Tips Buka Puasa dengan Keluarga atau Teman




Fenni Bungsu (How To) – Halo teman semua, sudah hari ke-23 nih kita berada di bulan pernuh berkah dan anugerah. Sudah dihitung belum berapa kali kamu Buka Puasa dengan Keluarga atau Teman? Kalau saya sih (memang ada yang tanya si Fenni Bungsu yak, wkwkwk) telah 22 hari buka bersamanya bareng keluarga. Berarti nggak bukber bareng teman nih si pemilik hashtag #SemangatCiee. Yups kurang lebih seperti itu. Bukannya karena nggak ada yang ngajakin buat bukber, melainkan tahun ini mau dengan keluarga saja. Soalnya tahun-tahun kemarin kelayapan banyaknya, hahaha.




Nah dengan siapapun kita berencana dan melakukan acara buka bersama, tentu tidak masalah. (Kecuali kalau kamu bukber bareng mantan, ciee CLBK, Cinta Lama Boro-boro Kembali, hihi.) Hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, sebab biasanya kalau sudah bukber kerap terlupakan oleh hal-hal berikut ini, yaitu:



Persiapan Hidangan Berbuka


Baik Buka Puasa dengan Keluarga atau Teman, biasanya kita akan menghitung jumlah orangnya ada berapa. Ini akan terkait dengan hidangan yang akan disajikan, baik akan dimasak sendiri maupun melakukan pemesanan. Khusus yang akan memasak sendiri, jangan lupa diingat bahwa memiliki peralatannya, misalnya piring, sendok, wajan, panci, dan sebagainya. Jadi, tidak kebingungan saat hari-H. Serta bila ingin dilebihkan jumlah hidangannya, tidak masalah. Jika memang berlebih, kita bisa memberikannya pula kepada para undangan dan tak lupa sekaligus menjadi menu untuk sahur, bukan?


ilustrasi gambar dari Pixabay





Pahami Lokasi Bukber


Bila Buka Puasa dengan Keluarga atau Teman inginnya tidak di rumah, perlu diperhatikan lokasinya. Tujuannya agar tidak kejauhan dan tidak capek pas sampai di rumah. Maklum saja, kalau pas bulan Ramadhan ini kan jalanan cukup ramai. Belum pada mudik soalnya, hihi.



Jangan Lupa Solat


Nah, ini nih yang kadang suka terabaikan. Sangking asyiknya Buka Puasa dengan Keluarga atau Teman lalai deh mau solat Maghrib. Padahal jarak waktu antara Maghrib ke Isya tidak jauh. Justru manfaatkan momen tersebut untuk dapat solat berjamaah, sehingga dapat banyak dong. Tahu kan maksudnya, Dunianya dapat (karena makan hidangan berbuka bersama-sama) – Akhiratnya pun dapat (Solat berjamaah)



ilustrasi buka bersama dari Detik(dot)com


Cukuplah Mengambil Makanan


Terakhir adalah, biasanya ketika Buka Puasa dengan Keluarga atau Teman akan banyak hidangan yang disajikan, maka cukuplah saat mengambil makanan. Pastikan bahwa hidangan yang telah diambil dengan piring akan dihabiskan, sehingga tidak ada yang mubazir dibuang.


Komentar

iidyanie mengatakan…
Ah iya bener nih, sering kali bukber tapi kewajiban buat sholat malah tertinggal, makanya saya kalau ada bukber yg ditanya duluan ada tempat sholatnya gak :)
Niklosebelas mengatakan…
yang paling menguras kesabaran pas bukber diluar adalah macet dan antri di tempat makan mbak... rasanya pengen buka puasa dirumah aja
Irena Faisal mengatakan…
tips aku: bawa uang yang cukup, malu kalau bukber mesti utang sama teman hehehe
Okti Li mengatakan…
Iya suka sedih kalau ad acara khsususnya makan makan, melihat di piring banyak makanan yg tida dihabiskan. Mubadzir. Padahal kalau saja ngambil secukupnya ya... Akan lebih bagus.
Kalau aku bukber diluar biasanya minum dulu buat batalin terus langsung ngacir cari mushola deh. Yang paling pr tuh kalau kita bukber di mall karena pernah ngalamin, makan dulu terus baru ke mushola. Pas antri sholat udah masuk isya deh.
Aprillia Ekasari mengatakan…
Aku lebih suka makan sama keluarga di rumah. Kalau terpaksa bukber di luar salah satu syaratnya emang pilih tempat makan yang gampang akses buat sholat, syukur2 lanjut teraweh, pulangnya malam sekalian
Rach Alida Bahaweres mengatakan…
Yah kalau bukber diluar tuh emang harus pilih tempat yang nyaman. Cari juga tempat yang bisa dengan mudah dan nyaman buat shalat ya mba :)
Leyla Hana mengatakan…
Sama dong. Tahun ini aku cuma 2x buka puasa bareng blogger. Lebih banyak di rumah karena kasian anak-anak kalo buka puasa bertiga aja, emaknya ngayap wkwk
Kesih Latief mengatakan…
Emg bener bgt nih kl buka puasa bareng d luar tuh agak
Riskan ya, kecuali udah reservasi tmpt sebelum nya. Sm tempat sholay yg penting.


Alhamdulillah tipsnya bakal berguna untuk bukber tahun depan ni mba. Alhamdulillahnya tahun ini, lancar puasanya dan banyak bukber bersama keluarga di rumah.