Langsung ke konten utama

Hanya 5 Hari Kriya Nusa 2019 di Balai Kartini

Hanya 5 Hari Kriya Nusa 2019 di Balai Kartini (Fenni Bungsu) – Bumi dan segala isinya merupakan anugerah terindah yang diberikan oleh kepada kita. Salah satu contohnya berupa keanekaragaman hayati yang memberikan manfaat kehidupan. Di sinilah peran kita sebagai manusia yang diberikan kelebihan akal dan pikiran untuk dapat mengelola, menjaga dan melestarikan apa yang ada di bumi ini. Oleh karena itulah buah dari akal dan pikiran akan melahirkan budaya yang terus berkembang dari masa ke masa dan dapat diwariskan kepada anak cucu kita.

Kriya Nusa tahunan, Kriya Nusa Balai Kartini, acara tahunan kriya nusa

Dari budaya pula akan tercipta ragam hal, misalnya adalah kerajinan tangan atau kriya. Berbicara mengenai kriya, saya pun harus memberikan kabar baik kepada kamu sekalian bahwa mulai kemarin, 11 September hingga 15 September 2019 sedang berlangsung perhelatan kerajinan tangan nusantara, yaitu Kriya Nusa 2019. Pada dua hari sebelum berlangsungnya acara tersebut di Balai Kartini, saya pun berkesempatan menghadiri Temu Netizen Kriya Nusa 2019 pada 9 September 2019 lalu agar perhelatan tahunan ini bisa disosialisasikan kepada masyarakat luas sehingga bisa turut berpartisipasi.

Momen Hari Kriya Nusa 2019

Dalam acara inilah, Bapak Widodo Muktiyo, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo RI menyampaikan dalam sambutannya, bahwa setiap tahun kita akan menyelenggarakan ini dalam rangka mensupport teman-teman kita, UMKM kita, dan saudara-saudara kita yang saat ini menggeluti profesi seni.

Kriya Nusa tahunan, Kriya Nusa Balai Kartini,
Bapak Widodo Muktiyo saat di acara Temu Netizen Kriya Nusa 2019 - dok. fenni bungsu
“Kita dapat menghargai seni karena promosi. Mudah-mudahan ini menjadi kegiatan yang bergulir terus menerus sehingga karya seni Indonesia dikenal di dunia. Indonesia adalah produsen kerajinan yang bermutu, dengan harga kompetitif, bisa dipercaya, dan memiliki daya saing yang tinggi,” ungkap Bapak Widodo Muktiyo.
Sejalan dengan itu, Ibu Triana Rudiantara selaku Ketua Bidang Humas, Promosi, dan Publikasi Kriya turut menyampaikan bahwa, orang Indonesia terkenal dengan tangannya yang terampil, kreatif dan banyak ide.

Kriya Nusa tahunan, Kriya Nusa Balai Kartini,
Momen pembukaan Kriya Nusa 2019 - Dok. Kak Anazkia (blogger)

Kriya Nusa tahunan, Kriya Nusa Balai Kartini,
Suasana Kriya Nusa 2019 di Balai Kartini - dok. Kak Anazkia (blogger)

Manfaat Hari Kriya Nusa untuk Pelaku Usaha

Hal tersebut saya akui, karena memang melalui kerajinan tangan kita, bisa menembus pasar internasional. Apalagi di era jaman now yang nota bene serba digitalisasi alias mudahnya dengan jual beli online. Nah kerajinan tangan yang dibuat oleh saudara kita melalui UMKM disebarluaskan pula melalui market place. Banyak keuntungan yang didapatkan dengan berjualan secara online, selain menguntungkan, kemudahan untuuk produk dilihat dan dipasarkan lebih luas karena dapat diakses dimana saja.


Maka dari itu pemanfaatan media informasi digital ini sebisa mungkin dilakukan oleh teman-teman UMKM, mengingat pengguna internet masa kini yang terus bertambah, karena dominasi jaman now adalah gadget dan internet, sehingga dapat menjangkau lebih luas. Meski memang tidak dapat ditampik bahwa dengan membeli secara langsung (offline) masih menjadi andalan, sebab bisa sekaligus pula berwisata menikmati pemandangan alam maupun wisata kuliner.


Kriya Nusa tahunan, Kriya Nusa Balai Kartini,
(ki-ka) ; Yosh Aditya (MC), Ibu Septriana Tangkary, Ibu Triana Rudiantara, Ibu Euis Saedah

Support DEKRANAS untuk UMKM

Potensi kerajinan tangan ini, menjadi daya tarik DEKRANAS untuk membantu teman-teman UMKM memasarkan produknya di Kriya Nusa 2019. DEKRANAS adalah kepanjangan dari Dewan  Kerajinan Nasional yang telah berdiri semenjak tahun 1980. Sebagai mitra pemerintah, independen, dan nirlaba, DEKRANAS tidaklah komersial. Oleh karena itu, adanya acara seperti Kriya Nusa 2019 menjadi ajang perhelatan daerah, karena daerah-daerah yang ingin mempromosikan, sebagaimana misi dari DEKRANAS yaitu:
  • Warisan budaya.
  • Regenerasi sangat perlu dilakukan. 
  • Kerjasama amat diperlukan dengan bersinergi terhadap siapapun yang mendukung industri kreatif.
“Di acara Kriya Nusa 2019 ini, 80 % difasilitasi oleh pemerintah daerahnya masing-masing atau DEKRANASDA,” terang Ibu Euis Saedah selaku Sekretaris Jenderal DEKRANAS di acara Temu Netizen Kriya Nusa 2019.
Pada kesempatan yang sama pula Ibu Septriana Tangkary selaku Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Kemkominfo RI memaparkan bawa Kriya Nusa menggalang seluruh produk yang ada di Indonesia untuk dipromosikan agar mendunia, karena Indonesia hebat dengan karyanya.


Melalui perhelatan yang berlangsung selama 5 hari di Balai Kartini ini, dapat saya simpulkan menjadi motivasi kita untuk mendukung kegiatan ini misalnya dengan datang langsung ke lokasi, menyebarluaskan informasi Kriya Nusa 2019 dan paling utama  pula yaitu agar bangga menggunakan produk asli Indonesia. Sebab produk lokal bangsa kita memiliki keunikan tersendiri yang anti mainstream sehingga menjadi stylish untuk dikenakan. Setuju dong! -(fennibungsu.com)

Komentar

Antin Aprianti mengatakan…
Setuju, produk lokal kita itu unik dan nggak kalah bagus juga kualitasnya. Semoga ke depannya, produk lokal Indonesia semakin baik lagi
Intan Daswan mengatakan…
Setuju banget, Mbak. Saya tuh paling suka event seperti ini, selain bisa membantu mempromosikan produk lokal, acara seperti ini juga bisa jadi edukasi juga.
Dewi adikara mengatakan…
Event seperti ini sangat penting dan bermanfaat sekali bagi bnyak kalangan. Saya termasuk pecinta produk lokal, produknya memang tidak kalah dengan yang daei luar😊
d'pearl mengatakan…
produk lokal harus diberi ruang dan dukungan. setuju sekali dg event ini yang mengankat produk umkm.
Indrifairy mengatakan…
Kebayang sih seperti apa kreatifnya tangan-tangan orang Indonesia, apalagi ada wadah berupa event Kriya seperti ini, semoga bisa mampir besok-besok
Ria Nugroho mengatakan…
Saya mendukung sekali memakai produk hasil karya anak bangsa, hasil karya mereka bagus-bagus juga enggak kalah sama produk luar.
Irena Faisal mengatakan…
Waaah keren, acara ini mengapresiasi produsen lokal... semoga produk Indonesia makin mendunia
Rach Alida Bahaweres mengatakan…
Kemarin ada temanku yang posting produk yang dtawarkan di Kriya Nusa ini dan bagus bagus. Apalagi etnik dan kualitasnya terjamin
Visya Al Biruni mengatakan…
Waaah aku datang nih ke Kriya Nusa 2018 mba Fen. Cakep cakep kerajinan tangan ya. Salut deh sama DEKRANAS, juga Kominfo yang sudah mendukung acara ini, Dalam rangka melakukan UMKM Indonesia juga
Rani Provitasari mengatakan…
saya kemarin lihat teman saya ada yang update insta story nya saat berada di kriya nusa, duh liat dari updatean dia aja saya mupeng. bagus-bagus banget hasil karya yang di jual disana.
Monica Anggen mengatakan…
Hari ini tadi sebenarnya mau ke Kriya Nusa karena dengar banyak produk buatan anak negeri yang keren-keren. Sayangnya Pewe ada janji sama temannya. Jadi batal deh. Semoga besok bisa ke Kriya Nusa
Dwi Puspita mengatakan…
Semua produknya kalau saya perhatikan alami ya, bener2 dari alam. Saya suka sekali kalau ada yang pakai tas berbahan rotan yang dianyam sangat cantik. Telaten banget bagi yang bikin. Salut saya... Sayangnya acara di Jakarta, coba di Surabaya saya datang nih.
Dee_Arif mengatakan…
Acara yg sangat bagus
Melalui acara ini produk lokal ttp bisa bersaing di era global y
Dan juga menumbuhkan kecintaan masyarakat kpd produk lokal
Yanti Alif mengatakan…
Paling seneng deh kalau ada event tentang kebudayaan Nusantara kaya gini kita jadi tahu semua hal tentang budaya Indonesia dan smua kerajinan budayanyaa ..next perlu nih datang
Qoty Intan Zulnida mengatakan…
Bener banget nih mbak. Produk lokal seperti ini memang perlu disupport dan diberdayakan. Semoga event2 seperti ini bisa kontinyu yaa mbak
Jalan-Jalan KeNai mengatakan…
Produk lokal sekarang semakin bagus. Kualitasnya dan juga modelnya. Semoga dengan adanya event seperti ini membuat produk lokal semakin dikenal dan bisa bersaing di dunia global
Irra Octaviany mengatakan…
Keren banget sekarang produk lokal bisa bersaing sama produk luar. Kualitasnya juga gak kalah keren
Rach Alida Bahaweres mengatakan…
Aku suka produk kreatif yang unik unik seperti ini mba. Kualitasnya mah nggak perlu diragukan lagi. Bagus banget :)
Nabila Cahya Haqi mengatakan…
Sudah saatnya produk lokal mendunia. Semoga pemerintah selalu support para pengusaha UMKM agar bisa go internasional.