Bedah Buku dari BP IDAI tentang Pertumbuhan Bayi ASI Eksklusif



Fenni Bungsu (Kesehatan) -- #SemangatCiee di tahun 2019 pembaca sekalian. Semoga apa yang dicita-citakan di tahun ini dapat terlaksana, selalu mendapat kesehatan dan perlindungan dari Allah Subhanahu Wata’ala. Berhubung soal kesehatan, saya mau menyampaikan berita nih yang terkait Ikatan Dokter Anak Indonesia, atau IDAI. Selain sebagai lembaga yang terkait dengan kesehatan anak, ternyata IDAI memiliki penerbitan buku sebagai penunjang dan pedoman untuk kesehatan anak. Berikut ulasan selengkapnya. 



Badan Penerbit IDAI, BP IDAI, Ikatan dokter anak, Apa itu asi eksklusif, kenapa harus asi eksklusif, Dr. Elizabeth Yohmi, Sp.A(K) , Prof. Dr. Badriul Hegar, Sp.A(K), Ph.D , Dr. Klara Yuliarti, Sp.A(K). , apa itu gumoh, bagaimana mengobati diare pada anak, menu mpasi pertama untuk bayi, apa saja menu mpasi, cara mengatasi diare pada anak, cara mengatasi gumoh pada anak,


SEKILAS ACARA BEDAH BUKU 

Acara yang bertajuk seminar awam dan bedah buku “Parents and Pediatrician Talk : Book Review And Discussion”, berlangsung di Gedung IDAI, Sabtu 29 Desember 2018 lalu, yang dihadiri oleh ibu-ibu muda dan beberapa rekan media.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Elizabeth Yohmi, Sp.A(K) memaparkan bahwa dalam buku yang terbitkan oleh BP IDAI, “Strategi Optimalisasi Pertumbuhan Bayi ASI Eksklusif” terdapat 10 Bab yang berkaitan dengan si kecil, yaitu sistem pencernaan dan ASI. 

Badan Penerbit IDAI, BP IDAI, Ikatan dokter anak, Apa itu asi eksklusif, kenapa harus asi eksklusif, Dr. Elizabeth Yohmi, Sp.A(K) , Prof. Dr. Badriul Hegar, Sp.A(K), Ph.D , Dr. Klara Yuliarti, Sp.A(K). , apa itu gumoh, bagaimana mengobati diare pada anak, menu mpasi pertama untuk bayi, apa saja menu mpasi, cara mengatasi diare pada anak, cara mengatasi gumoh pada anak,
sumber slide presentasi Dr Yohmi
Badan Penerbit IDAI, BP IDAI, Ikatan dokter anak, Apa itu asi eksklusif, kenapa harus asi eksklusif, Dr. Elizabeth Yohmi, Sp.A(K) , Prof. Dr. Badriul Hegar, Sp.A(K), Ph.D , Dr. Klara Yuliarti, Sp.A(K). , apa itu gumoh, bagaimana mengobati diare pada anak, menu mpasi pertama untuk bayi, apa saja menu mpasi, cara mengatasi diare pada anak, cara mengatasi gumoh pada anak,

“Kami senang bahwa pengetahuan masyarakat untuk memberikan ASI Eksklusif meningkat. Bila pemberian ASI yang diharapkan masyarakat berhasil, tenaga medis turut membantu menjaga agar pertumbuhan anak ASI tetap baik,” ungkap Dr. Elizabeth Yohmi.



Selain mengenai ASI, dalam buku tersebut berisi pula tentang saluran cerna, dimana Prof. Dr. Badriul Hegar, Sp.A(K), Ph.D juga merupakan salah satu penulisnya. 

Badan Penerbit IDAI, BP IDAI, Ikatan dokter anak, Apa itu asi eksklusif, kenapa harus asi eksklusif, Dr. Elizabeth Yohmi, Sp.A(K) , Prof. Dr. Badriul Hegar, Sp.A(K), Ph.D , Dr. Klara Yuliarti, Sp.A(K). , apa itu gumoh, bagaimana mengobati diare pada anak, menu mpasi pertama untuk bayi, apa saja menu mpasi, cara mengatasi diare pada anak, cara mengatasi gumoh pada anak,

“Usus pada bayi (4 bulan pertama) masih belum matang. Sistem kekebalan tubuhnya juga belum mantap. Maka pada 1000 hari pertama kelahirannya masih rentan infeksi,” terang Prof. Dr. Badriul Hegar. 


Infeksi yang terjadi pada bayi misalnya seperti:
  • Regurgitasi atau gumoh. Ini berbeda dengan muntah. Sebab gumoh kelainannya ada pada usus, sedangkan muntah kelainannya ada pada otak yang ditandai dengan mual-mual. 
  • Diare pada anak di bawah 3 tahun dikarenakan rotavirus. Diare dapat menyebabkan rusaknya penyerapan usus, maka dari itu berikan zinc 10-14 hari untuk memperbaiki sistem imunnya agar tidak lagi terjadi diare. Usahakan untuk mencukupi kebutuhan serat, bukan mengurangi atau memperbanyak.

Maka dari itu melalui pemberian ASI amat baik untuk usus bayi, karena memiliki enzim baik yang tidak terdapat pada susu formula.   


Badan Penerbit IDAI, BP IDAI, Ikatan dokter anak, Apa itu asi eksklusif, kenapa harus asi eksklusif, Dr. Elizabeth Yohmi, Sp.A(K) , Prof. Dr. Badriul Hegar, Sp.A(K), Ph.D , Dr. Klara Yuliarti, Sp.A(K). , apa itu gumoh, bagaimana mengobati diare pada anak, menu mpasi pertama untuk bayi, apa saja menu mpasi, cara mengatasi diare pada anak, cara mengatasi gumoh pada anak,


“Periode ASI Eksklusif selama 6 bulan, selanjutnya adalah periode MPASI hingga 24 bulan,” Dr. Klara Yuliarti, Sp.A(K).
Badan Penerbit IDAI, BP IDAI, Ikatan dokter anak, Apa itu asi eksklusif, kenapa harus asi eksklusif, Dr. Elizabeth Yohmi, Sp.A(K) , Prof. Dr. Badriul Hegar, Sp.A(K), Ph.D , Dr. Klara Yuliarti, Sp.A(K). , apa itu gumoh, bagaimana mengobati diare pada anak, menu mpasi pertama untuk bayi, apa saja menu mpasi, cara mengatasi diare pada anak, cara mengatasi gumoh pada anak,
sumber : slide presentasi Dr. Klara


MPASI merupakan makanan pendamping air susu ibu yang bermanfaat guna mencukupi kebutuhan gizi anak, seperti protein, dan zat besi. Oleh karena itu perlu diperhatikan saat dua tahun pertama anak yang merupakan masa penting karena sedang masa pertumbuhan otak, dengan pemberian nutrisi yang tepat bagi si kecil.

Badan Penerbit IDAI, BP IDAI, Ikatan dokter anak, Apa itu asi eksklusif, kenapa harus asi eksklusif, Dr. Elizabeth Yohmi, Sp.A(K) , Prof. Dr. Badriul Hegar, Sp.A(K), Ph.D , Dr. Klara Yuliarti, Sp.A(K). , apa itu gumoh, bagaimana mengobati diare pada anak, menu mpasi pertama untuk bayi, apa saja menu mpasi, cara mengatasi diare pada anak, cara mengatasi gumoh pada anak,
sumber slide presentasi dr. Badriul Hegar


SEKILAS TENTANG BP IDAI


Badan Penerbit IDAI (BP IDAI) selaku yang menerbitkan buku tersebut, ternyata telah banyak mengeluarkan ragam buku kesehatan yang didistribusikan di toko buku kedokteran. Namun dengan sosialisasi seperti bedah buku kepada masyarakat awam seperti ini, diharapkan banyak informasi yang didapatkan. Nah rencananya nih, kegiatan seperti ini akan diagendakan rutin per tiga bulan. Dengan begitu tentunya masyarakat awam bisa memahami dan memiliki pengetahuan yang tepat dan benar untuk kesehatan si kecil.




Artikel Terkait

Komentar

  1. Alhamdulillah... Kedua anakku juga ASI eksklusif. Baru pas 1 tahun lebih itu mulai dilatih sedikit demi sedikit utk lepas ASI. Pas 2 tahun mulai deh lepas ASI nya

    BalasHapus
  2. ASI memang bagus banget ya untuk 1000 hari pertama kehidupan anak. Alhamdulillah saya pun masih bisa memberi ASI untuk anak-anal saya.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah ketiga anakku juga sudah ASI sampai 2tahun, dan terbukti daya tahan tubuhnya lebih baik.
    #SemangatCiee nih untuk para moms agar selalu menjaga kesehatan buah hati dengan asupan makanan dan minuman yang bergizi setiap hari.

    BalasHapus
  4. Hiks anakku gak asi eksklusif nih, pas menjelang 6 bulan udah dikasih makan, heuheuu... Semoga nanti anak kedua bisa asi eksklusif.

    BalasHapus
  5. Alhamdulilah meski aku kerja meski harus pumping, harus repot tapi yang terpenting anak-anakku ASI mba, yang pertama alhamdulilah lulus ASI 2 tahun dan yang bungsu sudah lulus ASI eksklusif 6 bulan semoga aku tetep istiqamah mengASIhi sampe 2 tahun kedepan karena sudah terbukti khasiatnya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah banget aku masih semangat buat mengASIhi mba

      Hapus
  6. aku merasakan banget mbak manfaat asi ekslusif buat kedua anak aku. tubuhnya nggak rentan terkena penyakit, aktif, dan kalaoupun lagi sakit, asi adalah obat yang paling mujarab apaagi kalo anak demam.

    BalasHapus
  7. Ngomongin ASI jadi mengingatkanku waktu jaman Erysha masih ASI. Alu dulu pejuang ASI Mba Fen. Allhamdulillah Erysha bisa aku kasih full asi selamat 2 tahun dan ketika mau disapih baru aku kenalkan dengan UHT. Allhamdulillah Erysha jarang sakit kebantu banget ama ASI

    BalasHapus
  8. Anak saya yang pertama gak dapat ASI eksklusif. Huhuhu. Karena dari RSnya pasien SC mesti masuk ruang pemulihan dulu sehari. Padahal ASI saya banyak. Nyesal juga dulu gak maksa kasih ASI, karena baru punya anak kali ya? Sampai di rumah, sama neneknya pun gitu, dipikir kasihan sayanya kelelahan..eh disuruh beli susu formula T_T

    Nah yang anak kedua ini saya kasih full ASI. Alhamdulillah udah 1 tahun 1 bulan. Tapi susahnya, karena dia udah mulai malas makan jadi kan gak gendut lagi. Dan sama neneknya disuruh beliin sufor lagi biar ndut kayak dulu. Huhuhu. Sayanya tetap kekeuh mau kasih ASI aja. Gak maulah kayak kakaknya dulu. ASInya ada gini kok.

    Eh komen saya panjang. Jadi curhat malahan~

    BalasHapus
  9. Mba Feni ada kaver bukunya kah? Penasaran deh, baru tahu ada buku itu jugaa.

    BalasHapus
  10. Seru banget ya acaranya. Jadi teringat keponakanku yang dulu sering banget gumoh. Tapi aku sedih kalau keponakanku diare karena keponakanku nangis terus kalau terkena diare.

    BalasHapus
  11. Ya ampuun punya anak 2 dah besar baru tahu aku ternyata gumoh itu kelainannya ada pada usus, sedangkan muntah kelainannya ada pada otak . Hmmm, berarti musti disosialisasikan info seperti ini.
    Alhamdulillah kalau kegiatan seperti ini akan diagendakan rutin per tiga bulan.

    BalasHapus
  12. Jadi penasaran dengan bukunya. Penting banget nih aku untuk ilmu dalam merawat anakku nanti. Sudah ada di gramedia gak mba?

    BalasHapus
  13. Penting memang mendukung ibu untuk memberikan ASI eksklusif pada bayi. Supaya generasi penerus bangsa Indonesia Sehat dan pintar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sepakat mbak, ASIX itu emang makanan paling bagus buat bayi setelah lahir. Llau setelah makan dilanjutkan dengan konsumsi makanan bergizi :D

      Hapus
  14. Bagus kyknya ya bukunya mbak. Bisa buat kado utk teman yang hamil tuh. Sebab sebaiknya belajar menyusui jangan pada saat sesudah melahirkan, melainkan kalau bisa saat hamil :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Mba April, belajar menyusui jangan sesudah melahirkan ya. Pengalaman aku banged niy.

      Hapus
  15. Ternyata gumoh gak bisa disepelekan juga yaa.. Alhamdulillah dua anakku selesai ASIX dan ASI sampai 2 tahun. Dulu bnayak cari referensi dari artikel-artikel di situs IDAI juga :)

    BalasHapus
  16. Hem... harga bukunya mungkin tidak seberapa tapi ilmunya mantul banget nih. ASI sesutu yang tampak sepele tapi sangat berperan penting calamity tumbuh kembang anak manusia

    BalasHapus
  17. Masih harus berjuang nih buat bisa asi eksklusif. Sejauh ini sih anakku masih ngASI, tapi karena alasan medis harus tambah sufor. Tapi dia nolak. Entahlah harus senang apa sedih. Takut kurang gizi. Huhu

    BalasHapus
  18. Semoga bisa berjalan rencana 3 bulan sekali acara diatas ya mba fen. Mengingat manfaat dan damoaknya besar sekali utk masyarakat biasa.

    BalasHapus
  19. Sekarang aku lagi berjuang supaya si bungsu bisa ASI Ekslusif. Beberapa kali ngerasa down karena masalah luka dsb. Hihi..

    Sekarang sambil belajar2 lagi ttg menu untuk MPASI yg baik dan gizinya cukup

    BalasHapus
  20. Betul. Zril juga anak ASI. Saluran ceenanya bagus dan Alhamdulillah sampai setahun ini sakit hanya 3 x, berupa pilek dan cepat sembuhnya

    BalasHapus
  21. penting bangettt ini mbakk.. soalnya masih banyak ibu2 yang dimarahi neneknya gara2 anaknya gak di kasih makan.. padahal ya kan yang penting asi klo masih 6 bulan

    BalasHapus
  22. Kadang Bayi ASIX emang suka bikin minder sama Bayi dengan tambahan sufor hehehe..

    BalasHapus
  23. Tapi memang aku ngerasain sendiri, anakku ASI dan lumayan tangguh dia. Alhamdulillah jarang sakit... Buat yang sedang hamil cocok nih bukunya buat bahan bacaan, karena dulu aku pun nyari bacaan seputar asi sebelum hamil sih.

    BalasHapus
  24. Buku yang sangat dibutuhkan para ibu dengan bayi. Semoga dengan menyerap semua ilmu dalam buku ini, anak-anak kita berkembang dengan maksimal ya Mbak

    BalasHapus
  25. calom ibu harus tahu ini ya...biar mahir saat menyusui anaknya.

    BalasHapus
  26. Bagus kalau ada buku seperti ini. Bermanfaat terutama bagi para ibu yang baru memikiki anak. Bukunya bisa dibeli di toko buku terdekat atau tidak?

    BalasHapus
  27. Paling suka deh kalau ada buku tentang ASI, ini penting banget. Karena ASI Eksklusif itu sangat penting dan baik untuk bayi.

    BalasHapus
  28. Perlu banged niy ada buku seperti ini. Soalnya waktu anak pertama belum tau banyak ilmu seputar ASI. So, buku ini bisa jadi bahan bacaan yg bermanfaat bagi ibu hamil niy, supaya setelah melahirkan kelak sudah punya bekal pengetahuan tentang menyusui.

    BalasHapus
  29. Aku blm pernah nulis bedah buku sih...next time mungkin ya

    BalasHapus
  30. Pengeeen juga ikut acara IDAI. Sepertinya padat ilmu ya mbak, aplaagi soal tumbuh kembang anak. Makasih infonya soal buku IDAI ini, nanti coba aku cari di toko buku. Semoga ada yaaa :)

    BalasHapus
  31. Alhamdulillah ya sudah banyak ibu yang sadar untuk memberikan ASI Eksklusif dibandingkan dulu.

    BalasHapus
  32. aku bayi sufor... alhamdulillah pas punya anak semuanya bisa asi ekslusif :)

    BalasHapus
  33. Ternyata gumoh itu beda ya ama muntah. Fix mesti beli buku ini buat sepupu yang baru lahiran :D

    BalasHapus
  34. Anak pertamaku gagal ASIX tapi tetap nyusu sampek 2 tahun. Waktu itu aku memang kurang update info. Begitu anak kedua aku lebih rajin meng-update ilmu, alhamdulillah berhasil ASIX. Zaman sekarang semakin banyak sumber bacaan untuk ortu, insya Allah pemahaman calon orangtua pun semakin baik. Apalagi kalau dinas terkait mendukung seperti ini. Wah, alhamdulillah banget.

    BalasHapus
  35. Aku baru tahu lho kalau IDAI punya penerbitan buku untuk menunjang dan pedoman kesehatan anak. Salut.
    Karena informasi yang tepat dan akurat akan bermanfaat terutama bagi ibu hamil-melahirkan-menyusui karena begitu banyak mitos dan info hoax yang beredar di luar sana

    BalasHapus
  36. Wah Mba Fenny nih teorinya sudah melotok banvet deh..sering ikut acara utk ibu2 kyk gini... Keren..

    BalasHapus
  37. Bagaimana ketika anak dibawah 2 tahun tidak menyusui karena ibunda sedang hamil lagi. Kata orang orang ngga boleh kasih untuk si anak yang dibawah dua tahun? Bener ngga sih mba?

    BalasHapus
  38. Kedua anakku juga asi eksklusif loh kak..

    BalasHapus
  39. nambah wawasan banget nih buat aku kalau sudah nikah dan jadi ibu nanti, rasanya belajar dari sekarang adalah kewajiban yah, biar gak kagok.

    BalasHapus
  40. Baru tau kalo IDAI pumya penerbitan juga. Ini tentu memudahkan para dokter dan tenaga medis lainnya menerbitkan buku2 mereka.

    BalasHapus
  41. di mana bisa dapat bukunya? diakses free atau beli?

    BalasHapus

Posting Komentar

Maaf, untuk yang komentar dengan menyelipkan link maupun alamat web, saya hapus 🙏