Wajah Baru Website Sekretariat Kabinet


FenniBungsu (Tekno) – Pasti kita pernah bertemu dengan yang namanya ‘kebingungan saat mendapatkan pertanyaan atau bertanya akan sesuatu’. Kemudian cari bahan sebagai referensi untuk menyelesaikan tugas tersebut maupun mendapatkan jawaban yang tepat dan benar, biasanya akan dilakukan dengan menggunakan buku, bertanya kepada yang dianggap bisa memberikan jawabannya, dan menelusuri laman melalui internet. Ketiga solusi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.  Akhirnya, kolaborasi ketiganya disatukan sehingga kita pun dapat memahami lebih mudah.


Website terbaru sekretariat kabinet,


Nah membicarakan laman yang sering kita telusuri melalui jaringan internet, baik itu melalui media smartphone, tablet, laptop maupun komputer banyak pengalaman menarik yang diperoleh sehingga bisa membuat kita betah berlama-lama membaca di sana, bahkan dapat pula langsung menekan tanda X karena banyak faktor. Contoh yang pernah saya alami adalah sebagai berikut:

Tampilan Warna  

Mungkin tingkat kecerahan bisa diatur melalui gawai yang kita miliki, tetapi tampilan warna diatur oleh si pemilik website. Jika warna terlalu mencolok, menurut saya kurang ramah untuk indra penglihat. Warna yang netral seperti warna putih dan hitam masih membuat mata betah berlama-lama.

Kecepatan Pemuatan

Saat kita mengetikkan alamat website lalu tekan enter atau go, saya sangat senang menemukan website yang loading-nya seperti saat menuju finish-nya para pembalap MotoGP.  Ngebut, melesat cepat, sehingga tidak menghabiskan banyak waktu dan menguras baterai gawai.


Aman

Aman karena ada lambang gembok berwarna hijau. Sebab saya pernah mengunjungi sebuah laman yang langsung mendapatkan pemberitahuan di ponsel saya, bahwa website tersebut kurang aman, padahal mungkin isinya tidak ada yang salah dengan web tersebut, hanya saja keamanan lambang gembok hijau ini menjadi tandanya bagi pengunjung lebih waspada.


Asik Lewat Ponsel

Mobile friendly selalu jadi andalan website berkualitas, karena pastinya akan mendatangkan banyak pengunjung. Pasalnya di era jaman now ini, ponsel menjadi sahabat setia yang mudah dibawa kemana-mana yang memungkinkan seseorang mudah mengakses sebuah laman.

Kolom Pencarian

Mudahnya pencarian kata-kata dengan disediakannya lambang kaca pembesar atau lup. Maklum saja namanya website pasti sudah banyak tulisan maupun foto yang diterbitkan, sehingga dengan adanya lambang pencarian ini tidak akan menyulitkan pengunjung yang ingin menemukan informasi dengan cepat.

Bebas Iklan

Saya paling malas sebenarnya kalau mengunjungi website yang banyak iklannya. Padahal kondisi sedang penting untuk mencari informasi. Alhasil, hanya dalam hitungan detik saya memilih langsung keluar dari web tersebut dan membuka laman lain yang bebas iklan.


Website terbaru sekretariat kabinet,
laman setkab sebelum pembaruan - capture by fennibungsu

Website terbaru sekretariat kabinet,
laman setkab setelah pembaruan - capture by fennibungsu
Ada yang unik pula dari laman setkab.go.id ini, yaitu bila pada hari biasa akan berwarna, maka khusus di hari Berkabung Nasional, (contohnya adalah saat wafatnya Presiden RI ke-3, alm BJ Habibie) tampilan warna laman pun berubah menjadi hitam putih.


Website terbaru sekretariat kabinet,
Tampilan laman Setkab.go.id saat hari Berkabung Nasional


Syukurlah pada saat saya mencari informasi di laman setkab.go.id untuk menyelesaikan tugas, tidak ada masalah yang ditemui. Apalagi tampilan website-nya lebih segar, dan nihil dengan berita hoax. Laman terbaru dari setkab.go.id ini adalah milik Sekretariat Kabinet yang merupakan hasil kolaborasi dengan Bank Mandiri.  Hal tersebut disampaikan melalui Acara Peluncuran Website Baru Sekretariat Kabinet, Rabu 11 September 2019 di Gedung 3 lantai 1 Kementerian Sekretariat Negara dengan tema Milenial Berwibawa. 

“Harapannya agar informasi yang diberikan oleh Sekretariat Kabinet melalui laman setkab.go.id bisa lebih efektif mensosialisasikan kebijakan pemerintah kepada publik,” terang Bapak Riduan Ahmad, Direktur Commercial Banking Bank Mandiri.  


Pada kesempatan yang sama Wakil Sekretariat Kabinet, Ibu Ratih Nurdiati saat memberi sambutannya bahwa peluncuran wajah baru laman Setkab ini merupakan kerjasama dengan Bank Mandiri yang kedua. Selain itu informasi yang bisa diperoleh melalui laman setkab.go.id ini tidak hanya terkait kegiatan saja tetapi juga terkait arahan Presiden yang disampaikan melalui Sidang Kabinet.


Website terbaru sekretariat kabinet,
Momen peluncuran wajah baru laman setkab.go.id, Ibu Ratih Nurdiati bersama dengan Bapak Riduan Ahmad - dok. fennibungsu


Kamu yang ingin cari berita seputar kebijakan pemerintah mau pun yang kepo mengenai update terkait Reformasi Birokrasi, GPR (Government Public Relations), PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi), maupun Lapor! dan hal lainnya sudah tersaji lengkap di sini yang dapat diakses melalui gawai apapun, sehingga kita tetap mendapat informasi yang tepat dan benar.

Website terbaru sekretariat kabinet,




Artikel Terkait

Komentar

  1. Setuju paling ga suka sama web yang kebanyakan iklan pusing bacanya juga dan langsung aku keluar juga mba, syukurlah yah wajah web sekretariat kabinet bebas iklan :)

    BalasHapus
  2. BEBAS IKLAN. Paling seneng mengunjungi website yang bebas iklan, soalnya kebanyakan iklan juga jadinya mengganggu sekali yah huhuh apalagi iklan model pop up gitu, ganggu banget pas lagi enak - enak baca.

    BalasHapus
  3. Kalau website pemerintah makin informatif, cepat update, dan mudah diakses seperti ini, kita sebagai masyarakat juga bisa mendapat info lebih akurat, yaa...

    BalasHapus
  4. Wah asik nih akhirnya ada web pemerintah yang bisa diakses dengan cepat dari mana aja dan kapan aja. Pemerintah kudu ngikutin zaman biar ga ketinggalan zaman. Jadinya, masyarakat juga bisa lebih aware sama kondisi terkini deh.

    BalasHapus
  5. Saya baru tau kalau sekretariat kabinet punya website. Harus ini agar pihak yg membutuhkan informasi tentang pemerintahan di Indonesia

    BalasHapus
  6. Tentunya kebijakan pemerintah yang bisa diakses dengan mudah melalui laman setkab.go.id akan meminimalisir berita-berita hoax juga ya. jadi kita nggaklagi "malas" mencari info yang benar karena tampilan web setkab makin menarik.

    BalasHapus
  7. Wah bener bgt tuh kriteria webnya, emang kalo web nya loading lama tuh suka jd kesel sendiri trs males deh buka lg hehe

    BalasHapus
  8. Jadi keren gitu ya, mbak. Tema nya bisa sesuai kondisi.

    Awal baca, masihh belum ngerti website ini buat apa. Tp pas bacaannya tuntas, jadi paham. Dan sepertinya, aku bakalan sering buka web ini demi kebutuhan belajar.. hehe ��

    BalasHapus
  9. Wah senengnya ada website pemerintahan yg gampang dipakai macam ini. Sebelumnya aku juga pernah mengakses website pemerintahan tapi banyak menu yg gak bisa diklik dan tampilannya ribet­čśĹ

    BalasHapus
  10. Wah semakin inovasi ya peranti digital milik pemerintah. Hal itu semakin bagus tentunya. Saya baru tahu ada bagian lapor! Di website itu. Terima kasih infonya Mba

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah ada media menyampaikan informasi seputar pemerintahan ke masyarakatbumum ya mbk. Semoga semakin bnyak berita positif yg beredar.

    BalasHapus
  12. Akhirnya ada teman, lagi blog eh web tanpa iklan. Hehehe...
    Saya suka betah lama-lama di blog/web yang tidak ada iklannya. Termasuk web resmi ini nih

    BalasHapus
  13. Wahhh setuju banget nih kalau bebas iklan, walaupun aku juga pasang AdSense di blogku, tp aku taruh di lokasi yg nggak mengganggu pembaca kok wkwkwk

    BalasHapus
  14. sama ka aku juga lebih suka dengan website yang bebas iklan. Jadi lebih enteng dan lebih gampang mencari informasi. Pernah buka website yang banyak iklan malah jadi lemot

    BalasHapus
  15. Kalau menurutku sebagai website instansi pemerintahan memang harus lebih clean ya dan yang pasti gak lama loadingnya. Lalu paling enak kalau mobile friendly, karena sekarang orang lebih banyak mengakses dari smartphone.

    BalasHapus
  16. Aku udah melipir dan ternyata iya, sekarang tampilannya lebih fresh ya. Lebih mudah diakses dan juga responsive. Bravo buat Setneg atas tampilan barunya

    BalasHapus
  17. Aku tadi udah check mbak. Mudah-mudahan pemerintah juga menerapkan hal yang sama ya, supaya website-website pemerintah lainnya bisa lebih informatif, menarik, dan pastinya membuat engagement dengan masyarakat.

    BalasHapus
  18. Wajah barunya lebih fresh ya.. emang sesuai baget dengan temanya.. da menurut aku tepat sasaran.. millenial jadi betah berlama lama di website sekretariat kabinet.. inovasinya layak untuk di contoh nih

    BalasHapus
  19. Wah sama aku juga paling males kalau baca artikel banyak iklannya..jadi seneng deh kalau nemu website yang bebas iklan gini

    BalasHapus
  20. Wah sekarang website nya lebih responsif dan ga banyak lagi iklan-iklan yg bertebaran ya kak. Makin suka dan betah bacanya

    BalasHapus
  21. Wooww, oke banget nih, menariknya lagi fast response ya mba. Sebagai masyarakat awam sepertinya kehadiran website ini cukup membantu ya mba. Makin kesini, makin progressive deh!

    BalasHapus
  22. kalau menurut saya pribadi, website pemerintah memang ga layak dipasangin iklan mbak, hahaha. btw web sekretariat dikasih perhatian khusus, jadi bisa mengikuti perkembangan website sekarang

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah kalau web pemerintah makin bagus dan user friendly. Semoga rutin diupdate juga ^_^

    BalasHapus

Posting Komentar

Salam SemangatCiee, bertamulah yang santun, sebagaimana kamu datang berkunjung ke rumah sahabatmu­čÖĆ

Postingan populer dari blog ini

The Mask Singer Indonesia 27 Desember

Resensi Buku: The Autobiography of Valentino Rossi

Review Wardah C-Defense Sleeping Mask

Juara The Mask Singer Indonesia Season 2

Juara The Cuts Indonesia