#AdaObatAdaJalan di Peringatan Hari AIDS Sedunia 2018


Fenni Bungsu (Kesehatan) -- Hai..hai.. semua. Kabar apakah yang kamu peroleh hingga pertengahan  bulan Desember ini? Semoga kabar baik selalu menaungi kita, sehat selalu ,dan mendapat perlindungan dari Allah Subhanahu Wata'ala. Pas nih membicarakan kabar, saya ada informasi baik terkait dengan masalah kesehatan, terutama dalam rangka Peringatan Hari AIDS Sedunia 2018 ini. 

ada obat ada jalan, ada kemauan pasti ada jalan, malu bertanya sesat di jalan, tanya marlo, aids, hiv, lapas cipinang, lapas narkotika cipinang, lapas, lembaga permasyarakatan di jakarta timur, busway imigrasi, busway cipinang, penjara cipinang, pengobatan aids, apa itu aids, bagaimana pencegahan aids dan hiv, transjakarta cipinang, kampung melayu busway, busway jatinegara, RSU pengayoman jakarta timur,
 

Pastinya kamu sudah mengenal apa itu AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome), serta virusnya yaitu HIV (Human Immunodeficiency virus.) Adanya penurunan angka yang terinfeksi HIV/AIDS dari tahun 2017 hingga tahun ini, menunjukkan upaya penanggulangan dan pencegahan yang baik dari berbagai pihak.

 
ada obat ada jalan, ada kemauan pasti ada jalan, malu bertanya sesat di jalan, tanya marlo, aids, hiv, lapas cipinang, lapas narkotika cipinang, lapas, lembaga permasyarakatan di jakarta timur, busway imigrasi, busway cipinang, penjara cipinang, pengobatan aids, apa itu aids, bagaimana pencegahan aids dan hiv, transjakarta cipinang, kampung melayu busway, busway jatinegara, RSU pengayoman jakarta timur,
bagian depan Lapas Narkotika Klas IIA Cipinang



Bertempat di Lembaga Pemasyarakatan Narkotik Klas IIA, Cipinang, Jakarta, acara peringatan tersebut dilangsungkan dengan dihadiri para pembicara, dan Blogger Kesehatan. Dalam sambutannya, Bapak Asep Sutandar, A..Md Ip, S.Sos., M.Si, selaku Kalapas menyampaikan bahwa Lapas Klas IIA Cipinang, dihuni oleh warga binaan terkait narkotika. 

ada obat ada jalan, ada kemauan pasti ada jalan, malu bertanya sesat di jalan, tanya marlo, aids, hiv, lapas cipinang, lapas narkotika cipinang, lapas, lembaga permasyarakatan di jakarta timur, busway imigrasi, busway cipinang, penjara cipinang, pengobatan aids, apa itu aids, bagaimana pencegahan aids dan hiv, transjakarta cipinang, kampung melayu busway, busway jatinegara, RSU pengayoman jakarta timur,

“Jumlah warga binaan per hari ini (17 Desember 2018) ada 2453 orang, dari kapasitas 1084 orang”.  Terangnya.


Atas hal tersebut tentunya terdapat kapasitas yang ada tidak mencukupi. Namun begitu, Lapas Klas IIA Cipinang terus berupaya memberikan yang terbaik dengan screening, pelayanan, dan pengobatan agar warga binaan yang terinfeksi HIV dapat lekas ditangani dengan cepat.


Lembaga Pemasyarakatan Narkotik Klas IIA berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT). 

ada obat ada jalan, ada kemauan pasti ada jalan, malu bertanya sesat di jalan, tanya marlo, aids, hiv, lapas cipinang, lapas narkotika cipinang, lapas, lembaga permasyarakatan di jakarta timur, busway imigrasi, busway cipinang, penjara cipinang, pengobatan aids, apa itu aids, bagaimana pencegahan aids dan hiv, transjakarta cipinang, kampung melayu busway, busway jatinegara, RSU pengayoman jakarta timur,

“Kemenkumham mendapatkan apresiasi dari Kemenkes terkait pelayanan kesehatan di Lapas Narkotik Cipinang ini," ujar Bapak Lilik Sujandi BcIP, SIP, Msi, selaku Direktur Perawatan Kesehatan.


Adanya kematian akibat AIDS, maka upaya pencegahannya pun diupayakan dengan ragam sosialisasi dan edukasi. Hanya saja kesadaran masyarakat untuk menggali informasi lebih mendalam terkait HIV/AIDS masih belum dipahami dengan baik, misalnya tidak untuk memakai jarum suntik bersamaan, menjauhi dari narkoba dan pergaulan bebas, serta melakukan test and treat, agar ketika teridentifikasi virus HIV dapat lekas ditangani. 

ada obat ada jalan, ada kemauan pasti ada jalan, malu bertanya sesat di jalan, tanya marlo, aids, hiv, lapas cipinang, lapas narkotika cipinang, lapas, lembaga permasyarakatan di jakarta timur, busway imigrasi, busway cipinang, penjara cipinang, pengobatan aids, apa itu aids, bagaimana pencegahan aids dan hiv, transjakarta cipinang, kampung melayu busway, busway jatinegara, RSU pengayoman jakarta timur,


Pak Wesley menuturkan pengalamannya mengapa dirinya terinfeksi virus tersebut akibat pemakaian jarum suntik. Tekadnya yang ingin sembuh sempat tidak didukung oleh keluarganya, karena ketidakpercayaan akan prilaku yang memungkinkan akan kembali lagi. Namun begitu, kini ia telah mantap untuk sembuh, dan pernah berumah tangga dimana istri dan anaknya tidak terinfeksi HIV/AIDS.


ada obat ada jalan, ada kemauan pasti ada jalan, malu bertanya sesat di jalan, tanya marlo, aids, hiv, lapas cipinang, lapas narkotika cipinang, lapas, lembaga permasyarakatan di jakarta timur, busway imigrasi, busway cipinang, penjara cipinang, pengobatan aids, apa itu aids, bagaimana pencegahan aids dan hiv, transjakarta cipinang, kampung melayu busway, busway jatinegara, RSU pengayoman jakarta timur,

"Sudah ada obatnya yaitu ARV," terang dr. Wiendra Waworuntu, M.Kes, selaku Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Kementerian Kesehatan.


Pemerintah pun terus melakukan upaya peningkatan kesehatan dan mendukung global untuk "Target 3 Zero", yaitu : Zero new HIV infection, Zero AIDS related death, dan zero discrimination. Target tersebut menurut dr. Wiendra Waworuntu, M.Kes agar 90% ODHA (Orang dengan HIV dan AIDS) mengetahui status, 90% dari yang mengetahui status itu meminum obat, dan 90% dari pengobatan itu harus tersekresi virusnya hingga tidak terdeteksi lagi.

ada obat ada jalan, ada kemauan pasti ada jalan, malu bertanya sesat di jalan, tanya marlo, aids, hiv, lapas cipinang, lapas narkotika cipinang, lapas, lembaga permasyarakatan di jakarta timur, busway imigrasi, busway cipinang, penjara cipinang, pengobatan aids, apa itu aids, bagaimana pencegahan aids dan hiv, transjakarta cipinang, kampung melayu busway, busway jatinegara, RSU pengayoman jakarta timur,
Slide presentasi Ibu Wiendra W


Pengobatan yang digunakan yaitu terapi ARV atau antiretroviral, merupakan obat yang menjaga ODHA agar tetap produktif seperti orang lainnya yang menjalani rutinitas harian dan mencegah virus berkembang lebih jauh. Adapun reaksi akibat meminum ARV tergantung dari reaksi tubuh masing-masing.

ada obat ada jalan, ada kemauan pasti ada jalan, malu bertanya sesat di jalan, tanya marlo, aids, hiv, lapas cipinang, lapas narkotika cipinang, lapas, lembaga permasyarakatan di jakarta timur, busway imigrasi, busway cipinang, penjara cipinang, pengobatan aids, apa itu aids, bagaimana pencegahan aids dan hiv, transjakarta cipinang, kampung melayu busway, busway jatinegara, RSU pengayoman jakarta timur,
Slide presentasi Ibu Wiendra W


Efek sampingnya seperti yang saya rangkum dari laman HelloSehat yaitu seperti diare, mual, muntah, ruam, kehilangan napsu makan.

ada obat ada jalan, ada kemauan pasti ada jalan, malu bertanya sesat di jalan, tanya marlo, aids, hiv, lapas cipinang, lapas narkotika cipinang, lapas, lembaga permasyarakatan di jakarta timur, busway imigrasi, busway cipinang, penjara cipinang, pengobatan aids, apa itu aids, bagaimana pencegahan aids dan hiv, transjakarta cipinang, kampung melayu busway, busway jatinegara, RSU pengayoman jakarta timur,
Para narasumber acara



Namun begitu, upaya kesembuhan tetap harus dilakukan, karena sehat itu adalah yang utama. Bukankah Ada Obat Ada Jalan, berarti jalan untuk pulih masih ada? Kuy, Saya Berani, Saya Sehat!



Artikel Terkait

Komentar

  1. semangat untuk sehat, itu kuncinya yah. Semoga selalu diberikan kesehatan.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah mendengar info pengidap HIV semakin menurun tiap tahunnya. Sempat bergidik juga dulu karena banyak banget yang bilang kalau nih penyakit penularannya bisa lewat sentuhan padahal ternyata enggak. Info kayak gini emang kudu disebarluaskan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, adanya simpang siur karena kurangnya informasi akurat. Semoga bermanfaat yah artikel ini

      Hapus
  3. Artikel semacam ini penting banget sebagai pengetahuan apalagi tentang masalah ODHA karena kadang info seperti ini susah ditemukan

    BalasHapus
  4. Nggak ada alasan lagi ya untuk mendeskriminasikan ODHA karena mereka justru perlu support buat kesembuhan dan kelangsungan hidupnya lebih baik

    BalasHapus
  5. semoga selalu sehat ya pasien ODHA nya dan mudah2an ada obatnya yang bisa nyembuhin total, aamiin.

    BalasHapus
  6. Wah semoga saja apa yg menimpa kita jd sebuah peringatan utk selalu hidup lebih baik lagi ya.. Alhamdulillah skrg sdh axa obatnya ya..

    BalasHapus
  7. Mari berbagi informasi yang bermanfaat tentang ODHA agar tidak ada diskriminasi. Nice....

    BalasHapus
  8. Bicaa soal HIV/AIDS rasanya masih gimana gitu ya. Bukan penyakit baru, tapi masih banyak stigma negatif dan hoax yang menyertainya. Semoga program2 seperti ini membuat stigma dan hoax bisa dihalau.

    BalasHapus
  9. Senang dengarnya, akhirnya ada juga obat untuk HIV AIDS ini semoga bisa membantu mempercepat kesembuhan mereka yang mengidapnya selama ini.

    BalasHapus
  10. saya pun baru tau ternyata hiv sudah ada obatnya, semoga bisa membawa kebaikan bagi semua

    BalasHapus
  11. Semoga kita terhindar dari penyakit ini ya...

    Dan semoga teman pengidap atau ODHA ..diberi kekuatan dengan selaluenjaga pola hidup sehat...

    Hari Aids menjadikan kita selalu waspada dan jauhi faktor2 resikonya..

    BalasHapus
  12. Ada obat ada jalam. Jika sungguh berniat Insya Allah diberi kesembuhan.
    Semoga makin banyak yang lebih peduli tentang masalah AIDS. Karena tak hanya pemangku kebijakan yang harus mencari solusinya. Tapi kita semua hendaknya ikut berperan serta hingga tak bertambah jumlah penderitanya.

    BalasHapus
  13. Dukungan buat para penderita AIDS memang sangatlah diperlukan. Salah satunya dengan tidak mengucilkan mereka. Mereka juga berhak untuk sehat kembali dan hidup normal seperti manusia yang lain

    BalasHapus
  14. Dengan dukungan kita semua, maka ODHA juga akan makin semangat menjalani hidupnya. Jangan dijauhi apalagi dimusuhi karena mereka juga manusia biasa seperti kita.

    BalasHapus
  15. Setuju banget. Kunci krsembuhan bukan obat tp semangat

    BalasHapus
  16. Dengan adanya obat ARV menjadi salah satu solusi pengobatan bagi para orang dengan HIV AIDS jika dikonsumsi secara teratur mereka pun tetap bisa beraktifitas dan produktif dan hal itu sudah dibuktikan dengan beberapa narasumber yg kerap mengisi berbagai materi

    BalasHapus
  17. Semoga dengan banyaknya dukungan, ODHA bisa hidup dengan baik dan semangat lagi.
    Dan semoga, penyebaran AIDS segera berkurang sekecil-kecilnya.

    BalasHapus
  18. Masih banyak masyarakat yang mengucilkan ODHA. Berdekatan saja takut. Dengan adanya sosialisasi seperti ini jadi lebih waspada terhadap media penularannya. Termasuk betul betul melihat dan tahu betul penggunaan jarum suntik yang akan disuntikkan.

    BalasHapus
  19. Aduh semoga banyak masyarakat kita akan peka bahaya penyakit aids ini ya Mba dan peka juga menggalin informasi yang tepat tentang aids ini. Tetapi memang orang yang terkena aids ini perlu dirangkul dan di support untuk lebih baik

    BalasHapus
  20. Semoga makin banyak yang paham tentang penyaikit AIDS dan juga menghindari resiko penyebabnya ya mba. Smoga lekas sembuh dan penuh semangat juga untuk yang ODHA :)

    BalasHapus
  21. Semoga semakin menyebar sosialisasi #AdaObatAdaJalan ini ya Mbak. Saya juga berharap semakin berkurang penderita HIV

    BalasHapus
  22. Penularan melalui jarum suntik itu serem banget ya, sering banget denger yang terkena HIV/AIDS itu karena jarum suntik. Harus hati-hati banget ini kalau mau disuntik

    BalasHapus
  23. Woaa.. Ini pembahasan detailnya dr video mb fen yg di youtube kemarin ya. Keren lh mba, smg dg ini kita makin open sm HIV. Ada obat ad jalan. Smg ini pertanda baik yg berkelanjutan

    BalasHapus
  24. Seru ya kalau event blogger gini seputar dunia kesehatan. Jadi makin tambah ilmu seputar dunia kesehatan.

    BalasHapus
  25. Obatnya hanya menahan agar virusnya gak bertambah ganas ya. Semoga bisa ditemukan obat untuk menyembuhkan AIDS.

    BalasHapus
  26. ngeriii banget kalo liat video tentang penggunaan narkoba itu... smoga bikin event di surabaya jugaaa yaa pengen ikut

    BalasHapus
  27. Tetap semangat untuk para ODHA!! Walau harus minum obat terus sepanjang hidupnya, tapi kalian harus tetap semangat menjalani hidup! Semoga kedepannya ada yang bisa menemukan obat bagi penderita AIDS. Aminn

    BalasHapus
  28. Seneng ada yang membahas soal ini. Karena memang penting untuk diketahui masyarakat umu.

    BalasHapus
  29. Para ODHA semestinya emang bukan dikucilkan tapi untuk disupport agar semangat sembuh dan tetap bisa diterima di masyarakat.

    BalasHapus
  30. Wah ternyata sudah ada obatnya ya hiv ini. Semoga dengan seringnya sosialisasi begini masyarakat lebih aware lagi tentang penyakit ini

    BalasHapus

Posting Komentar

Maaf, untuk yang komentar dengan menyelipkan link maupun alamat web, saya hapus 🙏