Langsung ke konten utama

Review Notre-Dame on Fire: Aksi Dramatis Tim Pemadam Kebakaran

Mungkin kamu pernah mendengar nama Notre-Dame? Ya, Notre-Dame de Paris, merupakan bangunan bersejarah yang berada di Paris, Perancis ini adalah katedral katolik yang sudah berdiri semenjak abad pertengahan.

review film notredame on fire

Bangunan klasik ini menjadi inspirasi dan diangkat menjadi sebuah film, bahkan masuk ke dalam daftar WCW atau World Cinema Week 2022, yaitu festival film berskala internasional dengan menampilkan film terbaik seluruh dunia. Sebelum nonton, cuss simak dulu Review Notre-Dame on Fire: Aksi Dramatis Tim Pemadam Kebakaran.


Mengenai Film Notre-Dame on Fire

Judul: Notre-Dame on Fire (dalam bahasa Inggris), Notre-Dame Brûle (bahasa Perancis)

Sutradara: Jean-Jacques Annaud

Produser: Jerome Seydoux, Ardavan Safaee

Produksi: Wildside, Pathe Films, TF1 Films Production

Rilis: 24 Juni 2022

Bahasa: Perancis

Genre: Drama, Thriller (13+)

Durasi: 1 Jam 50 menit

Rating: 3/5

Pemeran:

  • Samuel Labarthe sebagai Jendral Gontier
  • Maximilien Seweryn sebagai Sersan Reyn
  • Mickael Chirinian sebagai Laurent Prades
  • Chloe Jouannet sebagai Marianne
  • Oumar Diolo sebagai Moumet


daftar pemain film notre-dame on fire, review film notre-dame on fire, review movie notre-dame blure,

Sinopsis Film Notre-Dame Brûle

Bermula dari masuknya seorang pegawai baru yang bertugas menjaga alarm katedral. Seharusnya dia sudah bisa pulang di hari itu dengan berganti shift, tetapi ia diharuskan oleh atasannya untuk terus melanjutkan pekerjaan karena karyawan selanjutnya berhalangan hadir.

Tiba-tiba saja alarm berbunyi, karena ada sinyal yang tidak beres di bagian atap katedral. Pegawai baru itu pun lekas mengabarkan kepada tim terkait dan atasannya. Namun setelah diperiksa, mereka pun menganggap bahwa itu adalah alarm palsu. Hanya saja pegawai baru itu masih belum nyaman dengan keadaan, karena alarm masih terus berbunyi. 

Salah satu masyarakat sekitar katedral sedang ber-selfie ria dengan Notre-Dame sebagai backgroundnya, ia pun mengunggah fotonya tersebut ke media sosial. Kehebohan pun terjadi, karena dalam foto tersebut tampak asap menghitam di bagian atas Notre-Dame. Yes, gaesss, dari foto tersebut jadilah viral Notre-Dame on Fire. Di sini satu per satu ketegangan terjadi, dan selengkapnya tonton sendiri ya hihi.

daftar pemain film notre-dame on fire, review film notre-dame on fire, review movie notre-dame blure,

Film Notre-Dame on Fire ini…

Film berdurasi hampir 2 jam ini, menurut daku cukup asik untuk diikuti. Soalnya ide dan setting cerita tentang bangunan bersejarah. Sehingga kita yang nonton jadi sekaligus juga mengetahui biografi sejarah bangunan Notre-Dame, seperti halnya film Angels and Demons saat Robert Langdon sedang memecahkan di bangunan mana para calon Paus disembunyikan.


Secara garis besar bila film Notre-Dame Brûle ini disebut sebagai thriller, menurut daku kurang ya. Soalnya aksi menegangkannya kurang gereget. Misal pas adegan mobil pemadam kebakaran terjebak macet, nah mungkin di sini bisa dibuat lebih mendebarkan lagi.

Entah itu ada adegan mobil saling bertabrakkan ketika sedang urgent-nya mobil pemadam kebakaran menuju suatu tempat, atau adegan membelokkan setir dengan kemiringan sekian, seperti di film Angels and Demons kala Robert Langdon bersama polisi Italia kebut-kebutan karena berpacu untuk menyelamatkan para kandidat Paus.


Untungnya ada kisah kocak yang bisa membuat saya terhibur, seperti si Laurent Prades ketika terburu-buru mengendarai sepeda. Serta si Moumet saat istrinya memarahi dia karena tidak bisa pulang, sehingga terlintas dalam pikiran, “Gak dimana lokasinya ternyata seperti itu ya pasangan suami istri kalau suaminya gak bisa pulang tepat waktu istrinya marah-marah, hehe.” 😁


Terus aksi dramatisnya bagaimana?

Nah ini, di film Notre-Dame on Fire ada momen yang menyesakkan, bukan karena ikut nyesek berada di dalam ruangan penuh asap saja, tapi perjuangan tim pemadam kebakaran sebegitu kerennya. Sampai ada momen haru, tatkala si jendral harus membuat keputusan bagaimana menyelesaikan pemadaman api. Terpikirkan oleh saya, bagaimana kekuatan mental itu diperlukan tak hanya ketika bekerja sebagai seorang individu, tetapi juga bekerjasama dalam tim untuk bisa sama-sama hidup.

[Baca Juga: Review Film King 2022: Ketika Anak Singa Diperebutkan]

Secara keseluruhan film Notre-Dame on Fire atau dalam bahasa Perancis Notre-Dame Brûle bisa menemani hari libur kamu di weekend ceria, karena mendapatkan ragam cerita dan kisah tentang bangunan Notre-Dame. Akting para cast-nya juga terbilang oke, bisa memberikan penampilan saat serius, konyol, takut, dan sebagainya. Passez un bon moment a regarder (selamat menyaksikan ^_^). 

Komentar

Nurul bukanbocahbiasa mengatakan…
Sukaaa bgt dgn film kyk gini.
Apalagi setting d prancis
Banyak historical place gt.
Maria G Soemitro mengatakan…
Rilis tahun 2022, berarti film baru

masuk daftar nonton ah, karena sering gabut tapi gak berani nonton drakor

takut gak bisa brenti :D :D
I'm Blogger mengatakan…
Pemadam kebakaran yang memiliki peran penting di saat kondisi musibah di masyarakat
Annisa Rizki Sakih mengatakan…
Kalau saya langsung keinget kartun the Hunchback of Notre Dame. Ternyata sekaranb ada versi film layar lebar yg bersetting di lokasi yg sama ini.
Ila Rizky mengatakan…
Menarik liat sinopsis dan review filmnya mba. Aku belum pernah nonton film ini. Kalau legalnya nonton di aplikasi apa ya, mba?
Dian Restu Agustina mengatakan…
Pernah ke Notre-Dame tapi belum pernah nonton filmnya...Memang beneran pernah kebakaran di tahun 2019 kalau enggak salah.
www.kisahsejati.com mengatakan…
film thriller itu ya Fen yang seru itu ada ketegangannya dalam berkelanjutan. Di film ini mungkin tegangnya hanya sedikit ya. Aku juga penggemar thriller, penasaran nih mau nonton
Salam:Dennise Sihombing
Dee_Arif mengatakan…
Wah menarik juga ya ceritanya
Aksi heroik pemadam kebakaran selalu menarik untuk disimak ya
Siti Nurjanah mengatakan…
Tampaknya filmnya cukup menegangkan bagaimana perjuangan dari petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan api di bangunan besar yg terbakar itu dan menjadi salah satu ikonik serta kebanggaan warganya
Okti Li mengatakan…
Dari jalan ceritanya seru dan bikin penasaran.saya mau lihat filmnya ah. Eh ini ada di VIU?
Penasaran kalau genre thriller itu
Akarui Cha mengatakan…
Wah tentang kebakaran salah satu gereja katedral yang bersejarah ya. Jadi penasaran, keputusanapa dan bahaimana yang akhirnya dieksekusi sama si Jendral.
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Aku suka nonton film dengan genre begini. Sama sukanya dengan film angel and demon. Kadang endingnya nggak ketebak. Bikin gemas selama nonton. Apalagi ada cerita sejarah bangunannya. Asyik nih.
Bai Ruindra mengatakan…
Kayaknya film seru ini apalagi kalau bicara paris ya karen di sana tentu soal hal romantis adalah raja dan ratunya
dessy achieriny mengatakan…
Nonton film tentang sejarah kaya setali 2 uang, bisa asik nonton film sekaligus dapat dapat ilmu tentang sejarah asal usul bangunannya juga. Apalagi aku seneng nonton, noted ah judulnya.
Nurul Mutiara R.A mengatakan…
Ini berarti ceritanya lebih berfokus pada para pemadam kebakaran nya ya mbak kalau aku baca. Jarang2 sih aku nonton film yang mengangkat peran para pemadam. Keren sepertinya nih
Aldhi Fajar mengatakan…
Aku suka sejarah, cocok nih klo ditonton. Selain adegan seru dan dramatisnya ada, tapi esensi dari film ini tetep bisa dipelajari. ncie info mbak
Han mengatakan…
Kayaknya seru nih yaa mba filmnyaa..
apalagi ngangkat cerita soal damkar yang jarang banget aku tonton..
Dee_Arif mengatakan…
Film ini pasti seru ya
Cerita pemadam kebakaran emang sangat menarik untuk ditonton
Vivian Wahab mengatakan…
Dari ulasan yang ditulis, terlihat seru nih film nya.. mengangkat cerita tentang pemadam kebakaran, apalagi jarang-jarang lho ada film yang bintang utamanya pemadam kebakaran gini
Hallowulandari mengatakan…
aku merasa sering denger notre dame, deh ternyata selain nama katedral ada filmya juga ya. Pas nonton trailernya ngeri-ngeri sedap yaaa, ngilu juga nih di tengah panasnya api kebakaran dan harus menyelamatkan nyawa-nyawa orang di dalam gedung
Jarang-jarang aku nonton film genrenya seperti yg diulas Mba Fenni. Ngintip trailernya saya juga ngeri-ngeri sedap nontonnya.. wkwkw
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
eh kok menarik ya, ini keren banget sih pasti proses syutingnya di kerumunan api-api :)
Marfa Umi mengatakan…
Termasuk film yang masih anyar ya ini Kak, seru kayanya soalnya bercerita mengenai bangunan bersejarah. Kalau ngmgin Langdon jd tertarik nih, disebutin juga drama pemadam kebakarannya, jgn2 disengaja? Kudu nonton sendiri ini daku berarti :D
Kanianingsih mengatakan…
Seru ya, bagaimana mengatasi maslaah kebarakarn yg terjadi pasti jadi bikin penonton gregetan juga
kang ᗪirman mengatakan…
Wah.. masih termasuk rilis baru nih, coba akku bookmark yah, untuk akhir pekan nanti. Walaupun kak Fenni cerita kurang seru di aksi-aksinya, tapi nonton trailernya di posting ini sepertinya yahud nih buat tontonan bareng keluarga.
Meykke Santoso mengatakan…
Walau aku pribadi nggak begitu suka film serius dan berat macam ini tapi patut ditonton ya Mba..kayaknya seru ini.
Mugniar mengatakan…
Seru ya filmnya, baca ttg suami yang dimarahi istrinya itu ahaha .. jadi ingat waktu baru nikah, kusuka marahin suami juga kalo lama baru pulang. Nungguin sendirian sampai sore, jam 4 ditunggu pulang tahunya pulang malam kan nyebelin hahaha.
Ila Rizky mengatakan…
Kebayang tim pemadam kebakarannya berjibaku menyelesaikan tugas memadamkan apinya, mba. Kalau alarmnya lebih cepat terdeteksi pasti nggak parah ya, sayangnya malah dianggap alarm kebakaran palsu.
Dee_Arif mengatakan…
Aku selalu suka nonton cerita tentang pekerjaan pemadam kebakaran
Kalau Drakor, ada tuh di drama Please Don't Date Him
Kalau serial barat ada 911
Nanti aku mau coba nonton film yang direviw mbak Feni ah
April Hamsa mengatakan…
Waahh kok aku baru tahu ada film ini padahal masih terhitung baru yaa. Suka sama leatar settingnya. Tapi berharap gak kejadian beneran di bangunan bersejarah itu hehe. Kisah ttg pemadam kebakaran bagus bene dan menginspirasi ya mbak.
Titis Ayuningsih mengatakan…
Banyak pengalaman yang bisa dipetik dari film ini ya kak, benar sekali pertama itu harus punya mental ya kuat. Dengan mental yang kuat bisa mengatasi problema dengan bijak.
Susi Susindra mengatakan…
C'est un bon film, mais oui.
Ceritanya bagus, pemainnya bagus, tempatnya juga keren banget sih. Katedral yang sangat terkenal dan jadi latar cerita banyak drama/novel terkenal.
Chela Gurukecil mengatakan…
termasuk film baru ya. dan berbau dgn bangunan sejarah ini. Bisa deh jadi daftar antrean buat ditonton kalau udah agak selow.
Omeh mengatakan…
Suka banget dengan film seperti ini.
Next nonton deh.
Ulasannya keren banget mak
Heni Puspita mengatakan…
Pemadam kebakaran adalah salah satu profesi yang dalam pekerjaannya bisa mempertaruhkan nyawa ya. Apalagi di kejadian nyata katedral ini ada atap yang runtuh juga.
Winda - dajourneys.com mengatakan…
eh kok menarik ya, aku baca sinopsisnya jadi pengen nonton, apalagi ini ada kaitannya dengan sejarah kan ya, aku suka film yang ngebahas sejarah
Nurrahmah Widyawati mengatakan…
Nggak kebayang vibes lokasi shootingnya. Keren pasti nih jadi pingin nonton. Anyway, profesi fire fighting di luar negeri itu berasa keren bgt yha. Kalau di Indo kadang kurang diapresiasi. Seru kayanya film lokal bikin gini hihihi
Linimasaade mengatakan…
Belum pernah nonton tentang kebakaran. Kayaknya seru banget filmnya. Mengaduk-ngaduk emosi penonton. Sinopsisnya juga bikin penasaran but nonton full. Mkasih mbak udah buat reviewnya jadi tahu deh infonya.
Kata Nieke mengatakan…
Filmnya bikin penasaran. Bisa ditonton di mana ya? Saya termasuk penggemar film Prancis nih. Banyak film-film yang pernah pakai seting Notre-Dame. Les Miserables dan Hunchback of the Notre-Dame (yang bukan versi kartun).
Yanti Alif mengatakan…
Filmnya lumayan bagus ya apalagi tentang pemadam kebakaran ini temanya spesial bngt pasti menarik buat kita tonton aku blm pernah nonton dengan tema sperti ini soalnya agak ngeri banyak api hehhe tapi pngen coba buat nontonnya
Monica Anggen mengatakan…
Wah, ini sepertinya bagus nih Notre Dame on Fire. Nanti aku referensiin ke Mama-ku deh. Dia lagi senang banget semua film-film yang berlatar Perancis. Kalau aku belum sih, masih jadi penggemar Kdrama. Thank, Kak, sudah berbagi info film ini.
April Hamsa mengatakan…
Yang namanya pemadam kebakaran tuh pekerjaannya mempertaruhkan nyawa tapi gak banyak yang mengapresiasi yaa. Dengan hadirnya film ini aku yakin nih banyak petugas damkar yang merasa seneng.
Apalagi setting latar filmnya bagus, pakai bangunan bersejarah :D
Dnamora mengatakan…
Memadamkan api kebakaran pasti butuh mental kuat utk tetap berada di hadapan kobaran api sampai ia padam. Aksi2 heroik ini patut jd pengingat ya mba, agar lebih menghargai kerjasama saat mencapai target
Uniek Kaswarganti mengatakan…
Wah iyaa... settingnya kayak film2 yang ada Langdon nih. Ada misteri tersendiri yang bikin berdebar untuk tau kejadian sebenarnya bagaimana. Jadi pengin nonton nih, keren pengemasan kisahnya dengan latar Notre Dame yang melegenda.
lendyagasshi mengatakan…
Ini tuh seperti kebetulan gitu ya..?
Memang segala hal yang mungkin bisa saja terjadi saat mengunjungi tempat bersejarah. Rasanya film seperti Notre Dame on Fire ini bisa dijadikan pelajaran juga nih.. agar tetap tenang dan apa yang harus dilakukan ketika keadaan super chaos seperti yang dialami sang aktor.
Irawati Hamid mengatakan…
saya belum pernah nih nonton film yang mengangkat tema kebakaraan gedung, jadi penasaran pengen nonton film ini deh
Keke Naima mengatakan…
Kisah tentang aksi pemadam kebakaran sekarang semakin banyak yang menarik. Apalagi film Notre Dame ini berlatar belakang sejarah. Kayaknya menarik juga secara visual
Keke Naima mengatakan…
Kisah tentang pemadam kebakaran semakin banyak yang menarik. Apalagi ini tentang Notre Dame. Ada latar belakang sejarahnya. Jadi kelihatan bakal menarik nih visualnya
Irawati Hamid mengatakan…
filmnya pasti seru nih dan karena bercerita tentang kebakaran, udah pasti bikin deg-degan juga. ahh jadi penasaran pengen nonton filmnya juga
Boleh banget nih film yang ada di daftar World Cinema Week 2022 masuk ke watchlist! Notre Dame on Fire sinopsisnya aja udah keren, apalagi filmnya.
Yanti Alif mengatakan…
Tema cerita film Notre Dame menarik banget ya dengan pemandangan bangunan2 khas eropa bkin kita tuh gk mau kedip karna aku suka bngt sma bentuk bangunan khas negara eropa udah gitu ceritanya tentang pemadam kebakaran jadi gk psaaran gitu
Indah Nuria Savitri mengatakan…
klau inget tragedi Notre-Dame sediih ya.. tapi film ini oke juga plot dan settingnya ya mba
Jeanette Agatha mengatakan…
Baca sinopsisnya aja uda seru. Aku suka ada film yang bikin deg²an dan ini juga ada cerita sejarahnya tentang Notre Dame. mau nonton juga ahhh lumayan untuk mengisi waktu weekend ini.
Susie Ncuss mengatakan…
Wah... rekomendasi film baru nih.
aku suka sama genre yang related to tragedi atau kasus2 besar kayak gini.
memompa rasa ingin tau dan juga pasti ada drama-drama di antara tokohnya.
thanks, mbak
Rifqi Fauzan Sholeh mengatakan…
Setelah baca artikel ini jadi penasaran pengen nonton filmnya juga hha
Nabilla DP mengatakan…
aa menarik juga ini mba sinopsis dan premisnya. aku belum pernah lihat sebelumnya tentang film yang memuat aksi pemadam kebakaran
lendyagasshi mengatakan…
Jadi sebenernya, kita gak boleh mengabaikan tanda apapun yaa..
Aku juga jadi tetep waspada meski dirumahaja. Karena nonton film begini kaya bisa jadi pelajaran buat kita semua bahwa apapun mungkin terjadi.
Antung apriana mengatakan…
wah kayaknya seru ya, mbak filmya dan menegangkan pastinya. ini nontonnya di mana ya kalau boleh tahu?
Indri mengatakan…
Film seru dan menegangkan begini jadi list favorit aku saat santai dirumah, boleh juga di tonton bareng keluarga biar family time nya jd berkualitas
nurfitri wardani mengatakan…
Noted judulnya. Baca reviewnya bikin penasaran lanjut mau nonton. Di Netflix ada gak ya??
Rina s mengatakan…
Boleh juga nih sy masukin wish list film yang mau ditonton weekend . Bisa untuk semua umur ga mba