Langsung ke konten utama

Rumah Zakat: Kolaborasi Ramadhan Kita Manfaat Hebat

rumah zakat program ramadhan untuk palestina

Masya Allah tak terasa, dalam hitungan hari nih kita akan memasuki bulan Ramadhan. Sudah siap pastinya menghidupkan dan berlomba-lomba dalam kebaikan ya gaess. Dari situlah, momen manis pun digelar oleh Rumah Zakat melalui Press Conference yang bertajuk: Ramadhan Kita Manfaat Hebat untuk Indonesia dan Palestina.

Dalam sesi press Conference CEO Rumah Zakat, Bapak Irvan Nugraha menyampaikan terima kasihnya, karena berkat kebaikan dari para donatur dan mitra yang telah menghadirkan kebahagiaan kepada 244.477 penerima manfaat (pada tahun lalu) di seluruh Indonesia. Berbagai program Rumah Zakat tahun lalu mulai dari Ramadhan bebas hutang, bingkisan sembako keluarga, syiar Alquran, bantuan perlengkapan ibadah untuk masjid dan musholla, berbagi Buka Puasa, Berbagi Sahur, Kado Lebaran yatim, serta Ramadhan untuk Palestina.

rumah zakat program ramadhan untuk palestina
CEO Rumah Zakat (kiri) bersama Ferdi Hasan (tengah) dan Ustad Husein Gaza (kanan)

“Ada 45.811 donatur individu, 230 mitra komunitas dan juga 97 mitra corporate yang telah berpartisipasi berkolaborasi melalui program-program di bulan Ramadhan pada tahun 2023.” Jelas Bapak Irvan Nugraha.

Antara Ferdi Hasan dan Rumah Zakat

Dalam kesempatan yang sama, hadir pula Ferdi Hasan. Tentunya kamu tidak asing dengan public figure yang menghiasi layar kaca khususnya dalam acara tivi Who Wants to be a Millionaire, dan suara khasnya sebagai penyiar radio Prambors ini. Sosok pria berusia 49 tahun ini menceritakan pertama kalinya berkenalan dengan Rumah Zakat sekitar tahun 2015/2016 melalui acara di bulan Ramadan. Kemudian tertarik dengan program-program Rumah Zakat, terlebih program Superqurban yang cepat prosesnya, tahu laporannya dan kemudahan akses yang disediakan.

Berbuat baik, salah satunya zakat sangat penting untuk dilakukan oleh kita. Apalagi menurut Ferdi Hasan yang juga selaku donatur Rumah Zakat, potensi zakat di negeri kita ini yang memiliki jumlah penduduk 260juta jiwa, bisa mencapai Rp300 triliun. Hanya saja, baru tergarap sekitar Rp30 triliun. Maka dari itu bisa terus dimaksimalkan dan lebih gencar dalah mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mengajak kebaikan.

“Semoga Rumah Zakat dengan para donaturnya terus berkolaborasi dalam mendukung masyarakat yang membutuhkan, karena value-nya pasti balik lagi ke diri kita sendiri.” Tambah Ferdi Hasan.
apa saja program ramadhan rumah zakat untuk palestina

Ramadhan 1445H: untuk Indonesia dan Palestina

Tentunya kita mengetahui akan tragedi kemanusiaan yang terjadi di Palestina. Namun saya tidak akan mengulang tentang kisah pilu tersebut di artikel ini, karena yang diperlukan adalah bagaimana menguatkan dan saling mendukung satu sama lain, terlebih kondisi yang sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan. Bulan penuh berkah yang selalu ditunggu oleh umat muslim di dunia, termasuk Palestina. Entah bagaimana cara mereka agar tetap tegar menjalaninya di tengah kondisi tempat tinggal yang memungkinkan serba kekurangan.

rumah zakat program ramadhan untuk palestina

Alhamdulillah, tahun 2024 ini atau tepatnya Ramadhan 1445H, Rumah Zakat menghadirkan program istimewa, salah satunya Ramadhan untuk Palestina yang terdiri dari iftar, food basket, bread for Palestine, vegetable package, dan eid gift. dengan target penyaluran sebanyak 350.000. Hal tersebut menjadi penyemangat dan dukungan kepada saudara kita di Palestina.

“Pada bentuk lain pun Rumah Zakat telah menyalurkan bantuan yang dikemas dalam campaign ‘Jalan semangat Indonesia bersama Palestina’. Data per tanggal 26 Februari 2024 ini, terdapat 416.239 penerima manfaat yang telah terbantu dalam program bantuan Palestina guna menguatkan bentuk dukungan pemerintah Indonesia terhadap perjuangan kemerdekaan Palestina.” Tambah Bapak Irvan Nugraha.

Selain itu, Rumah Zakat bersama para mitra sudah menyalurkan bantuan kemanusiaan antara lain berupa: 19.250.000liter Air Bersih, 1.150 Aksi Siaga Sehat, 2titik desalinasi air laut, 51.500 paket makanan siap saji, 3.640 paket Superqurban, 1.515 paket obat-obatan, 700 paket pakaian musim dingin, 3unit truk logistik, 20unit tenda, 2.532 Food Basket, 207 hygiene kita, 1.180 Paket Sayuran, dan 8 Unit Toilet Darurat.

apa saja program rumah zakat

“Totalitas untuk Palestina atau lakukan all out.” Ungkap Ustad Husein Gaza, Relawan Kemanusiaan Palestina.

Yuk, Kita Bisa Bermanfaat Hebat!

Semangat di bulan Ramadhan untuk kita bisa memberikan manfaat bagi Indonesia dan Palestina, yuk bersama kita wujudkan. Terlebih program menarik bulan Ramadhan dari Rumah Zakat dapat menjadi fasilitator sehingga penerima manfaat dapat turut merasakan kebahagiaan. Dengan bergerak bersama, kita dapat saling menguatkan dan berbagi senyum kebahagiaan di bulan penuh berkah. 

apa saja program rumah zakat dan siapa saja mitra rumah zakat
momen penandatangan MOU antara Rumah Zakat bersama para mitra

Baca Juga:

Komentar

Haryadi Yansyah mengatakan…
Wah baru tahu kalau potensi zakat Indonesia sebesar itu. Dan sekarang baru tergarap 10%nya saja. Nah, kalau Kementerian Keuangan sibuk menggenjot nilai dan target pajak, kayaknya yang zakat ini bisa juga diperhatikan oleh lembaga terkait. Seneng kalau dana zakat yang terkumpul dapat digunakan demi kepentingan bersama.

Bicara soal Ferdi Hasan, aku pernah ketemu langsun saat diundang di acara TV sekian belas tahun lalu. He is very humble.
Rey - reyneraea.com mengatakan…
Masya Allah, semoga program ramadan dari rumah zakat ini bisa berlangsung dengan lancar dan berkah dan memberikan manfaat lebih khususnya untuk para warga palestina. Nggak terasa ya, bentar lagi ramadan tiba :)
YSalma mengatakan…
Dengan adanya program-program Rumah Zakat yang diberitakan akan semakin menambahkan capaian penerimaan zakat yang potensinya sangat tinggi.
Gapnya masih jauh banget ya dr 300T baru terjangkau 30T.
Semoga kesadaran muslim dalam berzakat dan memilih wadah yang tepat seperti Rumah Zakat semakin meningkat, sehingga Ramadhan juga dirasakan oleh muslim di Gaza. Aamiin.
Rafahlevi mengatakan…
berbagi di rumah zakat sudah paling baik menurut hemat aku... sistemnya baik, program-programnya memberdayakan umat dan yang pasti amanah
Adi mengatakan…
Potensi zakat di negara kita besar banget ternyata ya, sudah sampai 30 trilliun. Semoga Rumah Zakat bisa semakin inovatif dan tetap amanah.
Emma Malika mengatakan…
Kontribusi rumah Zakat bukan hanya lokal saja ya tapi juga sudah melebar ke negara yang sudah dizalimi habis seperti Palestina. Kebermanfaatan yang diharapkan kontinyu ya.
Suci mengatakan…
Ya ampuun udah lama banget ngga liat Ferdi Hasan di layar kaca atau di media2
Mukanya masih sama deh kaya dulu. Aku dulu masih remaja pas dia masih populer.

Gantengnya aweet...
(kok jadi fokus ke artisnya, ya), hahaa

Rumah Zakat dengan konsistensinya menampung dana dan menyalurkannya dengan amanah, insyaallah panjang umur
Annie Nugraha mengatakan…
Menjelang ramadhan informasi seperti ini tuh bermanfaat banget. Mengingatkan kita untuk sedekah di bulan baik. Apalagi ini kan sedang ada isu besar soal genosida di Palestina. Sebagai negara dengan muslim terbesar di dunia, kita memang sebaiknya menjadi garda terdepan dalam membela saudara-sudara kita di Palestina. Semoga mereka selalu dalam perlindungan Allah Subhannahu Wata'ala dan menerima banyak kebaikan di bulan yang suci ini.
Maria G Soemitro mengatakan…
Solutif banget ya Rumah Zakat
Membantu kita menyalurkan donasi (sekecil apa pun) untuk Palestina
Sehingga kita bisa berbuat lebih, gak sekadar bersedih, omon-omon dan bertengkar di media sosial
lendyagasshi mengatakan…
Rumah Zakat dan programnya sambut Ramadan mengajak semua masyarakat Indonesia untuk bisa ikut berkontribusi setitik bagi saudara-saudara kita di Palestina.

Semoga dimudahkan selalu dalam penyalurannya.
Nanik nara mengatakan…
Baru sekitar 10% ya potensi zakat warga negara kita yang sudah tergarap. Semoga dengan program-program dari rumah zakat (terutama program yang berkaitan dengan ramadhan) nilai ini akan terus naik
Matius Teguh Nugroho mengatakan…
Salah fokus sama Ferdi Hasan, udah tua ya. Berarti aku juga udah tua wkwkwk.
Bagus programnya, lembaga-lembaga seperti ini tepat guna juga untuk menjadi jembatan bantuan kita di Palestina.
GE MAULANI mengatakan…
Rumah Zakat program tiap tahunnya keren banget ya Kak pas menyambut Ramadan titik itu yang Ramadan bebas hutang keren banget loh ... kok bisa sampai kepikiran gitu. Tahun ini ada Ramadan bersama Palestina yang targetnya memberikan bantuan sampai 350.000 paket iftar ya kak. Masyaallah semoga tercapai dan semakin banyak para donatur yang terketuk hatinya
Potrehraddin mengatakan…
Sukses selalu untuk Rumah Zakat. Semoga selalu bermanfaat untuk umat.
Desi mengatakan…
Masya Allah semoga kita dipertemukan dengan bulan mulia Ramadhan, dan di mampukan untuk beraktifitas serta beramal lebih baik dari tahun kemarin . SEmoga sukses juga dengan program rumah zakat
alienda mengatakan…
Rumah Zakat selalu membuat berbagai acara yang penuh manfaat ya Kak. Semoga terus memberi kemudahan bagi rakyat yang membutuhkan terutama menjelang Ramadhan ini terutama warga Palestina
Susi Susindra mengatakan…
Berita bagus nih karena Rumah Zakat sudah bisa mencapai ke sana. Saya sering merasa sedih sekali kalau ada berita apapun dari sana, karena membayangkan bagaimana langkanya makanan di sana.
Bayu Fitri mengatakan…
Semoga semua amanah dari donatur kepada rumah zakat bisa disalurkan pada yang berhak ya kak
Fanny_dcatqueen mengatakan…
Coba ya ntr aku browsing lebih dalam lagi rumah zakat ini. Krn biasanya aku pakai lembaga zakat satu nya lagi utk menyalurkan zakat, infaq dll.

Jujur aku milih banget soal lembaga kemanusiaan gini, karena ga mau salah pilih, kayak kasus lembaga kemanusiaan yg beberapa waktu lalu ternyata terlibat penggalangan dana ga bener.

Tapi untungnya memang ga pernah suka dengan lembaga itu kalo liat sepak terjangnya.

Kalo dah yakin dengan suatu lembaga, aku pun ga keberatan jadi donatur rutin. Karena lembaga seperti ini mempermudah kita banget dalam menyalurkan kewajiban 👍😍
Dyah Kusumastuti Utari mengatakan…
Rumah Zakat ini programnya banyak lo, saya sering juga dihubungi oleh amil zakatnya, laporannya juga jelas, rutin dikirim via email atau via WA, amilnya ramah dan komunikatif
Windi astuti mengatakan…
bersyukur ya, Rumah zakat terus beroperasi untuk memfasilitasi dan mengajak teman-teman peduli dengan sesama. Bisa menjadi solusi untuk teman-teman agar tidak bingung menyalurkan kebaikan untuk meringankan beban sesama
Erin Herlina mengatakan…
Perbanyak sedekah di bulan ramadan dan tidak luput menunaikan zakat. Untuk zakat bisa di Rumah Zakat ya, karena penyalurannya juga tepat. Apalagi Rumah Zakat juga peduli terhadap tragedi kemanusiaan di Palestina. Semoga dengan banyaknya yang bersedekah dan zakat di Rumah Zakat membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang membutuhkan.
Jihan Mayzura mengatakan…
Rumah Zakat memang terdepan, dan salah satu lembaga zakat yang cukup besar di Indonesia. Jadi, sudah nggak perlu khawatir lagi kalo mau menyalurkan zakat fitrah menjelang Idul Fitri bisa ke Rumah Zakat aja.
Diah Alsa mengatakan…
MasyaAllah, begitu banyak ya program istimewa dari Rumah Zakat yang akan hadir di Ramadan kali ini, tidak hanya berbagi untuk sesama dalam negeri untuk saudara-saudara kita yang sedang berjuang di Palestina pun juga ada ya. Semoga kita dilapangkan rezekinya untuk bisa berbagi dan ikut partisipasi pada program-program ini, Aamiin.
Salman Faris mengatakan…
Rumah Zakat bener-benar peduli dengan masyarakat Indonesia dan Palestina pada bulan Ramadhan. Jadi makin yakin jika ingin menyalurkan Zakat di Rumah Zakat
Topik Irawan mengatakan…
Dengan umat muslim yang jumlahnya begitu besar, potensi zakat di Indonesia sangat mungkin mengentaskan kemiskinan, zakat yang dikelola dengan benar manfaatnya nggak kaleng kaleng lho
Henny mengatakan…
Wah....Ramadhan bakal jadi lebih terasa bermakna ya bersama Rumah Zakat. Mudah-mudahan juga bersama program Rumah Zakat, semakin bertambah besar amal ibadah yang didapat di bulan Ramadhan.
Zakia Widayanti mengatakan…
Sedih si kalau bahas palestina, semoga program yang ada bisa membantu saudara kita di sana ya
sylvianayy mengatakan…
sedih sekali kalau melihat saudara-saudara kita yang ada di palestine, ramadhan kita di sini penuh persiapan menu berbuka dan sahur bisa pilih sesuka hati, tapi di palestine?
Sebagai negara dengan mayoritas beragama Islam, tentu kita punya potensi zakat yang besar. Semoga program rumah zakat ini bisa memberikan manfaat untuk Indonesia dan Palestina