Langsung ke konten utama

Review Buku: Misi Sholat 5 Waktu (Episode: Diari Sholat Imran)

Judul Buku: Misi Sholat 5 Waktu - Episode: Diari Sholat Imran

Penulis: Nazry Salam 

Ilustrator: Nazrul Ali 

Penerbit: PTS Publishing House Sdn Bhd.

Alih Bahasa: Syarief Nurhakim 

Diterjemahkan melalui Penerbit: Zikrul Hakim 

Tahun terbit: 2020, Cetakan Pertama 

ISBN: 978-602-342-293-7

Bahasa: Indonesia

Kategori: Komik Anak Muslim (U9+) 

Rating: 4.5/5 

Review Buku Misi Sholat 5 Waktu: Diari Sholat Imran, review buku karangan Nazry Salam, review buku Ilustrator Nazrul Ali, review buku Penerbit Zikrul Hakim, review buku PTS Publishing House Sdn Bhd,

***

Tentang Nazry Salam 

Nazry Salam merupakan pengarang asal Negeri Jiran, yang telah menelurkan karyanya berupa novel dan komik yang sudah berjumlah 20 buku lebih. Saya pun mengulik perihal tentang Nazry Salam di Goodreads, tak disangka karyanya mendapatkan rating yang baik yaitu di atas 4. Jadi memang wajar dong bila saya memberikan rating cantik pada karyanya tentang Episode: Diari Sholat Imran ini. Eh iya, kamu sudah pada membacanya belum? Baiklah kita simak sinopsisnya lebih dulu nih.

[Baca Juga: Review Novel Cruise to Alaska]

Sinopsis Buku Misi Sholat 5 Waktu 

Muhammad Imran bocah berusia 10 tahun yang duduk di kelas IV SD merasa kalut dengan pengajar Pendidikan Agama Islam yang baru yaitu Ustaz Azhar. Pengajar yang satu ini terkenal karena kerap memegang rotan panjang. Bukan itu saja, bagian dahinya sering mengerut dan terlihat hitam. Ditambah lagi dengan janggut panjangnya, dan ekspresinya yang galak.

Nah ketika Ustaz Azhar hendak uji praktik solat untuk siswanya, membuat berdebar bagi Imran. Pasalnya si Imran ini hanya melaksanakan 3 kali solat seumur hidupnya, yaitu saat Idul Fitri di umurnya delapan tahun, usia 9 tahun untuk solat Idul Adha, dan saat 10 tahun ikut melaksanakan solat jenazah neneknya. 

Orang tuanya tidak pernah menanyakan solat, Kakak perempuan maupun Abangnya tidak ada yang solat, serta pengajar di sekolahnya yang sebelumnya juga tidak pernah tanya tentang solat.

Oleh karena itu, Imran pun mengungkapkan perasaannya (eeaa curcol lah bahasa kerennya, hihi) melalui Buku Corat-Coret alias BCC. Bocah ini pun menguatkan tekadnya guna mempelajari teknik solat sebelum datangnya ujian praktik, selama seminggu. 

Review Buku Anak Misi Sholat 5 Waktu: Diari Sholat Imran, Resensi Buku Anak Misi Sholat 5 Waktu: Diari Sholat Imran, List Buku bacaan untuk anak, buku anak yang bermanfaat, daftar buku anak bermanfaat,

[Baca Juga: Peluncuran Buku 3 Macan Safari]

Ulasan Buku Episode Diari Sholat Imran

Tertarik untuk membeli buku Misi Sholat 5 Waktu (Episode: Diari Sholat Imran) ini, karena memang ingin menghadiahkan ke keponakan saya yang sudah berusia 8 tahun lebih. Belum sampe sih, masih 1 tahun lagi dari batas pembaca buku Diari Sholat Imran ini. Namun karena isinya yang bermanfaat kan tak masalah. 

Lagi pula, sebelum saya memberikan buku unik ini ke keponakan, saya baca dulu isinya mengenai apa. Bersyukurnya banyak hal bermanfaat yang dikupas, seperti:

A. Saling Mengingatkan dan Memberikan Contoh

Urusan solat ini bukanlah hal yang sepele, jadi kudu kerjasama di dalam rumah buat saling mengingatkan. Selain itu pengajaran dan memberikan contoh dapat menjadi teladan untuk mereka, agar memahaminya. Khususnya bila di dalam rumah ada Kakek, Nenek, Oom, Aunty, maka mereka turut berperan juga, karena hal tersebut pelan-pelan saya praktikkan ke keponakan. 

review buku ketika dunia tidak berpihak kepadamu

B. Pendidikan Agama di Sekolah 

Pelajaran Agama Islam di sekolah pasti selalu ada. Buat yang sekolahnya khusus mungkin terkait sholat ini baik praktek maupun teorinya bakal masuk ke bab Fiqh. Namun bagi yang sekolahnya umum, bisa mendukung peserta didik untuk sholat. Waktu saya sekolah, ada yang mengingatkan, serta karena tersedianya masjid jadi bisa sholat di masjid sekolah.

[Baca Juga: Antologi Sepotong Episode]

C. Buku Bacaan yang Bermanfaat

Penting juga nih menghadirkan buku bermanfaat artinya selain buku yang digunakan di sekolah, yang disesuaikan sama usia si anak, contohnya buku tentang praktek (yang biasanya dilengkapi ilustrasi), ini dapat menjadi langkah baik untuk dijadikan hadiah kepada ponakan maupun anak-anak. 

resensi Buku Misi Sholat 5 Waktu: Diari Sholat Imran, resensi buku karangan Nazry Salam, resensi buku Ilustrator Nazrul Ali, resensi buku Penerbit Zikrul Hakim, resensi buku PTS Publishing House Sdn Bhd,

Ada yang saya suka dari buku ala Nazry Salam ini yaitu gaya bahasa nya asik dicerna, sehingga memudahkan untuk usia anak lebih memahaminya dengan cepat. Terlebih lagi ilustrasinya itu bagus. Keren memang Nazrul Ali membuat karakter Imran dengan ekspresinya yang mengena. 

Buku Misi Sholat 5 Waktu ini banyak memberikan manfaat, gak hanya untuk anak-anak, tetapi juga buat kita yang sudah baligh, agar senantiasa tidak meninggalkan sholat. Semoga kita istiqomah hingga akhir hayat, aamiin.

Komentar

Talif mengatakan…
Kalau lihat sampulnya lebih elegan ya dan lebih ramah buat anak juga. Isinya sudah pasti bermanfaat. Cocok nih buat di rumah.
Han mengatakan…
MasyaAllah bisanih untuk rujukan anakku nanti mba biar terbiasa solat dengan baik dan benar. Biasanya kalau lewat buku gini jadi lebih nyenengin dan fokus belajarnya ya
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Membaca komik ini pelan-pelan si anak akan dilatih untuk sholat 5 waktu ya, Kak. Jelas keren sekali sih. Apalagi komik gitu kan. Yang mudah banget diterima sama bocah. Mereka pasti suka dengan banyaknya gambar alih-alih yang banyak tulisannya. Hehehehee
Yustrini mengatakan…
Buku yang sangat bermanfaat untuk anak-anak. Memang biasanya anak akan meniru apa yang dilakukan orang tua, seperti ibadah
Ria Nugros mengatakan…
Auntynya baik banget hadiahkan buku yang bermanfaat kayak gini. Biar keponakan makin rajin solat yaa
Eri Udiyawati mengatakan…
Cakep ini mah bukunya, emang cocok banget sih diberikan ke anak-anak.

Ya, di keluarga memang harusnya saling mengingatkan untuk salat. Agar sama-sama salat.
Hamimeha mengatakan…
wah menarik jika kita mengajarkan hal hal yang memang gak sulit ditanamkan ke anak2 kalo tidak biasa dilakukan sejak kecil, pendekatannya adalah membaca nah pakai komik gini cukup nmanjur

wah negeri jiran , masuk indo ya mbak bukunya pasarnya sampai luarnegri ya keren
Artha Nugraha Jonar mengatakan…
Buku seperti ini sangat membantu banget buat orang tua bisa memberikan pengajaran kepada anak-anaknya. Terkadang sebagai orang tua sebetulnya ingin memberikan pengajaran cuma tidak mengerti bagaimana caranya.
Lintang mengatakan…
Cocok buat anak-anak yang sedang belajar sholat. Apalagi kan anak kadang belum tau kalo ini adalah kewajiban. Bukan hanya untuk menggugurkan kewajiban. Melalui contoh cerita sederhana mungkin bisa memberi pesan lebih dalam buat mereka.
K. Niken mengatakan…
Anakku usia 8.5 tahun, bisa juga lah ya berarti baca buku misi solat 5 waktu ini. Hihi.

Edukatif ya bukunya. Sebagai pengingat juga buat kita mengenai solat dan lainnya.
Latifah Desti mengatakan…
menarik sekali mbak feni bukunya, memang media membaca ini kalau telaten dilakukan sama rang tua sangat bagus buat sarana belajar dan bonding anak dengan orang tuanya.
Didik Purwanto mengatakan…
Aunty yang pengertian deh nih. Btw, bahasa yang dipakai ini Indonesia atau Melayu ya kak? Kan aneh kl dijual di Indonesia tp pakai bahasa Melayu. Ya ada yg nyambung sih tp beberapa kata malah jd bingung. Apalagi ini buat anak SD.
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
buku bagus yang gampang dipahami anak yang mau belajar sholat. buku yang kudu disiapkan nih buat bacaan anak
www.faradiladputri.com mengatakan…
Noted! Kalau Rio agak gedean, mau beli buku ini ah hehehe. Seru dan edukatif ya. Tentu memperdalam ilmu agama Islam juga. Paket lengkap!
Dee_Arif mengatakan…
wah bagus ini ceritanya ya mbak
bisa mendorong anak anak untuk belajar shalat 5 waktu
Damar Aisyah mengatakan…
Bagus nih buat panduan ibadah anak-anak. Apalagi bahasanya mudah dicerna dan ada ilustrasinya ya. Pasti anak-anak seumuran anak saya suka baca buku agama model begini.
Sabrina mengatakan…
wah bisa jadi rekomendasi saya untuk kaish hadiah keponakan saya niy kak, agar mereka bisa belajar dari kecil soal sholat ini
Cocok dibaca bersama anakku ini
Apalagi ini tentang shalat lima waktu dimana anakku juga sedang mempelajarinya
Pasti senang si Salfa apalagi ilustrasinya menarik
Dian farida ismyama mengatakan…
Alhamdulillah berasa dapat mutiara sehabis baca review ini. Mau kuhadiahkan buat sulung ku nih mbak. Menarik kisah nya dan relate banget sama si sulung
Euisry Noor mengatakan…
Diliat dari sinopsisnya kayaknya menarik nih bukunya. Cocok & edukatif buat anak2 muslim. Aku belum pernah baca karya penulis buku anak dari negeri Jiran sebelumnya. Jadi kepo sama bukunya
Mutia Nurul Rahmah mengatakan…
Menarik juga bukunya, pas banget untuk edukasi anak seputar sholat ya. Mana desainnya kekinian juga
Nanie mengatakan…
Masya Allah buku bagus nih, cocok banget jadi kado buat anak atau ponakan, biar edukasi ttg sholat melalui cara yg menarik hati anak
Akarui Cha mengatakan…
Bukunya sudah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia kan, Kak Fenni. Boleh nih dikasih ke anaknya kakak sepupuku biar aku jadi aunty baik juga. Iya ya, kalau di rumah saja nggak ditanyain atau diajakin shalat dari kecil, bisa jadi anak nggak gercep dan fasih dalam gerakan dan bacaan shalatnya.
Parenting By Rey mengatakan…
Pengen belikan anak saya dong, bagus nih ceritanya, dan mengandung sponsor maminya biar nggak melulu ingatin sholat.
Kebetulan juga anak pertama saya tuh suka baca :)
lithaetr mengatakan…
Perlu 1 generasi dalam mendidik anak-anak. Begitu juga dalam mengenalkan salat. Sepertinya saya juga perlu ini bukunya buat anak-anak. Biar mereka lebih ikhlas dan senang hati dalam menjalankan salat 5 waktu
Lia Yuliani mengatakan…
Bagus juga nih buku anak kaya gini. Biar anak-anak bisa lebih paham kewajiban salat. Lihat dari covernya menarik, jadi pengen punya buku ini buat anakku deh.
Maria G Soemitro mengatakan…
saya baru tau tentang Nazry Salam, hihi kudet ya?

ntar saya cari ah, sekalian cari karyanya juga

karena saya juga lebih suka ngasih hadiah buku ke keponakan

hadiah yang abadi
Katerina mengatakan…
Buku seperti ini tidak ada kata tidak bermanfaatnya. Cocok dibaca oleh anak seusia Imran atau dengan umur kurang lebih sama dengan Imran ya. Dibeli buat anak, keponakan atau anak-anaknya teman sebagai hadiah, pasti lebih cocok dan berguna.
Farida Pane mengatakan…
ini aku banget sih, pas umur 10 tahun. sebelumnya emang enggak dituntut karena belum umurnya. begitu udah 10 tahun, dikasih waktu seminggu sama guru buat tes praktik salat lengkap. heboh!
Dee_Arif mengatakan…
Buku yang sangat bermafaat ya mbak
bisa menjadi inspirasi bagi anak anak untuk selalu shalat lima waktu
Wahid Priyono mengatakan…
Buku2 pendidikan islam seperti ini sangat bagus diterbitkan dan dikonsumsi publik. Solat 5 waktu emang penting banget. Pernah denger kata seseorang. "Percuma harta jabatan tinggi kalau solatpun ditinggalkan, maka jagalah solatmu".
Annie Nugraha mengatakan…
Meskipun temanya ringkas tapi makna didalamnya terasa luas dan sarat makna. Mengajarkan satu kewajiban sebagai seorang muslim di usia dini adalah tanggung jawab orang dewasa yang berada di sekitarnya. Tepat banget Fen jika dijadikan hadiah untuk anak-anak yang menjelang baliqh, seperti keponakan Fenni.
Nurul Sufitri mengatakan…
Buku yang patut dibaca baik oleh anak2 maupun orang tua. Karena mengajarkan itu harus dengan memberi contoh bukan sekadar kata2 :D Bagus buku misi sholat 5 waktu ini. Bisa untuk diri sendiri maupun hadiah.
Windi astuti mengatakan…
nambah insight banget ini kak, insha allah bisa jadi buku rekomendasi kedepan nih saat anak masuk usia wajib sholat. menasehati tanpa menggurui ya
Ratna K mengatakan…
Keren banget ini bukunya, disampaikan secara ringan tapi misi pendidikannya masuk ke anak ya. Kupikir ini buku ceklis sholat pas ramadhan hehe, ternyata isinya menarik!
Maria tanjung sari mengatakan…
Anak itu tidak bisa dipaksakan ya mbak ketika harus belajar sesuatu hal. Nah, sama halnya dengan sholat 5 waktu akan lebih mengenai kalau dibuat dengan bacaan yg menyenangkan
andyhardiyanti mengatakan…
Menarik nih bukunya, didukung sama ilustrasi yang pastinya bikin betah para pembaca. Kedua anak saya lagi senang-senangnya membaca, bakal suka nih mereka baca buku ini.
Lasmicika mengatakan…
Buku bagus! Nah ini keknya bentar lagi aku nyari buku-buku anak kek gini lagi kalo bayi Gilar-ku udah 2 tahun. Punya kakak-kakaknya dulu udah pada rusak.
Tapi aku mending buku rusak karena sering dibaca deh, daripada buku rapi bagus nggak pernah dibaca.
Mporatne mengatakan…
Dengan pengalaman membaca buku ini anak jadi belajar bahwa sholat itu penting. Apalagi enak di baca
Annafi mengatakan…
Bagus nih bukunya untuk bimbing anak buat rajin ibadah. Kalo dulu aku masih dipanggil berkali-kali buat solat wkwkwk
Artha mengatakan…
Betul sekali. Dg adanya keluarga yang tanya udah solat atau belum, jd bs mempertebal keinginan untuk rajin solat. Bukan...bukan agar disebut 'baik' di kata manusia, tp kadang emang ada alpa-nya kan. Kalo gak diingatkan, bakal gak dilakukan. Lama2 jd malas
Indri mengatakan…
Anakku wajib baca juga nih bukunya agar dia lebih paham akan kewajiban yang harus dijalani umat muslim
Yettie herawati mengatakan…
Keluarga memang merupakan madrasah pertama kali untuk seorang anak, jadi kebaikan memang harus di mulai dari keluarga..
Bunda ayeen mengatakan…
Masya Allah buku nya mba, cocok buat orang tua yang ingin mulai mengajarkan anak berlatih sholat sejak dini.
Sapti nurul hidayati mengatakan…
Bagus nih mbak, untuk memotivasi anak yang kadang malas-malasan sholat. Ya, sebelum akhirnya menjadi kesadaran,, awalnya ibadah harus dibiasakan
Hallowulandari mengatakan…
pendidikan terbaik buat anak emang percontohan ya kak, percontohan yang baik, buku bacaan yang baik ke anak2 akan terpatri di alam bawah sadar anak,
Moch Ferry Dwi Cahyono mengatakan…
Buku anak yang disukai salah satunya dominasi gambar disertai tulisan, buku diatas memenuhi syarat di atas, sehingga pas buat mendidik sholat 5 waktu