Jenis Asuransi yang Bagus untuk Anak Bagi Masa Depannya

Asuransi untuk anak, jenis asuransi bagi anak, asuransi yang bagus untuk anak, asuransi yang bagus untuk masa depan anak,


Kamu sudah berkeluarga dan memiliki buah hati? Penting untuk memilih jenis asuransi sesuai kebutuhan untuk masa depan anak. Namun begitu masih cukup banyak masyarakat yang awam mengenai asuransi yang bagus untuk anak. Padahal masa depan anak harus mulai dipikirkan dan direncanakan mulai dari sekarang, terutama pendidikannya. 

Hal itu pula yang menjadi pembelajaran untuk saya, kala nanti berumahtangga lalu memiliki buah hati. Sebab saat menjadi orangtua, tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, apalagi dalam hal pendidikan. Terlebih biaya pendidikan terus meningkat setiap tahun, semakin bagus fasilitas dan sistem pengajarannya maka biayanya akan semakin tinggi. Oleh karenanya kamu harus mulai memikirkan dana pendidikan untuk anak sejak saat ini. 

Tak hanya pendidikan, anak pun juga harus diberikan proteksi untuk kesehatannya. Nah, untuk itu, penting halnya bagi orangtua dalam memilih asuransi yang tepat untuk anak. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 


Asuransi untuk anak, jenis asuransi bagi anak, asuransi yang bagus untuk anak, asuransi yang bagus untuk masa depan anak,

Jenis-jenis Asuransi untuk Anak 

Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga perlu adanya proteksi untuk meminimalisir risiko. Sayangnya masih cukup banyak orangtua yang awam dengan asuransi untuk anak ini. Namun tak perlu khawatir, kamu dapat mencari tahu lebih lanjut informasi asuransi untuk anak melalui ulasan berikut. 

1. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan adalah kombinasi dari asuransi jiwa berjangka serta tabungan atau investasi. Asuransi tetap akan diberikan meskipun pemiliknya meninggal dunia. Sehingga jenis asuransi ini bisa disebut juga sebagai asuransi keluarga.

Setelah membeli polis, kamu membayarkan sejumlah premi secara rutin kepada pihak asuransi. Jumlah dan waktunya disesuaikan dengan yang dipilih. Di mana saat kamu membayar premi, pihak asuransi telah menyiapkan dana segar untuk biaya buah hatimu masuk sekolah. 

Asuransi pendidikan dibedakan menjadi 2 macam, yaitu asuransi dwiguna dan unitlink. Keduanya memiliki perbedaan dari segi bunga atau hasil investasinya. 

Untuk jenis asuransi pendidikan dwiguna adalah gabungan dari asuransi jiwa tradisional sebagai bentuk proteksi pada tulang punggung keluarga serta tabungan atau deposito. Sementara jenis asuransi pendidikan unit link adalah gabungan antara asuransi jiwa tradisional dengan investasi yang mirip Reksadana. 


2. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan tak kalah pentingnya dengan asuransi pendidikan. Tentu saja sebagai orangtua, kamu tak mau buah hati tercinta mengalami musibah maupun sakit keras hingga harus rawat inap di rumah sakit. Meski begitu tetap perlu bagimu mempersiapkan proteksi berupa asuransi kesehatan untuk memberi perlindungan terhadap biaya medis, rawat inap, hingga skenario yang lebih buruk lainnya. 


[Baca Juga: 5 Trik Tumbuhkan Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah]


3. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa juga dapat menjadi pertimbangan pilihan asuransi untuk anak. Sebab asuransi ini mencakup perlindungan medis sebagai pemegang polis. Terdapat keringanan pembayar apabila pembayar meninggal dunia maka premi tidak perlu dibayarkan lagi.

4. Asuransi Prenatal

Bahkan ketika anak masih dalam kandungan, kamu sudah bisa menggunakan asuransi sebagai alat proteksi. Yaitu asuransi prenatal dimana calon ibu dapat mulai mendaftar ketika usia kehamilan 18 minggu. Asuransi prenatal sebagai perlindungan risiko ketika ibu mengalami komplikasi kehamilan, hingga masalah lain dalam kehamilan di mana asuransi ini seringkali mencakup fasilitas tunjangan perawatan rumah sakit. 


Asuransi untuk anak, jenis asuransi bagi anak, asuransi yang bagus untuk anak, asuransi yang bagus untuk masa depan anak,



Ciri-Ciri Asuransi yang Bagus untuk Anak

Dalam memilih asuransi untuk anak, kamu tak bisa sembarangan. Perlu untuk mengetahui apa saja ciri-ciri asuransi yang bagus dan tepat untuk si buah hati. Inilah diantaranya. 

1. Sesuai dengan Kemampuan Ekonomi

Pastikan premi yang kamu bayarkan setiap bulan tidak melebihi batas kemampuan. Karena tak hanya untuk asuransi saja, penting juga memikirkan dana untuk kebutuhan sehari-hari keluarga. Oleh karena itu pilihlah yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhanmu. 

2. Perusahaan Asuransi Kredibel

Kredibilitas perusahaan asuransi tak hanya dilihat dari seberapa lama perusahaan tersebut beroperasi. Melainkan dari track record perusahaan. Pastikan perusahaan tersebut juga sudah mengantongi izin dari OJK. 

[Baca Juga: Yuk Makin Melek Transaksi Digital]

3. Memiliki Fasilitas Tambahan

Pilihlah asuransi yang memiliki fasilitas tambahan. Seperti asuransi pendidikan yang biasanya memiliki fasilitas tambahan seperti asuransi proteksi jiwa orangtua serta asuransi kesehatan anak. 


Asuransi untuk anak, jenis asuransi bagi anak, asuransi yang bagus untuk anak, asuransi yang bagus untuk masa depan anak,




Demikian penjelasan mengenai asuransi yang bagus untuk anak. Berbagai asuransi tersebut pada dasarnya bertujuan untuk melindungi masa depan anak dan juga keluarga. Dengan begitu, harus kamu pertimbangkan dengan optimal, dan jangan sampai mengabaikan pentingnya asuransi ini ya!  








Komentar

Farida Pane mengatakan…
Anak2 perlu dipersiapkan masa depannya, termasuk salah satunya masalah dana, ya.
Yustrini mengatakan…
Asuransi pendidikan penting banget ya. Eh, kalo yang asuransi prenatal baru tahu ini. Ternyata bisa juga ya
Ghina Rahmatika mengatakan…
Iya, nih persiapan anak ini tidak hanya siap membesarkan secara kehadiran kita ya mbak, tapi juga bekal2 untuk masa depannya juga nggak boleh dilewatkan.. ya pendidikannya, kesehatannya, jiwanya, dan lainnya.
Dee_Arif mengatakan…
Sejauh ini, aku baru punya asuransi pendidikan dan kesehatan buat anak anakku
belum kepikiran asuransi yg lain, mungkin bisa next step
Eri Udiyawati mengatakan…
Asuransi di jaman sekarang aslinya tuh penting. Biar nantinya di masa depan kita gak terkaget-kaget tentang biaya-biaya untuk anak.

Iya, kita mesti selektif memilih asuransi yang tepat dan kredibel biar gak ada masalah di kemudian hari.
Be numero uno mengatakan…
Emang harus menyiapkan dari sekarang ya kak. Biar nanti nggak menyesal.
Han mengatakan…
Bener banget mbaa aku juga udah mulai belajar asuransi mana aja nih yang bisa dipake untuk masa depan anakku nanti. Ngga boleh kelewatan :))
Diah Alsa mengatakan…
waktu kerja, ada asuransi kesehatan dari kantor, dan ini berasa banget kalau anak-anak sakit, meski sistemnya harus reimburse karena provider disini untuk swipe card sangat terbatas tapi itu sangat membantu sekali, anak-anak jadi bisa dapat penanganan terbaik.
Triani Retno A mengatakan…
Bener nih, Mbak. Memang mesti hati-hatiii kalau milih asuransi, termasuk asuransi buat kepentingan anak. Apalagi tahun-tahun kemarin kan sempet rame tuh perusahaan asuransi yang bermasalah.
Siti Mustiani mengatakan…
Oke catet, memang ada baiknya mempersiapkan sejak awal bahkan sebelum punya anak
Akarui Cha mengatakan…
Baru tahu lho kalau ada jenis asuransi prenatal. Selama ini kebanyakan orangtua rasanya memosisikan asuransi pendidikan sebagai pilihan utama ya. Biar anaknya bisa sekolah tinggi di tempat terbaik.
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
Penting banget untuk mempersiapkan anak anak di masa depan terutama disaat seperti ini. Asuransi bisa jadi pilihan supaya aman dan siap
Rani Yulianty mengatakan…
Makasih infonya, udah punya sih asuransi pendidikan untuk anak, mudah-mudahan bermanfaat untuk masa depan mereka
Erny Note mengatakan…
Penting nih mempersiapkan dana pendidikan buat anak dengan ikut asuransi pendidikan. Makasih mba artikel yg mngulas asuransi untuk anak keren, jadi tahu hrs gimana untuk milih asuransi anak.
Siska Dwyta mengatakan…
Nah, emang bingung juga saat ingin pilih asuransi karena rasanya hampir semua penting ya tapi emang kudu kembali lagi. Pilih yang sesuai kemampuan dan kebutuhan.
Nickn - Kal mengatakan…
Aku jadi ingat, bulan lalu ngobrolin asuransi pendidikan juga sama suami. Harus segera dilaksanakan nih, soalnya belum dibuat asuransi pendidikan untuk anak-anak kami.
Penting nih diketahui
Saya belum menentukan asuransi yang pas
Semoga dengan ini bisa klik
Meilia Wuryantati mengatakan…
Asuransi buat anak penting, ya pendidikan, ya kesehatan, tapi yah bener kak, premi nya juga harus sesuai dengan kemampuan kita. Jangan memaksakan
Reskia Ekasari mengatakan…
Sebenarnya kadang aku mikir betapa pentingnya menyisihkan uang untuk masa depan, seperti asuransi pendidikan gitu. Kita kan gak tau ke depannya seperti apa, bukan ingin mendahului takdir tapi mempersiapkan lebih baik daripada tidak sama sekali :D
Marita Ningtyas mengatakan…
Baru tahu kalau ada asuransi prenatal, selama ini sih yang udah disiapkan baru asuransi pendidikan dan asuransi kesehatan. Jadi lebih tenang ya kalau udah punya asuransi buat anak.
Retno Kusumawardani mengatakan…
Oh aku baru tau ada asuransi prenatal. Btw, sekarang ini emang kudu pinter milih asuransi ya, banyak yang baru. Makanya kudu pinter milih yang kredibel...
Fionaz mengatakan…
Hari gini bikin asuransi pendidikan anak tuh penting banget mbak, apalagi kondisi ekonomi yang kayak gini bikin ketar ketir dengan masa depan kalo nggak dipersiapkan dengan matang
Lia Siregar mengatakan…
Gak ada salahnya sih berasuransi, apalagi menyangkut masa depan anak. asal bisa pilah pilih mana asuransi yg baik dan tidak merugikan di kemudian hari.
Heizyi mengatakan…
Kak, nanya dong.

Kalau asuransi prenatal itu, apakah nanti ganti atau tetap lanjut ya meski usia kehamilan sudah selesai dn asuransi tidak terpakai
ennikurniasih mengatakan…
Yup, memilik asuransi merupakan salah satu cara mengelola dana dengan bijak. Sekarang kami hanya menggunakan asuransi kesehatan aja. Kalo untuk pendidikan dan yang lainnya, lebih memilih investasi aja, Kak.
Taumy mengatakan…
Sekarang juga sudah banyak ya asuransinya mekanismenya kayak nabung gitu. Jadi selama ikut asuransinya kalau kita tidak melakukan klaim uangnya bisa ditarik.
Rika Widiastuti Altair mengatakan…
Aku pernah ikut asuransi kesehatan. Tapi tutup akun karena saran dari temen. Skr baru terasa kl asuransi juga penting. Dan buat anak nih emng kudu dipersiapkan dr sekarang untuk masa depannya, biar nggak kaget nantinya.
Risky Supriati mengatakan…
Ini bagus parah sih siap2 buat anak sejak dini. Namun aku kayanya prefer yang syariah deh yaaa. Takut banget kalo ribawi.