11 Kenangan Ramadhan Saat Kecil


Fenni Bungsu (Curcol) – Hai, semua masih berpuasa dong ya. Alhamdulillah daku ucapkan, karena berpuasa di bulan Ramadhan hukumnya wajib bagi umat muslim yang mampu dan telah baligh (pubertas). Bicara mengenai satu bulan Ramadhan, pasti banyak momen berkesan. Apalagi Ramadhan Saat Kecil, karena saya merasakan kenangan indah itu, hehe. Dari jelang mau sahur, sekolah, pulang sekolah, menunggu azan maghrib, solat tarawih, hingga mau sahur lagi.




Ramadhan Saat Kecil saya, boleh dikatakan di waktu usia 4 hingga 7 tahun:

*) Puasanya nggak pol, hihi. Alasannya macem-macem, dari yang namanya nggak sahur alias tidurnya bablas, baru bangun jam 5 lewat. Untungnya sih solat Subuh nggak bablas.

*) Minuman berbuka maunya teh manis. Eh ternyata lagi nggak puasa tetep juga minta dibuatkan teh manis, kalau nggak yah ngambek, wkwkwk. Beda banget pas udah dewasa sekarang malah dengan minum air putih hangat. 

*) Makanan berbuka lebih suka kolak, kacang hijau, dan roti. Bener-bener sekarang bertambah usia malah bertambah berat, yaitu maunya langsung makan nasi, hihi.



*) Terkait sesuatu di kamar mandi. Ambil odol dan letakkan di sikat. Lalu sikat gigi dengan tenang. Kumur-kumur, eh airnya ada yang tertelan, hihi.

ilustrasi kamar mandi - gambar dari Pixabay

*) Kalau pulang dari sekolah bawaannya letih dan lesu, akhirnya masuk kamar mandi. Lihat bak mandi yang penuh dengan jernihnya air pun menjadi godaan tersendiri. Minum deh, seger.., (hihi tidak untuk ditiru). 

*) Masih pas pulang sekolah, pasang wajah lemes pas ketemu sama Mama, berharap sesuatu itu terwujud (Tahu dong pasti apaan). Tak dinyana asa itu pun terkabulkan, yeay bisa buka puasa duluan. Tapi nggak selamanya lolos juga sih cara itu, wkwkwk. 


*) Datang ke masjid rajin dong, bahkan 10 menit jelang azan Isya udah sampai. Tujuan utamanya sih, nyatet daftar penceramah, hihi.

*) Ceritanya solat tarawih nih bareng teman. Pas sampai masjid yang ada sih jajan, terus sedikit-sedikit ke tempat wudhu basah-basahan.

*) Momen serius pun datang, buku dan pulpen telah siap tatkala penceramah sudah memegang mikropon. Menyimak meski kadang tetep becanda sama teman, tapi untungnya masih ada yang nyangkut buat ditulis, Alhamdulillah.

*) Solat tarawih sudah mulai, di 2 x 2 rakaat solat masih khusyuk. 2 rakaat selanjutnya, terucap deh kalimat, “Ntar ah istirahat dulu,”

*) Istirahat yang demikian panjang hingga sampailah di solat Witir. Apa yang telah digelar dan mukena yang dikenakan langsung dirapikan. Ketika imam solat mengucapan 2 kali salam, kaki pun melangkah cepat, hiaaa…haha.
ilustrasi anak kecil - gambar dari Pixabay


Kenangan Ramadhan Saat Kecil saya yah begitulah, hihi. Lucu tapi kok pas dewasa sekarang merasa kok bisa yah se-konyol itu. Mungkin itulah indahnya dunia masa kecil yang masih polos, sibuk dengan dunia kecilnya. Semoga anak-anak jaman now pun bisa merasakan keseruannya yah, ketimbang disibukkan dengan hape alias update status di media sosial. Baiklah sampai jumpa dengan cerita saya berikutnya.

Artikel Terkait

Komentar

  1. Aaahh ke mesjid cepet-cepetan, biar bisa duduk deket pilar atau tembok biar bisa senderan, jadi lebih 'khusyuk' nyatet ceramah buat buku ramadan haha

    BalasHapus
  2. "ntar ah istirahat dulu"
    Saya juga mempraktekan kalimat itu mbak semasa kecil hahah kadang sampe ketiduran juga

    BalasHapus
  3. Anak kecil yang bawaannya kepingin kabur setelah salam di sholat witir itu kayaknya saya deh, hahahhahaa..

    BalasHapus
  4. Bener banget tuh puasa masih bolong2, tapi seneng klo bisa full, dapat duit banyak

    BalasHapus
  5. Aku juga jadi kangen Ramadhan pas harus isi buku dan minta TTD pak ustadz hihihi. Jadi menumbuhkan skill mendengarkan dan mencatat sampai sekarang :D

    BalasHapus
  6. kok sama sih, jangan-jangan kita pernah tetanggaan dan teman main, hehehe, kenangan ramadan waktu kita kecil kerap mirip dgn nanti kalo punya anak, buah jatuh tak jauh dari pohonnya :))

    BalasHapus
  7. Berbuka dengan teh manis, aku waktu kecil juga gitu mba, sekarang air putih dingin juga jadi ๐Ÿ˜€

    BalasHapus
  8. Wkwkwk yang sholat teraweh terus istirahat aku banget dulu waktu kecil. Sholat terawehnya jarang full, pasti deh ada istirahatnya sambil ngitungin berapa jumlah rakaat yang tersisa xD Ramadan selalu meninggalkan kesan tersendiri ya kak

    BalasHapus
  9. Masa kecil memang menyenangkan ya mba. Banyak kejadian lucu yang indah untuk dikenang. Bikin ngakak pas mbaknya minum air kamar mandi saat puasa hihi..

    BalasHapus
  10. Hahaha jadi ingat juga kenangan masih kecil. Aku pikir buang angin itu batal lho hahahaha. Senang pokoknya buka tutup kulkas deh huahahhahaha.

    BalasHapus

Posting Komentar

Salam SemangatCiee, bertamulah yang santun, sebagaimana kamu datang berkunjung ke rumah sahabatmu๐Ÿ™

Postingan populer dari blog ini

Review Wardah C-Defense Sleeping Mask

Review Wardah Lightening Day Niacinamide (Kemasan Baru)

Review Wardah Lightening Micellar Gentle Wash

Resensi Buku: The Autobiography of Valentino Rossi

Review Wardah Hydra Rose Gel to Foam Cleanser