5 Kanal Blog yang Asik untuk Dibaca dan Saya Suka

Kalau kamu sudah punya blog apapun platformnya, maka memungkinkan memiliki kanal atau channel blog. Ini sangat bermanfaat loh. Hal tersebut karena fungsi adanya kanal blog dapat mengklasifikasikan tulisan-tulisan yang telah kamu buat menjadi dalam satu kategori.



Bila bingung bagaimana sih membuat kanal atau channel pada blog, sebenarnya sangat mudah, dengan memanfaatkan fitur Label (pada blogspot), atau Kategori (pada Wordpress). Kamu bisa mengklasifikasikan artikel di blog dengan ragam bidang, misalnya Pendidikan, Gaya Hidup, Kecantikan, dan sebagainya.


Apa itu kanal blog?, Cara membuat kanal blog, kanal blog apa yang disuka,


Selain itu dapat pula membuat kanal tersebut dengan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, tergantung seleramu. Kalau saya, ini dia nih 5 kanal blog yang asik untuk dibaca dan saya suka:



Olahraga

Waktu Rossi masih eksis di MotoGP, senang sekali blog saya ada kanal olahraga untuk mengisi tentang Rossi. Nggak hanya di sini sih, di blog Kompasiana juga awal-awal gabung yang diisi adalah tentang Rossi, hehe. Kemudian berlanjut mengisi tentang Badminton dan Sepakbola.


Alhamdulillahnya, saat ada kontes blog Shopee Liga 1 senangnya bisa turut berkontribusi dan mengantarkan artikel: Inikah Klub Pemenang Shopee Liga 1, menjadi The Best Engagement dengan artikel tentang bola tersebut. 



Entertainment

Kanal ini pada awalnya saya beri label “TV Program”, karena isi tulisannya memang tentang acara televisi yang saya suka. Tak disangka membuat saya terkesima, karena page view-nya menggila. Salah satu tulisannya adalah  yang jadi populer post di blog saya ini.


Dari situlah saya berpikir, menulis organik dan sesuatu yang disuka ternyata mendatangkan sesuatu buat blog saya. Setidaknya jadi dikenal sama si mbah Gugel, wkwkwk.


Harapannya sih, ada lagi acara televisi yang bisa menarik perhatian saya. Soalnya sudah lama juga nih gak diisi fokus ke sana lagi. Jadilah ulasan di kanal entertainment ini tentang profil artis, yang lagi-lagi yang saya suka aja, ahhahah.



Apa itu kanal blog?, Cara membuat kanal blog, kanal blog apa yang disuka,



Musik

Kanal yang satu ini memang sengaja diadakan, karena selain suka mendengarkan musik, sambil membuat playlist juga daftar musik yang saya suka. 


Mungkin timbul pikiran: Iihh kenapa sih, hanya yang disukai si Fenni Bungsu aja? Ya kan biar gampang dan mengalir indah menuliskannya. Kalau kamu mau request juga boleh sih, tinggal sampaikan saja di kolom komentar, siapa tahu saya pun juga suka hehe. 



Curcol

Loh, loh untuk apa pula ada kanal semacam ini? Pentingkah untuk ada di blog?  

Hmm, kalau menurut saya nggak masalah untuk ada. Kan menulis di blog alias bahan isian di blog gak melulu harus yang paid post aja kan. Boleh jugalah sesuatu yang asik dan menghibur kitanya juga. 


Isian curcolnya sih juga gak seperti orang curhat beneran. Ya, Cuma curcolan aja yang isiannya bisa lebih panjangan jumlah katanya, entah itu tentang pencapaian apa yang didapatkan, dan sebagainya. Soalnya kalau di media sosial kan terbatas dan malah harus bikin beberapa part, ahihihi. 



Buku

Sesuai namanya, Kanal Buku memang diperuntukkan tentang ulasan buku yang telah saya baca. Di sini menurut saya adalah kanal pelipur lara sebenarnya.


Mengapa saya menyebutnya begitu? Pasalnya kehadiran kanal ini, bermula dari sedihnya saya kala mengikuti lomba resensi ketika bekerja di salah satu perusahaan swasta. Jadi kisahnya itu.... jeng, jeng... selengkapnya saya buat part terpisah ya, biar gak kepanjangan di sini 😁.



5 kanal blog yang asik untuk dibaca dan saya suka ini menjadi pemacu diri untuk bisa menulis artikel organik. Hal tersebut bisa menjadi jejak juga bagi saya pribadi, sehingga kalau nanti mau nostalgia ceki-ceki lagi kan dapat ditengok ulang, hihi. Baiklah sampai jumpa pada curcolan selanjutnya.

Komentar

Ainhy Edelweiss mengatakan…
Kelimanya emang topik yang menarik yah, tapi kalau saya lebih sering mampir di kanal blog buku, suka baca sinopsis dan update buku terbaru
HendraDigital mengatakan…
Biasanya kanal yang dibuat si empunya blog, tergantung dari hobi si blogger tersebut ya Mba. Kalo hobinya entertainment, pasti isinya nggak jauh dari musik dan film. Atau hobi sama fashion, pasti kategorinya nggak jauh dari baju dan aksesoris. Saya sendiri hobi kanal teknologi, hiburan dan traveling...
Bambang Irwanto mengatakan…
Memang itu kuncinya, Mbak Fenni. Tulis apa yang kita sukai. Karena suka maka kita menguasai bahannya dan akhirnya tulisannya mengalir. Saya pun begitu. Tapi saya belum cek lagi nih, ada berapa label di blog saya hehehe.
Han mengatakan…
Nah untuk buku dan curcol masuk favoritku jg nih mbaa. kalo olahraga entah kenapa blm bisa ngikutin sihh kwkwk selalu nguap dah kalo bahas olahraga
Kalau aku pribadi suka dengan kanal yang berhubungan dengan parenting dan seputar tumbuh kembang anak mbak. Biasa emak-emak beranak 3 mesti banyak-banyak nyari ilmu soal beginian.
Arif Tukang Review mengatakan…
Topiknya menarik semua, namun saya lebih suka membaca kanal yang ada teknologi dan otomotifnya ntah kenapa passionnya ada disana hehe
Hallowulandari mengatakan…
kalo aku paling suka blog yang mengulas food and travel nih mba, ahhh rasanya pengen icip atau recook masakannya sama masukin wishlist destinasi wisata deh tuh rekomendasi2 tempat wisatanya ahahahhaha
Qoty Intan Zulnida mengatakan…
kalo saya paling suka kanal entertainment. karena yaaa kita mencari tontonan kan buat hiburan yaaaa,, sejenak melepas lelah
Dee_Arif mengatakan…
wah iya menarik ya itu mbak, satu lagi yg menarik mbak
review drakor, hehe
btw aku juga suka baca di blog review buku
Dyah happydyah[dot]com mengatakan…
Mantep semua dan rata-rata semua juga suka ya. Dan juga traveling serta kuliner juga saya suka
Susi Susindra mengatakan…
Kadang saya pengen memindah curcolan di Facebook ke blog. Sudah bikin blognya. Tapi kok masih belum sempat isinya.
Curcolan bisa jadi bahan renungan sih ya
rizkyrautra mengatakan…
Wah selamat Kak, pernah dapat achievment The Best Engagement dari Shopee. Saya aja masih belum berani menulis sepakbola, karena wawasan yang masih sangat cetek dan kesulitan meramu data sepakbola yang banyak banget. Keren deh pokoknya!
lendyagasshi mengatakan…
Yah, kak Fenni beda banget sama aku.
Hehehe...aku suka blog yang banyak hosipannya, hehehe...selain bloge-blog sahabat yang pastinya informatif dan banyak pengalaman seru di dalamnya.
Dee_Arif mengatakan…
diantara yang ditulis kak Fenni ini, aku paling suka mampir ke kanal olahraga
Wah baru tahu aku mba fen suka olah raga. Jarang soalnya cw suka serba serbi berita tentang olahraga kayak bola atau balap motor gitu. Nah kalau kanal televisi biasanya tentang kayak gimana tuh mba yang page viewnya suka timggi?
M ASRAN mengatakan…
Semua kanalnya menarik, tapi saya lebih suka ke teknologi dan bisnis heheh
Kata Nieke mengatakan…
Mbak, keren lho bisa nulis olah raga. Saya tuh olah raga cuma pelaku alias olah raganya doang. Atau penonton. Tapi menulis olah raga tuh buat saya kayaknya berat. Kalau curcolan, dulu banyak banget pas zaman Friendster. Sayang, saya gak selamatkan semua notes itu, hiks. Padahal banyak pembacanya.
Didik Purwanto mengatakan…
Yang penting kak Fenni suka. Biarlah tulisan kita menemukan pembacanya sendiri asal kita konsisten menulisnya. Semoga tulisannya memberikan inspirasi bagi kita semua ya kak.
Andina mengatakan…
Aku agak jarang ketemu kanal Olahraga. Ketemu yang curcol sering hihi.
Firmansyah mengatakan…
Dari segi kanal konten blog yang disukai, kita hampir punya banyak kesamaan nih, Mbak Fenni. :D Saya juga suka tulisan-tulisan tentang dunia Entertainment, entah itu musik, film, artis/publik figur, dan lain-lain. Dulu di blog lama yang masih gratisan, sering menulis tentang itu. Hehehe.
Ning! mengatakan…
kanalnya seru-seru banget ya mba, pasti yang baca juga suka.
Maftuha mengatakan…
Kanal yang curcol masuk ke kanal favoritku nih. Hihi... kalau tulisan tentang entertainment entah kenapa aku jarang lirik
Zia mengatakan…
Menulislah terutama tentang apa yang kita sukai. Kayaknya ini jadi alasan saya ngeblog juga, Mba. Hehehe. Dari ke-5 kanal di atas, kayaknya saya juga masuk Mba. Idem nih. 🥳
Ursula Meta Rosarini mengatakan…
Aku paling suka baca topik traveling atau review tempat makan beb, tapi diliat lagi sama cara penulisannya hihi
ikari mengatakan…
Semua kanal ini memang menarik sih. Tapi yang aku suka kanal curcol, suka ada aja gitu kisah inspiratif yang bisa diambil.
Fandhy Achmad R mengatakan…
Untuk saya pribadi, saya lebih suka kanal blog yang bertemakan olahraga terkhusus yang mengulas perihal sepakbola, karena berita terbaru ulasan pertandingan terbaru sepakbola selalu ditunggu oleh saya untuk dibaca, dan bahkan tidak jarang mengulas tentang pemain bintang.

Selain olahraga, saya juga biasanya membaca blog-blog yang bertema resensi buku,hal ini selain untuk menambah variasi membaca juga bisa mendapatkan informasi perihal buku-bukuterbaru dan buku buku yang layak untuk dibaca.

Oh iya, kanal blogg yang mengulas soal film juga menarik tuh
Ugik Madyo mengatakan…
Isi Blognya lengkap Mbak. Kayaknya setiap blog kalau nggak ada kategori curhat rasanya nggak lengkap. Aku malah lebih senang baca postingan blog yang isinya curhat. Bisa jadi hiburan. Entertainment emang andalan ya. Bikin pageview bagus. Bahkan cenderung naik terus.
April Fatmasari mengatakan…
Salah satu kanal andalan saya, curcol juga, Mbak. Hehe. Nulis keseharian.

Keren ada kanal olahraga, kayaknya saya jarang nemu blogger perempuan menulis itu
Syarifani Mulyana mengatakan…
Kalau sekarang suka baca blog yang isinya review film, bisa jadi referensi tontonan di rumah.
Sama buku dan curcol ringan, malah seru bacanya. Ngalir aja dan ringan.
Jadi pengen nulis curcolan lagi di blog.