Aksi Rumah Zakat #BergerakNyata untuk Indonesia

Apa #BergerakNyata untuk Indonesia yang telah kamu lakukan? Sudahkah melakukannya secara berkelanjutan? Apakah kamu melakukannya secara individu atau bersinergi?

Dalam melakukan perbuatan baik untuk negeri ini, tentunya kita tidak bisa secara sendiri. Kolaborasi haruslah tercipta agar tujuan bersama tersebut bisa tercapai. Sebagaimana halnya yang dilakukan oleh Rumah Zakat melalui #BergerakNyata untuk Indonesia dengan jalin kerjasama dengan pemerintah dan swasta.

#BergerakNyata untuk Indonesia Rumah Zakat di tahun 2022

“Alhamdulillah di tahun 2022 lalu, dengan program pemberdayaan di berbagai bidang seperti ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan dan aksi kemanusiaan sebanyak 1,3 juta penerima manfaat dapat terbantu yang merupakan wujud kolaborasi Rumah Zakat bersama donatur dan mitra,” ungkap CEO Rumah Zakat Irvan Nugraha dalam acara Press Conference Peluncuran gerakan #BergerakNyata untuk Indonesia pada hari Jumat 24 Februari 2023 di Hotel Bidakara lalu.

Diterangkan pula bersama para donator dan mitra, Rumah Zakat telah menghadirkan kebahagiaan kepada 46,7 juta penerima manfaat. Terdapat 1732 desa berdaya, 19 sekolah juara, 9 klinik pratama, 301 Bummas, 14 kemitraan kampung zakat, dan 6 lokasi KUA. Bukan itu saja, Rumah Zakat pun terjun dengan 1.643 Relawan digerakkan dalam aksi kemanusiaan di 128 titik di Indonesia.

#BergerakNyata untuk Indonesia dengan Berkontribusi pada Kasus Stunting

Sebagaimana kita ketahui target atasi penurunan kasus stunting disampaikan oleh Presiden RI, Joko Widodo yaitu 14% pada tahun 2024. Ini bukan hal yang mudah untuk melakukannya, tetapi juga tidak menjadi keniscayaan bila dilakukan dengan berkesinambungan dan bergotong royong oleh semua pihak.

“Apa yang dilakukan Rumah Zakat ini luar biasa, karena network-nya bagus ke seluruh Indonesia. Dan berterima kasih kepada Rumah Zakat yang akan menjadi best practice dalam percepatan gotong royong permasalahan stunting.” Terang Kepala BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional), Dr. (H.C) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K), pada kesempatan yang sama.

Masalah stunting tidak bisa diatasi oleh pemerintah saja, karena dukungan pentahelix seperti NGO, kampus, masyarakat, swasta, dan media juga diperlukan. Kolaborasi BKKBN dengan Rumah Zakat atasi stunting ini dapat dijangkau melalui program Bapak Asuh Anak Stunting, yaitu pemberian bantuan asupan makanan bergizi pada keluarga yang tinggi risiko stunting. Kita dapat membina keluarga (unit terkecil) yang tenteram melahirkan anak yang unggul untuk Indonesia maju bebas stunting.

#BergerakNyata untuk Indonesia Siap Hadapi Aging Population

Selain permasalahan stunting dan kemiskinan kita juga sedang menghadapi aging population (jumlah penduduk usia lanjut). Pada 50 tahun belakangan ini jumlah penduduk lansia pada tahun 1971 meningkat 4,5 persen menjadi 10,8 persen pada tahun 2022. Hal tersebut diproyeksi dapat meningkat hingga 19,9 persen pada tahun 2045 mendatang mengacu pada data BPS tahun 2021 (sumber: bkkbn.go.id).

Disampaikan oleh Plt. Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Bappenas
Maliki, ST, MSIE, Ph.D, bahwa
menghadapi aging population ini harus diupayakan. Pemberdayaan lanjut usia yang dilakukan oleh Rumah Zakat bisa membantu hal tersebut, karena aging population ini bukan hanya masalah ekonomi tetapi juga mental dan sosial.

“Saya apresiasi apa yang dilakukan oleh Rumah Zakat, dan sangat menarik kolaborasi dengan Rumah Zakat ini bagaimana kita memandirikan masyarakat Indonesia dan melakukan pemberdayaan secara sosial, agar target menghapus kemiskinan ekstrem untuk 2-3 tahun kedepan bisa tercapai.” Lanjut Pak Maliki.

 

Jalankan Amanah dengan Baik demi #BergerakNyata untuk Indonesia

Kenaikan harga BBM kerap kali diiringi dengan kenaikan harga bahan pangan. Banyak masyarakat yang kesulitan dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya. Melihat hal ini pada tahun 2022 ketika PT Adaro Energy merayakan milad ke-30 tahun, melakukan kerjasama dengan Rumah Zakat dalam pendistribusian sembako ke 21.000 ke penerima manfaat.

“Adaro sangat puas dengan eksekusi dari Rumah Zakat yang bagus dan cocok mengusung program #BergerakNyata untuk Indonesia ini. Apalagi cara pemberian manfaat dan memperlakukan penerima manfaat itu setara. Ini membuat Adaro salut dengan Rumah Zakat.” Ujar Divisional Head of CSR at PT Adaro Energy, Tbk, Ibu Okty Damayanti pada kesempatan yang sama.

Lebih lanjut Ibu Okty Damayanti menyampaikan harapan untuk kerjasama Adaro dan Rumah Zakat ini, suatu saat bisa memiliki kolaborasi strategis, dan ikut serta menemukan solusi dalam permasalahan di Indonesia, seperti Percepatan Penurunan Stunting. Terlebih kemampuan Rumah Zakat dalam berkoordinasi dengan cabang-cabang Adaro di Indonesia sangat baik.

Baca Juga: Bismillah Qurban

 

Yuk, Turut #BergerakNyata untuk Indonesia

Dengan gotong royong memang memberikan peluang dalam mengatasi masalah jadi lebih mudah. Solusi pun menjadi banyak pilihan yang bisa diambil, agar permasalahan yang dihadapi tidak lagi sulit untuk diatasi. Pada tahun 2023 ini bersama mitra dan donatur, Rumah Zakat memiliki target untuk membantu 1,5 juta penerima manfaat, dan 20% dari penerima manfaat program ekonomi, keluar dari garis kemiskinan.

Bukan itu saja, pemberdayaan pun dilakukan agar penerima manfaat dapat lebih mandiri. Dukungan ini dilakukan Rumah Zakat melalui Desa Berdaya dengan cara mengintergrasikan program dengan potensi masing-masing desa. Relawan Inspirasi akan diterjunkan sebagai fasilitator pemberdayaan di desa berdaya tersebut. Pada acara press conference kemarin, tersedia stand-stand dari desa berdaya Rumah Zakat yang menawarkan banyak produk seperti: fashion, minuman kopi, habbatussauda, dan kerajinan tangan.

Baca Juga: 5 Tips untuk Mudah Berzakat

Baca Juga: Peluncuran Gelombang Wakaf dari Rumah Zakat

Harapannya jelang usia ke - 25 tahun mendatang, lembaga yang mendapat 66 penghargaan baik level nasional maupun global ini, ingin meluas lagi dalam memberikan kebahagiaan kepada masyarakat yang membutuhkan. Serta, dalam menyambut bulan Ramadhan, Rumah Zakat pun telah meluncurkan aplikasi Rumah Zakat App 2.0 yang membuat mudah menunaikan sakat dalam lacak zakat, pelaporan zakat, hitung zakat dengan kalkulator zakat. Aplikasi ini dapat diunduh di Play Store dan AppStore. Bagaimana, kamu siap #BergerakNyata untuk Indonesia, juga kan?

39 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
Maria G Soemitro mengatakan…
salut dengan Rumah Zakat yang telah menjadi wadah bagi kita untuk menyalurkan ZISWAF

selama ini sering miris lihat orang "mengemis" untuk membangun masjid, atau pasang iklan di YouTube

kegiatan tersebut kan gak bisa dipertanggungjawabkan
Komen Blog fennibungsu.com
Emma Malika mengatakan…
Program-program Rumah zakat keren ya tidak hanya urusan ZISWAF akan tetapi merambah ke dunia wisata juga, semoga target meminimalisir angka kemiskinan tercapai.
Komen Blog fennibungsu.com
Rafahlevi mengatakan…
Jadi ingat zaman sahabat nabi umar bin khatab karena zakat semua rakyat tidak ada yang kelaparan. Semoga semua program rumah zakat #bergeraknyata bisa mengurai banyak permasalahan ekonomi salah satunya yang berimbas pada kekurangnya indeks kesehatan masyarakat yaitu stunting.
Komen Blog fennibungsu.com
Dian Restu Agustina mengatakan…
Masya Allah, program-programnya Rumah Zakat keren ya, tak heran sudah hampir 25 tahun #bergeraknyata membantu memberi solusi untuk permasalahan yang ada
Komen Blog fennibungsu.com
Ida Wahyuni mengatakan…
MasyaAllah semoga semakin berkah ya kak, aku paling suka sama program Rumah Zakat yaitu program pendidikan yang bertujuan untuk membantu anak-anak yang kurang mampu untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Program ini meliputi bantuan beasiswa, pengadaan buku, dan pembangunan sekolah.
Komen Blog fennibungsu.com
DokterTaura mengatakan…
Program-program Rumah Zakat memang tidak diragukan lagi ya kualitasnya ya...
Semoga gerakan #bergeraknyata bisa makin menambah manfaat bagi semua ummat...
Komen Blog fennibungsu.com
Goresan hati mengatakan…
Harus didukung nih program rumah zakat agar banyak masyarakat yang membutuhkan. Salut sama panitianya yang juga kerja keras memberdayakan segala usahanya untuk kepentingan banyak orang.
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Kudu banget instal apps Rumah Zakat di playstore agar bisa selalu dapat info terkini sekaligus jawaban dari berbagai masalah terkait hukum islam.
Kagum dan salut banget dengan Rumah Zakat yang senantiasa berkomitmen bermanfaat untuk banyak pihak.
Komen Blog fennibungsu.com
Elisa mengatakan…
Salut banget dengan program² seperti ini. Apalagi program #BergerakNyata dari rumah zakat yang memiliki tujuan memberdayakan masyarakat agar bisa menjadi solusi ekonomi bagi mereka, pasti bakal membantu banget di era pasca pandemi seperti ini.
Komen Blog fennibungsu.com
Winda - dajourneys.com mengatakan…
campaign kayak gini tuh harus di dukung beneran ya soalnya Rumah Zakat tuh udah dari dulu bergerak membantu banyak orang
Komen Blog fennibungsu.com
Irawati Hamid mengatakan…
keren nih rumah zakat, membantu para kaum dhuafa yang membutuhkan santunan dari orang-orang mampu
Komen Blog fennibungsu.com
Aldhi Fajar mengatakan…
Gerakan sosial yang gercep kayak gini patut diapresiasi sih. Pasti butuh effort juga buat nyampe goalnya. Sukses terusss
Komen Blog fennibungsu.com
Bunda Saladin mengatakan…
Alhamdulillah ya Rumah Zakat membantu program pemerintah untuk mengatasi stunting. Jadi sasaran penerima zakat dan sedekah bener2 dipilih yg fakir miskin dan membutuhkan.

Zakat dan sedekah melalui Rumah Zakat bener2 amanah ya. Alhamdulillah.
Komen Blog fennibungsu.com
Kanianingsih mengatakan…
sangat mengapresiasi gerakan Rumah Zakat untuk pemberdayaan masyarakat agar terbebas dr kemiskinan, ini yg diperlukan. Masyarakat perlu diberdayakan, tidak asal diberi bantuan saja sehingga mereka bisa berusaha dengan tangan dan kaki sendiri untuk bangkit dr keterpurukan
Komen Blog fennibungsu.com
Keren banget ya Rumah Zakat, sampai berperan dalam mengatasi stunting, di mana memang paling banyak kita temukan di zaman sekarang ya, kasus anak-anak tumbuh stunting karena kurang nutrisi.
Komen Blog fennibungsu.com
Helenamantra mengatakan…
menarik nih program Bapak Asuh Stunting. Apakah program pemberian gizi ini untuk ibu hamil atau setelah ibu melahirkan? karena stunting itu bisa berefek sejak masa kehamilan. Kalau ibunya kurang gizi, potensi anak stunting saat lahir juga bisa terjadi.
Komen Blog fennibungsu.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Alhamdulillah Rumah akat terus menebarkan kebaikan, termasuk mengatasi stunting ini, karena dampaknya akan sangat besar bagi persiapan generasi mendatang. Anak tidak sehat dan kekurangan gizi, pastinya tidak akan bertumbuh kembang dengan baik.
Komen Blog fennibungsu.com
Rach Alida Bahaweres mengatakan…
Halo mba. Dengan adanya kerjasmaa strategis seperti ini semoga target juga berdampak pada penurunan angka stunting. Semoga kolaborasi berjalan baik dan dalam jangka waktu lama
Komen Blog fennibungsu.com
Hastin Pratiwi mengatakan…
Wah, itu Mas Irfan Nugroho sukses terus sejak dulu menggawangi Rumah Zakat. Semoga terus amanah dan tepercaya membagikan senyum hangat ke seluruh Indonesia melalui beragam program kemanusiaannya.
Jangan sampai, deh, kayak organisasi sebelah yang sudah dipercaya malah dikorupsi dananya. Naudzubillah...
Komen Blog fennibungsu.com
Semoga program Rumah Zakat dan Adaro ini sangat bagus. Semoga terus berlanjut dan tidak hanya fokus kemasalah stunting saja tetapi masalah kesehatan lainnya.
Komen Blog fennibungsu.com
Ays tala mengatakan…
Aku tuh selalu kagum dengan orang-orang yang bergerak di bidang sosial. Karena banyak orang yang perlu dibantu
Komen Blog fennibungsu.com
Munasyaroh Fadhilah mengatakan…
Inovasi dalam zakat lewat digital ini nih yg dibutuhkan saat ini. Mau tunaikan zakat jadi lebih mudah karena sudah banyak orang yg mengandalkan pembayaran digital
Komen Blog fennibungsu.com
Han mengatakan…
Wah masyaAllah ga berasa yaa udah 25 tahun alhamdulillaah makin banyak bawa berkah untuk semua orang, aamiin
Komen Blog fennibungsu.com
Dee_Arif mengatakan…
MasyaAllah, inovatif sekali Rumah Zakat ini
Terus bergerak demi menebar banyak manfaat bagi sesama ya mbak
Komen Blog fennibungsu.com
Goresan hati mengatakan…
Wah rumah zakat udah 25 tahun ya. Makin matang programnya. Semoga makin sukses juga memberdsyakan banyak bantuan untuk masyarakat
Komen Blog fennibungsu.com
Wahyu Eko C mengatakan…
Rumah zakat terus menebar manfaat, sewmoga banyak orang baik yg terus mendukung semua program dari rumah zakat sehingga masyarakat yg kurang beruntung dapat bantuan yang tepat
Komen Blog fennibungsu.com
Eka FL mengatakan…
keren nih sepak terjang rumah zakat dalam membantu pemerintah terkait isu kemiskinan dan kesehatan ya. semoga bisa menjangkau juga daerah-daerah terpencil ya tidak hanya kota atau kabupaten
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Dengan program dan komitmen Rumah Zakat untuk bergerak nyata membantu masyarakat yang membutuhkan dalam berbagai lini, maka semoga ada kebaikan dan kemajuan di masing-masing titik lokasi yang membutuhkan bantuan. Karena bantuan RZ ini jangka panjang, semoga bisa semakin merata di seluruh daerah di Indonesia.
Komen Blog fennibungsu.com
Shyntako mengatakan…
wah aksi rumah zakat memang gak perlu diragukan lagi lah yaa, patut ditiru dan dijadikan contoh bgt ini sih
Komen Blog fennibungsu.com
Ranggi's Travel Story mengatakan…
Aksi dan program rumah zakat bagus dengan dana umat yang di kelola dengan baik untuk mensejahterakan umat alias dari umat untuk umat. Semoga gerakan2 yg bagus bisa di ikuti lembaga lain (gusti yeni)
Komen Blog fennibungsu.com
Cerita Kita mengatakan…
Masya Allah ya zakat ini kalau dimaksimalkan, potensinya sungguh luar biasa, apalagi jika pengelolaannya bener. Mengatasi stunting, meningkatkan pendidikan, membuka lapangan kerja, dll semua jadi mudah dilakukan.
Komen Blog fennibungsu.com
Jiah Al Jafara mengatakan…
Permasalahan-permasalahan yang terjadi memang gak bisa diatasi sendiri. Kudu ada kerja sama. Semoga program Rumah Zakat ini bisa ngasih dampak yang baik dan banyak yang bisa terbantu
Komen Blog fennibungsu.com
Inda Chakim mengatakan…
Suka banget sama programnya rumah zakat yg gk hanya memberi melainkan membantu keluar dari kemiskinan. Salah satunya dengan melakukan pemberdayaan sosial. Sukses terus untuk rumah zakat dan segenap yg berkolaborasi serta membantu rumah zakat.
Komen Blog fennibungsu.com
gemaulani mengatakan…
Aku jujur baru tahu mba kalau rumah zakat ada program desa berdayanya. Terus produk dari desa berdaya juga beragam ya. Keren nih
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Turut mendukung dan bersemangat melihat pemaparan demi pemaparan mengenai program kebaikan Rumah Zakat. Semoga Bergerak Nyata untuk Indonesia bisa semakin memperkuat ukhuwah dan persatuan ummat.
Komen Blog fennibungsu.com
Lita Chan Lai mengatakan…
Pengelolaan lembaga zakat makin menarik minat masyarakat. Apalagi dikelola dengan baik dan amanah. Banyak masyarakat yg membutuhkan dana tersebut dan zakat ini membuat orang bisa keluar dari masalahnya. Salut dengan semua orang yang mendukung adanya pengelolaan dana zakat ini.
Komen Blog fennibungsu.com
Happy mengatakan…
semoga desa kita semakin berdaya ya dengan adanya program-program positif yang dicanangkan rumah zakat ini
Komen Blog fennibungsu.com
Nabilla DP mengatakan…
masya Allah keren banget rumah zakat sudah 25 tahun ya.. semoga menjadi lembaga yang selalu amanah dan bisa tepat sasaran dalam setiap programnya
Komen Blog fennibungsu.com
Irawati Hamid mengatakan…
keren nih rumah zakat, ternyata udah 25 tahun aja membantu masyarakat. semoga rumah zakat terus berdiri dan berkembang agar semakin banyak orang yang membutuhkan terbantu oleh mereka
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
BCC
BCC
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
KSB
KSB