Pahami Cara Menghilangkan Kerak Karbon pada Mobil

(Otomotif) - Pahami cara menghilangkan kerak karbon pada ruang bakar kendaraan, khususnya mobil menjadi langkah agar performa mobil tetap terjaga. Jangan sampai karena masalah tersebut, malah dapat menghambat kegiatan yang harus kamu lakukan dengan kendaraan pribadi mu itu.  

Ketika berkendara kamu tentunya merasakan ketenangan bukan hanya karena suara kendaraan tidak bising, serta bagian interior mobil yang asik dan bersih, melainkan juga pada bagian dalam mesin kendaraan yang apik dirawat. Sebab dampaknya berimbas pada kenyamanan berkendara. 

Ciri ruang bakar mobil kotor, Penyebab ruang bakar mesin cepat menumpuk karbon, Apa akibatnya bila ruang bakar banyak arang atau kotor, carbon cleaner mobil terbaik,  Cara Menghilangkan Kerak Karbon Mobil,  Mengapa Timbul Kerak Karbon pada mobil? , Langkah Menghilangkan Kerak Karbon Mobil, carbon cleaner mobil, gurah mesin mobil terdekat, harga gurah mesin mobil, efek ruang bakar mobil kotor, pembersih kerak karbon, pembersih kerak karbon di ruang bakar mobil, harga pembersih ruang bakar mobil, trik bersihkan kerak karbon mobil tanpa turun mesin, cara mudah membersihkan kerak mesin mobil, cara menggunakan carbon cleaner pada mobil, kerak karbon pada ruang bakar penyebab dan akibatnya,

Bila diibaratkan, mungkin sama sebagaimana halnya menjaga wajah kita untuk tetap cerah dan terawat. Tentunya tidak mau wajah kita ada komedo, kusam, kerutan, bintik atau flek hitam. Oleh karenanya perlu untuk melakukan perawatan secara rutin menggunakan pembersih yang cocok digunakan. 

Sebelum memulai perawatan pada wajah untuk menghilangkan flek hitam misalnya, pastinya kamu sudah tahu bagaimana kondisi kulit apakah itu kulit berminyak, kulit sensitif, kulit kering, maupun kulit normal. Maka seperti itu juga dalam membersihkan kerak karbon pada mobil, ada baiknya untuk memahami lebih dulu bagaimana langkah-langkahnya. 


Mengapa Timbul Kerak Karbon pada Mobil?  

Pada bagian mesin mobil perlunya perawatan yang tepat, terutama bagian ruang bakar (combustion chamber).  Pada bagian ini memungkinkan sebagian bensin, maupun oli masuk ke ruang bahan bakar. Di sisi lain pasokan udara  di ruang bakar saat mobil dijalankan minim atau kurang. Hal tersebut  menjadikan sisa bahan bakar mengkristal membentuk lapisan kerak di ruang bakar.

Penyebab ruang bakar mesin mobil cepat menumpuk karbon dapat dikarenakan: bahan bakar yang digunakan tidak sesuai dengan oktan yang disarankan, pengaturan pengapian yang kurang/tidak cocok, dan tidak menservis kendaraan secara berkala. Selain itu, bunyi khas ketika menginjak pedal gas dapat diketahui adanya penumpukan karbon di dalam ruang pembakaran.

Lantas apa akibatnya bila ruang bakar banyak arang atau kotor? Kerak karbon yang menempel dan menumpuk pada mesin kendaraan dapat berakibat mesin ngelitik atau knocking sehingga sulit untuk berakselerasi, dan komponen pada mesin mobil dapat mudah rusak yang tentunya kamu harus siap-siap mengeluarkan dana yang tidak sedikit.


Pilih Carbon Cleaner Mobil Terbaik

Upaya menghilangkan kerak karbon pada kendaraan menjadi solusinya dengan cara menggunakan carbon cleaner atau kerap disebut dengan gurah mesin mobil. Di sini kamu dapat memilih carbon cleaner mobil terbaik seperti yang dihadirkan dari Seva.id.  

Seva merupakan marketplace andal yang mengkhususkan pada pelayanan pembelian baru dan bekas, tukar tambah kendaraan, jual mobil, jasa keuangan, properti, asuransi,  booking services, dan pembelian spare part. Berada di bawah naungan PT Astra Digital Internasional, Seva.id dapat membantu kamu untuk  menjaga kondisi mobil agar tetap baik dengan perawatan secara berkala melalui booking servis. 

Layanan booking servis Seva.id sudah tersedia di seluruh Indonesia, sehingga kamu tak perlu risau untuk merawat mesin kendaraan, karena dapat menemukan gurah mesin mobil terdekat. Dengan carbon cleaner mobil terbaik, maka perawatan kendaraan pribadimu bisa disesuaikan kebutuhan. 


Langsung cek secara berkala ya mesin mobilmu mungkin saja sudah banyak tumpukan kerak karbon pada ruang bakar kendaraan. Langkah cepat untuk mengantisipasi mesin kendaraan agar tetap sesuai harapan. Tentunya ingin dong kendaraan pribadi kamu berumur panjang karena performa yang mumpuni. Nah jaga kesehatan tubuh, juga kesehatan mobilmu dengan rutin servis kendaraan mu secara berkala ya. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Komentar

Fifi SHN mengatakan…

Gimana klo keraknya udah menumpuk ya kak? Perlu perlakuan yang lebih intens lagi tuh kayaknya.
Bisa lah ya pake jasa servis seva.id ini.
Tulisan kakak sangat membantu kak. Salam kenal dan salam sehat ya kak 🧡
Fifi SHN mengatakan…

Gimana klo keraknya udah menumpuk ya kak? Perlu perlakuan yang lebih intens lagi tuh kayaknya.
Bisa lah ya pake jasa servis seva.id ini.
Tulisan kakak sangat membantu kak. Salam kenal dan salam sehat ya kak 🧡
Fifi SHN mengatakan…

Gimana klo keraknya udah menumpuk ya kak? Perlu perlakuan yang lebih intens lagi tuh kayaknya.
Bisa lah ya pake jasa servis seva.id ini.
Tulisan kakak sangat membantu kak. Salam kenal dan salam sehat ya kak 🧡
Indri mengatakan…
Wah nice info nih selama ini aku memang belum pernah tau tentang kerak karbon. Besok langsung cek deh
Mporatne mengatakan…
Urusan laki-laki tapi wanita perlu tahu. Apalagi Ada seva.id marketplace serba ada terutama untuk bersihin Kerak karbon
Fanni-FDA mengatakan…
Banyak banget yg abai yah soal penggunaan bahan bakar yg gak sesuai oktannya dengan mesin...orang lebih memilih yg penting biaya BBM murah padahal perilaku kita spt itu malah akan menambah biaya ekstra perawatan mesin akibat kotor karena salah penggunaan BBM..lebih baik keluar biaya BBM lbh mahal sedikit daripada keluar uang ekstra utk perbaikan mesin
Nuny Penguin mengatakan…
Wah, pas banget mba terima kasih infonya. Jadi bisa kasih tau misua gimana caranya menghilangkan kerak mobil 👍.
Nice banget nih infonya, bisa aku kasi tau ke Kakak saya yang sering banget bersihin kerak di mobilnya..
Dwi Puspita mengatakan…
Kalau cek sendiri saya nggak tau, biasanya selalu saya bawa ke bengkel untuk memastikan keadaan mobil baik2 saja terutama kerak pada mobil yang memang harus dicek rutin
Dila mengatakan…
Saya punya mobil, tapi masih minim pengetahuan tentang mesin dll. Kalau ke bengkel, pasti ngikut kata-kata tukang bengkel.
Makasih infonya kak, setidaknya saya mulai nyicil wawasan merawat mobil.
Hallowulandari mengatakan…
kalau punya kendaraan tuh emang harus rajin-rajin perawatan yaa, cek kebersihan dan cek kondisi mesin nya juga biar ga ada kendala selama perjalanan. milih alat/obat buat perawatan mobil juga harus bener ga boleh asal
yuntango mengatakan…
Wah terima kasih infonya. Saya bar tau apa itu kerak karbon dan bagaimana solusi terbaik untuk mengatasinya
Nabilla DP mengatakan…
huaa aku mah ga paham soal beginian, mba. biasanya ya bawa aja ke bengkel dah sekalian pas servis hehehe suamiku juga ga tau nih kayaknyaa soal hal2 kayak gini
Nathalia Diana Pitaloka mengatakan…
Ternyata dalam merawat mobil ada juga masalah kerak karbon ya, saya baru tau nih... Dan baru tau juga ada carbon cleaner-nya...
Diaz Bela mengatakan…
Wah terima kasih informasinya, mba.. Kebetulan aku selalu blank kalau soal merawat mobil. Padahal harus extra perhatian ya apalagi kalau mobil digunakan setiap hari.
Han mengatakan…
Iyess setuju banget mba fenni. Kalau urusan mobil atau motor suami selalu update dan nggapernah telat sih. Alhamdulillah bersyukur karena itu
Nyi Penengah mengatakan…
Allhamdulilah nih kabar baik pada yang punya mobil sekarang ada pembersih yang luar biasa ini. Aku rekomin ke kakak ah
Jiah Al Jafara mengatakan…
Belum ada mobil sih tapi boleh dicatat dulu. Ngerti bahwa bekas atau kerak karbon ini gak bagus kalau dibiarkan. Jadi butuh dibersihkan biar mobil juga enak dipakai
Masalahnya sampai sekarang masih banyak yg abai tentang penggunaan BBM sesuai standar oktan dari pabrik. Risikonya ya gini. Bisa ada kerak karbon. Kalau masih sedikit sih mungkin gampang bersihinnya. Kalau udah menumpuk mau nggak mau pakai jasa pembersih kerak karbon ya kak
Ulfah Aulia mengatakan…
Setuju kk jadi gak hanya perawatan wajah aja ya tapi mobil juga sama harus dirawat juga biar gak terlalu banyak kerak carbonnya yang menempel
Ayu Natih Widhiarini mengatakan…
Setuju banget kalau mobil ibaratkan makhluk hidup yang juga harus dirawat dan disayang. Apalagi kalau mobilnya di pakai untuk mempermudah aktivitas dan pekerjaan. Aku bakal rekomen ke kakakku
Thank you mba Fenni
Ayu Natih Widhiarini mengatakan…
Setuju banget kalau mobil ibaratkan makhluk hidup yang juga harus dirawat dan disayang. Apalagi kalau mobilnya di pakai untuk mempermudah aktivitas dan pekerjaan. Aku bakal rekomen ke kakakku
Thank you mba Fenni
Ayu Natih Widhiarini mengatakan…
Setuju banget kalau mobil ibaratkan makhluk hidup yang juga harus dirawat dan disayang. Apalagi kalau mobilnya di pakai untuk mempermudah aktivitas dan pekerjaan. Aku bakal rekomen ke kakakku
Thank you mba Fenni
Ayu Natih Widhiarini mengatakan…
Bener banget kalau mobil juga perlu perawatan dan disayang seperti makhluk hidup. Aku bakal rekomen ke kakak tentang pembersih kerak yang mba fenni rekomendasikan. Matur Nuhun mba..
Hamimeha mengatakan…
Wah noted. Penting nih buat jadi referensi kami.
Meski belum punya mobil sendiri.

Sebab kunci awet mempunya kendaraan kinyis2 adalah bisa merawat dg baik.

Mantap kak!
Sitatur Rohmah mengatakan…
Aduh.. saya ini masih pada tahap penumpang manis, hihi... kalau nggak nyaman bawa ke bengkel. Ga boleh gitu ya? Mestinya kita tahu juga soal mobil supaya paling nggak bisa ikut mengecek sebelum dibawa ke bengkel. Karena kadang udah sampai bengkel ternyata hanya kabelnya kendor, atau hal ringan lain yang bisa diurus sendiri
Bener nih kak, pake bahan bakar yang gak sesuai bisa bikin kerak. APalagi kalau ada SPBU dan pedagang bahan bakar yang 'nakal' suka mencampur dengan air dan lainnya. bisa makin bahaya tuh mesin
Rahma Huda Putranto mengatakan…
Hmm, baru tahu ada kerak karbon. Cara ngilanginnya pun khusus. Harus adacarbon clenaernya ya
www.faradiladputri.com mengatakan…
Ahh aku baru tau nih hahaha. Biasanya sih suami yang lebih aware soal hal-hal ini. Tapi ga ada salahnya juga ya kita ibuk ibuk belajar juga :D
Raja Lubis mengatakan…
Kalau ibarat tubuh manusia mah, kerak carbon ini sudah kayak daki kali ya. Memang harus dirawat dan dibersihkan secara rutin.
Ning! mengatakan…
Jadi Seva ini dibawah naungan Astra ya, jadi pasti pelayanannya juga sebaik Astra ya. Mengecek mesin mobil secara berkala memang penting agar jika terjadi kerusakan bisa terdeteksi dini dan segera diperbaiki.
Rania Fardyani mengatakan…
wah, aku baru tahu Seva itu bagian dari Astra
aku belu punya mobil sih, tapi postingan ini jadi bekalku kalau suatu saat punya mobil sendiri
harus cek dan bersihkan kerak karbon!
Sri Wulandari mengatakan…
Alhamdulillah dapet ilmu baru tentang permobilan, walau belum punya sendiri sekarang siapa tau besok bisa kebeli yakan udah tau ilmunya duluan hehe
Nickn - Kal mengatakan…
Auto ngebayangin untuk ngebengkel mobil. Dulu waktu masih ada mobil hampir setiap 2 buolan sekali servis ringan. Apalagi mobil tua butuh ekstra perawatan banget. Kalau udah kena kerak begiutu bisa nangis2 deh hihi.
Ternyata Seva menyediakan banyak sparepart dan kebutuhan kendaraan ya kak.
Siti Mustiani mengatakan…
Pengetahuan-pengetahuan kayak gini memang penting sih ya kak, setidaknya mengetahui beberapa cara dalam hal perawatan mobil sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat digunakan.
kakdidik13 mengatakan…
Oh teryata begini ya cara menghilangkan kerak carbon. Baik, ijin kubagikan ke grupku ya mbak. Informasinya sangat bermanfaat buatku kelak ketika punya mobil. Aamiin
Dee_Arif mengatakan…
wah ita, yang namanya punya kendaraan emang harus rutin di servis ya mbak
Erny Note mengatakan…
Pemilik mobil harus tahu ya tentang perawatan mobilnya, termasuk kudu tahu printilan nya, hingga kerak karbon dan cara membersihkannya. Noted deh makasih infonya.
Artha Nugraha Jonar mengatakan…
ya bener kak, perlu banget punya carbon cleaner ini. Lumayan bisa merawat mesin mobil biat lebih awet. Jadi gak perlu harus menunggu ke bengkel lagi, karena bisa dikerjakan di rumah.
Pak Endek mengatakan…
kerak karbon ini mungkin seperti daki ya kalau untuk manusia? memang patut untuk dibersihkan sih. biar mobil kita awet.
shinobi apuy mengatakan…
meskipun belum punya mobil (sholawatin dulu) tapi artikel ini bisa jadi referensi untuk perawatan mobil