Langsung ke konten utama

6 Pilihan Universitas Swasta di Bandung dengan Akreditasi A

Daftar Universitas Swasta di Bandung Terbaik

Rekomendasi Pilihan Universitas Swasta di Bandung dengan Akreditasi A


Tentunya memilih kampus bukanlah hal yang mudah. Apalagi ketika kamu hendak memilih universitas swasta di Bandung. Ya, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan karena hubungannya dengan dunia kerja. Salah satu yang tak boleh ketinggalan dalam memilih kampus adalah nilai akreditasi kampus. Akreditasi adalah standar nilai serta kualitas mutu dari lembaga pendidikan. Lembaga di Indonesia yang mengeluarkan akreditasi adalah BAN-PT. 

Akreditasi menjadi hal penting dalam pemilihan kampus karena akreditasi menjadi cerminan atau wajah suatu kampus. Baik akreditasinya, maka baik pula mutu atau kualitas pendidikannya. Daya saing dari lulusannya akan lebih terjamin. Selain itu, akreditasi juga mempengaruhi syarat untuk melamar pekerjaan baik ke instansi pemerintah maupun swasta.

Universitas Swasta di Bandung langsung kerja
dok. Pixabay/nikolayhg

Universitas di Bandung dengan Akreditasi A

Bandung selain disebut sebagai Kota Kembang, juga terkenal dengan sebutan kota pendidikan. Nah, di sini kamu bisa menemukan banyak universitas berkualitas lho. Bagi kamu yang berniat kuliah di Bandung, di bawah ini saya berikan beberapa rekomendasi universitas swasta di Bandung terbaik yang memiliki akreditasi A, sebagai berikut:

1. BINUS @Bandung

Nah, diantara banyak universitas swasta di Bandung, BINUS @Bandung menjadi salah satu pilihan terbaik. Selain sudah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT sejak tahun 2016, banyak sertifikat akreditasi lainnya yang sudah didapatkan oleh kampus ini. BINUS @Bandung juga hadir untuk menjawab kebutuhan warga masyarakat Bandung untuk sebuah pendidikan yang berkelas dunia.

BINUS @Bandung memiliki beberapa pilihan program studi antara lain Desain Interior, Creativepreneurship, Desain Komunikasi Visual, Digital Business Innovation, Ilmu Komputer, serta Interactive Design and Technology

2. UNIKOM - Universitas Komputer Indonesia

Jika kamu adalah seorang yang memiliki minat dan bakat dalam bidang teknologi komputer, kamu bisa memiliki Unikom atau Universitas Komputer Indonesia. Banyak pilihan program studi di Unikom mulai dari Teknik Sipil, Akuntansi, Ilmu Komputer, Teknik Informatika dan sebagainya. 

3. UNPAR – Universitas Katolik Parahyangan

Universitas yang berbasis Katolik ini telah berdiri sejak tahun 1955 dan saat ini sudah banyak memiliki pilihan program studi. Beberapa fakultas yang bisa ditemui disini antara lain fakultas ilmu sosial dan politik, fakultas filsafat, fakultas teknik, fakultas teknologi industri, fakultas ekonomi, fakultas teknologi informasi dan sains, serta fakultas hukum. Selain itu memiliki banyak pilihan jurusan, UNPAR juga memiliki fasilitas pendidikan yang cukup lengkap untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. 

Baca Juga: Bahasa-bahasa yang Perlu Dikuasai

4. UNISBA - Universitas Islam Bandung

Universitas ini berdiri sejak tahun 1967 dan saat ini telah menjadi perguruan tinggi swasta tertua dan prestisius di Indonesia. Kualitas pendidikan di Unisba juga sudah terjamin terbukti dengan akreditasi A di beberapa fakultasnya. Unisba juga menjadi salah satu perguruan tinggi Islam yang maju, mandiri dan cukup terkemuka di Asia.

5. Universitas Telkom

Universitas swasta di Bandung dengan akreditasi A lainnya adalah universitas Telkom. Saat ini Universitas Telkom telah memiliki 7 fakultas dengan 40 program studi sebagai pilihan bagi para calon mahasiswa. Selain memiliki dosen berkualitas yang kompeten dibidangnya, universitas Telkom juga bekerjasama dengan banyak perguruan tinggi terbaik nasional maupun internasional untuk meningkatkan kualitas pendidikannya. 

6. UMB – Universitas Muhammadiyah Bandung

Universitas yang terletak di kota Bandung ini merupakan jaringan dari pendidikan Muhammadiyah. Universitas yang kini telah memiliki akreditasi A ini, sekarang memiliki beragam pilihan fakultas mulai dari kedokteran, teknik, agama hingga ekonomi. 

cara daftar universitas swasta Binus @Bandung
dok. https://binus.ac.id/bandung/

Alasan Mengapa Memilih BINUS @Bandung Sebagai Tujuan Kuliahmu

Itulah beberapa ulasan universitas swasta di Bandung yang memiliki kualitas pendidikan yang tidak abal-abal. Diantara beberapa universitas swasta di atas, salah satu yang direkomendasikan adalah BINUS @Bandung. Kenapa? Dari pengalaman penulis, ada beberapa alasan yang membuat BINUS @Bandung tepat dijadikan menjadi tujuan kuliah. 

Pertama, BINUS @Bandung memiliki kualitas pendidikan terbaik. Hal ini dibuktikan tak hanya dari sertifikat akreditasi yang dimiliki, namun juga dari kurikulum yang diterapkan. Ya, BINUS @Bandung menerapkan kurikulum Internasional dalam pembelajarannya. Artinya setiap materi yang diajarkan di BINUS sudah pasti diajarkan di kampus-kampus luar negeri. Tentu ini sangat penting mengingat persaingan global yang kian ketat.

Kedua, prestasi BINUS yang membanggakan. Ya, berdasarkan hasil survei oleh lembaga pemeringkatan internasional, BINUS masuk dalam daftar 10 universitas terbaik di Indonesia. Dengan prestasi ini tentu menjadikan nilai tambah bagi para mahasiswanya ketika mereka masuk ke dunia kerja. 

Baca Juga: Hardiknas untuk Kini dan Masa Depan

Ketiga, fasilitas di BINUS @Bandung cukup lengkap khususnya yang mampu menunjang kegiatan belajar mengajar. Beberapa contoh fasilitas tersebut antara lain studio desain grafis, laboratorium komputer, dan perpustakaan. 

daftar universitas swasta di Bandung akreditasi A
dok. pixabay/robtowne0

Intinya, BINUS @Bandung adalah sebuah pilihan tepat bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah. Apalagi jurusan kuliah di BINUS @Bandung juga cukup menjanjikan lho. Berdasarkan banyak sumber, kebutuhan akan lulusan dari jurusan-jurusan seperti DKV, ilmu komputer, dan creativepreneurship akan meningkat pesat beberapa tahun kedepan. 

Komentar

Bayu Fitr mengatakan…
Wah banyak ya univ di Bnadung dengan akreditasi A semoga mendapat pilihan terbaik deh ya
HendraDigital mengatakan…
Kalo kualitas BINUS sih sepertinya sudah tidak diragukan lagi ya. Mulai dari fasilitas, jurusan yang bisa dipilih, tenaga pengajar hingga program mata kuliah pun beragam sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Very nice info Mba Fenni. Saya jadi tau nih beberapa kampus swasta di Bandung yang recommended, sehingga punya banyak pilihan
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
Wihhhh kalau begini bisa perbandingan mana yang bisa sesuai dengan kemampuan anak dan kemampuan finansial juga. Orang tua juga bisa support anak untuk kuliah di universitas terbaik dan berkelas
Fera Marentika mengatakan…
waaah! keren-keren ini kampusnya ^^ aku juga dulu kuliah di bandung.. semoga kampus-kampus ini bisa mempertahankan akreditasinya dan terus meningkatkan kualitas pendidikannya, Aamiin..
deamerina mengatakan…
Binus nih pasti ya masuk daftar universitas top di mana-mana. kualitas pendidikannya udah terjamin sih soalnya. lulusannya juga terbukti
Andiyani Achmad mengatakan…
salah satu universitas impianku untuk anakku kelak ada di Bandung
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
Bisa jadi rujukan buat orang tua dan calon mahasiswa untuk mencari jurusan dan kampus yang bagus sih ini. Jadi ngga binung lagi dong ya
Antung apriana mengatakan…
binus ini memang dari dulu sudah terkenal banget yaa. lulusannya juga pasti oke nih karena akreditasinya A
Luluk Sobari mengatakan…
Buat yang mau kuliah di Binus tapi nggak bisa tinggal di Bandung, boleh juga ikut perkuliahan onlinenya, Kak. Pokoknya keren mah Binus, udah prestasinya banyak, standarnya internasional, ada program kelas onlinenya lagi.
Bambang Irwanto mengatakan…
Bandung tidak hanya kota untuk wisata dan kulineran, tapi juga banyak universtas bagus ya, Mbak. kalau universitas Telkom sepertinya dulu belum universitas, masih institut. karena ada tetangga saya waktu di Makassar yang kuliah di sana. Nah, kalau Binus ini,memang sudah terkenal, termasuk di Jakarta juga.
Deeva Collection mengatakan…
Pantas saja BINUS banyak dibicarakan, ternyata sudah terakreditasi A dan menerapkan kurikulum internasional. Jadi makin berkualitas nih lulusannya
pengen kuliah di Binus karena terkenal dengan sistem kuliahnya yang OK
Semoga kesampaian kuliah S3 disana
Han mengatakan…
BINUS akreditasinya A ngga heran sih, mulai dari fasilitasnya yang wawww dan nggapernah kulihat di kampusku yang PTN bahkan haha.. harusnya univ negeri harus mulai ketar ketir nih karena pelayannan dan fasilitas ngga se-wowww kampus swasta kayak BINUS gini contohnya
Eri Udiyawati mengatakan…
Di Bandung berderet-deret kampus swasta terbaik nih. Enggak bakalan bingung lagi kau kuliah di mana karena banyak pilihan dan jurusannya.
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Jurusannya banyak yang sedang dibutuhkan di era digital saat ini ya mba. Kalau ngga keterima di PN, better ke Binus ini aja sih.
Didik Purwanto mengatakan…
Gila. Kampus2 keren ada di sono semua tuh. Yg swasta ini emg ga kalah keren dr yg negeri. Mana suasana di Bandung tuh ngangenin banget. Buat belajar enak, buat liburan enak, pokoknya hawa Bandung tuh beda bgt ama kota2 lain di Indonesia.

Apalagi pas kereta cepat ntr resmi jalan, bs gampang bgt tuh kl kuliah PP Jkt Bdg hehe. Mknya yg kuliah weekend gt. Kan ada yg S2 nya. Hehe.
Siti Nurjanah mengatakan…
Nah akreditasi perguruan tinggi bisa bantu untuk memilih dan masuk dunia kerja nantinya.
Binus sebagai salah satu perguruan tinggi swasta begitu banyak diminati karena bertaraf international dengan kegiatan belajar mengajar pun cukup fleksibel
Erin Herlina mengatakan…
Di Bandung memang banyak sekolah swasta yang keren-keren. Dulu pengin banget kuliah di UNIKOM, tetapi takdir berkata lain.
Eka FL mengatakan…
Banyak juga ya kampus/universitas di Bandung dengan akreditasi A. Tapi kalau mau kuliah jurusan DKV atau TI, better di BINUS aja sih, kompetensi lulusannya dijamin punya skill yang sesuai di bidangnya. Dan banyak yang diterima di perusahaan.
April Hatni mengatakan…
Jadi ingat dulu waktu menentukan mau kuliah di mana, ujung-ujungnya ya memilih kampus yang mempunyai akriditas baik.
Okti Li mengatakan…
Seperti yang saya bilang, pengen kuliah deh jadinya pas tahu ada kelas online di Binus ini. Tapi saingannya pasti saya kalah secara mereka banyaknya anak muda. Hehehe ...
M. Rizki Riswandi, S.Kom mengatakan…
BINUS memang terkenal sebagai salah satu universitas swasta terbaik di kota Bandung ya kak. Temen saya ada beberapa orang yang lulus masuk BINUS ambil s2 jalur beasiswa, mantep banget.
Kyndaerim mengatakan…
BINUS Bandung memang keren sih ya. Kualitas pendidikannya terbaik, prestasinya juga nggak main² trus fasilitasnya lengkap pula. Fix, kampus recommendded sih ini!
Ranggi's Travel Story mengatakan…
Binus membuka cabang di Bandung? Waah asik sekali, memang BINUs itu bagus, kantor suami saya juga menjalin kerjasama dengan Binus untuk lulusan IT nya. (Gusti yeni)
Akarui Cha mengatakan…
Anak sekarang kalau nyari kampus swasta, banyak sih yang milih BINUS. Dijamanku kuliah dan sering lomba sana-sini aja, univ swasta yang jadi saingat berat tuh salah satunya BINUS. Senang kalau sekarang BINUS hadir juga di Bandung, jadi buat adik-adik atau mentemen yang mau lanjut kuliah bisa pilih kampus yang bikin nggak perlu jauhan sama keluarga tapi kualitasnya sudah cukup bagus.
Dee_Arif mengatakan…
Banyak juga ya universitas swasta di Bandung yansatu yang paling recommended ya BINUS Bandung ya mbak
Monica Anggen mengatakan…
Banyak ya sekarang pilihan kampus dengan akreditasi A, dan di Bandung lagi. Kemarin anakku sempat pengen lanjut kuliah ke Bandung. Cuma karena sayang siangnya dia ga bisa sambil kerja di Bengkel, akhirnya ga jadi
Windi astuti mengatakan…
entah kenapa kalau denger universitas bandung itu kayak kampus yang disana emang kandangnya orang teknologi, hhhe. Apalagi tahu universitas telkom masuk jajaran universitas berakreditasi A di BAndung. Universitas yang bikin flash back beberapa tahun lalu, takut masuk jurusan TIK :D.
laila dzuhria mengatakan…
Binus mah memang tiada duanya. Sekeren itu Binus... universitas Telkom juga bagus mbak. Sepupuku ada yang kuliah di sana juga. Dan lulus pun dia langaung dapat pekerjaan dari telkom. Rezeki banget ya. Lulus langsung dapat pekerjaan, hehehe.
laila dzuhria mengatakan…
Binus mah memang tiada duanya. Sekeren itu Binus... universitas Telkom juga bagus mbak. Sepupuku ada yang kuliah di sana juga. Dan lulus pun dia langaung dapat pekerjaan dari telkom. Rezeki banget ya. Lulus langsung dapat pekerjaan, hehehe.
dessy achieriny mengatakan…
Binus terkenal bagus. Saudaraku banyak anaknya juga milih kuliah di universitas Telkom dan UNIKOM jg mbak. Cuma BINUS termasuk mehong kayaknya ya ahaha.
Kapan hari juga baca baca soal Binus
Sepupuku ada yang mau kuliah di situ tahun depan
Jadinya aku cari info
Annie Nugraha mengatakan…
Anak sulungku tamatan TelU (Telkom University) Bandung. Sementara adiknya sekarang sedang menimba ilmu di Binus Jakarta. Tadinya adiknya pengen kuliah di Bandung, tapi ternyata fakultas yang dia inginkan adanya di Jakarta. Keenam opsi yang di atas bagus semua menurut saya. InshaAllah, jika semua anak kuliah dengan bersungguh-sungguh, menggali ilmu dengan baik, kuliah dimanapun hasilnya akan tetap baik. Satu yang perlu diperhatikan adalah masalah AKREDITASI. A adalah wajib agar mendapatkan ranking penilaian yang baik saat hendak mencari kerja.
mardanurdin.com mengatakan…
Banyak yg menjadikan niversitas swasta sebagai kampus alternatif setelah gagal masuk di universitas negeri, tapi tidak sedikit yg langsung memilih itu sebagai pilihan pertama, seperti Binus ini. Tentu karena kualitasnya yg tidak diragukan lagi.
Bambang Irwanto mengatakan…
Bandung memang jadi salah satu tujuan kuliah. Di Bandung banyak universitas bagus dengan akreditasi A. Termasuk BINUS yang mempunyai banyak jurusan pilihan.
Maria G Soemitro mengatakan…
wah Binus baru berdiri di Bandung udah akreditasi A

keren emang,

Keponakan saya kuliah di sini karena tau alumni Binus gampang cari kerja
Dee_Arif mengatakan…
BINUS University adalah salah satu kampus swatsa dengan akreditasi A yang layak jadi pilihan pendidikan ya mabk
Okti Li mengatakan…
Kagum dengan studio design grafis yang dimiliki Binus Bandung ini. Secara universitas lain kan biasanya masih memiliki sekelas laboratorium komputer aja. Kalau studio design ini sepertinya masih ekslusif ya...
Mahasiswa belajar dan praktik nya bakalan lebih maksimal tuh
Okti Li mengatakan…
Kagum dengan studio design grafis yang dimiliki Binus Bandung ini. Secara universitas lain kan biasanya masih memiliki sekelas laboratorium komputer aja. Kalau studio design ini sepertinya masih ekslusif ya...
Mahasiswa belajar dan praktik nya bakalan lebih maksimal tuh
Lia Lathifa mengatakan…
Keponakanku juga sedang kuliah di salah satu universitas Bandung ambil jurusan catering pariwisata gitu, anak tetangga pun kuliah di PoltekPos Bandung. Sepertinya Bandung nih memang jadi magnet calon mahasiswa ya, termasuk Binus
Dian Restu Agustina mengatakan…
Anakku pernah kunjungan ke BINUS dan terkagum-kagun dengan program, fasiltas dan layanannya. Tak heran jika mendapatkan akreditasi A! Sekeren itu memang!
April Hamsa mengatakan…
Kayaknya satu yang belum kesebut nih mbak, yakni Tel-U ini juga akreditasinya ok.
Tapi emang Binus juga diakui sebagai kampus swasta no 1 sih ya. Aku baru tahu kalau ada kampusnya juga nih di bandung. Jurusan2nya juga kekinian sekali ya mbak sesuai dengan peminatan anak2 zaman now. Thanks infonya.
Siska Dwyta mengatakan…
Wah banyak juga ya pilihan Kampus yang memiliki akreditasi A di Bandung. Di Binus juga boleh banget nih karena dengar2 itu termasuk kampus ternama dan banyak menghasilkan lulusan yang berprestasi dan sukses di dunia karir.
lendyagassi mengatakan…
Sekolah di Bandung dengan begitu banyak pilihan kampus, semoga menjadikan siswa SMA sekarang mempersiapkan diri dengan baik untuk memetakan yang diinginkan.
Ikut senang karena kuliah di BINUS Bandung termasuk salah satu kampus swasta terbaik.
Siti Faridah mengatakan…
Banyak juga kampus swasta keren di Bandung dan aku baru tahu setelah baca postingan ini. Baca postingan ini kok aku jadi pengen kuliah di Bandung ya....
gemaulani mengatakan…
Waaah di Bandung banyak banget pilihan kampus yang terakreditasi A ya kak. Dan jujur aku baru tahu kalau Binus ternyata ada yang cabang Bandung ya. Penasaran sama jurusan Desain Komunikasi Visualnya aku tuh.
Indah Nuria Savitri mengatakan…
Makin banyak pilihan universitas yang bagus dan berakreditas A di Bandung ya mba.. pas buat yang anak - anak akan segera kuliah nih
Winda - dajourneys.com mengatakan…
jaman aku mau kuliah dulu, BINUS adanya cuma di Jakarta, sekarang udah ada di Bandung juga ya mba, duh jadi deket deh ga usah jauh ke ibukota lagi heheee
Nia K. Haryanto mengatakan…
Binus sih memang universitas swasta yang bagus. Gak percuma deh ngeluarin uang lebih ya kalo tempat kuliahnya berkualitas. Lulusannya bisa bermanfaat di masyarakat.
Ida T mengatakan…
BINUS memang bagus meski memang cukup mahal (Ada harga ada kualiatas ya Mba ..hehe) tapi mereka juga menyiapkan jalur beasiswa juga ternyata ya ...
Diah Alsa mengatakan…
banyak ya pilihan kuliah di Bandung, apalagi akreditasinya bagus semua. Dulu waktu ikut pelayaran, ada beberapa teman dari kampus-kampus ini.
kayaknya sekarang lagi banyak yang bahas BINUS ya, boleh nih jadi rekomendasi ke adik-adik yang mau lanjut kuliah tapi masih bingung pilih yang mana.
lendyagassi mengatakan…
Pilihan terbaik memilih jurusan dan kuliah di kampus yang sudah memiliki akreditasi BAN-PT. Sehingga ketika lulus maka lebih mudah mencari pekerjaan yang sesuai.
Siska Dwyta mengatakan…
Jadi gak ragu ya memilih BINUS karena termasuk salah satu kampus swasta di Bandung yang berkareditasi A.
Sabrina mengatakan…
wah kalau BInus sih udah ga diragukan ya memang bagus banget secara kualitas jadi ga perlu ragu lagi masuk kamus bergengsi dan terkenal dengan mahasiswanya yang pintar-pintar
Siti nurjanah mengatakan…
Binus termasuk salah satu kampus favorit dan banyak direkomendasikan orang untuk kuliah disamping fasilitas yang lengkap juga tenaga pengajarnya cukup berpengalaman
Monica Anggen mengatakan…
Setelah baca tulisan ini beberapa hari lalu, balik lagi ke sini dan jadi pengen lanjutin kuliah. Selama ini kendalaku kan manajemen waktu dan gak mungkin hadir kelas tatap muka. Nah, di Binus kan ada kelas online-nya, bisa nih
Meilia Wuryantati mengatakan…
Wah Iyah ini jadi perdebatan antara aku sama anak bujang yang emang lagi nyari2 kampus akreditasi A di Bandung nih, bisa jadi pilihan terbaik yah BINUS Bandung, rekomen nih buat anak bujang
Naqiyyah Syam mengatakan…
Binus Bandung emang kece banget ya semoga semakin banyak lulusannya sukses dan berjaya. Anakku mau kuliah ini aja aku deg-degan sih, masya Allah kampuas swasta sekaran keren-keren ya
Fera Marentika mengatakan…
kuliah di kota bandung cukup nyaman sih bagi ku, dulu aku ambil S1 di Bandung. pengen bisa lanjut S2 di Bandung lagi, tapi dengan kondisi ku sekarang, aku lebih memilih kelas online. Di Binus @Bandung ada juga kelas online nya yaa..
hiqudsstory mengatakan…
Huhuhu kampus swasta semua ya ini...keren-keren sih, jadi sayang kalau udah bisa kuliah di sana trus gak dimanfaatkan dengan benar secara biayanya kan lumayan bkin manyun hehehe
Cindi mengatakan…
Waahh, banyak ya kampus dengan akreditasi A di Bandung. Semakin banyak pilihan jika pengen tinggal di Bandung dengan alasan kuliah...hehehe pasti menyenangkan sekali ^^