Dear Pengantin Baru, 8 Peralatan Elektronik Ini Wajib Ada di Rumahmu!

sumber: google.com


Fenni Bungsu (Home Living) -- Pernah dulu itu ada yang memberikan wejangan pada saya, "Fen, nanti kalau sudah berkeluarga jangan lupa banyak nabung, terus ambil deh KPR alias beli rumah. Jadi bisa tuh belajar mandiri". Kalau dipikirkan sih benar juga ya, mandiri untuk belajar bagaimana mengelola kehidupan rumah tangga juga mandiri dalam menyelesaikan masalah berdua dengannya. Memang terkadang setelah resmi menikah, beberapa orang memilih untuk angkat kaki dari rumah orang tuanya atau pindah untuk menempati tempat tinggal yang baru dengan pasangannya. Ketika menempati rumah baru dan tinggal di lingkungan yang baru, tentu ada banyak barang yang harus dimiliki sendiri, contohnya alat elektronik yang lengkap. 


Nah, alat elektronik seperti apa saja yang harus dimiliki? Berikut ini adalah uraian mengenai peralatan elektronik yang penting dimiliki oleh pasangan yang baru menikah dan tinggal di rumah baru. Peralatan elektronik ini akan sangat membantu kamu dalam melakukan pekerjaan rumah. 

1. AC atau Kipas Angin

sumber: pinterest.com


Untuk mendapatkan kenyamanan tinggal di rumah sendiri, AC atau kipas angin menjadi salah satu barang yang penting untuk kamu miliki. Jangan biarkan keringat deras mengalir, yang tentunya kamu tidak ingin merasa kepanasan di dalam kamar dan rumah baru. Jadi, kamu dapat membeli AC atau kipas angin yang sesuai dengan luas ruangan di rumah.


2. Televisi atau Speaker

sumber: pinterest.com

Sebagai pasangan yang baru menikah, kamu hanya tinggal berdua dengan pasangan. Jadi, agar rumah tidak terasa sepi dan supaya ada hiburannya, maka jangan lupa untuk membeli televisi. Tidak ada salahnya jika kamu ingin menambahkan speaker aktif untuk memanjakan telinga kamu.


3. Kulkas

sumber: shopee.co.id

Barang yang satu ini penting sekali untuk dimiliki pasangan baru yang tinggal di rumahnya sendiri. Tidak hanya untuk membuat minuman biasa menjadi minuman menyegarkan, tetapi kulkas juga dapat kamu gunakan untuk menyimpan makanan dan bahan-bahan masakan kamu. Dengan begitu kamu tidak sering-sering untuk berbelanja keluar mengingat saat ini memasuki musim hujan.

4. Rice Cooker

sumber: shopee.co.id

Penanak nasi elektronik atau dengan nama lain rice cooker adalah alat andalan bagi ibu rumah tangga yang digunakan untuk memasak nasi dan mengukus makanan. Dengan adanya alat ini akan sangat membantu kamu. Hidup berumah tangga tanpa memiliki rice cooker pasti tidak lengkap rasanya.

5. Blender dan Mixer

sumber: shopee.co.id

Bagi kamu yang ingin hidup sehat dan suka minum jus, blender menjadi alat elektronik yang wajib dimiliki. Daripada membeli jus di luar, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Selain itu, blender juga bisa kamu gunakan untuk menghaluskan bumbu masakan. Sedangkan mixer juga sangat membantu ketika membuat adonan, seperti adonan kue, bakwan, dan lain-lain.

6. Mesin Cuci

sumber: shopee.co.id
Pakaian yang kotor setelah dipakai tentu harus dicuci agar bersih kembali dan dapat dipakai lagi di hari selanjutnya. Jika kamu tidak ingin menggunakan jasa laundry, kamu membutuhkan mesin cuci untuk membersihkan semua pakaian kotor. Dengan mesin cuci, pekerjaan mencuci akan sangat mudah dan cepat.

7. Setrika

sumber: sutterstock.com

Jika kamu mencuci pakaian sendiri, selanjutnya kamu membutuhkan setrika untuk merapikan dan melicinkan pakaian kamu. Kamu bisa memilih untuk menyetrika sendiri baju-baju kamu dengan menggunakan setrika gosok biasa ataupun setrikaan modern saat ini yaitu setrika uap yang jauh lebih aman dan lebih cepat menghaluskan pakaian.

8. Vacuum Cleaner

sumber:pixabay.com

Memiliki vacuum cleaner di rumah tentu akan sangat membantu kamu dalam membersihkan rumah dari debu-debu yang tidak terlihat oleh mata. Vacuum cleaner ini juga bisa membersihkan debu-debu yang ada di sudut ruangan yang sulit dibersihkan dengan sapu. Selain itu, dengan alat ini akan mempercepat pembersihan debu dengan sangat mudah.


Dari uraian ini, kita telah mengetahui beberapa alat elektronik yang wajib dimiliki setelah menikah. Oleh karena itu langsung saja membuat rencana anggaran biaya terkait alat-alat tersebut. Dengan menyusun rencana anggaran, kita bisa melihat seberapa besar biaya yang diperlukan untuk membeli alat-alat tersebut dan menentukan prioritas pembeliannya. Semoga bermanfaat. 

Artikel Terkait

Komentar

  1. Setelah menikah, kami tidak memiliki perabot elektronik tapi entah kenapa saat itu kami mendahulukan beli kulkas. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm tepat juga sih kulkas jadi yang pertama karena manfaatnya banyak ya Teh.

      Hapus
  2. Setelah menikah, kami tidak memiliki perabot elektronik tapi entah kenapa saat itu kami mendahulukan beli kulkas. Hehehe

    BalasHapus
  3. Aku baru menikah dapat rice cooker, sama panci, dan gelas, lengkapinya nanti aja adik sambil jalan 😊

    BalasHapus
  4. buat pengantin baru, saran saya beli dulu barangnya sebelum nikah atau minta hadiah barang-barang di atas dari sodara hihihih biar hemat hahaha

    BalasHapus
  5. Dulu sempet dapet kado mesin cuci, setrika, dan rice cooker dari teman-teman kantor lumayan bisa menghemat anggaran beli elektronik yang banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeay anggaran yang ada jadi bisa disalurkan untuk yang lain ya mbak

      Hapus
  6. Alhamdulillah saat menikah kemarin kami sudah punya kecuali vacum cleaner. Sampe sekrang juga belum ada minat buat beli itu, padahal perlu juga ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya biar bikin cepet membersihkan debu ya mbak

      Hapus
  7. Demi apa coba.. pas banget aku baru 2 bulanan menikah mbak. Hehe.. Bener banget sih ini. Tinggal ada 2 alat sih yang belum aku punya, vacum cleaner sama mixer. Oh ya, televisi juga lagi ga ada .. lagi mau upgrade ke yang speknya lebih bagus. Eh jadi curhat.

    BalasHapus
  8. Wah ketahuan nih penulis nya tinggal di jabodetabek karena kalo tinggal di Bandung, ac /kipas angin gak akan masuk daftar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal di Bali juga AC dan Kipas WAJIB punya, hahaha

      Hapus
  9. Aku belum punya blender dan mixer karena memang jarang bebikinan hehe padahal blender perlu juga ya misal mau blender bumbu

    BalasHapus
  10. Aku masih banyak banget kurang kalau misal pindahan ke rumah baru, belum punya mesin cuci setrika, vacuum cleaner, blender, mixer dan TV.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah semoga besok bisa terlengkapi ya kak perabotannya

      Hapus
  11. Selain seterika dan blender yang emang udah ada duluan, aku dulu awal nikah beli mesin cuci dan kulkas duluan. Sebaiknya beli mesin cucinya yang standar biasa aja dua tabung, supaya bisa ngeringin popok baby doank, kalau kulkasnya usahakan minim dua pintu supaya bisa dipakai nyimpen ASIP hehe ancang2 kalau ada baby :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak masukan nya, boleh juga nih soal kulkasnya 👍

      Hapus
  12. Betulll... Barang elektronik diatas penting banget adanya 😄 tapi satu yang belum kesampaian punya, vacum cleaner.. jadi gampang buat bersihin debu2 yang cepet baget numpuk nya 😥

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga dapat rezeki banyak ya kak biar bisa deh dapat vacum cleanernya, aamiin

      Hapus
  13. Perlu semua dong fen. hari gini mulai dari setrikaan baju sampe setrikaan rambut aja kudu punya hahaha

    BalasHapus
  14. Mantap referensinya...
    Aku punya semua kecuali vacum cleaner...
    Dan memang alat2 elektronik ini yg sgt membantu aktifitas rumah tangga

    BalasHapus
  15. Iya bangeeeeeetttt. Boleh juga list ini jadi list kado pernikahan untuk teman ya. Biar nggak seprai sama bedcover melulu.

    BalasHapus
  16. Ini benar semua. Meski bsa diurutkan tingkat keperluannya. Dan yang utama segera temukan calon pengantin prianya. Aamiin buat Mbak Fenni:)

    BalasHapus
  17. Pas setelah nikah sampai sekarang saya enggak punya kipas dan vacuum cleaner. Dulu Bandung masih adem, sekarang lumayan panas juga dan makin padat. Barang yang lain belinya satu-satu. Ada yang dari kado nikahan juga sih.

    BalasHapus
  18. Wow lengkap sekali. Keren-keten juga perabotannya😍

    BalasHapus
  19. Pertama kali mandiri setelah menikah, kami ngekos.
    Untuk barang elektronik belum bisa beli yang banyak.
    Untungnya saya sebelum nikah udah ngekos bertahun-tahun, jadi udah modal kipas angin, Tv belum ada, nontonnya di komputer :D

    Mesin cuci beli setelah nikah 3 tahun, demikian pula blender dan AC hahaha

    BalasHapus
  20. inget banget dulu alat elektronik yang mau dibeli tapi ga jadi karena dapat hadiah adalah setrika.

    BalasHapus
  21. intinya sebelum jadi penganten baru, jangan borooossss, mending nabung, duitnya bisa buat beli peralatan pas udah *omah-omah* sendiri

    BalasHapus
  22. Itu semua alat elektronik yang wajib dimiliki nih. Sebelum maupun sesudah menikah..
    Hehehehe

    BalasHapus
  23. Maaf, menurut saya benda-benda tersebut bukan kebutuhan primer orang yg baru berumah tangga, selain setrikaan. Karena belum tentu kita mampu membelinya, apalagi bagi yang masih mengontrak alias belum punya rumah pribadi. Yg utama itu piring, gelas, sendok dan alat dapur sederhana yang digunakan sehari-hari. hehehe

    BalasHapus
  24. Pas nikah dulu g punya nomor 5 6 8
    Nikahny masih awal 20-an jd y masih serba trbatas mb hehe
    Salut sm yg prepare lebih baik

    BalasHapus
  25. Setrikaan, mesin cuci, kulkas dan kipas angin penting menurut saya hehe.. Trs kipas angin ganti AC. Nyaman deh

    BalasHapus
  26. Jadi inget kado nikahan nih. Kami dapat blender banyak sekali. Akhirnya, kami buat kado untuk pernikahan saudara. Wkwkwk..

    Yaaa dari pada nggak dipakai kan ya..

    BalasHapus
  27. Pas baru nikah kebanyakan perkakas dapat dr hadiah sodara. Mulai dari kulkas hingga penanak nasi.. Jadi tinggal beli beberapa yang dibutuhkan aja. Hemat pokoknya.. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah enak kalau kek gini ya...Jadi tinggal beli yang belum dipunya.Tapi sayang kado tuh sering samaan. Memang sebaiknya sih kado mentahnya saja, biar si pengantin yang belanja :)

      Hapus
  28. Sebagai manusia yang belum menikah, info begini ini bermanfaat sekalii. Jadi tau mana dulu yang harus diprioritaskan hihihi. Terima kasih ❤

    BalasHapus
  29. Benar banget, banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum menikah. Namun, jangan sampai hal itu justru menjadi penghambat untuk menikah, hehehe

    BalasHapus
  30. Waktu jadi pengantin baru, kami tidak punya semua itu. Lah wong tinggalnya di desa yang tidak ada listriknya, gimana dong hahaha

    BalasHapus
  31. kak Fen, noted banget nih buat 8 alat eletronik yg harus dipunyai bagi para newly wed, kebetulan aku masih on the way untuk memiliki vacuum cleaner nih, tapi karena ga ada karpet juga sih di kamar jadi ga terlalu prioritas hihi

    BalasHapus
  32. Nomor 3 dan 6 itu sedang kuidam-idamkan. Makasih, postingan ini menyemangatiku utk giat menabung biar segera punya. Haha

    BalasHapus
  33. Kalau vacum cleaner sepertinya belum terlalu dibutuhkan buatku, tapi suatu saat kalau punya rumah sendiri pasti perlu banget ini.. terimakasih infonya mbak..auto ngelist nih

    BalasHapus

Posting Komentar

Salam SemangatCiee, bertamulah yang santun, sebagaimana kamu datang berkunjung ke rumah sahabatmu🙏

Postingan populer dari blog ini

The Mask Singer Indonesia 27 Desember

Resensi Buku: The Autobiography of Valentino Rossi

Review Wardah C-Defense Sleeping Mask

Juara The Mask Singer Indonesia Season 2

Juara The Cuts Indonesia