Langsung ke konten utama

Resensi Buku Pembiayaan Mudharabah Dalam Sistem Perbankan Syariah

Resensi Buku Pembiayaan Mudharabah Dalam Sistem Perbankan Syariah (Buku) - Akad Mudharabah Sebagai Pilihan Dalam Mengajukan Pembiayaan Syariah. Sistem perbankan syariah yang hadir dalam perekonomian Indonesia, memberikan hati yang menenangkan bagi masyarakat yang menginginkan lembaga institusi yang bebas dari bunga atau riba. 

Masyarakat bisa memilih akad-akad pada bank syariah yaitu metode pembiayaan apa saja yang disesuaikan dengan kebutuhan, salah satunya adalah dengan metode bagi hasil atau akad mudharabah.

Resensi Buku Pembiayaan Mudharabah Dalam Sistem Perbankan Syariah, apa itu pembiayaan mudharabah, apa itu pembiayaan syariah,

Tentang Buku Pembiayaan Mudharabah dan Bagiannya

Sesuai judulnya, buku tentang finansial ini mengupas tuntas pembiayaan dalam sistem perbankan syariah yaitu Mudharabah. Pada bagian 1 menjadi bab pendahuluan sebagaimana sistematika penyusunan karya ilmiah pada umumnya. 

Dalam 3 bab secara berturut-turut penulis menerangkan secara luas apa itu  akad mudharabah, pembahasan mengenai akad, karakteristik pembiayaan mudharabah, landasan operasional investasi mudharabah, prinsip syariah dalam aspek pembiayaan mudharabah dan ditutup dengan penjelasan mengenai riba.

[Baca Juga: Resensi Bank Sentral Itu Harus Membumi]

Pada bab berikutnya berisi tentang, konsep dasar bagi hasil yang dilanjutkan dengan implementasi akad bagi hasil investasi pembiayaan mudharabah, kemudian diakhiri oleh analisa penulis mengenai tindak pidana perbankan menurut hukum positif. Bab 7 sebagai penutup yang dilengkapi dengan tambahan lampiran Undang-undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah.

Resensi Buku Pembiayaan Mudharabah Dalam Sistem Perbankan Syariah, apa itu pembiayaan mudharabah, apa itu pembiayaan syariah,
(Dok: kawanbuku.com)

Kekurangan Buku Pembiayaan Mudharabah

Membaca karya yang merupakan telaah disertasi penulis ini, menurut saya tidak banyak keistimewaan dibandingkan dengan buku-buku dengan tema yang sama yaitu 2 buku karya Dr. Muhammad, M.Ag berjudul Manajemen pembiayaan mudharabah di bank syariah (Penerbit Rajawali Pers : 2008 Jakarta edisi 1) dan berjudul Konstruksi mudharabah dalam bisnis syari'ah (Penerbit Pusat Studi Ekonomi Islam : 2003 Yogyakarta cetakan pertama), pilihan saya jatuh kepada judul buku Konstruksi mudharabah dalam bisnis syari'ah. Buku tersebut menerangkan secara lugas akad mudharabah serta dilengkapi beberapa contoh soal cara perhitungan bagi hasil.

Kesimpulan

Terlepas dari hal di atas, buku ini dapat memperkaya khasanah pustaka hukum perbankan di Indonesia terutama bidang ilmu syariah, sehingga bisa menjadi bahan referensi bagi mahasiswa yang menekuni bidang hukum bisnis, ekonomi syariah atau masyarakat umum. Jadi, apakah anda masih ragu dalam pembiayaan syariah dengan prinsip bagi hasil?

Fenni Wardhiati
Alumnus Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Al-Aqidah Jakarta (Sekarang bernama STAIINDO Jakarta).

***

Judul : Pembiayaan mudharabah dalam sistem perbankan syariah
Penulis : Dr. Hj. R. A. Evita Isretno, SH., MH
Penerbit : Cintya Press
Tahun : 2011 cetakan pertama
Hlm : x + 234 Halaman
ISBN : 9789793059907

Buku diary solat imran, resensi buku episode diary solat imran

Komentar

hafizur razak mengatakan…
Nice info makasih ya
Fenni Bungsu mengatakan…
Makasih atas kunjungannya ^_^
amalia fajri mengatakan…
Kebetulan saya lagi belajar pembiayaan mudharabah. Semoga bukunya bisa rekomen yah.
Panca m mengatakan…
Harganya berapa yaa ka?
Cara pesannya gimna?.
Trimksh
Wes Mba Fen keren. Bacaanya berat ikh tapi banyak ilmunya. Aku juga pakai akad mudharabah juga waktu pindah cicilan KPR rumah dari bank konvensional ke bank syariah. Doain ya mba fen semoga cicilannya segera lunas. Ga tenang soalnya punya hutang tu
Maria G Soemitro mengatakan…
Salah satu keberuntungan Muslim adalah keteraturan dan transparansi terlebih di bidang ekonomi
Ngga heran non Muslim banyak yang punya rekening di bank Syariah
tantiamelia.com mengatakan…
wah ini harus dikunyah pelan pelan ya Fen, takut salah paham

memang islam itu komplit, semua ada hukumnya yang berlaku, dan detail jadi kita tidak usah takut salah
Dian Restu Agustina mengatakan…
waduh yang ngeresensi berlatar belakang ilmunya. Aku awam dengan konsep syariah ini. Tentu buku yang pas buat nambah ilmu ya...Makasih Mbak Fenni
Nengsi Hariyanti mengatakan…
Bagi yang mau mempelajari tentang jual beli dalam islam dengan baik, perlu banget beli buku ini. aku dulu pernah juga mempelajari tentang mudharahah sewaktu masih di MA.
Meykke Santoso mengatakan…
wah bukunya berat ya mbak, bukan termasuk buku yang ku suka, hehe. Aku lebih suka novel dan pengembangan diri. Tapi buku ini juga berguna ya
Dee_Arif mengatakan…
Waah suka baca buku tentang ekonomi islam ya mbak

Dulu kuliah jurusan ini kah?