Langsung ke konten utama

Tanggal 30 Hari Nasional dan Hari Internasional

Tanggal 30 Hari Nasional dan Hari Internasional, tanggal 30 ada apa, tanggal 30 peringatan apa, tanggal 30 hari apa, tanggal 30 ada momen apa, tanggal 30 desember ada apa, tanggal 30 november ada apa, tanggal 30 oktober ada apa, tanggal 30 september ada apa, tanggal 30 agustus ada apa, tanggal 30 juli ada apa, tanggal 30 juni ada apa, tanggal 30 mei ada apa, tanggal 30 april ada apa, tanggal 30 maret ada apa, tanggal 30 januari ada apa,

Jumpa lagi kita jelang akhir bulan Januari. Mmm, adakah yang tahu pada tanggal 30 Januari ada Hari Nasional dan Hari Internasional apa? Jawabannya adalah belum ditemukan. 

Loh kok belum ditemukan?

Alasannya, saya ngubek-ngubek informasi tentang Tanggal 30 Hari Nasional dan Hari Internasional ternyata sedikit yang diperoleh. Mungkin karena akhir bulan ya, jadi tidak banyak peringatan baik nasional dan dunia di akhir bulan. Namun bila ternyata kamu mengetahui, maka bisa sampaikan di kolom komentar ya. Biar nanti dapat saya update informasinya.


30 Maret

Hari Film Indonesia

Hari Film Indonesia atau Hari Film Nasional yang diperingati setiap tanggal 30 Maret berangkat dari hari pertama pengambilan film yang disutradarai oleh Usmar Ismail yaitu Darah dan Doa pada tanggal 30 Maret 1950. Film tersebut merupakan film lokal pertama yang sutradara dan perusahaannya dari Indonesia. Dari situlah kita jadi mengenal Hari Film Nasional dan ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 25 Tahun 1999, yang Presiden RI saat itu adalah Bapak B.J. Habibie.

Tanggal 30 Hari Nasional dan Hari Internasional, tanggal 30 ada apa, tanggal 30 peringatan apa, tanggal 30 hari apa, tanggal 30 ada momen apa, tanggal 30 desember ada apa, tanggal 30 november ada apa, tanggal 30 oktober ada apa, tanggal 30 september ada apa, tanggal 30 agustus ada apa, tanggal 30 juli ada apa, tanggal 30 juni ada apa, tanggal 30 mei ada apa, tanggal 30 april ada apa, tanggal 30 maret ada apa, tanggal 30 januari ada apa,

30 Juli

Hari Ikrar Kegiatan Pramuka

Mungkin selama ini kita mengenal adanya Hari Pramuka setiap tanggal 14 Agustus. Namun ternyata dua minggu sebelumnya ada pula Hari Ikrar Kegiatan Pramuka atau Kepanduan yang sudah dimulai semenjak tanggal 30 Juli 1961. Di momen ini meleburnya organisasi Gerakan Pramuka menjadi Kepanduan artinya milik Indonesia, karena saat itu kegiatan kepramukaan masih dalam pengawasan Belanda seperti NIVP (Nederlandesche Indische Padvinders Vereniging).


30 Agustus

Hari Internasional Penghilangan Paksa

Tanggal 30 Agustus 2011 menjadi langkah awal ketika Majelis Umum PBB menetapkan sebagai Hari Internasional Penghilangan Paksa. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan dukungan moral terhadap keluarga korban yang ditinggalkan dimana seorang anak atau orangtua yang terpisah secara paksa, akibat dari penghilangan paksa seperti penangkapan, perampasan kemerdekaan dan lain-lain. Di negara kita, peristiwa tersebut pernah terjadi, beberapa diantaranya adalah peristiwa Tanjung Priok tahun 1984, Rudangta Sitepu yang dinyatakan hilang pada tahun 2016 oleh otoritas Malaysia.


30 September

Hari Peringatan Pemberontakan G30S/PKI

Kalau mengingat tanggal 30 September, serta merta akan terlintas dengan peristiwa G30S/PKI, Lubang Buaya dengan 7 jenderal yang menjadi korban (Letjen Ahmad Yani, Mayjen Raden Suprapto, Mayjen Mas Tritodarmo Haryono, Mayjen Siswondo Parman, Brigjen Donald Isaac Panjaitan, Brigjen Sutoyo Siswomiharjo, dan Lettu Pierre Andreas Tendean). Untuk sejarahnya pasti teman-teman sudah banyak mengetahui literaturnya. Jadi di sini sambil membaca artikel ini, yuk selipkan doa untuk para pahlawan dan kedamaian di bumi kita ini, aamiin.


Tanggal 30 Hari Nasional dan Hari Internasional, tanggal 30 ada apa, tanggal 30 peringatan apa, tanggal 30 hari apa, tanggal 30 ada momen apa, tanggal 30 desember ada apa, tanggal 30 november ada apa, tanggal 30 oktober ada apa, tanggal 30 september ada apa, tanggal 30 agustus ada apa, tanggal 30 juli ada apa, tanggal 30 juni ada apa, tanggal 30 mei ada apa, tanggal 30 april ada apa, tanggal 30 maret ada apa, tanggal 30 januari ada apa,

30 Oktober

Hari Keuangan

Hayoo.. siapa pembaca Kisah di Blog Fenni Bungsu ini yang tata kelola keuangannya masih belum rapi?

Oke… ada? Baik kita setengah server, hahaha.

 

Apa sih maksudnya setengah?

Soalnya saya nyaris rapi, jika inget. Meski banyak lupanya juga sih, hihi.

Tak masalah, yang penting jadikan tanggal 30 Oktober sebagai tanggal penting buat mengelola finansial lebih rapi lagi. Ya, tapi jangan pas tanggal 30 Oktober karena diperingati sebagai Hari Keuangan saja baru rapi itu keuangannya, bisa dilakukan setiap hari sih ya, semoga, hehe.

Nah peringatan Hari Keuangan ini sebenarnya berkaitan dengan launching-nya ORI atau mata uang pertama kalinya pada 30 Oktober 1946. (Oeang Republik Indonesia), yang berfungsi juga sebagai alat pemersatu bangsa. (Artikel selengkapnya tentang mata uang dapat kamu baca di: 5 Trik Tumbuhkan Cinta,Bangga, dan Paham Rupiah).

 

Sumber materi: Kompas.com ; Wikipedia; Tirto

Komentar

Hermansyah mengatakan…
Tanggal 30 April Hari Keterbukaan Informasi Nasional dan Hari Jazz internasional.
Ursula Meta Rosarini mengatakan…
Aku taunya cuma hari Film ama G30S/PKI doang beb hahaha, hari pramuka tau banget tp baru tau kalau ada hari ikrarnya juga hhehhe
http://www.inatanaya.com mengatakan…
Wah ternyata tiap tanggal 30 hampir tiap bulan ada hari Nasional. Saya belum pernah memperhatikan. Senang juga jika ada usul tgl 30 Oktober sebagai Hari Keuangan. Ha..ha.... ternyata ini ide serius...
Maria G Soemitro mengatakan…
ternyata lumayan banyak hari peringatan yang jatuh di tanggal 30 ya?

saya cuma tau hari G30SPKI

penting banget tulisan seperrti ini untuk mengingatkan kita
Iva C Wicha mengatakan…
Hahahah, setiap nih kita mba..
Rapi klo pas inget aja ya, ga cma soal keuangan klo aku mah,heheheh
Trnyata byk peringatan ya di tgl 30, jujur bru tau yg terakhir aku tuh
Antung apriana mengatakan…
paling diingat pasti tanggal 30 september ya kalau buat negara kita. trus itu selain hari pramuka juga ada hari ikrar pramuka ya ternyata
Visya Al Biruni mengatakan…
Di antara semua peringatan, yang Hari Internasional Penghilangan Paksa itu baru aku tau. Ternyata ada yaa hehe unik tapi semoga ngga terjadi lagi kasusnya ya
Eka FL mengatakan…
Kak, rajin ya nyari hari besar di tanggal 30, kepikiran gitu, hehehe. tapi saya jadi tahu kalo ada hari internasional penghilangan paksa. beneran loh, ternyata ada ya. harusnya sih hari - hari besar seperti ini di tulis juga di kalender ya. bukan hanya hari besar keagamaan atau hari pahlawan
Ariefpokto mengatakan…
Banyak sekali peringatan hari yang saya baru tau, Tapi Hari Penghilangan Paksa termasuk yang paling mengagetkan , karena baru tahu banget. Menarik juga menelusuri hari hari peringatan seperti ini
Ning! mengatakan…
Yang paling inget tanggal 30 september sebagai hari peringatan 30 S PKI, peristiwa sejarah yang cukup mengguncang Indonesia.
nchie hanie mengatakan…
Baru ngeh juga tanggal 30 banyak perayaannya, yang familiar G30S/PKI aja hahahaa. Ketauan deh jadulnya. Peristiwa yang bener2 nempel di otak dan kejadian2nya sampe hafal dan pahlawan2nya , rutin yaa nonton tiap tahun .
Dee_Arif mengatakan…
Wah ternyata banyak juga peringatan bersejarah di tanggal 30
Selama ini tahunya sih cuma 30 September saja
Yusriah Ismail mengatakan…
baru tahu tgl 30 yg hari G-30S PKI aja,hehehe dan ternyata tiap bulan ada hari nasionalnya yaa.. menarik banget mbaa
JELAJAH MIA mengatakan…
Taunya yang hari film sama hari G30S PKI aja, ternyata ada hari lain juga ya