Review Buku: Misi Sholat 5 Waktu (Episode: Diari Sholat Imran)

Judul Buku: Misi Sholat 5 Waktu - Episode: Diari Sholat Imran

Penulis: Nazry Salam 

Ilustrator: Nazrul Ali 

Penerbit: PTS Publishing House Sdn Bhd.

Alih Bahasa: Syarief Nurhakim 

Diterjemahkan melalui Penerbit: Zikrul Hakim 

Tahun terbit: 2020, Cetakan Pertama 

ISBN: 978-602-342-293-7

Bahasa: Indonesia

Kategori: Komik Anak Muslim (U9+) 

Rating: 4.5/5 



Review Buku Misi Sholat 5 Waktu: Diari Sholat Imran, review buku karangan Nazry Salam, review buku Ilustrator Nazrul Ali, review buku Penerbit Zikrul Hakim, review buku PTS Publishing House Sdn Bhd,

***

Tentang Nazry Salam Penulis Misi Sholat 5 Waktu

Nazry Salam merupakan penulis asal Negeri Jiran, yang telah menelurkan buku komik maupun novel lebih dari 20 buku. Ceki-ceki informasi beliau di Goodreads, ternyata buku karangannya rata-rata dapat rating di atas 4 bintang. Maka dari itu wajar juga sih buat saya menyematkan rating serupa untuk buku Misi Sholat 5 Waktu (Episode: Diari Sholat Imran). Sudah pada baca belum? Sini, simak sinopsisnya dulu ya.


[Baca Juga: Review Novel Cruise to Alaska]


Sinopsis Misi Sholat 5 Waktu (Episode: Diari Sholat Imran)

Muhammad Imran bocah berusia 10 tahun yang duduk di kelas IV SD merasa kalut dengan pengajar Pendidikan Agama Islam yang baru yaitu Ustaz Azhar. Sosok yang selalu membawa rotan panjang di tangannya, keningnya sering berkerut dan tampak hitam, janggutnya panjang, dan galak.

Tatkala Ustaz Azhar akan menguji praktik solat para siswanya, makin menegangkan lagi bagi Imran, karena seumur hidupnya baru 3 kali melaksanakan solat, yaitu solat lebaran Idul Fitri di usianya 8 tahun, solat Idul Adha di usia 9 tahun, dan ketiga solat jenazah neneknya di usia 10 tahun. 

Orang tuanya tidak pernah menanyakan solat, Kakak perempuan maupun Abangnya tidak ada yang solat, serta pengajar di sekolahnya yang sebelumnya juga tidak pernah tanya tentang solat.

Jadilah, bocah yang merasa dirinya cool ini mencurahkan segala perasaannya di BCC (Buku Corat-Coret), sebagai teman berkeluh kesah. Ia pun bertekad untuk belajar solat selama 1 minggu penuh, sebelum ujian praktik solat. 


Review Buku Anak Misi Sholat 5 Waktu: Diari Sholat Imran, Resensi Buku Anak Misi Sholat 5 Waktu: Diari Sholat Imran, List Buku bacaan untuk anak, buku anak yang bermanfaat, daftar buku anak bermanfaat,

[Baca Juga: Peluncuran Buku 3 Macan Safari]


Ulasan Buku Misi Sholat 5 Waktu karya Nazry Salam

Tertarik untuk membeli buku Misi Sholat 5 Waktu (Episode: Diari Sholat Imran) ini, karena memang ingin menghadiahkan ke keponakan saya yang sudah berusia 8 tahun lebih. 

Nggak apa-apalah ya, masih kurang 1 tahun dari range pembaca bukunya, hehe. Sebab saya (sebagai aunty yang cantik nan baik hati, eh, narsis banget dah, haha 😁) melihat fungsi dan manfaat buku ini, dapat memberikan dampak positif buat my nephew❤️

Sebelum di kasih ke keponakan, saya intip dulu isinya menceritakan tentang apa saja sih. Alhamdulillahnya bagus juga, karena banyak pesan penting yang disampaikan, beberapa diantaranya: 


A. Saling Mengingatkan dan Memberikan Contoh

Setiap anggota keluarga saling mengingatkan untuk beribadah, terutama urusan solat. Selain itu pengajaran dan memberikan contoh dapat menjadi teladan untuk mereka, agar memahaminya. 

Jadi misalnya di rumah hanya keluarga inti, berarti ibu dan ayah jadi kuncinya. Sedangkan bila di dalam rumah ada Kakek, Nenek, Oom, Aunty, maka mereka turut berperan juga, karena hal tersebut pelan-pelan saya praktikkan ke keponakan. 

review buku ketika dunia tidak berpihak kepadamu

B. Pendidikan Agama di Sekolah 

Mungkin kalau sekolahnya memang khusus tentang Agama Islam, urusan terkait solat bakal menjadi yang utama, karena selain sebagai praktik, dalam teorinya pun masuk ke dalam pelajaran tentang Fiqh.  Namun untuk yang sekolahnya umum, pengajar agama bisa mengingatkan siswa didiknya, misalnya ketika pagi dengan Sholat Dhuha, lalu pada saat siang untuk sholat Zuhur.  

C. Buku Bacaan yang Bermanfaat

Bacaan yang bermanfaat (Diluar buku pelajaran sekolah) sesuai dengan usianya misalnya buku tuntunan solat, bisa menjadi jalan ninja juga yang dapat dihadiahkan kepada anak-anak. Dengan begitu, dia dapat menyerap keilmuan tidak hanya dengan praktik tetapi juga dengan teori. 

[Baca Juga: Top 5 Buku Anti Bosan]


resensi Buku Misi Sholat 5 Waktu: Diari Sholat Imran, resensi buku karangan Nazry Salam, resensi buku Ilustrator Nazrul Ali, resensi buku Penerbit Zikrul Hakim, resensi buku PTS Publishing House Sdn Bhd,

Secara keseluruhan, buku Misi Sholat 5 Waktu (Episode: Diari Sholat Imran) karya Nazry Salam ini, bagus menjadi buku bacaan anak yang bermanfaat, karena terdapat pengajaran tentang ibadah solat, sehingga memudahkan anak-anak untuk mempelajarinya. Apalagi bahasa yang digunakan pun mudah dicerna, dengan ilustrasi yang menarik dan kreatif. 



Komentar

Talif mengatakan…
Kalau lihat sampulnya lebih elegan ya dan lebih ramah buat anak juga. Isinya sudah pasti bermanfaat. Cocok nih buat di rumah.
Han mengatakan…
MasyaAllah bisanih untuk rujukan anakku nanti mba biar terbiasa solat dengan baik dan benar. Biasanya kalau lewat buku gini jadi lebih nyenengin dan fokus belajarnya ya
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Membaca komik ini pelan-pelan si anak akan dilatih untuk sholat 5 waktu ya, Kak. Jelas keren sekali sih. Apalagi komik gitu kan. Yang mudah banget diterima sama bocah. Mereka pasti suka dengan banyaknya gambar alih-alih yang banyak tulisannya. Hehehehee
Yustrini mengatakan…
Buku yang sangat bermanfaat untuk anak-anak. Memang biasanya anak akan meniru apa yang dilakukan orang tua, seperti ibadah
Si Umi mengatakan…
Auntynya baik banget hadiahkan buku yang bermanfaat kayak gini. Biar keponakan makin rajin solat yaa
Eri Udiyawati mengatakan…
Cakep ini mah bukunya, emang cocok banget sih diberikan ke anak-anak.

Ya, di keluarga memang harusnya saling mengingatkan untuk salat. Agar sama-sama salat.
Hamimeha mengatakan…
wah menarik jika kita mengajarkan hal hal yang memang gak sulit ditanamkan ke anak2 kalo tidak biasa dilakukan sejak kecil, pendekatannya adalah membaca nah pakai komik gini cukup nmanjur

wah negeri jiran , masuk indo ya mbak bukunya pasarnya sampai luarnegri ya keren
Artha Nugraha Jonar mengatakan…
Buku seperti ini sangat membantu banget buat orang tua bisa memberikan pengajaran kepada anak-anaknya. Terkadang sebagai orang tua sebetulnya ingin memberikan pengajaran cuma tidak mengerti bagaimana caranya.
Lintang mengatakan…
Cocok buat anak-anak yang sedang belajar sholat. Apalagi kan anak kadang belum tau kalo ini adalah kewajiban. Bukan hanya untuk menggugurkan kewajiban. Melalui contoh cerita sederhana mungkin bisa memberi pesan lebih dalam buat mereka.
Kak Niken - Kal mengatakan…
Anakku usia 8.5 tahun, bisa juga lah ya berarti baca buku misi solat 5 waktu ini. Hihi.

Edukatif ya bukunya. Sebagai pengingat juga buat kita mengenai solat dan lainnya.
Latifah Desti mengatakan…
menarik sekali mbak feni bukunya, memang media membaca ini kalau telaten dilakukan sama rang tua sangat bagus buat sarana belajar dan bonding anak dengan orang tuanya.
Didik Purwanto mengatakan…
Aunty yang pengertian deh nih. Btw, bahasa yang dipakai ini Indonesia atau Melayu ya kak? Kan aneh kl dijual di Indonesia tp pakai bahasa Melayu. Ya ada yg nyambung sih tp beberapa kata malah jd bingung. Apalagi ini buat anak SD.
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
buku bagus yang gampang dipahami anak yang mau belajar sholat. buku yang kudu disiapkan nih buat bacaan anak
www.faradiladputri.com mengatakan…
Noted! Kalau Rio agak gedean, mau beli buku ini ah hehehe. Seru dan edukatif ya. Tentu memperdalam ilmu agama Islam juga. Paket lengkap!
Dee_Arif mengatakan…
wah bagus ini ceritanya ya mbak
bisa mendorong anak anak untuk belajar shalat 5 waktu
Damar Aisyah mengatakan…
Bagus nih buat panduan ibadah anak-anak. Apalagi bahasanya mudah dicerna dan ada ilustrasinya ya. Pasti anak-anak seumuran anak saya suka baca buku agama model begini.
Mei Daema mengatakan…
wah bisa jadi rekomendasi saya untuk kaish hadiah keponakan saya niy kak, agar mereka bisa belajar dari kecil soal sholat ini
Cocok dibaca bersama anakku ini
Apalagi ini tentang shalat lima waktu dimana anakku juga sedang mempelajarinya
Pasti senang si Salfa apalagi ilustrasinya menarik
Dian farida ismyama mengatakan…
Alhamdulillah berasa dapat mutiara sehabis baca review ini. Mau kuhadiahkan buat sulung ku nih mbak. Menarik kisah nya dan relate banget sama si sulung
Euisry Noor mengatakan…
Diliat dari sinopsisnya kayaknya menarik nih bukunya. Cocok & edukatif buat anak2 muslim. Aku belum pernah baca karya penulis buku anak dari negeri Jiran sebelumnya. Jadi kepo sama bukunya
Mutia Nurul Rahmah mengatakan…
Menarik juga bukunya, pas banget untuk edukasi anak seputar sholat ya. Mana desainnya kekinian juga
Nanie mengatakan…
Masya Allah buku bagus nih, cocok banget jadi kado buat anak atau ponakan, biar edukasi ttg sholat melalui cara yg menarik hati anak
Akarui Cha mengatakan…
Bukunya sudah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia kan, Kak Fenni. Boleh nih dikasih ke anaknya kakak sepupuku biar aku jadi aunty baik juga. Iya ya, kalau di rumah saja nggak ditanyain atau diajakin shalat dari kecil, bisa jadi anak nggak gercep dan fasih dalam gerakan dan bacaan shalatnya.
Parenting By Rey mengatakan…
Pengen belikan anak saya dong, bagus nih ceritanya, dan mengandung sponsor maminya biar nggak melulu ingatin sholat.
Kebetulan juga anak pertama saya tuh suka baca :)
lithaetr mengatakan…
Perlu 1 generasi dalam mendidik anak-anak. Begitu juga dalam mengenalkan salat. Sepertinya saya juga perlu ini bukunya buat anak-anak. Biar mereka lebih ikhlas dan senang hati dalam menjalankan salat 5 waktu
Lia Yuliani mengatakan…
Bagus juga nih buku anak kaya gini. Biar anak-anak bisa lebih paham kewajiban salat. Lihat dari covernya menarik, jadi pengen punya buku ini buat anakku deh.
Maria G Soemitro mengatakan…
saya baru tau tentang Nazry Salam, hihi kudet ya?

ntar saya cari ah, sekalian cari karyanya juga

karena saya juga lebih suka ngasih hadiah buku ke keponakan

hadiah yang abadi
Katerina mengatakan…
Buku seperti ini tidak ada kata tidak bermanfaatnya. Cocok dibaca oleh anak seusia Imran atau dengan umur kurang lebih sama dengan Imran ya. Dibeli buat anak, keponakan atau anak-anaknya teman sebagai hadiah, pasti lebih cocok dan berguna.
Farida Pane mengatakan…
ini aku banget sih, pas umur 10 tahun. sebelumnya emang enggak dituntut karena belum umurnya. begitu udah 10 tahun, dikasih waktu seminggu sama guru buat tes praktik salat lengkap. heboh!
Dee_Arif mengatakan…
Buku yang sangat bermafaat ya mbak
bisa menjadi inspirasi bagi anak anak untuk selalu shalat lima waktu
Wahid Priyono mengatakan…
Buku2 pendidikan islam seperti ini sangat bagus diterbitkan dan dikonsumsi publik. Solat 5 waktu emang penting banget. Pernah denger kata seseorang. "Percuma harta jabatan tinggi kalau solatpun ditinggalkan, maka jagalah solatmu".
Annie Nugraha mengatakan…
Meskipun temanya ringkas tapi makna didalamnya terasa luas dan sarat makna. Mengajarkan satu kewajiban sebagai seorang muslim di usia dini adalah tanggung jawab orang dewasa yang berada di sekitarnya. Tepat banget Fen jika dijadikan hadiah untuk anak-anak yang menjelang baliqh, seperti keponakan Fenni.
Nurul Sufitri mengatakan…
Buku yang patut dibaca baik oleh anak2 maupun orang tua. Karena mengajarkan itu harus dengan memberi contoh bukan sekadar kata2 :D Bagus buku misi sholat 5 waktu ini. Bisa untuk diri sendiri maupun hadiah.
Windi astuti mengatakan…
nambah insight banget ini kak, insha allah bisa jadi buku rekomendasi kedepan nih saat anak masuk usia wajib sholat. menasehati tanpa menggurui ya
Ratna K mengatakan…
Keren banget ini bukunya, disampaikan secara ringan tapi misi pendidikannya masuk ke anak ya. Kupikir ini buku ceklis sholat pas ramadhan hehe, ternyata isinya menarik!
Maria tanjung sari mengatakan…
Anak itu tidak bisa dipaksakan ya mbak ketika harus belajar sesuatu hal. Nah, sama halnya dengan sholat 5 waktu akan lebih mengenai kalau dibuat dengan bacaan yg menyenangkan
andyhardiyanti mengatakan…
Menarik nih bukunya, didukung sama ilustrasi yang pastinya bikin betah para pembaca. Kedua anak saya lagi senang-senangnya membaca, bakal suka nih mereka baca buku ini.
Lasmicika mengatakan…
Buku bagus! Nah ini keknya bentar lagi aku nyari buku-buku anak kek gini lagi kalo bayi Gilar-ku udah 2 tahun. Punya kakak-kakaknya dulu udah pada rusak.
Tapi aku mending buku rusak karena sering dibaca deh, daripada buku rapi bagus nggak pernah dibaca.
Mporatne mengatakan…
Dengan pengalaman membaca buku ini anak jadi belajar bahwa sholat itu penting. Apalagi enak di baca
Annafi mengatakan…
Bagus nih bukunya untuk bimbing anak buat rajin ibadah. Kalo dulu aku masih dipanggil berkali-kali buat solat wkwkwk
Artha mengatakan…
Betul sekali. Dg adanya keluarga yang tanya udah solat atau belum, jd bs mempertebal keinginan untuk rajin solat. Bukan...bukan agar disebut 'baik' di kata manusia, tp kadang emang ada alpa-nya kan. Kalo gak diingatkan, bakal gak dilakukan. Lama2 jd malas
Indri mengatakan…
Anakku wajib baca juga nih bukunya agar dia lebih paham akan kewajiban yang harus dijalani umat muslim
Yettie herawati mengatakan…
Keluarga memang merupakan madrasah pertama kali untuk seorang anak, jadi kebaikan memang harus di mulai dari keluarga..
Bunda ayeen mengatakan…
Masya Allah buku nya mba, cocok buat orang tua yang ingin mulai mengajarkan anak berlatih sholat sejak dini.
Sapti nurul hidayati mengatakan…
Bagus nih mbak, untuk memotivasi anak yang kadang malas-malasan sholat. Ya, sebelum akhirnya menjadi kesadaran,, awalnya ibadah harus dibiasakan
Hallowulandari mengatakan…
pendidikan terbaik buat anak emang percontohan ya kak, percontohan yang baik, buku bacaan yang baik ke anak2 akan terpatri di alam bawah sadar anak,
Moch Ferry Dwi Cahyono mengatakan…
Buku anak yang disukai salah satunya dominasi gambar disertai tulisan, buku diatas memenuhi syarat di atas, sehingga pas buat mendidik sholat 5 waktu