Review Buku Ketika Dunia Tak Berpihak Kepadamu

 buku Ketika Dunia Tak Berpihak Kepadamu, psikologi Ketika Dunia Tak Berpihak Kepadamu, resensi Ketika Dunia Tak Berpihak Kepadamu, review buku Ketika Dunia Tak Berpihak Kepadamu, review buku terbaru, review buku psikologi, harga buku psikologi, harga buku psikologi terbaru, harga buku non fiksi, harga buku ketika dunia tak berpihak kepadamu,

Judul: ketika dunia tak berpihak kepadamu – dan Cerita-cerita tentang Berpikir Positif Lainnya

Penulis: Nufi Wibisana

Kategori: Non Fiksi – Self Improvement

Penerbit: Psikologi Corner

Penyunting: Herman Adamson

Tebal: 195 Halaman

Cetakan: Pertama, Juli 2021

ISBN: 978-623-244-768-4

Harga: Rp 31.040 (Gramedia.com)

Rate: ⭐⭐⭐

 

***

Tentang Nufi Wibisana

Penulis asal Cirebon dengan nama pena Nufi Wibisana ini merupakan alumini S1 Humaniora di Universitas Yogyakarta. Sangat menyukai seri Chicken Soup ini terus berkreativitas dengan hobi menulisnya dengan bidang yang disukainya adalah psikologi.

Psikologi bukan hanya sekadar ilmu di atas kertas, melainkan lebih kepada seni memahami karakter diri sendiri serta orang lain, dan diperlukan kelihaian sosial untuk melakukannya ~ Nufi Wibisana.

Sekilas tentang Buku Ketika Dunia Tak Berpihak Kepadamu

Buku terkait psikologi ini memberikan warna baru ketika saya mencarinya di toko buku online. Covernya yang sederhana dengan ilustrasi seorang perempuan yang kurang berbahagia. Seperti sedang merenungi sesuatu.

buku Ketika Dunia Tak Berpihak Kepadamu, psikologi Ketika Dunia Tak Berpihak Kepadamu, resensi Ketika Dunia Tak Berpihak Kepadamu, review buku Ketika Dunia Tak Berpihak Kepadamu, review buku terbaru, review buku psikologi, harga buku psikologi, harga buku psikologi terbaru, harga buku non fiksi, harga buku ketika dunia tak berpihak kepadamu,

Tebalnya buku Ketika Dunia Tak Berpihak Kepadamu ini standar, dengan ukuran bukunya yang tidak besar dan tidak juga kecil. Tadinya saya berpikir, ini akan seperti buku motivasi yang berisi dengan macam teori psikologi. Namun ternyata tidak. Lebih mirip seperti buku diary, tetapi asik untuk disimak karena diterangkan dengan ilustrasi cerita yang dibubuhkan catatan kaki bahwa kisah yang diangkat tersebut berdasarkan inspirasi yang dialami penulis, fiksi, kerabat dekatnya, maupun tayangan favoritnya.

[Baca Juga: Resensi Novel Cruise to Alaska]

Selain itu juga, penulis mengklasifikasikan bab per bab bacaan sesuai dengan lingkup bahasan. Berikut 7 bahasan yang diangkat oleh penulis:

1 Bertahan Dalam Tekanan

2 Ketika Cinta Tak Berpihak Padamu

3 Keluarga

4 Pekerjaan

5 Berteman

6 Di Perantauan

7 Dunia

buku Ketika Dunia Tak Berpihak Kepadamu, psikologi Ketika Dunia Tak Berpihak Kepadamu, resensi Ketika Dunia Tak Berpihak Kepadamu, review buku Ketika Dunia Tak Berpihak Kepadamu, review buku terbaru, review buku psikologi, harga buku psikologi, harga buku psikologi terbaru, harga buku non fiksi, harga buku ketika dunia tak berpihak kepadamu,

Buku Ketika Dunia Tak Berpihak Kepadamu ini menurut saya bacaan ringan yang menyegarkan pikiran, karena permasalahan hidup yang dihadapi oleh tiap orang pasti kompleks misalnya tentang persoalan asmara, hubungan dengan keluarga, pertemanan, dan pekerjaan.

Apalagi saat kita mencoba untuk memahami makna kehidupan bahwa memang tidak selancar apa yang dibayangkan. (Di jalan tol saja masih ada macetnya juga kan, hehe). Adakalanya membahagiakan, sesuai harapan, bahkan besar juga kemungkinannya untuk diluar dugaan sehingga membuat diri menjadi berlara hati.

[Baca Ini Yuk: Resensi Novel Kekasih Semusim by Dini Fitria]

Dari situ pentingnya kita harus memanfaatkan waktu yang ada untuk berbuat hal yang positif, sehingga waktu yang telah dilalui lebih berguna, karena waktu tidak dapat kita putar ulang layaknya mesin waktu yang ada di tayangan animasi Doraemon.

“Waktu tidak akan pernah terulang, apa yang terjadi lima menit yang lalu tidak bisa sama persis terjadi Kembali di kemudian hari. Oleh sebab itu, waktu begitu berharga. Setiap orang yang hadir dalam hidup kita pasti ada maksud dan tujuannya kenapa Tuhan kirim orang-orang tersebut.” ~ hlm 161.

 

buku Ketika Dunia Tak Berpihak Kepadamu, psikologi Ketika Dunia Tak Berpihak Kepadamu, resensi Ketika Dunia Tak Berpihak Kepadamu, review buku Ketika Dunia Tak Berpihak Kepadamu, review buku terbaru, review buku psikologi, harga buku psikologi, harga buku psikologi terbaru, harga buku non fiksi, harga buku ketika dunia tak berpihak kepadamu,

Jadilah kalau mau dihubungkan segala sesuatunya, tergantung waktu yang akan menjawabnya. Ya, tak ada salahnya seperti itu. Namun harus diri kitanya juga yang berusaha untuk mengenyahkan hal-hal yang sekiranya akan membuat sedih, misal:

Kenapa ya B melupakan Aku, padahal aku teman lamanya. Apakah semasa ia mendapatkan teman baru, lalu aku dilupakannya.

 

Dari contoh di atas memang seakan dunia tidak berpihak dengan tokoh Aku yang mana karena dilupakan oleh tokoh B yang sibuk dengan teman barunya.

“Coba bangun pikiran positif dalam dirimu.” ~ hlm 98.

[Baca Juga Ini Dong: Top 5 Buku Favorit Anti Bosan]

Memang tidak mudah untuk melakukan sebagaimana kutipan di atas, apalagi jika keadaan sedang emosi alias panas bin mangkel, yang mungkin saja ditambahi kompor yang meledug (Deuh hiperbola-nya si Fenni Bungsu, hehe). Ya intinya sebisa mungkin tenang dulu ya, dengan mengubah mindset lebih positif:

Oke, memang B sedang ada teman baru. Biarlah, yang penting kami tidak putus silaturahmi. Dan mungkin itu juga saatnya Aku untuk meluaskan pertemanan dan jaringan dengan banyak orang.

 

buku Ketika Dunia Tak Berpihak Kepadamu, psikologi Ketika Dunia Tak Berpihak Kepadamu, resensi Ketika Dunia Tak Berpihak Kepadamu, review buku Ketika Dunia Tak Berpihak Kepadamu, review buku terbaru, review buku psikologi, harga buku psikologi, harga buku psikologi terbaru, harga buku non fiksi, harga buku ketika dunia tak berpihak kepadamu,

[Psstt Jangan Lewat Baca Ini Juga: Resensi Buku 3 Macan Safari]

Itu baru secuil saja yang saya ungkap dari buku Ketika Dunia Tak Berpihak Kepadamu. Ini bisa menjadi bacaan yang menghibur, meski saya cukup terganggu dengan kualitas tinta buku yang tidak konsisten, jadi ada yang terang dan malah kurang jelas dibaca. Namun begitu dapat menginspirasi kita untuk semangat dan melakukan yang bermanfaat, karena permasalahan kehidupan pasti tidak akan berhenti untuk dikupas.

Komentar

Lasmicika mengatakan…
Saya tertarik sekali dengan isi bukunya. Apa saya bisa cari profil Nufi Wibisana di media sosial? Nama akun penulisnya belum nemu juga saya.
www.kisahsejati.com mengatakan…
Hai kak Fenni ini Dennise.Aku suka dengan kalimat,"waktu tidak mungkin terulang waktu yang terjadi 5 menit yang lalu tidak akan sama dengan 5 menit di hari berikutnya.Oleh karena itu kita harus menghargai waktu". Setuju banget, jangankan 5 menit 1 menit mendatang saja kita tidak tahu apa yang terjadi.So,aku berusaha mempergunakan waktu yang ada sebaiknya
Maria G Soemitro mengatakan…
bagus banget bukunya
buku nonfiksi yang harus kita miliki
karena hal hal tentang makna kehidupan, terlebih dari kacamata orang lain, kita perlu tahu
DokterTaura mengatakan…
Bagus banget ya bukunya. Isinya berbobot. Salut buat mbak Nufi Wibisana. BTW, bukunya bisa dibeli dimana nih?
Reyne Raea / Rey mengatakan…
Menariiikkk, saya suka banget buku-buku yang membahas hal-hal seperti ini, tentang kehidupan yang terjadi kepada siapa aja.
Baca judulnya aja udah bisa nebak gimana isinya yang bisa menginspirasi :)
Bayu Fitri mengatakan…
Bukunya sangat menginspirasi intinya gunakan waktu sebaikmungkin ya kak karena kita ga akan tau ke depannnya seperti apa.
Nanik nara mengatakan…
Sepertinya bacaan ringan, tapi tetap ada hikmah dan inspirasi yang bisa diambil dari buku ini ya mbak. Berpikir positif, nah ini yang kadang masih susah dilakukan oleh banyak orang. Emosinya yang didahulukan, jadi meledak-ledak deh
Maria Tanjung Sari mengatakan…
Saya paling senang membaca buku motivasi. Di aplikasi online saya download semua buu motivasi. Misal saya sedang drop mental maka tinggal buku saja aplikasi dan baca buku. saya jadi ingin baca buku ini juga
Fionaz mengatakan…
buku ini sangat inspiratif ya mbak, pas banget jadi bacaan di waktu luang atau pas lagi down semangat bisa kembali pulih
Shinta Shyntako mengatakan…
wah ini bagus banget ya Fen bukunya, karena memang ada kalanya kita merasa dunia kadang kejam dan sama sekali gak berpihak sama kita
Irawati Hamid mengatakan…
sepertinya bukunya cocok dibaca saat bersantai yaa. Judul bukunya bikin orang tertarik untuk membelinya
Ajenghimme mengatakan…
Wah wah Mbak Fenni, bacaannya dalem juga ya. Tapi judul bukunya menarik bikin kita berkontemplasi
Ursula Meta Rosarini mengatakan…
Menarik banget beb, aku pikir tadinya ini bacaan berat yg bakal menyita pikiran hahah, ternyata bacaan ringan ya.
Lita Chan Lai mengatakan…
Bukunya bawa kecerahan buat pembaca, melihat sisi kehidupan dr pikiran orang lain. sangat menginpirasi sekali. jadi pengen kenal sama penulisnya
Syahri mengatakan…
Bagus bgt bukunya, jd penasaran pgn baca semuanya. Menang bnr, waktu takkan pernah terulang kembali. Inspiratif bgt..
Moch. Ferry Dwi Cahyono mengatakan…
Coba bangun sisi positif quote buku ini, bagus dibaca untuk memahami psikologi dan kehidupan sosial di masyarakat
Yanti Ani mengatakan…
Wah bukunya bagus banget saya suka nih buku yang banyak ilmu pengetahuannya gini😍
Haryadi Yansyah mengatakan…
Melihat 7 topik bahasan yang ada di buku itu, langsung terhenyak di pembahasan pertama yakni "bertahan dalam tekanan". Kayak yang, ya semua orang pasti menghadapi berbagai macam tekanan dalam hidup. Tinggal gimana cara menyikapinya, ada yang lolos (walau tertatih-tatih), tapi ada juga yang tidak (dengan mencari pengalihan ke hal-hal negatif kayak narkoba). Trus malah penasaran dengan pembahasan no.7 "dunia". Kayak yang, "wah kaitannya apa ya?" :)

Jadi mesti baca langsung buku Dunia Tak Berpihak ini kayaknya. Apalagi kalau bergaya diary, pasti enak dibaca (apalagi penulisnya suka baca chicken soup). Makasih ulasannya.
sylvianayy mengatakan…
kalimat "coba bangun pikiran posiitif dalam dirimu" itu pastii ngena banget sih ke semua orang karena setiap rang pasti memilik fase dimana kehidupannya terlihat suram. tapi kalo kita menanamkan hal-hal positif pasti semua masalah akan cepat berlalu
Lantana Magenta Hermosa mengatakan…
Very interesting book. Buku-buku non fiksi yang memberi semangat diperlukan banget saat-saat saya merasa limbung.
Jadi penasaran, pengen banget ngebacanya 😍
Nita Juwithafina mengatakan…
Pernah berpikiran seperti yang ada pada judul buku itu. Namun balik lagi, kalau bukan diri sendiri yang mengubah siapa lagi?? ya kan