Review Film Attention au Depart!

Attention au Depart! Ya, nanti kamu terlambat buat berlibur. Jadinya tidak sesuai rencana. Malah yang ada ke sana – ke mari gak jelas. Padahal tiket sudah di tangan. Packing baju dan perintilan lainnya telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Masa iya, liburan jadi garing?

Sebelum kelilingan bahas soal liburan. Nyapa dulu dah, Alhamdulillah yak kita berjumpa lagi di tahun 2023 ini. Kalau buat yang sekolah mah liburannya lumayan ya lebih dari seminggu. Namun untuk yang bekerja, ini kurang asik, karena tanggal 1 Januari 2023 malah jatuh di hari Ahad. Coba di hari Jumat, kan bisa panjangan liburannya, hihi.

Pastinya, urusan berlibur ada perencanaan dan itinerary yang jelas. Serta siapa-siapa saja nih yang akan bepergian. Dengan begitu kan bisa disiapkan dari tiket, pakaian, dan pastinya juga hepeng alias uangnya buat jajanlah gitu. Tujuannya ya, biar gak mengalami hal aneh-aneh, seperti yang terjadi di film Attention au Depart! ini.


Sinopsis dan Tentang Film All Aboard!

Judul: Attention au Depart! (all aboard!)

Durasi: 1 Jam 33 menit

Bahasa: Perancis

Rilis: 21 April 2021 (di Perancis)

Sutradara: Benjamin Euvrard

Produser: Maxime Japy

Produksi: SND Films, Les Films du Castel, dan Film M6

Pemain:

  • André Dussollier sebagai Antoine
  • Jérôme Commandeur sebagai Benjamin (ayah Vlad)
  • Jonathan Lambert sebagai Michaud
  • Nils Othenin-Girard sebagai Maxime
  • Ferdinand Leclère sebagai Vlad
  • Melchior Guelret sebagai Basile (cucu Antoine)

Genre: Petualangan, Komedi (13+)

Rating: 3/5


Waktu liburan datang. Orangtua Vlad, Basile dan yang lainnya telah merencanakan para anak-anak untuk liburan bersama. Hanya saja, Ibu dari Basile sangat sibuk, sehingga ia tidak bisa menjadi penanggungjawab. Sedangkan di sisi lain ayah Vlad, Benjamin tidak ingin sendirian bertanggung jawab untuk liburan tersebut. Jadilah Antoine, kakek dari Basile, yang turun tangan.

Tiba di stasiun, telah siap dua orang dewasa (Benjamin dan Antoine), serta 6 orang anak yang akan berlibur ke kota Embrun. Mereka akan melalui perjalanan di kereta selama delapan jam lamanya. Sebelum kereta berangkat, Benjamin dan Antoine sejenak ke luar dari kereta.

Lagi di luar itu, mereka melihat seorang wanita paruh baya yang memerlukan pertolongan untuk mengangkat kopernya ke dalam kereta. Hanya saja, Benjamin tidak ingin menolong wanita itu karena kereta mereka berbeda jurusan. Namun, karena Antoine terus dirayu, jadilah ia membantunya dan Benjamin terpaksa ikut menolong juga.

Momen Antoine dan Benjamine bertemu Maxime

Pas udah membantu, eh kereta jurusan ke Embrun langsung jalan dong.. Paniklah Benjamin, karena anak-anak di sana tanpa pengawasan orang dewasa. Ketika udah di luar, datanglah si Maxime sama orangtuanya. Mereka pikir si Maxime ini udah telat datangnya. Namun si Maxime curiga kayak ada yang gak beres nih sama kedua orang dewasa itu.

Demi gak ketahuan sama orangtua Maxime bahwa ada keanehan, terpaksalah Benjamin dan Antoine berakting ngajak si Maxime masuk ke kereta yang dianggap ke Embrun itu (padahal keretanya ke arah Dijon). Kereta pun jalan, dan mulailah petualangan kocak ketiga orang ini dengan berbagai cara agar bisa menemukan kereta yang membawa 6 anak itu.

Jarak dari Embrun - Dijon, berdasarkan Gmaps

Jarak dari kota Dijon ke Embrun lumayan jauh lebih dari 5 jam dengan mobil pribadi, terus bagaimana Benjamin dan Antoine yang sama-sama gak punya uang, agar kompak dengan Maxime yang pelit? Serta seperti apa pula keadaan enam anak di kereta lain, apakah gak bakal membuat masalah atau malah akan mendapatkan masalah soalnya ada Michaud, petugas kereta yang rada-rada sinting?

Baca Juga: Review Film King (2020) Ketika Anak Singa Diperebutkan


Jadi Film Attention au Depart! Ini…

Dari segi akting, saya suka dengan aktingnya Nils Othenin-Girard yang berperan sebagai Maxime, sebagai remaja konyol yang bikin kesel, hehe. Kalau ditelaah benar juga sih dia, nanti bisa disimak deh bagian benernya itu dimana, hihi. Sedangkan untuk peran Benjamin, juga oke, menjadi bapak yang cemas anaknya bakal kenapa-kenapa karena mereka bepergian tanpa ada yang mengawasi.

capture by KlikFilm

Baca Juga: Review Film Cassiopeia, Ketika Seorang Ibu Kehilangan Arah

Untuk penceritaan sebenarnya seru, karena tentang film liburan bersama keluarga. Apalagi juga dapat salah satu pesan moralnya yaitu, kalau bepergian jauh bareng anak agar selalu bersama, dan pastikan untuk menyiapkan uang tidak hanya di dalam tas tetapi juga di tempat lainnya, seperti saku celana/baju/jaket. Oleh karenanya, film Attention au Depart! ini menjadi teman santai kamu menikmati liburan, hiburan, sekaligus renungan. 

31 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Setuju. Karena kalau bocah terpisah dari kita bisa berabe. Kitanya kelimpungan mencari bocah. Apalagi kalau nggak persiapan uang tunai. Bahaya bangetlah pokoknya.
Komen Blog fennibungsu.com
Mporatne mengatakan…
Ramai ya konflik dalam cerita .yang pastinya liburan makin seru di rumah aja nonton attention AU depart. Awas anak hilang berabe
Komen Blog fennibungsu.com
Sapa Dunia mengatakan…
Waktu saya jadi pengurus komunitas film, pernah kerjasama dg IFI (kebudayaan prancis di Indonesia). Mereka kerap bikin pemutaran film Prancis, dan free.
Smoga film yang direview, diputar di IFI juga
Komen Blog fennibungsu.com
Mporatne mengatakan…
Dompet ilang tidak lagi masalah karena ada hp yang banyak mendownload aplikasi e-walllet dan bank
Komen Blog fennibungsu.com
Mbul Kecil mengatakan…
wkwkwkwk ga kebayang was was amat 6 anak anak di kereta lain...si kakek di kereta satunya gegara nulungin orang. Aku kira ini film adventur lucu kali ya fen..aku penasaran ama karakteristik petugas keretanya yang rada sinting itu pastilah riweuh dan heboh...akankah keluarga yang semula ingin merencanakan liburan ini berakhir happy ending? Gimana ortu ke 6 anak itu kalau tau acara mereka jadi begini hihi
Komen Blog fennibungsu.com
Ila Rizky mengatakan…
Bisa jadi hiburan buat awal tahun nih nonton film prancis ya, mba. Btw, nontonnya yang legal di mana yah?
Komen Blog fennibungsu.com
Putu Felisia mengatakan…
Kayaknya bukan film ringan ini, ya. Aktornya juga bukan aktor idola muda gitu.
Komen Blog fennibungsu.com
Indri mengatakan…
Asli deh jalan ceritanya memang seru dan bikin gemes, buat warning kita juga kalo di sebuah perjalanan banyak hal penting yang harus diperhatikan sekecil apapun itu
Komen Blog fennibungsu.com
Nabilla DP mengatakan…
wah film perancis yaa mba, saya belum pernah nonton nih.. tapi kayaknya boleh masuk waiting list karena mumpung akhir pekan waktunya santai nonton film
Komen Blog fennibungsu.com
Munasyaroh Fadhilah mengatakan…
Seru nih... Jadi penasaran dengan jalan ceritanya, apalagi gak ada drama-drama melankolis didalamnya. Semoga jadi film yang menggantikan Home Alone, di setel tiap tahun baru
Komen Blog fennibungsu.com
Diah Alsa mengatakan…
benar ini, bukan cuma perjalanan anak, tapi kita juga sih ya, kalau bepergian gak boleh gak pegang cash tuh karena gak semua tempat bisa terima pembayaran non tunai yakaan.
Komen Blog fennibungsu.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Duh, kebayang betapa paniknya, pas kereta yang memabwa 6 anak sudah melaju. Saya saja kemarin krucil lama balik dari toilet saya sudha was-was. Apalagi ini beda kereta yang jaraknya 5 jam.
Tapi justru dari situlah alur ceritanya jadi menarik ya, Mbak. saya jadi penasaran dan ingin nonton filmnya, nih.
Komen Blog fennibungsu.com
Nabilla DP mengatakan…
film keluarga gini emang enak dilihat pas liburan atau akhir pekan yaa.. kayaknya jalan ceritanya menarik, aku sendiri belum pernah nonton film perancis ini mba
Komen Blog fennibungsu.com
Antung apriana mengatakan…
wah ceritanya menarik nih. bikin penasaran gimana nasib anak-anak yang keretanya terpisah. karena ini film keluarga pastinya aman dong ditonton semua umur
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Film perjalanan begini selain thrilling berasa ngalamin langsung, gitu.. Kan mirip Home Alone yah..ninggalin anak banyak gitu..
Tapi sebenernya, orang luar negeri tuh masih ada yang punya keluarga dalam jumlah besar begini ya..??
Komen Blog fennibungsu.com
Sovi Nur Wakhidah mengatakan…
6 anak di kereta lain. Kalau aku yang ngalamin mah udah pasti panik banget wkwk.
Komen Blog fennibungsu.com
Celoteh Dini Hari mengatakan…
Wah udah lama nih aku nggak nonton film tentang keluarga


Lahak dimasukan ke list nih kayanya seru klo dari yg mbaj sampaikan, perjalannannya terasa detail ya mbak actornya mana kayak kawakan semua
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Kisahnya menyegarkan dan menghibur dengan tema ringan, Film Attention au Depart! sukses membuat penonton deg-degan serasa ikut merasakan bagaimana riwehnya ketinggalan kereta dan terpisah dari anak-anak.
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Liburan gini memang enaknya nonton film yang ringan, kocak dan menghibur seperti Attention au Depart!
Rasanya bring back our energy buat besok Senin.
Komen Blog fennibungsu.com
Indah Nuria Savitri mengatakan…
kala lihat sinopsisnya sepertinya memang seru ini film. Segala suak duka dan tantangan selama liburan seru dengan keluarga ya mba
Komen Blog fennibungsu.com
Han mengatakan…
Wahh jadi penasaran pgn nonton filmnya langsung iniii, kayaknya seru bangett
Komen Blog fennibungsu.com
Ranggi's Travel Story mengatakan…
Aisssh kok.sama sih kalender desember 2022 kemarin ga asikk sama sekali...tanggal merahnya jatuh weekend hiya sama ajaa yakss...

Emang solusi terbaik mager aja dirumah sambil nonton film. (Gusti yeni)
Komen Blog fennibungsu.com
Leyla Hana mengatakan…
Film keluarga ya ini. Cocok ditonton seluruh keluarga dong. Dari sinopsisnya kayaknya sesuai dengan permasalahan keluarga pada umumnya saat mau berlibur ya.
Komen Blog fennibungsu.com
Hallowulandari mengatakan…
klo film tentang family dan anak2 kenapa selalu inget home alone ya lol, tapi au depart ini berusaha menasihati tapi dengan cerita ringan yaa, klo mau traveling apalagi keluarga emang banyak printilan dan harus sigap deh sama rombongan
Komen Blog fennibungsu.com
Siska Dwyta mengatakan…
Dari baca ulasannya kelihatannya seru nih. filmn Perancis ini. Apalagi temanya liburan bareng anak2 dan terpisah kereta. Jadi pengen nonton langsung filmnya
Komen Blog fennibungsu.com
Shyntako mengatakan…
baca sinopsisnya kayanya menarik buat ditonton nih, masukin watch list aku ah, buat wiken depan oke kayanya nih ya
Komen Blog fennibungsu.com
Demia Kamil mengatakan…
Menarik nih kayanyaa, jadi pengen notnon film ini juga deh aku, udah lama juga kayanya nggak nonton film deh aku hihihi, mumpung masih di rumah ajaa
Komen Blog fennibungsu.com
S. Fauzia mengatakan…
Salah satu film Perancis yang masuk wishlist dan saya tonton. Banyak pelajaran juga dari film ini. Makasih reviewnya ya Mba.
Komen Blog fennibungsu.com
Ayu Natih Widhiarini mengatakan…
Wahh mba Fenni suka nonton drama Bahasa Perancis ya
keren juga alur ceritanya dan dibikin penasaran nih.
Coba intip trailernya dulu ah
Komen Blog fennibungsu.com
Arai Amelya mengatakan…
2 orang dewasa, enam orang anak, delapan jam perjalanan kereta dan yang dewasa malah ketinggalan kereta mkwkwkwk. Dari premis gini aja udah bikin pengen ketawa dan kayaknya seru juga. Bisa nonton legal di mana ya mbak?
Komen Blog fennibungsu.com
Nurul Mutiara R.A mengatakan…
Awal tahun nonton film dengan genre komedi emang pilihan yang tepat mbak. Bisa jadi moodbooster biar apa2 jadi bahagia hahaha
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
BCC
BCC
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
MBC
MBC
KSB
KSB
Intellifluence
Intellifluence