Langsung ke konten utama

Kenali Serangan Jantung dan 6 Perbedaan Gejalanya pada Pria dan Wanita

Kenali serangan jantung dan 6 perbedaannya pada pria dan wanita perlu untuk diketahui agar kita dapat senantiasa mencegahnya. Sebab serangan jantung tidak mengenal usia dan latar belakang pendidikan, serta gejalanya pun tidak sama yang terjadi antara pria dan wanita. Dengan mengetahui perbedaannya ini, semoga penyakit maupun gangguan terkait permasalahan jantung dapat lekas ditangani.


Cara mengenali serangan jantung, apa itu serangan jantung, mengapa terjadi serangan jantung, apa gejala serangan jantung, siapa saja yang bisa terkena serangan jantung, usia berapa serangan jantung terjadi, apakah pria mengalami serangan jantung, apakah wanita mengalami serangan jantung, pengobatan serangan jantung, cara pencegahan serangan jantung, cara mengobati serangan jantung, dokter yang menangani serangan jantung, dokter yang menangani penyakit jantung, dokter halodoc serangan jantung, daftar dokter jantung di Jakarta, daftar dokter jantung di Indonesia, daftar dokter jantung di jawa, daftar dokter jantung di bali, makanan pemicu serangan jantung, cara mengunduh aplikasi halodoc, cara berkonsultasi dengan dokter, cara konsultasi di halodoc, dokter jantung terbaik di Jakarta, dokter jantung terbaik di Indonesia, biaya berobat jantung, mengapa jantung berakibat kepada kematian,


Bila menilik bahwa Hari Jantung Sedunia (World Heart Day) diperingati setiap tanggal 26 September, bukan berarti karena sekarang masih di bulan Maret kita lengah untuk mengantisipasi datangnya serangan jantung, sehingga hanya pada saat jelang hari peringatannya saja baru terpikirkan untuk melakukan pencegahan. Pasalnya seperti yang saya kutip dari laman P2PTM Kemenkes, berdasarkan Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) tahun 2018 menyebutkan bahwa penyakit jantung dan pembuluh darah mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya, dimana dari 1000 orang terdapat 15 orang menderita penyakit yang termasuk Penyakit Tidak Menular ini atau sekitar 2.784.064 orang.  


Cara mengenali serangan jantung, apa itu serangan jantung, mengapa terjadi serangan jantung, apa gejala serangan jantung, siapa saja yang bisa terkena serangan jantung, usia berapa serangan jantung terjadi, apakah pria mengalami serangan jantung, apakah wanita mengalami serangan jantung, pengobatan serangan jantung, cara pencegahan serangan jantung, cara mengobati serangan jantung, dokter yang menangani serangan jantung, dokter yang menangani penyakit jantung, dokter halodoc serangan jantung, daftar dokter jantung di Jakarta, daftar dokter jantung di Indonesia, daftar dokter jantung di jawa, daftar dokter jantung di bali, makanan pemicu serangan jantung, cara mengunduh aplikasi halodoc, cara berkonsultasi dengan dokter, cara konsultasi di halodoc, dokter jantung terbaik di Jakarta, dokter jantung terbaik di Indonesia, biaya berobat jantung, mengapa jantung berakibat kepada kematian,


Apa Itu Serangan Jantung?

Jantung kalau diibaratkan sebagai nyawanya kehidupan, karena tandanya makhluk itu hidup dilihat dari jantungnya yang berdetak. Bahkan ketika sekolah kita telah mempelajari bahwa jantung memiliki fungsi untuk memompa darah dan mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Bilamana terjadi gangguan yang terkait dengan jantung maka tidak bisa dianggap remeh, karena pengabaiannya bisa berdampak buruk yang berujung pada kematian.


Serangan jantung merupakan keadaan darurat yang terjadi saat terhambatnya pasokan darah menuju ke jantung. Oleh karena itu perlu mengenali secara jeli gejala serangan jantung. Mungkin tandanya yang khas itu adalah seperti pusing, keringat dingin, nyeri di bagian dada secara mendadak disertai sesak napas. Padahal terdapat perbedaan gejala antara pria dan wanita, yaitu:


Gejala Serangan Jantung Pada Pria: sesak napas, keringat dingin, rasa tidak menyenangkan pada bagian lambung, pusing seperti akan pingsan, detak jantung yang tidak teratur, dan nyeri di bagian dada secara konstan.


Gejala Serangan Jantung Pada Wanita: rasa cemas dan gangguan tidur, kelelahan secara tiba-tiba dan tidak wajar, sesak napas, nyeri pada bagian pundak atau punggung atas, nyeri di bagian rahang, dan nyeri di bagian tengah dada yang menyebar hingga ke lengan.


Cara mengenali serangan jantung, apa itu serangan jantung, mengapa terjadi serangan jantung, apa gejala serangan jantung, siapa saja yang bisa terkena serangan jantung, usia berapa serangan jantung terjadi, apakah pria mengalami serangan jantung, apakah wanita mengalami serangan jantung, pengobatan serangan jantung, cara pencegahan serangan jantung, cara mengobati serangan jantung, dokter yang menangani serangan jantung, dokter yang menangani penyakit jantung, dokter halodoc serangan jantung, daftar dokter jantung di Jakarta, daftar dokter jantung di Indonesia, daftar dokter jantung di jawa, daftar dokter jantung di bali, makanan pemicu serangan jantung, cara mengunduh aplikasi halodoc, cara berkonsultasi dengan dokter, cara konsultasi di halodoc, dokter jantung terbaik di Jakarta, dokter jantung terbaik di Indonesia, biaya berobat jantung, mengapa jantung berakibat kepada kematian,


Gejala sesak napas sama-sama dialami baik pria maupun wanita, tetapi selain itu terdapat perbedaan lainnya dimana pada pria serangan jantung juga dikarenakan plak kolesterol yang terdapat di dalam arteri koroner yang tiba-tiba pecah. Sedangkan pada wanita plak kolesterol tererosi ke bagian dinding pembuluh. Dari 6 perbedaan terjadinya serangan jantung ini setidaknya menjadi masukan untuk kita agar lebih waspada lagi terhadap Penyakit Tidak Menular ini.


[Baca Juga: Dampak Negatif dan Cara Mengatasi Helikopter Parenting]


Mengapa Serangan Jantung Dapat Terjadi? 

Serangan jantung tidak memandang kamu sedang berada di mana, karena usia muda pun juga berisiko mengalami serangan jantung. Perilaku gaya hidup yang kurang sehat, serta adanya riwayat keluarga yang mengalami keluhan tersebut dapat memengaruhinya. Dijelaskan lebih rinci seperti yang saya kutip dari laman Halodoc, bahwa serangan jantung bisa disebabkan karena:


Cara mengenali serangan jantung, apa itu serangan jantung, mengapa terjadi serangan jantung, apa gejala serangan jantung, siapa saja yang bisa terkena serangan jantung, usia berapa serangan jantung terjadi, apakah pria mengalami serangan jantung, apakah wanita mengalami serangan jantung, pengobatan serangan jantung, cara pencegahan serangan jantung, cara mengobati serangan jantung, dokter yang menangani serangan jantung, dokter yang menangani penyakit jantung, dokter halodoc serangan jantung, daftar dokter jantung di Jakarta, daftar dokter jantung di Indonesia, daftar dokter jantung di jawa, daftar dokter jantung di bali, makanan pemicu serangan jantung, cara mengunduh aplikasi halodoc, cara berkonsultasi dengan dokter, cara konsultasi di halodoc, dokter jantung terbaik di Jakarta, dokter jantung terbaik di Indonesia, biaya berobat jantung, mengapa jantung berakibat kepada kematian,


Jarang / Tidak Teratur Berolahraga

Olahraga yang dilakukan teratur dan tubuh dalam kondisi fit, tentunya akan memberikan dampak positif. Hanya saja bila tidak teratur dilakukan atau justru saat kondisi tubuh sedang lelah malah dipaksakan berolahraga, ini akan berdampak kurang baik. Maka dari itu, cukupi kebutuhan berolahraga dengan rutin. 


Sering Mengonsumsi Minuman Beralkohol 

Konsumsi alkohol yang dilarang dan tidak baik untuk kesehatan, memang wajib dihindari. Hal tersebut karena alkohol bisa menjadikan kentalnya aliran darah sehingga kerja jantung menjadi lebih berat. 


Merokok dan Asapnya

Asap rokok yang sangat mengganggu kualitas udara, juga berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh, sehingga menyebabkan tingginya risiko baik perokok aktif maupun perokok pasif. 


[Baca Juga: Stop Rokok! Sayangi Kekasih Anda!]


Stres yang Berkepanjangan 

Dampak stres sangat berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh, salah satunya adalah dapat menimbulkan serangan jantung akibat banyak berpikir, karena terjadinya:

  • Pembekuan darah akibat dari hormon adrenalin dan kortisol yang meningkat.
  • Pembuluh darah menjadi rusak karena meningkatnya hormon sitokin dalam tubuh. 
  • Metabolisme tubuh terganggu karena ketidakseimbangan hormon yang dapat memacu naiknya kolesterol. 
  • Adanya penyumbatan pada pembuluh darah.
  • Tingginya tekanan darah pada tubuh. 


Cara mengenali serangan jantung, apa itu serangan jantung, mengapa terjadi serangan jantung, apa gejala serangan jantung, siapa saja yang bisa terkena serangan jantung, usia berapa serangan jantung terjadi, apakah pria mengalami serangan jantung, apakah wanita mengalami serangan jantung, pengobatan serangan jantung, cara pencegahan serangan jantung, cara mengobati serangan jantung, dokter yang menangani serangan jantung, dokter yang menangani penyakit jantung, dokter halodoc serangan jantung, daftar dokter jantung di Jakarta, daftar dokter jantung di Indonesia, daftar dokter jantung di jawa, daftar dokter jantung di bali, makanan pemicu serangan jantung, cara mengunduh aplikasi halodoc, cara berkonsultasi dengan dokter, cara konsultasi di halodoc, dokter jantung terbaik di Jakarta, dokter jantung terbaik di Indonesia, biaya berobat jantung, mengapa jantung berakibat kepada kematian,


Bagaimana Penanganan Bila Terjadi Serangan Jantung? 

Bagi keluarga terdekat maupun orang-orang di sekitar, perlu memahami bagaimana penanganan yang cepat agar pengidap dapat langsung mendapatkan pertolongan dengan cara: 

  • Membuat posisi pengidap dalam keadaan duduk, lalu longgarkan pakaian pengidap demi sirkulasi darah jantung menjadi lancar. 
  • Lekas hubungi bantuan medis atau bagian UGD pihak rumah sakit, dan jangan tinggalkan pengidap sendirian. 
  • Bila kamu memiliki pengetahuan tentang Resusitasi Jantung Paru (RJP), kamu dapat membantu pengidap sambil menunggu petugas kesehatan datang.
  • Sebaiknya jangan memasukkan obat kecuali obat yang memang diresepkan untuk pengidap serangan jantung. 


Sedangkan cara bagi pengidap serangan jantung, perlu juga untuk mengetahui teknik penanganannya, yaitu: 

  • Upayakan agar tidak panik dan tidak berbaring, tetapi duduk secara bersandar dengan nyaman. 
  • Bila ingin minum air, maka lakukan secukupnya, agar napas tidak semakin sesak. 
  • Jika serangan jantung terjadi saat kamu sedang mengendarai kendaraan, hendaklah untuk menepi sejenak, kemudian tenangkan pikiran. Tarik napas dengan baik, agar oksigen dapat mudah masuk ke paru-paru. 
  • Apabila keadaan semakin memburuk, cepat hubungi ambulas di nomor 118 atau 119. Namun jika keadaan berangsur-angsur membaik, tetap berusaha untuk tenang dan mengatur napas. Duduk senyamannya sampai kondisi benar-benar stabil. Ketenangan diperlukan saat terjadinya keadaan darurat, serta perlunya wawasan dan informasi akurat bisa didapatkan melalui aplikasi Halodoc. 


[Baca Juga: Ada Psikiater dan Psikolog di Aplikasi Halodoc]


Halodoc sebagai platform kesehatan terkemuka, memiliki dokter-dokter yang ahli di bidangnya sehingga kita yang ingin menggali pengetahuan mendalam terkait serangan jantung atau gangguan kesehatan lainnya dapat mudah terhubung kapan dan di mana saja melalui fitur Contact Doctor, kemudian tinggal pilih ingin berkomunikasi dengan voice call atau chat. Jadi pastikan bahwa aplikasi Halodoc sudah terpasang ponsel kamu ya. 


Cara mengenali serangan jantung, apa itu serangan jantung, mengapa terjadi serangan jantung, apa gejala serangan jantung, siapa saja yang bisa terkena serangan jantung, usia berapa serangan jantung terjadi, apakah pria mengalami serangan jantung, apakah wanita mengalami serangan jantung, pengobatan serangan jantung, cara pencegahan serangan jantung, cara mengobati serangan jantung, dokter yang menangani serangan jantung, dokter yang menangani penyakit jantung, dokter halodoc serangan jantung, daftar dokter jantung di Jakarta, daftar dokter jantung di Indonesia, daftar dokter jantung di jawa, daftar dokter jantung di bali, makanan pemicu serangan jantung, cara mengunduh aplikasi halodoc, cara berkonsultasi dengan dokter, cara konsultasi di halodoc, dokter jantung terbaik di Jakarta, dokter jantung terbaik di Indonesia, biaya berobat jantung, mengapa jantung berakibat kepada kematian,


Upaya Pencegahan Penyakit Jantung 

Meski telah diterangkan bahwa terdapat gejala dan penyebab bagaimana serangan jantung bisa datang, tidak perlu merasa cemas. Kita masih bisa mengupayakan agar dapat dicegah sebagaimana yang dianjurkan oleh Yayasan Jantung Indonesia melalui slogan SEHAT, yaitu: 

S : Seimbangkan gizi makanan seperti kebutuhan sayur dan buah-buahan. 

E : Enyahkan kebiasaan merokok dan asap rokok. 

H : Hadapi dan hindari stres, dengan tenangkan pikiran dan jiwa, misalnya melakukan kegiatan yang membuat hati bahagia, dan berdzikir. 

A : Atasi dan awasi tekanan darah tinggi dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah secara berkala. 

T : Teratur berolahraga misalnya diatur 20 hingga 30 menit perhari. Jadi jangan mendadak tiba-tiba rajin olahraga hingga berjam-jam. Serta pastikan kondisi tubuh saat berolahraga tidak dalam keadaan lelah.


Cara mengenali serangan jantung, apa itu serangan jantung, mengapa terjadi serangan jantung, apa gejala serangan jantung, siapa saja yang bisa terkena serangan jantung, usia berapa serangan jantung terjadi, apakah pria mengalami serangan jantung, apakah wanita mengalami serangan jantung, pengobatan serangan jantung, cara pencegahan serangan jantung, cara mengobati serangan jantung, dokter yang menangani serangan jantung, dokter yang menangani penyakit jantung, dokter halodoc serangan jantung, daftar dokter jantung di Jakarta, daftar dokter jantung di Indonesia, daftar dokter jantung di jawa, daftar dokter jantung di bali, makanan pemicu serangan jantung, cara mengunduh aplikasi halodoc, cara berkonsultasi dengan dokter, cara konsultasi di halodoc, dokter jantung terbaik di Jakarta, dokter jantung terbaik di Indonesia, biaya berobat jantung, mengapa jantung berakibat kepada kematian,


Datangnya penyakit memang tidak ada yang mengundang, tetapi kitanya yang membuka pintu dan jendela sehingga membiarkannya masuk begitu saja seperti hembusan angin. Maka pencegahan harus dilakukan sebisa mungkin, agar tidak ada keluhan yang dialami di kemudian hari. 


Komentar

nurul rahma mengatakan…
Iya bener banget nih, sekarang usia muda juga banyak yg kena serangan jantung
tetanggaku umur blm ada 40 thn kapan hari berpulang setenah kena ini :(
Edukasi seputar serangan jantung ini harus lebih digencarkan ya Mba
lithaetr mengatakan…
Salah satu penyakit yang berbahaya dan wajib untuk diperhatikan, pencegahannya. Sebab, tidak ada jalan lain memang selain hidup sehat. Terima kasih tipsnya mbak, khususnya rutin olahraga, ini yang harus menjadi kebiasaan positif saat ini.
Andiyani Achmad mengatakan…
informasi yang penting banget buat seluruh masyarakat agar makin paham lagi tentang serangan jantung. Supaya bisa mencegah ya
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
wah ini nih, kudu banget ngejaga, kesehatan adalah mutlak saat ini, penyakit degeneratif ngga cuman orang tua aja sih bisa kena
Maria G Soemitro mengatakan…
hihihi beberapa hari lalu dada saya sakit, sampai ketakutan kena serangan jantung
karena alm ibu saya mengidap sakit jantung

Alhamdulilah kata dokter saya sehat, hanya asam lambung
Jadi tetap harus jaga kesehatan sih :D
Triani Retno A mengatakan…
Minuman beralkohol udah terbukti berbahaya banget buat kesehatan.
Btw, ternyata beda ya tanda-tanda serangan jantung pada laki-laki dan perempuan? Bukannya sama aja?
Dee_Arif mengatakan…
Ah iya, penyakit jantung memang harus diwaspadai ya mbak
Pola hidup sehat jadi kunci terbaik mencegah penyakit ini
Annie Nugraha mengatakan…
Melihat berbagai informasi banyak publik figure dan teman-teman yang mendadak wafat karena serangan jantung, mendadak saya juga terhenyak dengan kenyataan bahwa life style dan stress ternyata banyak sekali berhubungan dengan penyakit ini. Selain penyakit diabetes yang juga banyak sekali pengidapnya.

Kita juga kadang-kadang kurang tanggap dengan diri sendiri ya. Suka menggampangkan beberapa gejala yang timbul pada tubuh dan malas untuk general check-up bahkan pergi ke dokter. Semoga artikel ini bisa menyadarkan para pembaca tentang pentingnya menjaga kesehatan jantung. Mencegah memang jauh lebih baik ketimbang harus mengobati.
HendraDigital mengatakan…
Itu data dari riset tahun 2018 aja udah sekitar 2 jutaan orang. Apa kabarnya tahun 2021 ini.

Wah ternyata gejala antara cowok dan cewek itu berbeda ya, baru tempe sayanya..

Ternyata stress bisa berakibat fatal kalau dibiarkan saja ya...

Penting banget ya bergerak cepat menghubungi medis untuk orang yang menderita serangan jantung.

Makasih info bermanfaatnya Mba
t h y a mengatakan…
serem mba kalo ada serangan jantung. semoga kita semua selalu diberi kesehatan ya.. Amiiinn..
ginanelwan mengatakan…
harus diwaspadai nih, salah satunya dengan berolahraga dan menjaga makanan, jauhkan makanan yang mengandung byk lemak
chairina bawazir mengatakan…
Aku nih masih kurang banget olahraga nya. Was-was juga kan kalau sampe kena serangan jantung.
donasaurus mengatakan…
Infonya bermanfaat banget,biar kita waspada terhadap serangan jantung
Han mengatakan…
Ini yang katanya pembunuh paling ngga terduga ya mba. Karena kadang awalnya nggatau kalau ada penyakit jantung.
Tips untuk menghindarinya ituu jadi catatan banget buatku yg selama ini gampang2in inii
diane mengatakan…
Mengenali gejala emang penting banget biar bisa mrnangani dengan benar..Apalagi serangan jantung..duh serem.
Rizkhaandhini mengatakan…
Aq sering nih ngerasa nyeri dipunggung & dada, cuma ga berani buat periksa ke dokter krn takut
unggulcenter mengatakan…
rutin olahraga ya kuncinya, jangan males2an biar jantung sehat. sip sip.. ini mau coba tiap sore jalan kaki aja sekitar 6000 langkah. Berupaya utk jalan-jalan hirup udara segar.
Susi Susindra mengatakan…
Gaya hidup dan stress bisa bikin kita kena serangan jantung. Huhuhu. Benar sekali. Saya beberapa kali merasakan bagian dada kiri atas nyeri sampai tembus ke punggung. Penyebabnya karena terlalu lama duduk mengerjakan sesuatu sampai lupa makan, minum, dsb selama 20-21 jam per hari selama beberapa waktu. Setelahnya kapok dan ga mau jadi crafter lagi. Hihihi
Marfa Umi mengatakan…
Stres juga bisa jadi pemicunya ya, bener niiih jangan dipendem atau ditimbun kalau stres krn bisa ngaruh ke kesehatan mental dan fisik. Jadi kudu imbang ya kesehatan fisik dan mental regulasinya. Apalagi kondisi di saat ini, ga mandang usia juga karena gaya hidup sangat mempemgruhi

semoga kita dijauhkan dari penyakit jantung ya mba, dengan mengetahui gejalanya jadi lebih bisa waspada kl ada gejala yg muncul.
Rudi G. Aswan mengatakan…
Serangan jantung memang sangat berbahaya ya Kak, bisa mengancam siapa saja karena sifatnya yang kalem alias silent killer. Kadang tanpa gejala atau gara-gara ga dirasakan penderitanya. Kurang olahraga dan stres ternyata bisa memicu ya, makasih banget nih dikasih bocoran buat jaga kesehatan.
Bambang Irwanto mengatakan…
Saya suka sekali kalimat endingnya, Mbak. penyakit itu tak diundang, tapi kalau kita membukakan pintu, maka dia bisa saja masuk. Misalnya saya kalap makan makanan pedas, akhirnya sakit perut. Apalagi ini jantung memang sangat vital dan penting dalam tubuh kita. Makanya harus selalu menjaga kesehatan dan melakukan pecegahannya ya, Mbak.
Shyntako mengatakan…
Penting banget nih info tentang pertolongan pertama pada serangan jantung yaa. Jadi bisa at least membantu meredakan sejenak sambil menunggu pertolongan medis datang
Marita Ningtyas mengatakan…
Ternyata laki2 dan perempuan memiliki gejala yang berbeda ya.. harus aware ya sama gejala ini biar nggak kecolongan. Bahkan orang yang nampaknya sehat aja.. bisa kena serangan jantung. Bener2 harus perhatikan pola hidup ya.
nia nurdiansyah mengatakan…
Makasih Mbaa infonya baru tau kalau ternyata gejala antara perempuan dan laki-laki berbeda ya, diawali dengan adanya kesulitan tidur juga ya kalau untuk perempuan
Nyi Penengah mengatakan…
Aku masih kurang dalam berolahraga Kak hehehe
masih sering malas, tapi gerak terus kok kalo di dalam rumah dari pagi sampai sore pekerjaan rumah yang full nggak beres-beres
Narasi Nia mengatakan…
Gejala serangan jantung paling signifikan ya ditandai dengan debaran jantung tidak normal. Biasanya bikin penderita sampai sisah tidur dan sulit bernapas. Menurut pengalaman orang terdekat sih gitu
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
sekarang beneran serem kalau ngeliatin berita, yang doyan olahraga aja bisa kena kan ya. emang kudu ngejaga kesehatan dan rajin kontrol kesehatan biar ketahuan mana yang sakit dan ngga serta apa yang harus diperbaiki
Rhoshandhayani KT mengatakan…
ooh ternyata ada bedanya ya serangan jantung untuk pria dan wanita
wuah berarti gak bisa disamaratakan ya
dan pastinya jadi lebih aware nih kita
makasih udah share infonya mbak
Indri mengatakan…
Ternyata prosesnya berbeda y berdasarkan jenis kelaminnya, saya jadi dapat ilmu baru nih tentang penyakit jantung dari tulisan ini
Fionaz mengatakan…
Selain menjaga pola makan juga gaya hidup sehat dan yang terpenting check up berkala kondisi tubuh. Soalnya yang keliatan sehat aja bisa tiba2 meninggal kena serangan jantung kan ya.
Akarui Cha mengatakan…
Ternyata serangan jantung pada pria dan wanita sangat berbeda. Taunya selama ini ya hanya sakit di dada saja. Taunya, jika dialami wanita, sakitnya bisa sampai ke punggung pula.
Marita Ningtyas mengatakan…
Pantesan aku kalau lagi stress, kaya ada nyeri gitu di dada. Memang pikiran itu harus relax dan nggak boleh spaneng ya, karena efeknya bisa sampai ke kesehatan tubuh.
K. Niken mengatakan…
Aku jadi ingat dengan cerita dari suami, tentang Om nya yang terkena serangan jantung. Dan seketika nggak bisa tertolong.
Kini aku selalu wanti-wanti dengan suami agar rajin olahraga ringan, nggak bisa yang berat karna doi punya sakit asma juga.
khairiah mengatakan…
ngeri neh serangan jantung..banyak banget sekarang kasusnya sebaiknya memang mencegah dan konsultasi sama dokter juga penting banget untung sekarang ada halo dok konsultasi dokter bisa kapan saja dan dimana saja
Nurul Fitri Fatkhani mengatakan…
Saya baru tau, ternyata gejala serangan jantung pada pria dan wanita itu berbeda ya, Mbak. Saya kira sama aja.
Benar Mbak, untuk mencegah penyakit jantung ini kita harus menjaga pola hidup sehat.
Yurmawita mengatakan…
Mesti banyak pengetahuan begini mengenai serangan jantung karena datangnya tiba tiba dan darurat.
Zee Vorte mengatakan…
intinya sayangi jantung dengan olahraga kurangi konsumsi rokok atau alkohol karena sangat berbahaya banget
Lasmicika mengatakan…
Aku lagi seneng jalan pagi ini belakangan, 30 menit cukup lah buat latihan jantung, kebetulan jalanan kampung naik turun.
Dee_Arif mengatakan…
ah iya ya mbak, serangan jantung ini berbahaya fan patut diwaspadai
baru tahu klo ternyata berbeda ya antara perempuan dan laki laki
Jasmi Bakri mengatakan…
Penyakit kardiovaskular gini emang mengkhawatirkan sih ya. Dari muda sebaiknya emang dijaga kesehatan jantungnya.. Pria wanita sama aja, sama-sama bisa terkena serangan jantung. Yuk atur pola hidup sehat yuk.
Ursula Meta Rosarini mengatakan…
Aku langsung parno kalau dgr ada sodara gitu sakit jantung, kayaknya udah gawat banget kalau punya penyakit ini, apalagi kalau ditambah penyakit2 lainnya, haduhh, meresahkan.

Pentingnya jaga kesehatan dan kelola stress ya beb, semoga kita dijauhkan dari penyakit ini, amin
Resi Prasasti mengatakan…
Makasi banyak ka informasinya. Aku semalem aja ngerasain nyeri dan takut banget kalo terjadi serangan jantung. mari saling mengingatkan ya ka
Muna Fitria Hidayat mengatakan…
Nah ini yang harus diwaspadai oleh kaum rebahan. Tidak/kurang berolahraga bisa memicu serangan jantung.
Mbul Kecil mengatakan…
lengkappppp kapp kappp...seperti biasa penjelasannya fenny mantul sebagai bentuk edukasi terhadap penyakit yang sampai saat ini masih menjadi momok sejuta umat, jantung.karena jantung kadang ga mengenal usoa...main babat aja jika life style kita ga mencerminkan pola hidup sehat ya kemungkinan besar kena.

memghindari rokok, gizi seimbang, dan olahraga teratur...mudah mudahan bisa kukerjakan dengan mengucap SMangaaaad!!!
Hadi mengatakan…
Mengelola stres agar tidak berkepanjangan memang perlu ya untuk menghindari berbagai resiko yang ada. Belum lama ini tetanggaku juga meninggal karena serangan jantung. Semoga kita semua diberikan kesehatan.