Tips Meningkatkan Produktivitas Saat Puasa

Tips meningkatkan produktivitas saat puasa, cara meningkatkan produktivitas saat puasa, bagaimana cara meningkatkan produktivitas saat puasa, uraikan cara meningkatkan produktivitas saat puasa, jelaskan cara meningkatkan produktivitas saat puasa, apa saja cara meningkatkan produktivitas saat puasa,


Tips meningkatkan produktivitas saat puasa ini bagus untuk kita terapkan. Jangan jadikan alasan karena puasa, sehingga malas untuk melakukan kegiatan. Walau memang adakalanya terasa lemas, lapar, dan haus, tetapi harus dikerahkan perasaan #SemangatCiee agar tubuh dan pikiran tetap segar. Sebagaimana diterangkan dalam KBBI, produktivitas adalah kemampuan untuk meghasilkan sesuatu.  


Kita dapat menghasilkan sesuatu, dengan berkarya baik dalam hal pekerjaan, tulisan, kesenian, dan dalam bidang apapun. Oleh karenanya, produktivitas tidak boleh berhenti, karena untuk meningkatkannya kamu dapat melakukan tips ringan berikut ini:  


Tips meningkatkan produktivitas saat puasa, cara meningkatkan produktivitas saat puasa, bagaimana cara meningkatkan produktivitas saat puasa, uraikan cara meningkatkan produktivitas saat puasa, jelaskan cara meningkatkan produktivitas saat puasa, apa saja cara meningkatkan produktivitas saat puasa,


Sebelum, Saat, dan Pasca Sahur

Sebelum sahur kamu dapat melakukan olahraga ringan, sehingga rasa kantuk tidak membekas. Nah saat sahur konsumsilah makanan sahur secukupnya, dan lengkapi dengan asupan buah dan sayur serta kecukupan air putih. Lalu mulailah beraktivitas setelah sahur, misalnya membaca al-Quran, menyiapkan untuk berangkat kerja / sekolah, mandi pagi, dan sebagainya. 



Siapkan List yang Ingin Dikerjakan di Kantor/Sekolah

Setibanya di kantor/sekolah kamu bisa mengerjakan hal-hal yang telah kamu catatkan tersebut. Beri tanda ceklist atau lambang bintang pada pengerjaan yang dilakukan, agar saat kamu melihat to-do-list yang ada tandanya makin bersemangat untuk menuntaskannya.



Diam Sejenak

Saat terasa jenuh pada pekerjaan yang kamu lakukan, maka diamlah sejenak. Fokus dan pikirkan hal-hal yang dapat meningkatkan suasana hati kamu menjadi lebih baik. Bila sudah merasa membaik, kembali kerjakan tugas yang ditinggalkan tersebut. 


Tips meningkatkan produktivitas saat puasa, cara meningkatkan produktivitas saat puasa, bagaimana cara meningkatkan produktivitas saat puasa, uraikan cara meningkatkan produktivitas saat puasa, jelaskan cara meningkatkan produktivitas saat puasa, apa saja cara meningkatkan produktivitas saat puasa,


Komunikasi Tetap Berlangsung

Meski sedang berpuasa komunikasi jangan terhenti. Untuk kamu yang bekerja di kantor, bisa melihat ke arah teman yang membutuhkan bantuan pekerjaan misalnya, atau bertanya kepada bos yang mungkin ada pekerjaan yang ingin cepat diselesaikan. Dengan begitu otak dan tubuh tetap beraktivitas. 


Bulatkan Tekad karena Ibadah

Maksimalkan kembali dengan membulatkan tekad bahwa aktivitas positif yang dilakukan di Ramadhan sebagai ibadah. Hal ini bisa sebagai modal pada 11 bulan berikutnya agar terus meniatkan apa yang dikerjakan secara baik sebagai ibadah. 


Atur Waktu Tidur dengan Baik 

Waktu tidur saat bulan Ramadhan memungkinkan terganggu dari bulan biasanya, karena kita harus bangun lebih awal untuk sahur dan menyiapkan waktu untuk berbuka puasa. Kamu bisa memanfaatkan alarm di ponsel untuk mengatur waktu kamu. Maka lebih baik untuk tidur lebih awal juga dari biasanya dengan tetap mengaturnya bisa mencapai 6 hingga 8 jam. Hal ini bisa diterapkan, karena jam kantor saat puasa biasanya akan memberlakukan jam pulang lebih cepat. Selain itu usahakan untuk tidak begadang agar kesehatan kamu tetap terjaga. 


Semoga cara meningkatkan produktivitas saat puasa ini dapat bermanfaat untuk kamu. Yuk tetap #SemangatCiee, jangan sia-siakan bulan Ramadhan ini, karena dalam hitungan hari dia akan berlalu meninggalkan kita. 

Artikel Terkait

Komentar

  1. Bermanfaat banget nih tips2nya, nggak cuma buat pas bulan Ramadhan, tp pas puasa2 sunnah jg bisa, karena kecenderungannya kalo puasa kan lemes dan pengennya rebahan mulu, hehehe

    BalasHapus
  2. Bulan puasa bukan halangan lagi ya mba buat nggak produktif. Beruntungnya puasa kemarin aku umayan produktif walau lebih banyak di dapur alisa masak dan buat kue :D

    BalasHapus
  3. Blum ada 2pekan tpi dah rindu Ramadhan lagi, jujur lebib produktif pas Ramadhan klo aju mba

    BalasHapus
  4. Meskipun Ramadan udah lewat, pas baca tulisan ini jadi kangen Ramadan lagi, hehhee karena setiap aktivitas positif dinilainya Ibadah..

    BalasHapus
  5. aku tuh merasa puasa di bulan Ramadan tahun ini terasa sangat mudah, dan cepat, meski tetap sih banyak tantangannya

    BalasHapus
  6. Ahey, seneng banget nih sama kakak yang selalu aktif dan energic kasih motivasi untuk selalu produktif, karena tulisan yang seperti ini kadang dibutuhkan bagi orang orang yang lagi dalam tahap demotivasi hehe.. sehat selalu kakak

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah selama puasa kemarin aku masih produktif walau pun semua ku kerjakan di rumah, pokoknya gimana caranya gak boleh mager kalau aku.

    BalasHapus
  8. Bener bgt.puasa bukan alasan bermalas2an.klo
    kmrn ramadhan udah dilewati,skrg tinggal puasa syawal.semoga bisa juga heehhe..

    BalasHapus
  9. Jujur selama puasa aku malas banget olahraga. Haha. Tapi aku kangen Ramadhan deh, entah kenapa kalau puasa rasanya hidup lebih berkualitas.

    BalasHapus
  10. Kangen suasana puasa seperti ini. Mpo suka tidur pas subuh. Mata ngantuk berat walaupun kata kesehatan itu tidak bagus

    BalasHapus
  11. Selama puasa kemarin saya engga pernah olahraga, Mba. Cuman jalan kaki aja palingan, sore-sore sambil ngabuburit. Setuju banget untuk meluruskan niat buat ibadah, bikin Kita makin produktif pastinya

    BalasHapus
  12. Sejatinya puasa itu tidak untuk bermalas-malasan, malahan untuk meningkatkan produktivitas. Entah itu produktivitas duniawi atau pun akhirat, dalam hal ini ibadah wajib dan sunnahnya.

    BalasHapus
  13. Puasa ataupun nggak puasa tetep aja aku tuh mager untuk olga alias olah raga. Waduh aku jangan ditiru yaaa. Untungnya masih tetep produktif dalam aktivitas. Masih ngeblog, nulis juga nyiapkan makanan u.sahur & berbuka.

    BalasHapus
  14. saya selalu maksain menulis setiap bulan puasa

    karena challenging banget, harus memeras otak di saat perut kosong dan merasa haus ^^

    BalasHapus
  15. Nah, ini bisa banget kita terapkan nih.
    Kalo pas puasa sunnah juga jangan malas2an
    karena ada kiat makin produktif, yeayyy!!

    BalasHapus
  16. Puasa emang ada kalanya lemes. Kdng jg kek linglung bingung mau ngerjain apaan dulu.
    Udah bener banget tu bikin list aja dulu mulai ngerjainnya dr penting ke gak penting ya hehe

    BalasHapus
  17. sayur sama buah emang ampuh banget untuk meningkatkan produktivitas karena membuat tubuh jadi bugar dan gak gampang capek...

    BalasHapus
  18. majtap tipsnya kak fenni
    puasa bukan berarti males malesan ta, harus tetap produktif

    BalasHapus
  19. Wah udah puasa syawal belum ya kak, hehe, aku juga mau ngelunasi hutang tidka puasa kemarin karena sedang sakit. Ya mau ningkatin produktivitas juga karena berbeda pastinya mengkodo puasa ramadhan di hari-hari seperti biasanya.

    BalasHapus
  20. Iya, puasa bukan alasan untuk produktivitas menurun. Jadi memang harus ada triknya ya mbak, seperti yang diuraikan dalam tulisan ini. Supaya walau asupan yang masuk ke dalam tubuh berkurang, bukan menjadi halangan untuk tetap produktif

    BalasHapus
  21. Puasa ini kalau diturutkan memang bikin males ngapa-ngapain ya mbak. Enaknya tiduuur saja terus bangun-bangun pas menjelang berbuka hehehe

    BalasHapus
  22. Nah, yang paling aku suka biar prodduktif ya ini mba, bikin list atau jurnaling di pagi hari. nah, dengan begitu kita bisa tahu apa aja target yang harus dilakukan di hari itu. Semangaaattt

    BalasHapus
  23. Perlunya bikin semacam list supaya apa yg mau dikerjain lebih tersusun, tapi meskipun sdh bikin list kadang masih sering ada yg sempat buat dikerjain

    BalasHapus
  24. Mengatur waktu tidur ini yang sungguh sangat sulit bagi saya. Kurang tidur saat malam hari tapi siang hari giliran mau tidur malah ga bisa tidur juga.

    BalasHapus
  25. Kok jadi mupeng untuk kembali k bulan Ramadan lagi.
    super duper seruuuu!
    semoga ALLAH mudahkan agar kita kembali bersua dgn Ramadan thn depan, dan terapkan tips produktif ini

    BalasHapus
  26. Kalau bulan puasa sy tetap olahraga, tapi makannya kadang suka khilaf😁 - nurS

    BalasHapus
  27. Keren itu bulatkan tekad karena ibadah. Memang saat jenuh paling baik itu rileks sejenak dan ingat kembali bahwa semua dilakukan untuk beribadah. InsyaAllah semangat lagi dan semakin produktif.

    BalasHapus
  28. Duh puasaan kemarin kayaknya aku ga olahraga sama sekali, hiks. Nyentil banget dehh. Bawaannya emang gitu kali yak, males olahraganya

    BalasHapus
  29. atur waktu tidur diawal ramadhan masih susah mba, tapi karena coba terus akhirnya bisa atur waktu tidur yang baik agar ibadah dan kerja bisa gak terganggu selama ramdhan ....

    BalasHapus
  30. Puasa kemarin malah aku merasa lebih produktif dari hari2 biasa. Biasanya nggak olahraga, pas puasa malah rajin olahraga. Eh, begitu lebaran, kok bubar jalan semuanya, wkwk. Kudu memperbaiki niat lagi nih.

    BalasHapus
  31. Betul banget nei tetap harus produktif walaupun lagi puasa.. tubuh harus tetap diajak produktif agar tetap sehat..

    BalasHapus
  32. Jadi kangen suasana lebaran nih, mudah2an sehat walafiat dan berjumpa di ramadhan tahun berikutnya

    BalasHapus
  33. Rata-rata kebiasaan yang dilakukan habis sahur itu nunggu datang shalat subuh trus tidur lagi mbak, jadinya malah badan enggak seger dan mudah haus lantaran refluks akibat naiknya asam lambung

    BalasHapus
  34. Masya Allah, salut saya dengan mbak fenni karna bisa olah raga dulu sebelum sahur. Saya kayaknya belum bisa mbaak. Olah raga aja masih mood mood an. Apalagi olah raga sebelum sahur hehehe...

    BalasHapus

Posting Komentar

Salam SemangatCiee, bertamulah yang santun dengan tidak menyelipkan link apapun karena pasti saya hapus🙏

Postingan populer dari blog ini

Review Wardah C-Defense Sleeping Mask

Review Wardah Lightening Micellar Gentle Wash

Review Wardah Lightening Day Niacinamide (Kemasan Baru)

Resensi Buku: The Autobiography of Valentino Rossi

The Mask Singer Indonesia 27 Desember

Perbedaan Wardah Lightening Loose Powder dan Everyday Luminous Face Powder

Review Wardah Hydra Rose Gel to Foam Cleanser