Ini Pengaruh Laporan Keuangan Bagi Perusahaan

Bagi perusahaan contohnya seperti PT Mayora Indah TBK,  adanya laporan keuangan Mayora menjadi bukti keseriusan dalam bisnis yang dijalankan. Selain itu sebagai bentuk pertanggungjawaban, terlebih lagi bila perusahaan tersebut adalah perusahaan yang go public. Oleh karena itu, perlunya penyampaian tersebut sehingga lebih kredibel dan terpercaya. 

Apa itu laporan keuangan perusahaan, manfaat laporan keuangan perusahaan, pengaruh laporan keuangan perusahaan, dampak laporan keuangan perusahaan, cara membuat laporan keuangan perusahaan, apa saja isi laporan keuangan perusahaan, kapan waktunya membuat laporan keuangan perusahaan, tujuan membuat laporan keuangan perusahaan, siapa saja yang berpengaruh laporan keuangan perusahaan, apa pengaruh dari laporan keuangan perusahaan, laporan keuangan Mayora 2021,



Apa Itu Laporan Keuangan Perusahaan?

Laporan keuangan merupakan informasi berisi catatan keuangan perusahaan dapat bermanfaat dalam penggambaran kinerja perusahaan tersebut. Bagian isian di dalam laporan keuangan biasanya adalah neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan perubahan posisi arus kas, serta catatan dan laporan keuangan lainnya. Sedangkan unsur-unsur yang terkait dalam pengukuran posisi keuangan yaitu aset, ekuitas, dan kewajiban. Selain itu yang terkait dengan penghasilan dan beban berkaitan dengan pengukuran kinerja (laporan laba rugi). 


Jadi bila disimpulkan, laporan keuangan Mayora merupakan informasi penting yang berisikan tentang performa kondisi keuangan, laba rugi, neraca, dan hal-hal lainnya yang masih terkait sebagai pengukuran kinerja bagi perusahaan yang berkantor pusat di Jakarta Barat ini.




Apa itu laporan keuangan perusahaan, manfaat laporan keuangan perusahaan, pengaruh laporan keuangan perusahaan, dampak laporan keuangan perusahaan, cara membuat laporan keuangan perusahaan, apa saja isi laporan keuangan perusahaan, kapan waktunya membuat laporan keuangan perusahaan, tujuan membuat laporan keuangan perusahaan, siapa saja yang berpengaruh laporan keuangan perusahaan, apa pengaruh dari laporan keuangan perusahaan, laporan keuangan Mayora 2021,
Ilustrasi laporan keuangan - sumber gambar: pixabay




Tujuan dan Manfaat Laporan Keuangan Perusahaan

Tujuan dari laporan keuangan yang mudahnya adalah, kita bisa mengetahui bagaimana kondisi perusahaan apakah sehat atau tidak. Apalagi bila kitanya ikut berperan serta menanam saham pada perusahaan tersebut. Nah bagi sisi si perusahaan dapat bermanfaat sebagai: 
  • Penggambaran jelas kepada calon investor akan kondisi perusahaan sebelum dilakukannya investasi. 
  • Evaluasi akan keadaan keuangan perusahaan. Dengan begitu perusahaan dapat melakukan perbaikan hal-hal yang dirasa kurang. Misalnya produk A ternyata tidak sesuai dengan target, tidak seperti produk B, maka si perusahaan dapat mengupayakan agar produk A dapat juga meningkat seperti halnya produk B. 
  • Dapat mengetahui sudah berapa aset yang dimiliki, apakah bertambah atau justru berkurang. 
  • Diketahuinya berapa banyak biaya yang telah dikeluarkan, sehingga perusahaan dapat mengontrol biaya. 
  • Bila perusahaan memiliki hutang, maka adanya laporan keuangan dapat terpantau misalnya sudah berapa jumlah hutang yang dimiliki, apakah sudah jatuh tempo atau belum, berapa sisa hutang yang perlu untuk dilunasi.  
  • Penghitungan pajak perusahaan menjadi lebih mudah, karena tidak perlu repot lagi mengumpulkan data aset, kewajiban, dan ekuitas. 


Dampak Laporan Keuangan Perusahaan

Perusahaan yang tidak membuat laporan keuangan, tentunya akan memberikan dampak kurang baik, karena tidak jelasnya kemana arus kas keuangan, bagaimana posisi keuangan adakah hutang / tentang pembayaran pajak, serta tidak diketahuinya apakah perusahaan tersebut mengalami kemajuan atau justru kemunduran. Bukan itu saja, di sini calon investor akan berpikir ulang sebelum menginvestasikan dananya. Oleh karena itu pembuatan laporan keuangan menjadi suatu keharusan, yang sebaiknya tidak untuk diabaikan.

Apa itu laporan keuangan perusahaan, manfaat laporan keuangan perusahaan, pengaruh laporan keuangan perusahaan, dampak laporan keuangan perusahaan, cara membuat laporan keuangan perusahaan, apa saja isi laporan keuangan perusahaan, kapan waktunya membuat laporan keuangan perusahaan, tujuan membuat laporan keuangan perusahaan, siapa saja yang berpengaruh laporan keuangan perusahaan, apa pengaruh dari laporan keuangan perusahaan, laporan keuangan Mayora 2021,



Laporan keuangan perusahaan bisa dibuat per bulan, adakalanya pula kemudian berlanjut per kuartal, hingga kemudian per tahun yang nantinya akan dilakukan evaluasi. Dengan bertahap tersebut akan memberikan dampak positif, karena posisi keuangan dapat dilihat perkembangannya tiap periode, apakah ada peningkatan atau penurunan. Seperti halnya Laporan keuangan Mayora yang disusun setiap tahunnya. Terlebih dalam penyusunan tersebut diatur secara berurutan, dan dipublikasikan melalui laman perusahaan, sehingga bisa dipantau oleh publik bahkan dapat pula diunduh bagi yang membutuhkan informasi tersebut. 


Adanya laporan keuangan perusahaan yang disusun secara berkala, dapat memberikan efek besar tidak hanya bagi para karyawan, manajemen perusahaan, calon investor, dan pemegang saham saja sekaligus juga keterbukaan informasi yang dapat berpengaruh untuk si perusahaan sehingga makin terpercaya dan bertanggung jawab.  


Sumber materi: Wikipedia, jurnal.id

Artikel Terkait

Komentar

  1. Besar pengaruh sebuah laporan keuangan bagi perusahaan, karenanya ia berstatus penting dan mesti dibuat dengan sebaik-baiknya oleh mereka yang ahli dibidangnya. Di situasi pandemi gini, saya jadi penasaran dengan laporan keuangan dari banyak perusahaan yang ada Indonesia, apakah stabil atau oleng :D Semisal oleng, saya rasa manfaat untuk menilai kinerja selama tahun kerja terkait, akan dihubung-hubungkan dengan krisis akibat pandemi :)

    BalasHapus
  2. bisa jadi tanda tanya, ya kak kalau tidak ada laporan keungan secara transparan terutama untuk investor?

    BalasHapus
  3. Mayoran ini emiten juga kan ya. Dia melantai di bursa. Kode sahamnya MYOR. Jelas mereka udah biasa buat laporan keuangan yang jelas dan mendetail, soalnya ada laporan keuangan triwulan, kuartal, semester, dan tahunan. Duh kebayang ribetnya itu. Hahaha.

    BalasHapus
  4. Dengan adanya laporan keuangan perusahaan seperti milik PT. Mayora, semua pihak yang terkait dengan perusahaan jadi mengetahui kondisi kesehatan keuangan perusahaan ya. Yang berniat berinvestasi juga mempunyai gambaran yg jelas.

    BalasHapus
  5. Bikin laporan keuangan tuh ribet tapi keribetan itu ternyata emang untuk mengatur jalannya perusahaan ya mbak jadi bisa sebagai pertimbangan juga

    BalasHapus
  6. Sekelas UMKM kecil aja sebaiknya tetap bikin laporan keuangan . Supaya tau usahanya sehat atau enggak. Apalagi perusahaan besar seperti Mayora.

    BalasHapus
  7. Awal baca ini saya galfok dong, karena terbayang sama produk camilan mayora-nya, hehehe. Memang masalah pencatatan keuangan itu penting banget. Baik pencatatan rumah tangga, apalagi perusahaan besar seperti mayora. Duh, mau puasa pasti produk mayora jadi salah satu favorit untuk hidangan berbuka.

    BalasHapus
  8. setuju banget

    jangankan perusahaan sebesar Mayora, keuangan komunitas sosialpun harus banget dibuat laporannya

    tujuannya tentu berbeda, yaitu agar anggota percaya bahwa uang yang dititikan digunakan dengan amanah

    BalasHapus
  9. Jangankan untuk sekelas perusahaan besar seperti mayora. Kita sebagai emak emak rumah tangga wajib banget rajin pencatatan keuangan nih agar tahu biaya boros yang harus di perbaiki

    BalasHapus
  10. Laporan keuangan memang harus jelas di tuis dalam buku laporan kas, agar perusahaan lebih tahu kemana uang hasil penjualan atau cash flow lebih terarah. Jadi laporan keuangan itu sangah berpengaruh pada Perusahaan

    BalasHapus
  11. Jadi ingat jaman saya kecil dulu, jaman masih langganan koran. Kalau edisi minggu sering ada laporan keuangan perusahaan terkenal di koran, setengah halaman sendiri.

    BalasHapus
  12. Laporan keuangan memang begitu penting dalam suatu instansi/perusahaan/lembaga tertentu. Karena cakupan laporan keuangan akan mengetahui dana masuk dan dana keluar, sehingga semuanya akan dipalorkan secara gamblang dan transparan.

    Bisa dibayangkan jika laporan keuangan asal-asalan pastinya tidak baik untuk kesehatan perusahaan.

    Thanks kak sudah berbagi tipsnya :)

    BalasHapus
  13. Setuju banget. Laporan Keuangan tahunan perusahaan mencerminkan kredibilitas usaha. Apalagi untuk usaha yang sudah go public. Semua stakeholder yang terlibat pada perusahaan level ini, tentunya mengharapkan adanya laporan regular yang menjadi acuan bagi mereka untuk mengontrol, mengawasi dan meninjau sehat tidaknya usaha yang sedang dijalankan.

    BalasHapus
  14. Laporan keuangan sangat besar pengaruhnya bagi suatu perusahaan, karena banyak yang menilai kualitas suatu perusahaan itu ya dari laporan keuangannya.. jika laporan keuangannya baik maka perusahaan tersebut dipastikan baik juga

    BalasHapus
  15. Tiap tahun perusahaan memang wajib bikin laporan keuangan ya, Mbak. Selain untuk evaluasi perusahaan sendiri juga untuk laporan ke pemegang saham.

    BalasHapus
  16. Laporan keuangan itu emang penting banget untuk tau ilmunya, ga cuma skala perusahaan, rumah tanggapun sebaiknya punya laporan keuangan, biasanya laporan dari istri ke suami😁

    BalasHapus
  17. Waaah gak nyangka sepenting itu laporan keuangan sebuah perusahaan. Kirain hanya rugi laba saja

    BalasHapus
  18. Bener banget. segitu pentingnya ya laporan keuangan. karena kemajuannya bisa di lihat dari laporan itu.

    BalasHapus
  19. Pembuatan laporan keuangan di suatu perusahaan emang jadi bagian krusial. Pengalaman dulu waktu kerja di bagian Purchasing yang berurusan sama tim finance, hih lier.

    BalasHapus
  20. Emang penting banget sih laporan keuangan perusahaan. Soalnya ini akan jadi patokan perusahaan dalam kinerja. Imbasnya, akan menentukan investor akan terus berinvestasi/malah sebaliknya. Duh gw jg pgn nih investasi saham di MYOR. Soalnya produknya banyak gw pake tuh.

    BalasHapus
  21. Laporan keuangan, jangan di perusahaan, di kita pribadi aja rumah tangga penting
    Apalagi sekelas perusahaan
    Hal ini juga utk melihat proyeksi keuntungan serta data akurat jg biasanya lbh diminati investor ya

    BalasHapus
  22. Laporan keuangan itu memang sebuah kewajiban, biar ada kejelasan buat perusahaan. Tapi waktu bikinnya bikin pusing banget gak sih kak.. hahaha.. laporan keuangan pribadi aja puyeng, apalagi perusahaan

    BalasHapus
  23. Kalau laporannya rutin jadi kita bisa lebih mudah mengevaluasi ya mba, apalagi soal keuangan, penting banget harus dilakukan berkala

    BalasHapus
  24. wah penting juga ya pengaruhnya, masalah keuangan memang sensitif sih hihi

    BalasHapus
  25. Laporan keuangan memang sangat penting bagi perusahaan. Sangat memudahkan apabila dibuatnya secara berkala.

    BalasHapus
  26. Pengaruhnya emang geuuuude banget. Apalagi dulu pas masih kerja d perusahaan fashion, terutama pasca event2 khusus kuranh sedikit juga jadi masalah. Makasih sharingnya Mba...

    BalasHapus
  27. Untuk perusahaan besar laporan keuangan emang penting banget. Wirausaha yang baru berkembang kaya punyaku aja tetep perlu bikin laporan keuangan.

    BalasHapus
  28. Laporan keuangan di perusahaan pasti pengaruhnya besar banget sih. Wong aku ibu rumahtangga aja bikin sederhana di aplikasi, ketahuan deh mana yg besar dan harus berhemat

    BalasHapus
  29. Penting sekali laporan keuangan apalagi bagi perusahaan ya, baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil. Serta perhitungannya pun gak sembarangan, butuh tenaga ahli atau teknologi yang mumpuni.

    BalasHapus
  30. Lapora keuangan itu memang benar-benar penting. Baik untuk perusahaan yang masih kecil maupun udah sebesar Mayora. Karena dari laporan keuangan itu, perusahaan akan tahu untung ruginya serta bisa mengambil kebijakan penting untuk kelanjutan perusahaan.

    BalasHapus
  31. Laporan keuangan ini bentuk nya udah kaya jantung perusahaan, bener-bener bagian paling intim karena kita tau perusahaan itu sehat dan ga tuh ya dari laporan keuangan nya.

    BalasHapus
  32. Laporan kuangan salah satu hal penting yang dianalisis dari sisi fundamental kalau mau investasi. Biasanya di kuartal pertama sudah banyak nih perusahaan go public yang memberikan laporan keuangan. Nah kesempatan deh belajar mengenai perusahaan, bagaimana mereka bisa bertumbuh dan bagaimana mereka mengelola keuangan.

    BalasHapus
  33. Iya ya. Kalau gak ada laporan keuangan, bisa-bisa gak ketahuan laba dan ruginya. Selain itu, perusahaan bisa jadi gak berkembang karena laporannya tidak rapi sehingga menimbulkan keruwetan di kemudian hari

    BalasHapus


  34. Iya ya. Kalau gak ada laporan keuangan, bisa-bisa gak ketahuan laba dan ruginya. Selain itu, perusahaan bisa jadi gak berkembang karena laporannya tidak rapi sehingga menimbulkan keruwetan di kemudian hari

    BalasHapus
  35. Tetbayang ribetnya laporan keuangan perusahaan besar untuk orang awam macam saya, tapi memang harus dibuat untuk mengetahui tingkat laba rugi suatu perusahaan. Apalagi banyak investor yg menanam sahamnya di situ.
    Ngomongin Mayora jadi inget tagline-nya dulu "Satu lagi dari Mayora". 😁

    BalasHapus
  36. Aku pernah mengerjakan laporan kinerja sebuah bank swasta, maksudnya nerjemahin laporannya. Laporan tahun, ga spesifik ke laporan keuangan sih. Itu aja udah pusing, hehe. Kalau serius mau jadi investor memang kudu mantengin financial report perusahaan sih, Mayora ini salah satu yang laris katanya di bursa saham.

    BalasHapus
  37. Jadi inget dulu kalau setiap tahun diadakan raker dan pastinya harus selalu ada laporan keuangan yang disampaikan di raker

    BalasHapus
  38. Laporan keuangan untuk mengetahui aset yang dimiliki perusahaan itu memang sangat penting.

    Dulu aku bisa nih bikin laporan keuangan.. Sekarang, hmm..... Sudah lupa. Hehe

    BalasHapus
  39. Masalah keuangan memang sangat sensitif ya mbak, makanya harus teliti banget kalo bikin laporan keuangan

    BalasHapus
  40. kadang suka baca di koran tentang laporan keuangan suatu perusahaan, baru tau ternyata ini manfaatnya. Eh, emang ada yang di muat di koran kan ya?

    BalasHapus
  41. kondisi keuangan yang baik memberikan gambaran bahwa perusahaan maju dan perkembang. para investor akan senang dan jangan jangan bisa menambah investor baru

    BalasHapus
  42. Salut dengan Mayora yang selalu mengeluarkan laporan keuangan tahunan untuk publik. Jadi para pemegang saham atau yang berkepentingan bisa mengakses laporan tersebut.

    BalasHapus
  43. Apa lagi kalau perusahaannya sudah IPO seperti Mayora. Laporan keuangan itu wajib untuk analisa investor. Saya dulu juga sempat beli saham Mayora soalnya. Mayan lah daripada jajan biskuitnya aja mending sekalian beli sahamnya hehehe

    BalasHapus
  44. sejujurnya dengan adanya laporan keuangan perusahaan saya ingin berinvestasi dengan perusahaan yang tepat dan tidak ilegal

    BalasHapus
  45. pasti penting ya mbak namanya juga perusahaan, biar tahu gimana kinerjanya, salah satunya ya melihat laporan keuangannya ini

    BalasHapus

Posting Komentar

Salam SemangatCiee, bertamulah yang santun dengan tidak menyelipkan link apapun karena pasti saya hapus🙏