Jadikan Sawit Kuat Untuk Indonesia Hebat

Manfaat sawit untuk kehidupan, permasalahan sawit, mengapa sawit bermanfaat,


Dengan menjadikan sawit kuat untuk Indonesia hebat, tentu bukan tanpa alasan. Kita pastinya sudah sangat akrab dengan Sawit atau kelapa sawit. Salah satu hasil dari sumber daya alam memiliki banyak manfaat untuk dapat kita kelola dengan baik. Maka wajar saja kekayaan alam Indonesia yang beragam memiliki potensi luar biasa untuk dikembangkan dan berdampak positif pada perekonomian bangsa. Salah satunya adalah melalui kelapa sawit yang menjadi penyumbang devisa Negara melalui ekspor, sebagaimana data yang saya peroleh dari laman GAPKI yaitu mencapai 2,79 juta ton pada bulan Mei lalu. 

Manfaat sawit untuk kehidupan, permasalahan sawit, mengapa sawit bermanfaat,



Dari situlah dapat menjadi bahasan yang manis di blog ini, karena olahan sawit memiliki ragam manfaat untuk kehidupan kita sebagai berikut: 
  • Dijadikan sebagai minyak goreng. Kalau membuat jenis makanan yang diolah dengan cara digoreng, maka sawit yang menghasilkan minyak goreng tentu menjadi konsumsi kita. Namun tetap mengonsumsinya tidak berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan kan tidak baik. 
  • Sebagai bahan bakar bio yang dapat digunakan pada kendaraan bermotor.
  • Dapat digunakan pula untuk kosmetik seperti lipstik, dimana kita dapat melihat kandungan olahan sawit yaitu Isopropyl Miristat. 
  • Kamu yang memiliki pakaian kerja berupa kemeja dengan bahan Propilen Glikol, pertanda bahwa pakaian yang kamu kenakan merupakan olehan dari sawit. 
[Baca Juga: Kaleidoskop Tulisan Sumber Daya Alam]


Manfaat sawit untuk kehidupan, permasalahan sawit, mengapa sawit bermanfaat,
Manfaat sawit - dok. IG @sawitbaik.id


Berkenalan lebih lanjut dengan sawit, kamu tahu bahwa sawit yang berada di Indonesia ternyata luasnya mencapai 6 juta hektar. Ini dapat diartikan bahwa pemanfaatan sawit untuk kebutuhan kita sangat diperlukan, bahkan masih merujuk kepada Wikipedia, minyak sawit kita di ekspor pula ke Cina dan India. Makanya sawit bisa menjadi salah satu penyumbang devisa negara kita. Maka dari itu untuk menanam sawit hendaknya diperhatikan, yaitu:

  • Tidak dengan cara pembakaran lahan lalu kemudian ditanami sawit, tetapi carilah lahan yang tidak lagi digunakan. 
  • Untuk pembudidayaannya janganlah pula di lahan hijau atau hutan, karena akan menjadi deforestasi, sehingga sawit dapat ditanami tanpa merusak hutan dan tidak mengganggu ekosistem yang ada. 

Manfaat sawit untuk kehidupan, permasalahan sawit, mengapa sawit bermanfaat,
Sawit - dok. Wikipedia



Sawit masuk ke Indonesia semenjak tahun 1848 yang kala itu masih di bawah Pemerintahan Hindia Belanda. Kalau kamu yang tinggal di Jabodetabek mau lihat perkebunan sawit yang tinggi mencapai 12 meter ada kok di Kebun Raya Bogor. Oleh karena itu, bila sesuatu dimanfaatkan dengan pengelolaan yang tepat dan dikonsumsi tidak berlebihan maka hasilnya pun akan menjadi baik. Dengan banyaknya manfaat sawit di dalam kehidupan manusia, sudah sepantasnya kita dapat menjaga dan melestarikannya dengan baik. Sebab sebagai salah satu penghasil devisa Negara ini, sawit masih tetap kita butuhkan.


Artikel Terkait

Komentar

  1. sawit itu memang masih sumber penyumbang devisa negara yang besar ya mba. semoga aja seperti apa yang sudah ditulis disini, bahwa pemanfaatan dan pengelolaannya harus tepat. sesuai dengan syarat penanaman seharusnya. mudah-mudahan engga ada sawit-sawit ilegal yang merusak ya mba, karena memang kita masih membutuhkan sawit.

    BalasHapus
  2. Sawit ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk banyak hal ya mba, saya taunya hanya untuk minyak goreng :D

    BalasHapus
  3. Banyak manfaat sawit dan turunannya yang kita rasakan ya mb...meskipun dalam pengelolaannya tetap harus memperhatikan kelestarian lingkungan. Tapi itu bukan salah sawitnya, tapi salah orang-orang yang maunya cepet saja... Tfs mb.. Jd byk tahu tentang sawit...

    BalasHapus
  4. Ahh iya bener juga kak, gimanapun kita tetap butuh sawit. Tapi pengolahannua yang harus bagus kak jangan sampai merusak tatanan yang lain

    BalasHapus
  5. Sering mendengat berita tentang kebun kelapa sawit. Tapi asli baru megang dan lihat langsung Agustus kemarin, saat pulang dari Kerinci, kami lewat Palembang. Di salah satu jalan lintas Sumatera kami berhenti solat, nah di halaman belakang masjid nya ada pohon sawit yang sedang berbuah. Eh saya pastinya selfi sama pohon kelapa sawit dong. Hahaha

    BalasHapus
  6. kelapa sawit salah satu tanaman indonesia yang bisa di ekspor, karena banyak manfaatnya salah satunya bisa dibuat minyak sayur

    BalasHapus
  7. Aku baru tahu nih manfaat sawit selain buat minyak goreng. Tapi kadang berasa ironi banget ya di balik banyak manfaatnya perkebunan sawit juga kadang memberi efek buruk ke lingkungan sekitarnya

    BalasHapus
  8. Di keluarga papahku kebetulan masih ada yang punya perkebunan kelapa sawit dan memang kalau kata omku hasilnya digunakan untuk minyak.

    BalasHapus
  9. Sawit ini, bagai dua sisi mata uang ya. Di satu sisi punya banyak manfaat buat kita. Di sisi lain, dalam proses pembuatannya ada yang merugikan lingkungan. Tapi katanya kini proses itu sudah banyak berubah. Banyak program yang sudah dibuat perusahaan pengolahan sawit yang sustainable bagi lingkungan. Semoga saja ya, semua perusahaan pengolah sawit bisa demikian. Supaya kita semua bisa mendapatkan manfaat dari sawit, tapi lingkungan juga tetap sehat dan ramah untuk kita.

    BalasHapus
  10. Ternyata baju kemja juga ada yang terbuat dari olahan sawit ya, saya baru tau lho ini betapa banyak manfaat sawit

    BalasHapus
  11. Mbak, aku baru tahu loh ternyata olahan sawit bisa jadi bahan kemeja juga ya. Sawit memang banyak manfaatnya, tapi tentunya tetap harus ramah lingkungan dalam pengolahannya.

    BalasHapus
  12. Dulu kami tinggal di Medan, Sumatera Utara.
    Kalau nemenin Babe rahimahullah main golf, suka dapet biji sawit untuk dibuat mainan sama kakak.
    Semoga Indonesia makmur sejahtera selalu dengan hasil kekayaan alamnya.

    BalasHapus
  13. Bener, aku juga berharap, lahannya nggak dibakar. Sedih.., kasihan penduduk sekitar dan para hewan di sana. Dulu pernah di perusahaan sawit, sebenarnya bakar lahan karena hemat uang dan waktu. Jadi dibandingkan habis uang untuk membersihkan lahan, jadi lebih gampang dan cepat dengan lempar putung rokok. Walaupun aku nggak mengingkari kalau perekonomian penduduk juga meningkat karena sawit.

    BalasHapus
  14. Setuju Mba, sawit masih sangat dibutuhkan negara utk menghasilkan pendapat dalam negri. tapi ada pihak yg kurang bertanggungjawab. Sedih melihat pembakaran yg terjadi skrg

    BalasHapus
  15. Sawit ini apa tumbuhnya di daerah tertentu aja atau bisa di semua lahan, ya? soalnya yang banyak pohon sawit kan daerah sumatera kalimantan, sementara di jawa jarang sih lihatnya. Ohya, saya baru tahu lho kalo ternyata olahan sawit itu banyak banget yaaa gakj cuman minyak goreng aja. hehe

    BalasHapus
  16. sawit mirip2 lah kayak batubara gitu, manfaatnya banyak sekali buat umat manusia, sejauh perencanaan dan operasionalnya pun aman dan nyaman buat umat manusia

    BalasHapus
  17. Manfaatnya banyak sekali yah, mudah2an sawit - sawit Indonesia bisa dikelola dengan sebaik - baiknya dan bahkan lebih baik.

    BalasHapus

Posting Komentar

Salam SemangatCiee, bertamulah yang santun, sebagaimana kamu datang berkunjung ke rumah sahabatmušŸ™

Postingan populer dari blog ini

Review Wardah C-Defense Sleeping Mask

Resensi Buku: The Autobiography of Valentino Rossi

Review Wardah Lightening Micellar Gentle Wash

Perbedaan Wardah Lightening Loose Powder dan Everyday Luminous Face Powder

Review Wardah Lightening Day Niacinamide (Kemasan Baru)