat utk menaikkan kekayaan ya cuman dgn berinvestasi.

Investasi jg bnyk produknya. Salah satunya aku jg udh masuk saham. Jd pgn cobain produk reksa dana dan obligasinya. Smg lekas dirilis ya biar dapat cuan. Lumayan transaksinya dpt poin dan bs ditukar di merchant CT Group.
Lintang mengatakan…
Belum terlambat kalau ingin memulai investasi. Apalagi InvestasiKu ini aman dan cocok buat pemula yang masih mau belajar berinvestasi. Pendaftarannya pun mudah. Semoga bisa merencanakan keuangan untuk kebebasan finansial kelak.
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Bagiku investasi tu jagani buat masa-masa ketika sudah nggak produktif lagi. Karena nabung saja raasanya nggak cukup euy. Hehehe
R Palupi mengatakan…
Kalau udah punya RDN nggak perlu bikin RDN lagi kan mbak? Aku pengen nyobain invest di investasiku nih buat diversifikasi portofolio.
Han mengatakan…
Gimana gimana pun investasi bisa dimulai di umur berapa aja sih tapi idealnya emang 20an dan ngga ada kata terlambat yakak. setuju bangett. aku jg udah mulai belajar2 investasi nih
Mei Daema mengatakan…
saya juga sudah instal aplikasi ini useful banget buat pemula seperti aku yang sedang belajar tentang investasi, karena dalam aplikasi banyak materinya juga
Shyntako mengatakan…
Rekomendasi saham yang oke di Investasiku apa aja ya Fen? Pengen mulai investasi saham deh akutuh, gpp kan ya emak2 pengen coba invest saham
Wiwied Widya mengatakan…
Beberapa tahun terakhir aku seneng banget nyimak soal investasi ini. ternyata pilihan investasi itu banyak banget ya, tinggal kita aja mau pilih yang mana.
iidyanie mengatakan…
Zaman now buat berinvestasi cukup mudah ya seperti di aplikasi Investasiku ini, gak perlu lama buat daftar udah bisa nabung saham & reksadana dan ada tempat belajarnya pula, keren bingit!
Mutia Nurul Rahmah mengatakan…
semakin mantab untuk memulai investasi bersama investasiku dan memang perlu merencakanan masa depan yang lebih baik
Bener sih mbak, berinvestas seharusnya jangan menggunakan uang dapur apalagi uang pinjaman, ya? Karena jika bermasalah makin bingung pengembaliannya dari mana.
Ika Maya Susanti mengatakan…
Urusan keuangan di masa tua nanti ni kadang memang sering kita sepelekan ya. Padahal kalau nggak dipikirkan dari sekarang, terutama dengan mikirin post investasi, wah alamat bisa repot juga nantinya.
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
bener banget, hari gini udah harus mulai investasi demi masa depan nyaman ya :) apalagi udah makin banyak aplikasi keuangan gini, jadi makin gampang atur uang apalagi investasi
Wiwid Nurwidayati mengatakan…
mulai sekarang kita memang harus mulai berinvestasi agar uang bekerja untuk kita. terlebih dengan kondisi kebutuhan yang semakin mahal. Harus pandai menngatur keuangan
lendyagasshi mengatakan…
Mempersiapkan segala kemungkinan dengan persiapan matang terutama di bidang keuangan. Ini membutuhkan kelihaian dan pengalaman serta jam terbang. Penting banget belajar dan dipraktekkan langsung melalui aplikasi Investasiku.
lendyagasshi mengatakan…
Dengan investasi, maka memberikan kenyamanan paling enggak untuk dana-dana yang pasti dibutuhkan di masa yang akan datang.
Dan menyikapi dengan bijak begini akan memberikan kemudahan kemudian.
Investasiku adalah salah satu solusi keuangan masa depan.
admin mengatakan…
Investasi sejak dini memang penting yaa mba
Narasi Nia mengatakan…
Betul banget kak. Hidup itu kayak roller coaster banget. Kalau gak punya persiapan yang mantab, pasti kalang kabut. Dan investasiku bisa jadi solusi
Okti Li mengatakan…
Ingin masa tua tinggal menikmati sisa hidup dengan santai dan fokus ibadah, tanpa mikir lagi cicilan hehehe. Semoga dengan investasi masa tua kita bisa dijalani sesuai keinginan. Aamiin
cacaa mengatakan…
Semangat kerja biar bisa terus investasi, walaupunn kelihatan susah tapi insya Allah bisa.. apalagi sekarang banyak aplikasi yang mendukung, seperti Investasiku.
Hai mba~ kita satu server nih pakai aplikasi Investasiku untuk investasi
start small dulu smbil belajar investasi
Inez Dwijayanti mengatakan…
bener banget,jangan pernah investasi dari ngutang pinjol atau duit dapur.
shinobi apuy mengatakan…
bener banget, investasi memang harus dari sekarang mumpung masih mendapatkan penghasilan bulanan dari kantor. Tapi emang harus hati-hati milih investasi, soalnya klo salah yang ada boncos
Didik Purwanto mengatakan…
Penting banget nih. Jangan ngutang buat investasi. Iya kalo investasinya naik, kalo anjlok? Itulah pentingnya literasi keuangan. Jangan sok2an investasi tapi malah menyusahkan kehidupan setelahnya. Ngga bener ini namanya. Salam cuan dan semangat berinvestasi ya kak.
Dian farida ismyama mengatakan…
Bener banget di dunia ini kesehatan dan produktivitas kita ada waktunya. Makanya mending sejak dini mulai berinvestasi. Tentunya di tempat yg aman kayak InvestasiKu ya kak
Bening Pertiwi mengatakan…
Siaaaap, memang harus mulai investasi dari sekarang. Meski kadang harus lebih ketat menyisihkan pendapatan utk investasi, tapi untuk masa depan, apa sih yg enggak
Wahyu Eko C mengatakan…
tidak ada investasi yang instan, jadi jangan mudah percaya dengan rayuan cepat untung dari investasi. Utamakan pilih platform yang punya legalitas resmi seperti Investasiku ini
Investasi itu emang penting banget, kita harus belajar sebanyak-banyaknya sebelum berinvestasi supaya dapet cuan hihi, dan tentunya terhindar dari penipuan atau kerugian besar ya Kak
Deeva Collection mengatakan…
Investasi harus menjadi salah satu hal yang pelru kita pikirkan untuk jangka panjang, ya, Kak. Karena kondisi ekonomi dan karier juga belum tentu menjamin masa depan kita ya.
Hallowulandari mengatakan…
makin banyak pilihan aplikasi buat berinvestasi yaa, jadi kita beneran bisa terdorong buat ngatur keuangan saat ini dan buat masa depan deh, investasi bisa jadi salah satu pilihan buat mandiri finansial di hari tua ya
Gioveny Astaning Permana mengatakan…
Investasi memang harus jadi prioritas ya sekarang. Siapapun harus melek investasi jadi penghasilan yg didapatkan tidak habis begitu saja
eka fitriani larasati mengatakan…
berkat banyaknya postingan yang reminder untuk investasi aku jadi mulai melek investasi, tapi masih nyari mau investasi dimana dn milih jenis apa. untung ada investasiku ya, aku bisa pilih dan cari tahu soal investasi hanya lewat aplikasi, simple banget.
Happy mengatakan…
iya nih, makin bertambah usia makin sadar pentingnya investasi untuk jangka panjang. apalagi kita ga tau pandemi ini bisa berlangsung sampai kapan yang bener-bener menguras ekonomi huhu
kang á—ªirman mengatakan…
Semakin banyak tersedia pilihan serta kemudahan dalam hal berinvestasi, sebenarnya sinyal baik bagi pertumbuhan ekonomi.

Tapi ya itu, memilih platform invest yang serius dan terpercaya juga harus terencana dengan baik, seperti investasiku ini, yang sudah memiliki izin dari OJK, tentunya sudah lebih aman ya, kak?
Dila mengatakan…
Benar sekali, hidup seperti roda berputar, kadang kita di atas kadang juga di bawah. Saat di atas, seharusnya kita menabung atau berinvestasi dengan bijak supaya menjadi cadangan saat berada di bawah.
Ulfah Aulia mengatakan…
Berinvestasi ini tujuannya buat jangka panjang ya kak… Saat kita sudah tidak bekerja lagi di usia tua nanti, maka dengan berinvestasi kita bisa mewujudkan financial freedom itu ya kak
Antin Aprianti mengatakan…
Zaman sekarang memang penting banget buat investasi. Aku juga tertarik tapi masih banyak ga pahamnya, tapi Investasiku ini terpercaya ya, jadi pengen ngulik deh
Ria Fasha mengatakan…
saat ini makin banyak ya masyarakat yang melek investasi
aku pun juga lagi belajar dan mencoba investasi dalam skala kecil
dengan harapan apa yang saat ini kita usahakan akan berbuah hasil lebih baik di masa mendatang
Busanery mengatakan…
Investasi memang penting banget. Di jaman serba digital seperti sekarang ini, menyiapkan dana untuk masa depan agar finansial lebih aman perlu disiapkan dari sekarang
Nyi Penengah mengatakan…
Bisa melajar banyak nih dalam berinvestasi. Programnya lebih ramah untuk generasi muda agar lebih berwawasan mengenai invstasi. keren.