Ini Resep Makanan Andalan Saat Ramadan

Resep makanan andalan saat Ramadan, Sayur Manis TBT, cara membuat Resep makanan andalan saat Ramadan, pengganti tauco adalah, pengganti kecap adalah, beda tauco dengan kecap adalah, perbedaan antara tauco dan kecap, apa saja resep makanan andalan saat Ramadan, daftar Resep makanan andalan saat Ramadan,


Ini resep makanan andalan saat Ramadan yang mudah dan cepat untuk kamu terapkan. Pasalnya saya juga terkadang menggunakan resep makanan andalan ini juga, agar lebih nyaman, santai, dan dapat mengerjakan tugas lainnya. Jadi kan nggak melulu bolak-balik dapur gaess. Apalagi untuk kita yang WFO atau WFH. Maklum ada deadline kejar tayang yang menunggu, hehe. 


Resep ini sebenarnya berawal terkait dengan tauco. Kamu pasti kenal kan dengan bahan makanan yang terbuat dari kacang ini, berwarna cokelat, sedikit berair, dan memiliki aroma yang khas. Kalau membelinya di pasar atau supermarket biasanya sudah tersedia dalam bentuk kemasan. Nah karena pernah pengalaman lupa membeli tauco, jadilah disiasati dengan hal lain sebagai penggantinya, tetapi rasa dan bentuknya seperti tauco. Ciee makin penasaran sama makanan andalan saat Ramadan ini, hehe. 


Resep makanan andalan saat Ramadan ini, saya beri nama, Sayur Manis TBT. Eh ini bukan TBT Crunchy ya, lain lagi loh, hihi. Jadi sayur ini bernama, Sayur Manis Tahu Buncis Tempe. Berikut untuk teknik memasaknya: 


Resep makanan andalan saat Ramadan, Sayur Manis TBT, cara membuat Resep makanan andalan saat Ramadan, pengganti tauco adalah, pengganti kecap adalah, beda tauco dengan kecap adalah, perbedaan antara tauco dan kecap, apa saja resep makanan andalan saat Ramadan, daftar Resep makanan andalan saat Ramadan,


Bahan-bahan yang dipersiapkan: 

  • Tahu 1 plastik (bisa tahu kuning/putih) : harga mulai Rp 7000-8000
  • Tempe ½ papan : harga Rp 5000 
  • Buncis 2 kantong : harga Rp 10.000 (@ Rp 5000) 
  • Santan (1 kelapa): harga Rp 8000  10.000 
  • Ikan teri 1 ons : harga mulai Rp 15.000 


Resep makanan andalan saat Ramadan, Sayur Manis TBT, cara membuat Resep makanan andalan saat Ramadan, pengganti tauco adalah, pengganti kecap adalah, beda tauco dengan kecap adalah, perbedaan antara tauco dan kecap, apa saja resep makanan andalan saat Ramadan, daftar Resep makanan andalan saat Ramadan,


Bumbu-bumbu untuk menumis: 

  • 5 Cabai hijau (bila ingin lebih pedas bisa ditambahkan rawit)
  • 3 siung bawang putih 
  • 5 siung bawang merah 
  • Jahe dan Lengkuas digeprek 
  • Daun salam 
  • Daun jeruk 
  • Kecap manis


Resep makanan andalan saat Ramadan, Sayur Manis TBT, cara membuat Resep makanan andalan saat Ramadan, pengganti tauco adalah, pengganti kecap adalah, beda tauco dengan kecap adalah, perbedaan antara tauco dan kecap, apa saja resep makanan andalan saat Ramadan, daftar Resep makanan andalan saat Ramadan,

Cara membuat: 

  • Iris halus/kasar cabai hijau, bawang putih, dan bawang merah. Lalu tumis bersama bumbu lainnya hingga wangi dan kekuningan. 
  • Masukkan santan, tiga sendok kecap manis, dan ikan teri. Tunggu hingga mendidih. 
  • Selanjutnya masukkan Buncis, Tempe dan Tahu masak hingga matang.  
  • Santap selagi hangat.


Oh iya lupa menerangkan yang tadi pengganti tauco, ada yang tahu tidak itu apa, hihi.. Ya si kecap itulah saya gunakan untuk mengganti tauco. Sebab tauco dibuat dan kecap sama-sama dibuat dari kacang kedelai. Bedanya, bila tauco kacang kedelainya masih terasa dan biasanya berwarna cokelat. Sedangkan kecap sudah dalam bentuk liquid, dan berwarna kehitaman. Jadi kuncinya saat memasukkan kecap di resep makanan andalan saat Ramadan Sayur Manis TBT ini, bisa disesuaikan warna yang kamu inginkan agar mirip dengan tauco hehe.


Nah resep makanan andalan saat Ramadan ini dapat kamu sajikan juga untuk menu makanan sehari-hari, dengan jumlah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya ingin ditambahkan atau dikurangi jumlah buncis maupun tahu bisa dilakukan dengan mudah. Selamat mencobanya mantemans.

Komentar

Yanti Alif mengatakan…
Aku juga suka tumis buncis tapi bahannya gk selengkap resep mba fenni nih..bsok mau coba ah bkin menu ala resep mb fenni
Jeanette Agatha mengatakan…
bahannya sederhana dan cara pembuatannya juga ga terlalu sulit ya, mom. Mau aku cobain ahh pasti anak2 suka sama sayur TBT ini
Nathalia Diana Pitaloka mengatakan…
Wuih pakai cabai dan teri ya, mantap banget nih pasti rasanya... Kapan-kapan coba bikin ah...
April Hamsa mengatakan…
Jarang mengolah tauco sih hehe tapi makasih lho saran dan resepnya.
Kalau keluarga kami seringnya sedia telur, jd andalan kalau males masak banget hehe :D
Li Partic mengatakan…
Andalan banget kalo bahannya itu mbak. Btw TBT itu apa? Tahu buncis tempe? 😁
Marantina mengatakan…
Hemat banget yah.. bisa dipraktekkan untuk menu sehari-hari juga nih resepnya
Kalau ada foto sayurnya pasti lebih maknyus lagi nih bikin ngiler, tapi ini boleh juga nih dijadikan alternatif masak di rumah ya kak.
Tian Lustiana mengatakan…
Saya biasanya masak tempe sama buncis aja, ga pernah pakai tahu. jadi penasaran pakai tahu pastinya tambah enak yah.
Indri mengatakan…
Noted kak Fen, resepnya boleh juga nih dicoba, kali aja ya yang dirumah jadi suka TBT
Fairy Books mengatakan…
Jadi teringat kalau bulan Ramadhan paling suka sama masakan mertua, pecel sayur yang selalu menggugah selera. Btw resepnya boleh jg nih dipraktekin mski udh gk ramadhan lgi. (Ainhy)
Ade UFi mengatakan…
kalau saya bilang tauco beda sama kecap. Kecap itu manis, kalau tauco agak asam dan gurih. Dulu saya ga suka tauco karena rasanya seperti makanan basi. Tapi pas dicampur dengan tauge goreng di bogor, saya langsung suka.. xixi..
Antung apriana mengatakan…
mbak nggak ada foto masakannyakah ini? ku jadi penasaran sama penampakan makanannya. hehe
Kata siapa bahan sederhana hasilnya biasa aja. Walaupun liat bahannya begini aja tapi udah kebayang pasti nikmat banget dimakan anget-anget pake nasi putih.
Yettie herawati mengatakan…
Wah aku juga suka bikin, cuma bedanya gak pakai kecap atau tauco..
Tapi lain kali boleh lah di coba hehehe...
Irra Octaviany mengatakan…
Penasaran sama hasil akhirnya gimana sayur manis TBT ini, soalnya gak ada gambarnya ya.. Cuma kebayang sih kayaknya enak.
Dee_Arif mengatakan…
ini resep yang simple tapi rasanya enak ya mbak
aku pun sering buat ini
anak anakku juga suka
Artha Amalia mengatakan…
sayang gak ada foto jadinya... jadi gak ada bayangan hasilnya gimana. saya seringnya buncis sm tahu tempe itu dioseng2 aja
Irhayati harun mengatakan…
Asyik nemu resep tauco yg enak dan gampang. Kapan2 bisa dipraktekkin nih. Eh tauco ternyata bisa digantiin ama kecap ternyata karena sama2 dari kedelai yah. Baru tahu
Natrarahmani mengatakan…
Huoo kayaknya bisa dijadikan menu baru biarpun sudah lewat ramadan ya mbak feni.
Silvie Permatasari mengatakan…
Makasih kak resepnya bisa dicoba dirumah nih. Gampang lagi ya bikinnya
lendyagasshi mengatakan…
Jadi ingat ibuku yang suka sekali masak menggunakan bumbu tauco. Dan selalu bisa dipastikan ada bumbu tersebut di kulkas Ibu.
Tahu buncis tauco ini lezat dan simple sepertinya yaa...
Rani mengatakan…
ngebayanginnya aja enak nih, catet dulu ah resepnya, eksekusi besok-besok
Nurhilmiyah mengatakan…
Mba Fen... saya bolak balik manjat nyariin foto jadinya si sayur manis Tahu Buncis Tempe atau TBT ini, hihi... tp udah bisa dibayangin kok, saya juga bikin sayur mirip2 spt ni, buncisnya diganti sama sawi putih, hmm enak juga