Langsung ke konten utama

Unhinged (2020): Film Biasa, tapi Terselip 6 Pesan Penting

Siapa yang ketika berkendara di jalan raya suka klakson, tan-tin-tan-tin gak sabaran? Apakah itu kamu? Hmm, kalau ternyata kendaraan atau orang yang kamu klakson itu adalah Tom Cooper alias The Man, bakal tamat riwayatmu.

Kenapa memangnya? Kan saya gak salah loh klaksonin mobil. Toh, mobil-mobil saya. Salah sendiri kenapa udah lampu hijau gak langsung jalan. Salah situlah, kenapa menghalangi saya jalan, kan wajar kalau saya tan-tin. Lagi pula saya gak kenal tuh sama The Man-lah atau Tom Cooper, whatever.

daftar film thriller terbaik, daftar film russell crowe, list film terbaik russell crowe, sinopsis film unhinged, keunggulan dan kelemahan film unhinged, resensi film unhinged, daftar film terbaik russell crowe, akting terbaik russell crowe, film unhinged tentang apa,

Nah ini nih, rasa egois dan jumawa kerap membahana dalam jiwa tatkala berkendara di jalan raya. Padahal di situ tidak hanya kendaraan yang kamu kemudikan saja melintas di jalanan, tetapi ada banyak lainnya, baik pengendara roda empat, roda dua, transportasi publik, pedagang keliling, maupun pejalan kaki.

Saya sebagai pejalan kaki kerap mendapatkan klakson tan-tin itu, padahal area jalanan terbilang luas. Masih cukup untuk si pengendara mobil melintas, itu juga kalau dianya pinter. Namun, entah karena ego tinggi, jumawa, udah telat, atau bahkan edisi kebelet pipis (mungkin juga BAB) sehingga maunya cepet melaju dengan mengandalkan klakson, tanpa menghormati sesama pengguna jalan. Oleh karenanya kehadiran film Unhinged (2020) ini, sangat tepat rasanya menggambarkan bagaimana suasana di jalan raya.

film terbaik tahun ini, daftar film thriller terbaik, daftar film russell crowe, list film terbaik russell crowe, sinopsis film unhinged, keunggulan dan kelemahan film unhinged, resensi film unhinged, daftar film terbaik russell crowe, akting terbaik russell crowe, film unhinged tentang apa,
Rachel ketika berusaha menyelematkan Kyle

Sinopsis Film Unhinged

Rachel Flynn yang dihinggapi bertubi-tubi masalah yaitu kasus perceraiannya, lalu diberhentikan dalam tempatnya bekerja, menyebabkan ia terlambat untuk mengantar Kyle ke sekolah. Dalam perjalanan tersebut, lampu merah menghadangnya dan mobilnya tepat berada di belakang mobil The Man, si pria misterius.

Saat lampu lalu lintas sudah hijau, mobil The Man tidak bergerak. Rachel yang melihat keadaan itu, mengklakson panjang lalu melewati kendaraan si pria misterius itu sambil mengumpat tak menentu.

Tak dinyana The Man pun membuntutinya, dan mengajak bicara secara baik-baik. Ia menyampaikan permintaan maaf lebih dulu, tetapi sambutan dari Rachel malah sebaliknya tak ada ucapan maaf karena telah mengklakson. Dari sinilah, Tom Cooper, si pria misterius itu terus meneror Rachel hingga melakukan aksi brutal ke orang terdekat Rachel seperti Andy dan Fred.

daftar film thriller terbaik, daftar film russell crowe, list film terbaik russell crowe, sinopsis film unhinged, keunggulan dan kelemahan film unhinged, resensi film unhinged, daftar film terbaik russell crowe, akting terbaik russell crowe, film unhinged tentang apa,
Tom Cooper saat bertemu Andy

Review Film Unhinged (2020), Kasih Rating Berapa ya?

Film berdurasi 93 menit ini menurut Fenni Bungsu memang tampak biasa saja, dengan aksi kejar-kejaran mobil di jalan raya, dan adegan pembantaian. Sedangkan untuk karakter si pria misterius Tom Cooper kurang mendetail dalam segi pengembangan ceritanya. Padahal kita pasti tahu, kecenya aktor terbaik peraih Academy Award, Russell Crowe pasti keren yang beradu akting dengan aktris berdarah Afrika Selatan – Selandia Baru, Caren Pistorius.

Saya pun sempat menemukan ulasan dari beberapa media, bahkan IMDb pun memberi rating untuk film Unhinged (2020) ini yaitu 6 dari 10. Mungkin karena faktor kurang kuatnya pengembangan cerita ya. Namun, meski alur cerita yang terbilang mainstream, film Unhinged (2020) ini terselip 6 pesan moral yang luar biasa untuk kita telaah, seperti: 

Hati-hati Selama di Perjalanan

Selama di perjalanan untuk selalu konsenterasi penuh berkendara. Bila ternyata ingin minum obat atau mengangkat telepon, maka menepilah sejenak, sehingga tidak berada di tengah jalan yang akan mengganggu pengguna jalan.

[Baca Juga: Ini 11 Film yang Asik Buat Ditonton Ulang]

Sabar dan Mengalah dalam Berkendara

Dalam berkendara selalu ingat bahwa di jalan raya itu bukan hanya kita saja yang melintas. Maka luaskan sabar dalam jiwa dan mengalahlah.

Adab Meminta Maaf

Bila sedang terlibat cekcok di jalan raya, dan ada yang mengajukan permohonan maaf dengan tulus, maka tak masalah untuk juga menyampaikan permintaan maaf. Sehingga permasalahan dapat langsung diselesaikan, tanpa berlarut-larut.

daftar film thriller terbaik, daftar film russell crowe, list film terbaik russell crowe, sinopsis film unhinged, keunggulan dan kelemahan film unhinged, resensi film unhinged, daftar film terbaik russell crowe, akting terbaik russell crowe, film unhinged tentang apa,
salah satu aksi Tom Cooper saat meneror Rachel Flynn

Tenangkan Diri Lebih Dulu

Bila sedang ada masalah (apapun penyebabnya) hendaknya menenangkan diri dulu dengan tidak bepergian kemana-mana.

Jangan Tinggalkan Barang Berharga

Walau di kendaraan pribadi alias milik sendiri, jangan tinggalkan barang berharga seperti dompet maupun ponsel. Ingat kata Bang Napi: 

“Kejahatan terjadi bukan karena kesalahan penjahatnya, tapi karena adanya kesempatan. Waspadalah, waspadalah!”

Kunci Rapat Pintu Kendaraan

Meski hanya sebentar memarkirkan kendaraan, pastikan untuk mengunci rapat pintu mobil, agar tidak ada yang berusaha untuk masuk ke dalam.

[Baca Juga: Are You Ready for Sundance Film Festival?]

Judul: Unhinged (2020)

Rilis: Agustus 2020 (USA) ; Juli 2020 (Jerman)

Genre: Thriller

Produksi: Burek Films, Ingenious Media

Sutradara: Derrick Borte

Sinematografi: Brendan Galvin

Durasi: 93 menit

Bahasa: Inggris

Rating: 8/10

Cast:

  • Russell Crowe sebagai Tom Cooper / The Man
  • Caren Pistorius sebagai Rachel Flynn
  • Gabriel Bateman sebagai Kyle Flynn (anak dari Rachel)
  • Jimmi Simpson sebagai Andy
  • Austin P. McKenzie sebagai Fred (saudara laki-laki Rachel). 

daftar film thriller terbaik, daftar film russell crowe, list film terbaik russell crowe, sinopsis film unhinged, keunggulan dan kelemahan film unhinged, resensi film unhinged, daftar film terbaik russell crowe, akting terbaik russell crowe, film unhinged tentang apa,

Semoga dari sebuah film bergenre thriller ini, dapat menjadi pembelajaran untuk kita agar tetap tenang, fokus dan kepala dingin dalam perjalanan. Tak lupa berdoa selalu, sehingga kita selalu dalam lindungan-NYA. Bagaimana apakah kamu berani mobilmu dibuntuti The Man di Unhinged (2020) ini?

Komentar

Windi astuti mengatakan…
ampun mbak Feni, saya pun kadang mengandalkan klakson kalau sedang terburu-buru pergi ke sekolah. hhhhhe. jalan padet dan maunya tidak terlambat sekolah. catat banget nih.ini kalau sy yang nonton filmnya langsung jadi reminder banget ya mbak. dan merasa kesindir. terimakasih sudah diingatkan secara tidak langsung mbak, bismillah, saatnya sypun berbenah
Blog berita mengatakan…
Film film yang direview mencatat beberapa hal dalam kehidupan. Catat keseruannya.
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Akutu sering banget pas lagi jalan atau naik motor diklaksonin sama mobil. Padahal aku udah minggir banget posisinya. Dan itu bikin aku menggerutu. Meski dalam hati. Kesel aja gitu. Tapi nggak sampai kayak misterius mana itulah. Hehehe
Mporatne mengatakan…
Main pukul dan ngebacot merupakan fenomena di jalan. Biarpun salah tetap aja ngebacot gede. Orang yang kaya gini perlu nonton film unhinged
Utie Adnu mengatakan…
Setuju banget sepertinya sabar Dan mengalah itu kalau lagi bawa Mobil kunci utama deh...jangan emosi...

Boleh Juga deh filmnya jadi mau nonton mba...
Maria G Soemitro mengatakan…
6/10?
Hihihi emang gak salah karena ternyata filmnya mengecewakan ya?

Buat saya 6 masih lumayan, apalagi kalo suka dengan aktor/aktris, genre dan topiknya

tapi kalo udah dibawah 6, dan gak suka aktor/aktrisnya pasti bakal saya lewat :D
Jalan-Jalan KeNai mengatakan…
Saat berkendara memang bisa menguji kesabaran. Apalagi kalau kena macet. Saya suka gagal paham sama yang terus nglakson saat macet. Serem juga kalau ketemu karakter kayak The Man
Annie Nugraha mengatakan…
Dari sekedar berkendara lalu gak sabaran akhirnya jadi celaka. Tema/topik film yang jarang banget diangkat (sejauh yang saya tahu). Baca ulasan sekilas ini jadi penasaran pengen nonton. Tapi lihat ratenya cuma 6 kok jadi ragu. Padahal dengan aktor sekelas Russel Crowe seharusnya filmnya terangkat ya. Karena Russel itu aktor berkarakter kuat dan selalu main di film-film yang skenarionya juga kuat.
Okti Li mengatakan…
Sebagai orang Timur, sebagai muslim, Adab meminta maaf itu harus dijunjung tinggi. Siapapun yg salah, tak harus malu meminta maaf
Nanik nara mengatakan…
Saya sering nih mbak di klakson dari belakang. Jadi saya tuh kalau lampu kuning, masih menghentikan kendaraan, kalau sudah hijau baru deh jalan. Tapi yang dibelakang saya udah nggak sabar aja.

Film apapun itu, pasti ada pelajaran yang bisa diambil ya mbak
ida tahmidah mengatakan…
Aku paling irit pijit klakson diupayakan jangan sampai kalau ga perlu amat soalnya ngerasa banget ga enak diklaksonin...
Dian Restu Agustina mengatakan…
Wah ada Russel Crowe, sayang kalau pengembangan cerita di film Unhinged kurang optimal.
Ga kebayang nglakson laki-laki misterius sampai akhirnya diteror begitu. Memang ya kadang di jalan itu emosi bisa memuncak jadi tan tin tan tin klakson pengguna jalan lainnya
Suci mengatakan…
Sebel sih mmg kalau diklakson terus menerus padahal dia tau jalanan lagi padet merayap. Orang Medan kalau ada yang begitu disuruh terbang hahaa
Windi astuti mengatakan…
ampun mbak Feni, saya pun kadang mengandalkan klakson kalau sedang terburu-buru pergi ke sekolah. hhhhhe. jalan padet dan maunya tidak terlambat sekolah. catatan banget nih. kalau sy yg nonton filmnya langsung bakalan istigfar terus kali ya, ,... teri makasih mbak Feni, secara tidak langsung jadi reminder banget bagi saya
deddyhuang.com mengatakan…
menarik sih bisa dapat 6 pokok penting dari film. paling berkesan emang soal adab minta maaf dan berkendara ya.
Kata Nieke mengatakan…
Belum pernah nonton film ini. Tapi serem juga ya berawal dari pertengkaran di jalan bisa jadi dendam dan teror.

Kalau soal klakson tan-tin-tan-tin itu kehidupan Jakarta banget. Sayanya yang diklaksonin! 😛 Sebagai pejalan kaki kadang sampai mbatin duh orang Jakarta gak sabar amat!

Beda sama di Jogja dan Surabaya. Walau masih ada yang gak mau ngalah sama pejalan kaki, tapi dikit-dikit tan-tin itu biasanya hanya angkot. 😄
Hastin Pratiwi mengatakan…
Duuhhh.. Bang Napi muncul deh di postingan ini, hahaaaahaa...
Setuju, Mbak Fen, kejahatan muncul karena ada kesempatan. Waspadalah!
Apalagi si pria misterius udah minta maaf. Harusnya si Rachel buka hati dikit kek ngasih maaf gitu.
Yah, namanya juga film ya. Kalau gak gitu kan gak ada konfliknya. 😊
Nuny Penguin mengatakan…
Saya jadi penasaran pengen lihat filmnya. Thank you kak review filmnya, mau coba cari filmnya:)
Eka FL mengatakan…
Hikmah tambahan nih kak, jangan emosi untuk hal sepele, hehehe. Tapi kalau lagi emosi apalagi bertubi tubi lagi kejatuhan masalah sih ya emosi bisa lepas kandang. Tapi sebisa mungkin mengontrol emosi. Jadi penasaran sama actingnya Russel Crowe di film ini. Biasanya emang acting dia luar biasa sih. Tapi sayang ya rating filmnya cuman 6. Tapi walau rating 6 gak sedikit sih film dengan nilai serupa malah punya jalan cerita dan hikmah yang bagus.
Amir Mahmud mengatakan…
Kalau aku sih jarang klakson-klakson begini. Paling kalau yang harus minggir karena menghalangi jalan atau mau nyalib.
Dee_Arif mengatakan…
Wah baca resensi ini aku jadi penasaran buat nonton filmnya juga
Meskipun disebut film biasa, ternyata punya banyak makna ya mbak
Arif Abdurahman mengatakan…
Untung saya jarang klakson orang, lebih sering buat ngasih isyarat temen soalnya mau jalan. Dan emang saya juga suka sebel kalau diklakson padahal udah jalan bener, tapi ga sepsikopat kayak The Man ini hihi.
Hallowulandari mengatakan…
aku tau cuplikan film ini dari TikTok, di cuplikan pas sang ibu ga mau minta maaf sama pengendara cowo, waahh udh berasa ngeri nih adegannya. Emang yaa adab itu perlu dimiliki dan dipraktikan dimanapun deh
Okti Li mengatakan…
Tidak ada yang tidak memberikan hikmah dan manfaat, ya meski dari sesuatu hal sereceh Apapun itu. Contohnya film ini. Meski katanya recehan tapi ternyata banyak juga pelajaran hidup yg bisa kita ambil ya
Ulfah Aulia mengatakan…
Hehe berkendara itu memang patut jaga sikap nih Mbak, kadang suka kesal sama kendaraan yg gak taat aturan gtu padahal sdah jelas ada rambu2nya... Karena hal2 seperti itu bisa merugikan diri kita dan orang lain jga
Shafira Adlina mengatakan…
Wah berarti si Tom juga bermaslaah sampai dendaman sampai neror gitu sih. Jadi penasaran apa yang melatarbelakangi si Tom berbuat demikian
kataresi mengatakan…
Aku suka banget sama russel crowe dan aku ketinggalan info film satu ini. Dah lama ga liat aktingnya. Makasi rekomendasinya
Mugniar mengatakan…
Saya jadi mikir, apakah ada orang yang seperti dalam film Unhinged ini ya ... yang bisa jadi brutal karena menghadapi pengguna jalan yang gak sopan? Kalau ada hiii ngeri ya ... betulk kata Mbak Fenni, film ini jadi pelajaran utk menjaga sikap di jalan raya.
iyan'blogs mengatakan…
bagus banget nih pesan moralnya harus tetatp tenang dalam setiap permasalahan yang kita hadapi agar bisa selesai dengan baik
Farida Pane mengatakan…
Ini aku banget sih yang ga suka orang klakson sembarangan. Karena bagiku orang klakson itu kayak teriak. Kalau ga penting banget kan kesannya kasar.
lendyagasshi mengatakan…
Jadi inget drama Korea apa ya... yang karena di klakson, karena dia lagi KZL sama atasannya, langsung ngluarin senjata laras panjang rakitannya sendiri dan siapapun, langsung di DOR.
Serem banget sih.. Baiknya memang berkendara itu tepa slira. Gak suka-sukanya sendiri. Karena kita gak pernah tau kondisi psikologis orang lain.