Langsung ke konten utama

Ramadhan Kejar Pahala: Tujuh Detik Saja-Rumah Zakat App

Alhamdulillah, dalam hitungan jam bulan penuh hikmah tiba. Kuy, Ramadhan kejar pahala dengan berlomba-lomba dalam kebajikan. Tentunya jadi semangat luar biasa, bisa meraih pundi-pundi keberkahan. Sehingga di 11 bulan berikutnya, kita dapat terus konsisten melakukannya.

Tentang Gerakan Ramadhan Kejar Pahala

Nah sama nih seperti Rumah Zakat yang meluncurkan gerakan Ramadhan Kejar Pahala #BergerakNyata untuk Indonesia. Gerakan dari lembaga filantropi yang pada bulan Juli mendatang berusia 25 tahun ini, memiliki target yang bisa kita dukung dengan memberikan kebahagiaan kepada 1 juta penerima manfaat dari Aceh hingga Papua. Pelaksanaan program istimewa ini akan berlangsung dalam momentum bulan Ramadhan melalui Infak Sembako Keluarga, Sedekah Takjil, Berbagi Ifthar, Sajadah Masjid, Syiar Qur’an dan Ramadhan Bebas Hutang. 

Sasaran target yang diharapkan untuk tahun 2023 ini, dapat mencapai 15% yang keluar dari garis kemiskinan. Terlebih pada tahun 2022 lalu, 1.5 juta penerima manfaat berdaya bersama para donatur dan Rumah Zakat, dan dari program ekonomi Rumah Zakat terdapat 19,5% penerima manfaat tingkat kesejahteraannya meningkat.

CEO Rumah Zakat, Bapak Irvan Nugraha

“Yang tadinya mustahik bisa menjadi muzakki,” kata CEO Rumah Zakat, Bapak Irvan Nugraha di acara Press Conference Ramadhan Kejar Pahala #BergerakNyata untuk Indonesia.

Lebih lanjut diterangkan Bapak Irvan Nugraha, bahwa kampanye Ramadhan Kejar Pahala ini, merupakan kampanye turunan dari #BergerakNyata untuk Indonesia. Berbagai hal pun dilakukan dalam menyambut Ramadhan, seperti gebrakan kegiatan bersih-bersih 1000 masjid di Indonesia bersama masyarakat setempat. Hal tersebut bertujuan agar masjid makin membuat nyaman masyarakat saat beribadah di bulan Ramadhan.

“Selain membersihkan masjid, kami pun menyalurkan karpet masjid dan juga Al Qur’an yang merupakan titipan dari para donatur,” tambah CEO Rumah Zakat, Bapak Irvan Nugraha.

capture bagian aplikasi Rumah Zakat - dok. fennibungsu

Launching Rumah Zakat App 2.0

Makin asiknya beribadah di bulan Ramadhan, dan dalam mengeluarkan zakat, infaq, dan sodaqoh Rumah Zakat sudah menyediakan aplikasi Rumah Zakat App 2.0 yang bisa kita unduh di Play Store maupun Apple Store. Aplikasi yang user friendly ini terbilang lengkap, karena bisa melacak zakat kita, ada laporan zakatnya, tersedia kalkulator zakat untuk menghitung zakat serta ada fitur khusus tentang “Ramadhan” yang membuat semangat untuk membahagiakan sesama. 

Disampaikan oleh CEO Rumah Zakat, bahwa aplikasi Rumah Zakat diluncurkan pertama kali pada bulan Desember 2022. Saat ini pengguna aktifnya cukup banyak, sekitar 5000 user.

“Rumah Zakat App hadir sebagai bentuk transparansi zakat dari para donatur. Dengan begitu mereka bisa mengetahui laporan dana zakat, infak, sedekah yang diamanahkan kepada Rumah Zakat. Dan di bulan Ramadhan, ada menu donasi khusus Ramadhan untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan,” ungkap Bapak Irvan Nugraha.

 

Kolaborasi Rumah Zakat dengan Launching-nya Single “Tujuh Detik Saja”

Dalam Press Conference Ramadhan Kejar Pahala #BergerakNyata untuk Indonesia, launching pula single “Tujuh Detik Saja”. Lagu religi yang disampaikan oleh Ustad Erick Yusuf ini, diaransemen oleh Om Dwiki Dharmawan dan menjadi single religi perdana dengan format Fractional Music Asset (FMA) yang bisa diakses melalui Netralive, serta 30 platform DSP utama.

Bersumber dari laman Voi.id, format FMA ini adalah format kekinian yang memungkinkan bagi musisi dalam negeri maupun internasional menawarkan hak royalti dan kepemilikan dalam bentuk aset digital kepada penggemarnya. Dalam dunia musik, perkembangan teknologi perekamannya itu dengan piringan hitam, kaset, CD, DVD, lalu kemudian FMA ini. Sehingga setiap kali ada yang mendengarkan single “Tujuh Detik Saja”, maka disitulah royalty sharing yang akan diterima.

“Kapan lagi kita sebagai pendengar ikut berzakat,” kata Fadhil, perwakilan dari Netralive yang disampaikan pada kesempatan yang sama.

Om Dwiki Dharmawan pun turut menyampaikan, bahwa jelang tanggal 1 Ramadhan, baginya hal ini menjadi suatu ajakan #BergerakNyata untuk Indonesia, sebab single “Tujuh Detik Saja” yang suasananya pas dalam menyambut Ramadhan.

“Prinsip saya bermusik adalah, untuk memberikan manfaat sebanyak-banyak mungkin kepada masyarakat. Dan ini bisa menjadi kolaborasi kebaikan,” lanjut musisi yang merupakan suami dari Ita Purnamasari ini.

Sekilas Lirik Single “Tujuh Detik Saja”

“Single Tujuh Detik Saja, menceritakan tentang penyesalan seorang hamba karena menyia-nyiakan waktu yang dimiliki. Padahal dia bisa untuk berbuat hal kebajikan. Namun dia melalaikan itu. Dia melewatkan the best moment tersebut. Dan ini sering kali kita lakukan.” Ungkap Ustad Erick Yusuf dalam Press Conference Ramadhan Kejar Pahala #BergerakNyata untuk Indonesia.

Ada yang unik dari lirik single yang ditulis oleh Ustad Erick Yusuf ini, yaitu menyelipkan doa yang dipanjatkan oleh Nabi Adam as, yaitu:

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Latin: Robbanaa zholamna anfusanaa wa illam taghfirlanaa wa tarhamnaa lanakuunanna minal khosiriin.

Terjemahan: Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Bila Engkau tidak mengampuni kami dan tidak merahmati kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.” [Al Quran, surat Al-A’raaf: 23].

Pilihan doa ini makin membuat kita sadar akan kelemahan dan perbuatan lalai yang kita lakukan. Maka memanjatkan ampunan kepada menjadi obat penawarnya. Sehingga melalui tujuh detik saja yang kita miliki untuk bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Apalagi di bulan Ramadhan, bisa menggunakan waktu dengan banyak berbuat hal baik.

Baca Juga: Sudah Se-sosial Apakah Kita?

Pengentasan kemiskinan perlu kerjasama semua pihak, agar bisa terwujud. Dari yang tadinya mustahik menjadi muzakki, aamiin insyaa Allah. Apalagi asiknya sambil mendengarkan single “Tujuh Detik Saja”, ternyata kita pun juga turut berinfaq, karena 40% royaltinya akan disalurkan melalui Rumah Zakat. Jadinya kolaborasi yang saling terkait antara Rumah Zakat – Ustad Erick Yusuf – Dwiki Dharmawan – Netralive – Kita, sebagai langkah #BergerakNyata untuk Indonesia. Semangat berbuat kebajikan. Kuy, Ramadhan Kejar Pahala!

Komentar

Priyo Harjiyono mengatakan…
Wah Rumah Zakat ternyata dah ada appsnya ya memudahkan buat masyarakat yg ingin menyalurkan zis-nya.

Semoga sukses om Dwiki buat single nya n bisa ngebantu masyarakat lewat kolaborasi bareng RZ
Siti Mustiani mengatakan…
Masya Allah aplikasinya baru diluncurkan beberapa bulan lalu sudah 5000 user, kalau sekarang sudah berapa ya?

Sekarang, semakin dipermudah ya untuk melakukan kebaikan yang penting niat dan ikhlas.
Maria G Soemitro mengatakan…
karena waktu tidak bisa kembali ya?

kita harus menggunakan waktu sebaik mungkin agar tak menyesal kemudian

Gak heran Rumah Zakat mempermudah untuk zakat infak sedekah dan wakaf, agar kita menyegerakan ibadah yang ssering ditunda ini
R Palupi mengatakan…
Paling seneng sih aku kalau ada platform yang memudahkan kita dalam bersedekah seperti rumah zakat ini.
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
semoga zakat yang ditunaikan bisa membantu banyak orang untuk berdaya dan keluar dari zona kemiskinan karena dikelola oleh lembaga yang tepat dan disalurkan ke orang yang tepat pula
Rey - reyneraea.com mengatakan…
Rumah zakat selalu punya inovasi untuk membantu masyarakat bisa mengejar pahala selama bulan ramadan dengan maksimal ya. Apalagi dengan aplikasi rumah zakat, memudahkan banget bisa mengejar amal di bulan puasa melalui berbagi
Lia Yuliani mengatakan…
Ternyata sekarang rumah zakat udah ada appsnya. Dengan mendengarkan single 7 detiknsaha bisa ikut berbagi donasi pada yang membutuhkan ya Mba.
Yonal Regen mengatakan…
Inovasi Rumah zakat makin keren dengan adanya layanan zakat dalam bentuk aplikasi di gadget kita. Berdonasi jadi lebih mudah dan kita tetap dapat laporan yang transparan dari donasi yang kita kirimkan. Mantap sekali
Triani Retno A mengatakan…
Yang tadinya mustahik jadi muzakki. Sedihnya, kesulitan ekonomi gara-gara pandemi bikin yang muzakki jadi mustahik :'( Kejadian nih di tempatku.
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Sekarang makin mudah ya jalan untuk berbuat baik. Bahkan dalam hitungan detik saja sudah bisa mendapatkan pahala
Suci mengatakan…
Sekarang bersedekah sudah lebih gampang, ya, mbak. Sudah pakai aplikasi itu sangat-sangat memudahkan dan berpotensi sedekah kita tersebar ke seluruh pelosok.
Smoga yang mengelola selalu amanah, Aamiin
FatimahAqila mengatakan…
Gampang ya sekarang kalau mau berbagi sedekah atau apapun. Tinggal melalui aplikasi, dengan kemudahan ini jadinya tidak ada lagi tuh untuk punya alasan malas berbagi sedekah. Semoga ramadhan tahun ini kita bisa mengejar pahala sebanyak-banyaknya. Aamiin
deamerina mengatakan…
Wah, rumah zakat ada apknya aku baru tahuuu. Makin gampang aja ya sekarang kalo mau zakat. Udh gada alasan lagi buuat nggak zakat 😁
Mutia R mengatakan…
Ramadhan adalah bulan penuh sedekah. Semoga capaian zakat masyarakat Indonesia tahun ini kembali outstanding sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Terima kasih kepada Rumah Zakat yang menjadi salah satu fasilitatornya.
Didik Purwanto mengatakan…
Wah seneng banget kita bisa berpartisipasi menjadi muzakki, walau belum menjadi muzakki di Rumah Zakat. Emang segitu mudahnya jadi muzakki skrg sih ya. Jadi penasaran lagu Tujuh Detik Saja itu. Pgn dengerin jg deh.
Annie Nugraha mengatakan…
Rumah Zakat. Salah satu lembaga filantrofi yang bisa dipercaya. Keberadaannya selama 25 tahun menjadi bukti bahwa kegiatan mereka berjalan long-lasting, konsisten dan memiliki manajemen yang terurus dengan baik.
Alley Hardhiani mengatakan…
Wah, baru tahu kalau ternyata Rumah Zakat sudah ada aplikasinya. Jadinya enak kalau mau bayar zakat, infaq atau sedekah. Nanti mau download juga ah.
DokterTaura mengatakan…
Wah, positive vibe banget ya Rumah ZAkat ini. SAlut deh...
Aku mau ikutan gerakan RAmadhan kejar pahala ah... Biar ramadhan ku gak gini-gini saja...
Eri Udiyawati mengatakan…
Bulan Ramadan ini bulan yang penuh ampunan dan berkah, semoga kita menjadi orang-orang yang diampuni segala dosa-dosanya dari dulu hingga nantinya.

Konsep yang diadakan rumah zakat keren nih. Tujuh detik saja.. dari tujuh detik saja bisa memohon ampunan, apalagi di bulan Ramadan.
Aldhi Fajar mengatakan…
Sedekah zaman now udah didukung sama aplikasi rumahzakat jadinya lebih mudah kalau ada info dan lain lain. Campaign Ramadhan Kejar Pahala ternyata inovasi terbarub nih, memberikan kebahagiaan kepada 1 juta penerima manfaat.
Dee_Arif mengatakan…
Ah iya, mumpung Ramadan, saatnya kejar pahala
Untung ada aplikasi Rumah Zakat ini, kejar pahala makin mudah
Bambang Irwanto mengatakan…
Alhamdulillah.. Ramadan sudah tiba ya, Mbak. Dan harus kita isi dengan memperbanyak ibadah dan amalan lainnya. Termasuk soal berbagi ini, memang sudah lebih dimudahkan. Bahkan bisa online.
Bunda Saladin mengatakan…
Praktis banget ya kak sekarang untuk berzakat bisa via aplikasi, gak bingung mau menyalurkan ke mana, dan bener2 dikasihkan ke fakir miskin yg membutuhkan. Bisa donasi juga di sana dan bermanfaat dunia akhirat.
Elisa mengatakan…
Bismillah kita semua bisa Istiqomah melakukan hal baik selama Ramadhan ya, Mbak. Apalagi sekarang sudah ada aplikasi Rumah Zakat seperti ini, mau infaq dan shodaqoh jadi lebih mudah.
lendyagasshi mengatakan…
Aplikasi Rumah Zakat jadi bisa sangat memudahkan para Muzakki untuk menyalurkan rejekinya dan semoga dengan pemanfaatan yang tepat, maka seluruh masyarakat Indonesia bisa tumbuh kembali dengan memiliki perekonomian yang sehat.
Reza Fahlevi mengatakan…
sekarang jadi gak susah yaa kalo mau berinfaq, bersedekah atau membayar zakat, rumah zakat berinovasi terus supaya umat mudah beribadah
Irawati Hamid mengatakan…
para donatur pasti bahagia yaa saat tahu donaturnya benar-benar disalurkan. keren nih rumah zakat. sukses terus untuk mereka
Deeva Collection mengatakan…
Wah Rumah Zakat terus berinonasi ya. Aoalagi dengan memunculkan aplikasi, jadi bisa makin dekat dengan muzakki dan munfik nih
Nabilla DP mengatakan…
programnya rumah zakat bagus2 ya mba, sekarang program yang ini juga harapannya bisa menjadi salah satu program pemantik antusiasme masyarakat untuk menyambut pahala di bulan ramadan juga
Dee_Arif mengatakan…
Salut banget sama inovasi yang dilakukan oleh rumah zakat ini
Membantu orang untuk mengejar pahalabdengan mudah dan cepat ya mbak
Han mengatakan…
Selalu percayaa deh aku sama mereka yang mau jadi relawan dan dibayar ngga seberapa ini, selalu terharu aku tuuh, semoga sehat2 dan sukses semuanyaa
Nurhilmiyah mengatakan…
Selamat dan sukses, barakallah atas launchingnya Rumah Zakat App. Lagu religi Ust Erick Yusuf yang mirip ama Alm. rocker Gito Rollies. Tujuh Detik saja sangat menentukan pilihan seseorang utk menuju kebaikan ya.
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
Masya Allah, bagus-bagus ya programnya rumah zkar, makin berinovasi dan memudahkan penggunanya buat berbuat baik dengan lebih mudah :)
Sabrina mengatakan…
sekarang semakin mudah ya untuk membantu orang lain atau berzakat tanpa perlu keluar rumah kita bsia instal aplikasinya saja dari rumah kita sudah bisa berpartisipasi dalam berzakat, keren niy promgramnya
lendyagasshi mengatakan…
Senang sekali karena dengan adanya aplikasi Rumah Zakat, maka menikmati banyak kemudahan dan gak harus banyak orang tahu mengenai jumlah sedekah, namun yang pasti berlomba-lombalah dalam kebaikan.
Rezky Pratama mengatakan…
selamat menunaikan ibadah puasa
Wahid Priyono mengatakan…
Aplikasi Rumah Zakat ini sangat bagus dan positif, sehingga para penyalur zakat jadi semakin mudah. Zakatpun akan mudah dilakukan kapan saja dan dimana saja, tanpa harus repot2 datang di tempat. Makasih infonya.
Annisa Rizki Sakih mengatakan…
Ternyata Rumah Zakat sudah berusia 25 tahun ya? Keren banget selalu amanah . Aplikasi ini semakin mendekatkan Rumah Zakat baik kepada calon donatur maupun penerimanya
Manda Dea mengatakan…
masyaa Allah semakin mudah berzakat dengan aplikasi digital seperti rumah zakat ini ya kak, apalagi ada kalkulator penghitung zakat yang sering kali banyak orang bingung terkait ini