Trik Mencegah dan Menangani Jerawat karena Masker Wajah

Trik Mencegah dan Menangani Jerawat karena Masker Wajah, Cara Mencegah dan Menangani Jerawat karena Masker Wajah, Trik Mencegah Jerawat karena Masker Wajah, Cara Menangani Jerawat karena Masker Wajah, Cara mengobati Jerawat karena Masker Wajah, Trik mengobati Jerawat karena Masker Wajah, Tips mengobati Jerawat karena Masker Wajah, Cara mengobati Jerawat karena Masker Wajah tanpa keluar uang, Cara mengobati Jerawat karena Masker Wajah yang murah, Cara mengobati Jerawat karena Masker Wajah di dokter kulit terdekat, daftar dokter kulit terdekat, alamat tugas dr. Sonia Hanifati SpDV, jam tugas dokter Sonia Hanifati, medsos dokter Sonia Hanifati, alamat praktek dokter Sonia Hanifati, daftar dokter kulit terdekat di bekasi, dokter kulit terdekat di Jakarta pusat, dokter kulit terdekat di jabodetabek, dokter kulit terdekat di bogor, dokter kulit terdekat di Jakarta selatan, cara pengobatan jerawat tanpa keluar biaya,


Trik mencegah dan menangani jerawat karena masker penutup wajah, sengaja saya ulas disebabkan pernah mengalaminya. Tidak hanya mengganggu penampilan saja karena di bagian wajah timbul si merah jerawat tetapi juga jadi membuat galau karena belum paham ini sebenarnya kenapa. Pasalnya saat itu saya merasa tidak ada yang salah dengan skin care yang acap kali saya gunakan. Namun terpikirkan kepada masker wajah, bukan masker buat skin care ya tapi yang separuh wajah buat menutupi kalau kitanya mau ke luar atau bepergian. 



Wajib Menggunakan Masker Wajah Saat Bepergian

Maklum saja di pandemi ini, penggunaan masker wajah menjadi suatu keharusan sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyebaran virus covid-19, selain mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Kasus yang terkonfirmasi di Negara kita sudah mencapai 1,2 juta lebih per tanggal 15 Februari 2021, bisa dikatakan sekitar ± 6.765 untuk kasus per hariannya. Oleh karena itu masker wajah menjadi teman sehari-hari yang wajib digunakan. 


Trik Mencegah dan Menangani Jerawat karena Masker Wajah, Cara Mencegah dan Menangani Jerawat karena Masker Wajah, Trik Mencegah Jerawat karena Masker Wajah, Cara Menangani Jerawat karena Masker Wajah, Cara mengobati Jerawat karena Masker Wajah, Trik mengobati Jerawat karena Masker Wajah, Tips mengobati Jerawat karena Masker Wajah, Cara mengobati Jerawat karena Masker Wajah tanpa keluar uang, Cara mengobati Jerawat karena Masker Wajah yang murah, Cara mengobati Jerawat karena Masker Wajah di dokter kulit terdekat, daftar dokter kulit terdekat, alamat tugas dr. Sonia Hanifati SpDV, jam tugas dokter Sonia Hanifati, medsos dokter Sonia Hanifati, alamat praktek dokter Sonia Hanifati, daftar dokter kulit terdekat di bekasi, dokter kulit terdekat di Jakarta pusat, dokter kulit terdekat di jabodetabek, dokter kulit terdekat di bogor, dokter kulit terdekat di Jakarta selatan, cara pengobatan jerawat tanpa keluar biaya,


Dampak penggunaan masker penutup wajah memang bermakna agar kita terhindar dari virus maupun kuman serta debu yang berterbangan. Akan tetapi meninggalkan keluhan juga misalnya iritasi kulit, alergi, bahkan jerawat. Kemunculan jerawat pasca menggunakan masker wajah, ternyata bukan saya saja yang pernah mengalaminya, mungkin juga kamu mengalami keluhan tersebut atau kerap dinamakan Mask-Ne (Mask Acne). 


[Baca Juga: Cara Cepat Menghilangkan Jerawat]


Penyebab Hadirnya Jerawat di Kulit Wajah

Tak ada asap, tanpa hadirnya api. Begitu juga dengan datangnya jerawat tentu karena ada alasan. Dari sinilah kita dapat menelusuri, apa saja yang menjadi penyebab datangnya jerawat, sebagaimana presentasi yang disampaikan oleh dr. Sonia Hanifati SpDV, yaitu: 


  • Kelebihan sebum atau minyak di kulit wajah. Ini ada pengaruhnya juga yang disebabkan dari faktor makanan, dan hormon.  
  • Gangguan pada sel kulit (keratinosit), dimana pengelupasan kulit yang melambat, dan adanya sumbatan pori. 
  • Munculnya bakteri yang tumbuh di kulit wajah (Cutibacterium acnes). 
  • Inflamasi atau peradangan yang terjadi di kulit wajah. 

Trik Mencegah dan Menangani Jerawat karena Masker Wajah, Cara Mencegah dan Menangani Jerawat karena Masker Wajah, Trik Mencegah Jerawat karena Masker Wajah, Cara Menangani Jerawat karena Masker Wajah, Cara mengobati Jerawat karena Masker Wajah, Trik mengobati Jerawat karena Masker Wajah, Tips mengobati Jerawat karena Masker Wajah, Cara mengobati Jerawat karena Masker Wajah tanpa keluar uang, Cara mengobati Jerawat karena Masker Wajah yang murah, Cara mengobati Jerawat karena Masker Wajah di dokter kulit terdekat, daftar dokter kulit terdekat, alamat tugas dr. Sonia Hanifati SpDV, jam tugas dokter Sonia Hanifati, medsos dokter Sonia Hanifati, alamat praktek dokter Sonia Hanifati, daftar dokter kulit terdekat di bekasi, dokter kulit terdekat di Jakarta pusat, dokter kulit terdekat di jabodetabek, dokter kulit terdekat di bogor, dokter kulit terdekat di Jakarta selatan, cara pengobatan jerawat tanpa keluar biaya,


Pasca menggunakan masker penutup wajah, yang saya rasakan adalah muncul kemerahan dan si jerawat. Tak tinggal diam, penelusuran saya lakukan runut, mulai dari kebiasaan makanan apa saja yang saya konsumsi, skin care rutin yang saya gunakan, hingga mengarah ke masker wajah-lah yang menjadi titik utama penyebabnya dengan alasan dulu sebelum terjadinya pandemi, saya juga menggunakan masker wajah kalau bepergian, hanya saja tidak memiliki efek berjerawat. Sedangkan kondisi saat ini, masker wajah akan terus digunakan ketika saya bukan berada di rumah. Selain itu juga, karena melihat timbulnya jerawat di bagian yang tertutup masker, sehingga bisa saya simpulkan adanya gesekan antara kulit sekitar wajah bagian pipi dan leher atas sehingga menimbulkan peradangan.


Trik Mencegah dan Menangani Jerawat karena Masker Wajah, Cara Mencegah dan Menangani Jerawat karena Masker Wajah, Trik Mencegah Jerawat karena Masker Wajah, Cara Menangani Jerawat karena Masker Wajah, Cara mengobati Jerawat karena Masker Wajah, Trik mengobati Jerawat karena Masker Wajah, Tips mengobati Jerawat karena Masker Wajah, Cara mengobati Jerawat karena Masker Wajah tanpa keluar uang, Cara mengobati Jerawat karena Masker Wajah yang murah, Cara mengobati Jerawat karena Masker Wajah di dokter kulit terdekat, daftar dokter kulit terdekat, alamat tugas dr. Sonia Hanifati SpDV, jam tugas dokter Sonia Hanifati, medsos dokter Sonia Hanifati, alamat praktek dokter Sonia Hanifati, daftar dokter kulit terdekat di bekasi, dokter kulit terdekat di Jakarta pusat, dokter kulit terdekat di jabodetabek, dokter kulit terdekat di bogor, dokter kulit terdekat di Jakarta selatan, cara pengobatan jerawat tanpa keluar biaya,


Trik Cegah dan Tangani Jerawat karena Masker Wajah (MaskNe) 

Lelah melihat jerawat yang belum kunjung tuntas di bagian sekitar pipi kanan dan kiri, eh malah dia pernah hadir juga di bagian leher atas, saya sempat menggunakan es batu untuk meredakannya. Namun belum sesuai ekspektasi. Penanganan cepat saya lakukan, agar jerawat di kulit wajah lekas menghilang dengan trik yang mudah untuk dilakukan seperti: 


  1. Pastikan lebih dulu apa sih yang menyebabkan si MaskNe (bukan mas-nya ya, haha lain lagi itu eh 😂) ini bisa hadir di kulit wajahmu, supaya penangannya bisa tepat dilakukan. Misalnya ternyata ada karena makanan atau alergi sesuatu, maka perlu juga untuk dihindari agar tidak menambah peradangan di kulit.
  2. Rutin mengganti sarung bantal secara berkala, sebab bantal menjadi sahabat lekat dengan kita ketika tidur. Otomatis kebersihannya sangat perlu diperhatikan. Serta sebelum tidur atau berbaring, hendaknya untuk menepuk-nepuk bantal lebih dulu agar tidak ada debu yang menempel. 
  3. Cukupi kebutuhan minum air putih, dan asupan buah-buahan, vitamin, maupun sayuran agar kulit wajah terhidrasi dari dalam tubuh.
  4. Bila hendak ke luar rumah, sebelum memakai masker wajah gunakan lebih dahulu pelembab lalu lanjutkan menggunakan sunscreen ke wajah dan bagian leher. Kemudian tunggu sekitar 30 menit hingga meresap ke dalam kulit. 
  5. Jika bepergian cukup lama usahakan mengganti masker wajah dengan cadangan dan tidak lupa untuk mengaplikasikan kembali langkah pada nomor 4. 
  6. Usai menggunakan masker wajah, tidak hanya maskernya saja yang langsung di cuci, bagian wajah dan leher kita pun juga perlu dibersihkan menggunakan pembersih wajah yang biasa digunakan. 



[Baca Juga: Tidak Hanya Indonesia, 5 Negara Gratiskan Vaksin Covid-19]


Ini Saatnya Kamu ke Dokter Spesialis Kulit Terdekat 

Alhamdulillah melalui 6 trik di atas cocok untuk saya terapkan. Namun untuk kamu yang telah melakukannya tetapi belum ada perubahan, lebih baik kamu berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terdekat seperti dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yaitu dr. Sonia Hanifati SpDV. Beliau yang saat ini menjadi Co-Founder dari The GoodChem , bisa kepoin akun instagramnya @thegoodchem juga. Aktif pula berpraktik di RS. Budi Kemuliaan, Dermatoven Clinic, dan Bamed Skincare. Sebab dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat dapat cepat membantu mengatasi keluhan tersebut dengan: 

  • Meresepkan obat untuk dioles maupun untuk diminum sesuai tingkat keparahan akne.  
  • Ekstraksi komedo yaitu teknik mengeluarkan kotoran yang berada di dalam pori-pori wajah yang disebabkan keringat, make-up, dan sebum.
  • Chemical peeling yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati di bagian kulit wajah hingga ke lapisan paling dalam sehingga kulit lebih halus, cerah dan terawatt.
  • Bila bekas jerawat kamu menggelap, maka dapat diatasi dengan Laser NdYAG. Sedangkan untuk bekas jerawat yang telah membopeng dapat dilakukan dengan Laser CO2. 


[baca juga: Perhatikan 5 Hal Penting Ini Sebelum Bersepeda]

Trik Mencegah dan Menangani Jerawat karena Masker Wajah, Cara Mencegah dan Menangani Jerawat karena Masker Wajah, Trik Mencegah Jerawat karena Masker Wajah, Cara Menangani Jerawat karena Masker Wajah, Cara mengobati Jerawat karena Masker Wajah, Trik mengobati Jerawat karena Masker Wajah, Tips mengobati Jerawat karena Masker Wajah, Cara mengobati Jerawat karena Masker Wajah tanpa keluar uang, Cara mengobati Jerawat karena Masker Wajah yang murah, Cara mengobati Jerawat karena Masker Wajah di dokter kulit terdekat, daftar dokter kulit terdekat, alamat tugas dr. Sonia Hanifati SpDV, jam tugas dokter Sonia Hanifati, medsos dokter Sonia Hanifati, alamat praktek dokter Sonia Hanifati, daftar dokter kulit terdekat di bekasi, dokter kulit terdekat di Jakarta pusat, dokter kulit terdekat di jabodetabek, dokter kulit terdekat di bogor, dokter kulit terdekat di Jakarta selatan, cara pengobatan jerawat tanpa keluar biaya,


Penggunaan masker wajah saat ini memang tidak mungkin dielakkan, demi memutus penyebaran virus covid-19 yang belum berakhir. Walau begitu kehadiran jerawat di bagian yang tertutup masker dapat dicegah dan ditangani dengan cepat. Jangan sungkan juga untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat, terlebih ketika kulit tubuh semakin meradang tak kunjung sembuh. Sebab adakalanya dibutuhkan tindakan medis untuk meredakan gangguan yang terjadi pada anggota badan kita. Semoga trik mencegah dan menangani jerawat karena masker wajah ini bermanfaat, and always stay safe gaess.

Komentar

Fionaz mengatakan…
Perawatan kulit terutama wajah memang gampang2 susah ya mbak, soalnya gak semua skincare cocok untuk kulit kita. Makanya harus diperhatikan banget ya
Ariefpokto mengatakan…
ini masalah Saya banget sekarang. jerawat karena masker, karena ya harus pakai masker kemana-mana. Ga nyangka aja jadi jerawatan karena masker, mesti segera ditanggulangi nih
nurul rahma mengatakan…
nah iya bener banget iniii
kapan hari tuh muncul jerawat segede bagong di pipi kiriku
kupikir2 kenapa yaaa
o iya, gegara masker nih
Nurul Sufitri mengatakan…
Nah, ini masalah buatku juga hihihi gegara sering pakai masker eksim di sekitar dagu dan mulut berkeliaran lagi. Menurut dokter kulitku, ya memang ada efek jika area kulit wajah tertutup masker, tapi bisa diatasi kok. Yang penting rajin memebersihkan wajah dan merawatnya :) Ada sih krim khusus yang dioleskan seminggu 2-3 kali dan alhamdulillaah mulai berkurang jerawatnya.
Maria G Soemitro mengatakan…
Kebersihan jadi salah satu faktor penentu ya?
Saya pernah baca salah satu solusi adalah setiap hari mencuci sarung
Maria G Soemitro mengatakan…
Kebersihan jadi kunci ya?
Saya pernah baca, salah satu kiat pengidap jerawat parah adalah setiap hari mengganti sarung bantal
Bayu Fitri mengatakan…
Nah bener mbak gegara haruss bermasker ria kulit sekitar wajah jadi bruntusan kering dan berjerawat hmmm harus diperhatikan nih saran dari tulisan artikel ini
Aisyah Dian mengatakan…
Awalnya saya kurang tahu kalau masker ini penyebab jerawat kak, apalagi seharian dirumah, otomatis seharian pula makai masker...

Trims tips ya kak, membantu banget buat saya belajar mengurangi jerawat karena masker
Jalan-Jalan KeNai mengatakan…
Saya termasuk yang jarang banget pakai masker karena memang jarang keluar rumah. Tetapi, pernah mengalami juga jerawatan di area wajah yang pakai masker. Jadi harus tau juga nih cara merawatnya
Mporatne mengatakan…
Timbul jerawat karena masker karena malas. Yap itulah yang bikin kita segan apalagi cape habis dari luar rumah.
Bambang Irwanto mengatakan…
Sebelum pandemi, saya dulu tak pernah pakai masker saat keluar rumah, Mbak. termasuk pas di Jakarta yang udaranya kurang bersahabat. Tapi sejak pandemi wajib, dan saya sukanya masker kain. Alhamdulillah tak ada masalah. Jadi memang ya, perlu memilih bahan yang pas, karena mungkin saja ada bahan masker yang kurang bersahabat bagi kulit sensitif. Pastinya, menjaga kerbersihan.
Maria G Soemitro mengatakan…
terkadang nggak cukup hidup bersih dan disiplin minum air putih ya?
Keponakan saya tetep aja berjerawat
Untung ilmu semakin maju dan dokter spesialis kulit selalu punya solusi
Annie Nugraha mengatakan…
Ini terjadi nih dengan putri saya. Setelah ditelusuri adalah masalah penggunaan masker sekali pakai yang jadi penyebabnya. Karena ternyata kulit wajahnya sensitif dengan beberapa jenis materi yang digunakan oleh masker jenis itu. Akhirnya sekarang menggunakan masker kain aja.
Ophi Ziadah mengatakan…
aku juga didatengi Maskne nih mba... lumayan stress juga deh karena kebutuhan untuk pakai masker kan ga bisa dihindari saat ini. ya udah deh aku mau coba tips nya mba feni. siapa tahu berkurang yaa dan cocok
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
membayangkan banyak jerawat yang meradang di wajah bisa diselesaikan dengan masker. Pasti sangat memudahkan dan menghemat waktu tanpa repot mengoles satu persatu
Rella Sha mengatakan…
Waaoo... kebetulan aku ngga ada masalah kulit dengan masker, ya alhamdulillah sih.. .belang juga enggak. Tapi temen2 emang pernah ada yg cerita soal jerawat masker ini, bisa aku kasih tau ke mereka.
admin/ hani mengatakan…

Wah iya nih. Anakku juga bermasalah kulit wajahnya sejak pakai masker covid. Namanya lucu, tapi ngeselin...Mask-Ne. Harus ganti masker dan yakin banget bersih.
Makasih sharingnya Mbak...
Triani Retno A mengatakan…
Dibandingkan risiko sakit karena virus covid, jerawatan mah jadi kelihatan sepele ya :) Apalagi kalau tahu tips buat mengatasi si jerawat ini.
Rudi G. Aswan mengatakan…
Alhamdulillah sampai sekarang masih sehat, muka ga ikut berjerawat, Mbak. Memang yang paling sering terlupa ya bawa masker cadanga padahal itu penting banget buat menjaga kesehatan muka ya. Coba ah tar pakai pelembab, boleh juga kiatnya. Trima kasih.
Dee_Arif mengatakan…
Wah iya sih kafanya pakai masker bisa menyebabkan jerawat ya mbak
aku sih nggak, mungkin karena rajin bersih in muka
mungkin gitu ya mbak, harus rajin bersihin muka biar nggak jerawatan
sama pakai pelembab juga
Maria Tanjung Sari mengatakan…
Kalau saya pake masker itu suka engep sendiri. Padahal sebelum corona saya suka banget pake masker kalau naik motor. Trims mba fenni tipsnya berguna banget
Alya mengatakan…
Saya agak jarang sih kalau pake masker di luar rumah, untung wajah saya gak kenapa-napa. Paling kalau muncul jerawatnya cuman beberapa hari aja sih atau kalau lagi sedang menstruasi
Eri Udiyawati mengatakan…
Dari dulu jerawat itu musuh saya. Karena mungkin faktor kelebihan minyak pada wajah saya. Juga karena faktor paradangan pada kulit atau bakteri, karena sering berinteraksi dengan yang kotor. Apalagi sekarang, di jalanan isinya polusi semua. 😔
tantiamelia.com mengatakan…
Bicara jerawat dan kebersihan kulit muka ini ga ada habisnya loh mbak
anakku 3 orang pada rajin jerawatan deh, udah pake dokter dan ini itu nyerah
sembunya samaaaa bedak talk!
Raja Lubis mengatakan…
Info yang menarik, thanks ya. Saya nggak pernah jerawatan tapi pas sering pakai masker sering banget timbul merah - merah gitu
Lidya Fitrian mengatakan…
iya nih banyak keluhan kulit berjerawat karena sering maskeran, berarti harus diperbaiki cara pakai dan setelahnya ya mbak. Alhamdulillah aku juga gak ada masalah karena masker, biasanya aku lgs mandi atau cuci muka kalau dari luar rumah
ginanelwan mengatakan…
saya tuh pernah alami kondisi pake masker trs jerawatan, malah pernah lecet disela-sela daun telinga. Hiks, tapi mau gak mau hrs pke kan
Wiwied Widya mengatakan…
Untungnya aku nyaris nggak keluar rumah sih, jadi jarang pakai masker. Kalaupun keluar pakai masker juga pasti bawa dua sampai 3 cadangan. alau nggak gitu ya masker dilapis tissue. Jadi keringet dikit ganti.
Zee Vorte mengatakan…
Pernah di ajarin oleh doiku katanya gak boleh pake masker wajah kelamaan takutnya jerawat
Dee_Arif mengatakan…
sebenarnya klo fajin menjaga kebersihan masker dgn sering ganti dan selalu membersihkan muka, jerawat nggak akan muncul ya mbak
Nickn - Kal mengatakan…
Membawa masker cadangan ternyata penting banget ya kak. Aku suka kelupaan deh. Padahal pernah juga pergi nginep tapi bawa masker cuma yang dipakai aja. Hikss... Next bawa ganti deh.
gemaulani mengatakan…
Ealah aku ngakak bagian pastikan karena pakai masker penyebabnya bukan karena mas nya hahaha. Wah makasih tipsnya kakak, baru sadar, kayaknya aku jerawatan di dagu efek pake masker pas keluar rumah. Terus suka lupa ganti sarung bantal hehehe
Yopi Saputra mengatakan…
Benar banget kak Fenni ini masalahku juga. Harus sering-sering ganti masker sih aku, minimal 3 jam sekali untuk masker medis maupun masker kain. Kalau dari aku palingan cucinya pakai sabun cair untuk tubuh sih tidak pakai detergen,
Shyntako mengatakan…
triknya, no touchy-touchy, alias dilarang sering-sering pegang area wajah dan begitu pulang wajib langsung cuci muka
Anggapann mengatakan…
fyuh akhirnya ada yang nulis tentang ini.. jujur pernah bebberapa kali ngalamin jerawatan karena terus2an pake masker.
Saya juga akhirnya pilah pilih masker supaya jerawat ga menyerang karena sakit banget rasanya kalau jerawat
Riska Ngilan mengatakan…
Saya pernah kena jerawat di bagian dagu mba karena lupa mencuci masker kain saya yang sudah dipakai lama. Padahal kan pemakaian masker ini ada batasan waktunya ya, duh saya merasa bersalah kalau begini.
Siska Dwyta mengatakan…
Ternyata penggunaan masker juga bisa memicu timbulnya jerawat ya. Jadi emang perlu diperhatikan banget nih langkah2 yang tepat sebelum menggunakan masker biar bisa terhindar dari efeknya itu
Shady Jasmin mengatakan…
Bener banget, kalau ga sering-sering diganti, pemakaian masker bisa menimbulkan jerawat. Makanya aku rutin ganti tiap 2-3 jam dan wajib ganti juga setelah makan.
Widy Darma mengatakan…
Alhamdulillah aku belum mengalami maskne. Yang aku lakukan cuma tetap telaten basic skincare aja.
Bella Zhee mengatakan…
Aq benci pake masker karena jerawat yang selalu di timbulkan oleh pemakaiannya.
Ima Rochmawati mengatakan…
Buat yang kulit sensitif kaya saya, memang repot banget. Tapi dengan mengikuti step-step yang benar dan rutin dirawat, insyaAllah kulit muka lebih bersih dan sehat.
Kiky | riskysupriati.com mengatakan…
Kebetulan banget aku juga jerawatan. Tapi apa mungkin penyebabnya masker atau mungkin stress. Masih menjadi misteri hiksss. Belum aku apa-apain soalnya masih pengangguran hiks, moga ntar bisa skinkeran lagi soon setelah dapat kerjaan yg bagus. Trims mba Fenni triknya <3
Ning! mengatakan…
Nah, aku juga suka lupa nih bawa cadangan masker kalau bepergian. Jadi direminder karen baca ini. Thanks for sharing.
Sagita nur pratiwi mengatakan…
Saya banget nih, jerawatan pasca pakai masker. Huhu, ternyata keringetan terus kepapar matahari jadinya mulai bermunculan kecil2, penting banget buat menjaga kesehatan kulit supaya ga jerawatan
Fida mengatakan…
Aku lagi jerawatan juga nih. tapi kayaknya bukan karna masker kalo aku. Soalnya mobilitasku nggak tinggi.. lebih sering di rumah.
Sepertinya karena Hormon dan sarung bantal ya
Kartika Nugmalia mengatakan…
Aku banget nih. Masker aku bikin ada kaya bintil bintil gatal. emang sih kurang banget minum air putih yang cukup. Abis ini ikutin tips kak Fenni deh
Ria Andika mengatakan…
Kunculnya jerawat di kulit wajah tuh jadi kondisi yg bikin gak nyaman bgt pastinya, aku kalo udah ada jerawat satu aja pasti langsung ku treat biar cepet ilang
chainhere mengatakan…
Semenjak pake masker ini jd salah satu masalah saya di muka ohh jerewii ampuun deh.
Thanks for sharing ya
Aku kadang jerawatan di dagu. Memang harus sering ganti masker. Selalu bawa masker cadangan di tas. Sama tisu juga
Aminnatul Widyana mengatakan…
memang ya terkadang akan muncul jerawat di daerah daerah yang kulitnya kotor seperti di daerah wajah yang sering berkeringat dan tertutup sama masker.
Nurul Sufitri mengatakan…
AKu ada bekas jerawat 3 biji nih merah2 gitu tapi di bawah permukaan kulit. Bingung udah 4 bulan kok ga hilang2 padahal sudah diberi krim oleh dokter. Sudah lama juga sih ga konsultasi lagi karena ga keluar rumah hihihi. Stres memang salah satu penyebabnya, kata dokter.
Rach Alida Bahaweres mengatakan…
Aku awalnya nggak jerawatan mba. Tapi pakai masker awal awal ya muncul tuh jerawatnya. Jadi sedih kan. Makasih tipsnya mba
Rani mengatakan…
masalah hampir setiap orang saat ini ya. kalau pakai masker seharian ada aja 1 jerawat yg muncul. padahal udah pakai skincare lengkap, tetap aja huhu
Andiyani Achmad mengatakan…
wah aku merasakan sekali jerawatan timbul meradang sejak cukup lama menggunakan masker wajah
Suzannita mengatakan…
Acne mask memang jadi permasalahan yang sekarang memakai masker setiap saat, jadi mesti rajin juga membersihkan muka
Renayku mengatakan…
Wah iya nih maskne masih jadi problem ku. Awal2 pandemi muka parah jerawatan, cuma skrg udah mendingan, alhamdulillah. Cara2 yg dirimu tulis udah aku terapkan soalnya hehe
Intan Daswan mengatakan…
Aku termasuk yang memiliki kulit sensitif, Mbak. Makanya untuk menyiasatinya, ya sering ganti masker plus rajin cuci muka juga.
Herva Yulyanti mengatakan…
awal pake masker aku pun jerawatan mba sampe dagu dan pipi huhuhu akhirnya emang iya kudu rajin bersihin muka mba
Ria Kurniasih mengatakan…
Aku termasuk orang yang jarang pake masker wajah mbak, pernah beberapa kali aku pake dan malah jadi jerawatan. Mungkin ini salah penggunaannya ya. baca tulisan diatas aku jadi tau ternyata aku ada beberapa point yang aku salah caranya
Yanti Alif mengatakan…
Nah jerawat adalah salah satu masalah kalau pas pakai masker untuk jngka waktu yg lama biasanya kulit wajah jadi gatal trus ujung2nya jerawat kita harus lebih rajin lagi buat bersihin mukanyaa krna pakai masker saat pandemi adalah keharusan
Wiwin Pratiwanggini mengatakan…
Selama pandemi ini saya memilih mengenakan masker dari kain. Alhamdulillah tidak mengalami masalah dengan kulit wajah. Bagi yang kulit wajahnya sensitif memang harus hati-hati dalam memilih bahan masker. Alih-alih mengikuti prokes, ehhh malah kena masalah kulit wajah :D
Arda Sitepu mengatakan…
Selama pandemi memang kudu rajin membersihkan dan merawat wajah mbak apalagi sekarang seharian pakai masker buat wajah mudah berjerawat.
Irra Octaviany mengatakan…
sering pakai masker berdampak akan timbulnya masalah baru yaitu maskne. caranya memang harus lebih rajin lagi bersihin wajahnya supaya terhindar dari maskne.
Nia K. Haryanto mengatakan…
Wah, noted banget nih tipsnya. Aku nih, jadi punya jerawat nih gegara pake masker. Penyebabnya bisa jadi yang Fenni tulisin.
Nabilla DP mengatakan…
iya nih aku termasuk korban maskne. mana kulit wajahku tuh kan berminyak banget jadi kalau kotor atau dehidrasi,mudah jerawatan
Jerawat itu memang menganggu banget ya, apalagi setiap.hari kita pakai masker ya. Aku noted banget nih tipsnya.