Langsung ke konten utama

3 Hal Ini Membuat Kamu Paham Cara Kerja Blockchain

seperti apa cara kerja blockchain, bagaimana cara kerja blockchain, secara sederhana bagaimana blockchain bekerja,

"Aduuh, gak paham-paham gue, gimana sih cara kerja beli sesuatu pake bitcoin?" Tanya Fajar kepada Rian, teman satu kost-nya. 

"Elo udah punya bitcoin, Jar? Weesss keren nih sob!"

"Belum, baru mau. Cuma gue gak ngerti sama angka-angka yang kayak di komputer itu. Gue tanya ke Ginting, eh dia jelasinnya njelimet. Pakai bawa blok-blokan segala." 

Rian terpana sejenak, "Maksudnya blockchain kali, Jar."

"Ngapain juga urusannya mata uang kripto sama nge-blok?"

Rian menyunggingkan senyum. "Gini, sob. Misalnya loe mau transfer gue pakai mata uang kripto, karena dia itu desentralisasi artinya tidak terpusat kayak perbankan (sentralisasi), uang loe itu jadi data yang masuk ke dalam block, dan divalidasi buat menciptakan rantai blok atau chain. Terus sukses deh dana loe masuk ke rekening gue."

"Oh itu yang namanya blockchain. Yang ada miner-nya di bagian dana gue yang jadi data itu ya?"

"Yoi, sob. Miner atau penambang yang mengerjakan data itu dengan komputerisasi lewat aturan kriptografi pastinya." 

"Kayak begini kek menjelaskannya, kan gue jadi paham. Makasih yak."

"Siip."

***

Ilustrasi di atas menjadi gambaran, bahwa setidaknya ada tiga hal Ini membuat kamu paham cara kerja blockchain. Pasalnya, bila sudah terkait dengan mata yang digital, maka perlu mengerti bagaimana prosesnya dijalankan. Tujuannya agar mempermudah saat ingin menggunakan aset kripto untuk transaksi keuangan, misalnya membeli sesuatu atau berinvestasi.


seperti apa cara kerja blockchain, bagaimana cara kerja blockchain, secara sederhana bagaimana blockchain bekerja,

Antara Mata Uang Kripto dan Blockchain

Ya, aset kripto yang merupakan mata uang digital seperti bitcoin, litecoin, ethereum, binance, dan sebagainya cukup familiar terdengar oleh banyak orang, terlebih lagi viralnya Ghozali yang menjual fotonya melalui NFT (Non Fungible Token), yang notabene menggunakan mata uang kripto baik untuk membeli ataupun menjual. 

Aset kripto atau cryptocurrency tidak akan lepas dari yang namanya blockchain. Sebab blockchain merupakan teknologi yang digunakan dalam penyimpanan data digital dengan terhubung melalui kriptografi (teknik keamanan informasi). 

Kehadiran blockchain sangat diperlukan, agar transaksi informasi bisa terekam dengan baik sehingga lebih transparan bagi pengguna mata uang kripto. Selain itu menjaga keamanan data  dan memudahkan pelacakan atau audit transaksi. 

Meski begitu, cara kerja bagaimana bisa bertransaksi dengan mata uang kripto ini bisa dikatakan bukan hal yang mudah dipahami. Padahal untuk bisa menggunakan bitcoin dan litecoin, setidaknya kita dapat mengerti alurnya. 

[Baca Juga: Stabilkan Keuangan Jangan Lengah di Masa Pandemi]


seperti apa cara kerja blockchain, bagaimana cara kerja blockchain, secara sederhana bagaimana blockchain bekerja,

Tiga Hal Mudah Memahami Cara Kerja Blockchain

Untuk memudahkan pemahaman cara kerja blockchain, teknik simple-nya adalah dengan tiga hal berikut:

  • Transaksi dimulai menggunakan mata uang kripto di perusahaan jual beli kripto, misalnya Indodax. 
  • Transaksi tersebut menjadi request yang kemudian disampaikan kepada miner atau penambang.
  • Lalu dikelompokkan menjadi kesatuan atau block, yang selanjutnya divalidasi membentuk rantai atau chain. Inilah kemudian transaksi terdata di blockchain, lalu meneruskan transaksi untuk jual/beli. 


Cara kerja yang demikian ketat tersebut menjadikan transaksi dengan mata uang kripto aman dilakukan. Pasalnya pengguna dapat mengetahui misalnya dananya sudah sampai transfer atau belum, atau transaksi apa saja yang telah dilakukan. Selain itu asiknya, pengguna dapat menghemat biaya yang dikeluarkan untuk transaksi alias hemat biaya admin, berkat adanya blockchain.


seperti apa cara kerja blockchain, bagaimana cara kerja blockchain, secara sederhana bagaimana blockchain bekerja,

Nah, sudah menemukan pilihan di pasar kripto mata uang yang mau dijadikan investasi, lalu telah paham juga cara kerja blockchain maka tinggal eksekusi saja investasinya bisa di Indodax. 

Perusahaan yang menghubungkan antara penjual dan pembeli aset kripto ini, dapat membantu kamu dalam pelayanan aset kripto yang mudah bisa melalui bank lokal Indonesia. Bahkan bila kamu ingin mengkonversikan menjadi rupiah saat jual aset kripto pun bisa, dengan biaya trading dan persentase penarikan dimulai dari 0%. Kapan pun dilayani, karena transaksinya ini 24 jam. 

[Baca Juga: Ini Pilihan Broker untuk Investasi Litecoin]

Selain itu, sambil berinvestasi di Indodax, kamu pun bisa belajar mengenai uang digital, karena tersedia Indodax Academy, yang merupakan kanal edukasi dari Indodax. Sehingga makin paham saat melakukan jual beli aset kripto baik itu di website resminya maupun melalui aplikasi mobile Indonesia Bitcoin and Cryto Exchange. Semoga artikel 3 hal yang membuat kamu paham cara kerja blockchain ini, sudah tidak membuat teman-teman fennibungsu bingung lagi soal mata uang kripto, ya!

Komentar

Maria G Soemitro mengatakan…
tetap sulit dipahami kecuali langsung mencoba

sehingga bisa langsung mengerti dan mengambil keputusan


sayangnya saya belum cukup pede untuk memulai ^^
Goresan hati mengatakan…
Uang kripto masih banyak jadi idola bagi investor ya. Meski sulit, ternyata banyak peminatnya.
Irawati Hamid mengatakan…
wahh saya harus belajar lebih banyak nih biar tahu lebih dalam tentang kripto, hehehe soalnya saya masih awam banget
Tariita asgara mengatakan…
Sejujurnya aku juga adalah salah satu orang yang ga paham loh dengan bitcoin ini. Kadang dijelasin bolak-balik juga suka gagal paham terus. Baca postingan mbak juga nyimak banget nih.. mulai terbantu sedikit lah. Terimakasih informasinya yah..
sylvianayy mengatakan…
Menarik sekali poin Indodax Academy sehingga temen temen yang belum paham banyak tentang bitcoin jadi bisa belajar juga
http://www.inatanaya.com mengatakan…
Orang awam spt saya masih bingun dengan penjelasan yang sederhana . Wah uang digital itu memang tak mudah dimengerti dan bagaimana cara investasinya. Semoga Kripto masih legal untuk jadi investasi.
Ainun mengatakan…
aku sendiri masih pelan-pelan untuk belajar soal krypto, bahkan waktu awal-awal muncul dulu, aku ga paham mata uang krypto ini kayak gimana
mungkin kalau kata-kata yang dipakai investasi, kayak reksadana atau deposito masih mudah dipahami. Kalau koin, wktu itu bingung juga
sekarang banyak platform buat belajar soal krypto
Bambang Irwanto mengatakan…
Saya mulai paham seputar kripto ini, Mbak. dan memang blockchain ini sangat penting, karena merupakan kesatuan mata rantai. Dari blockchain ini, kita bisa tahu transaksi yang sudah kita lakukan.
Ayu Natih Widhiarini mengatakan…
Awal-awal tahu kripto juga saya kurang paham apa bedanya kripto dan blockchain. Setelah mendalami ternyata kripto dan blockhain saling berhubungan satu sama lain yaa
Okti Li mengatakan…
Kalau baca selewat saja memang cukup membingungkan ini tentang blokchain, mata uang, dan sejenisnya. Meski semua itu jaman sekarang memang tidak bisa kita hindari ya. Terus belajar dan nambah wawasan salah satu cara bijak menyikapinya
ginanelwan mengatakan…
Blockchain merupakan skema transaksi digital masa kini, yang sangat aman banget karena terproteksi dengan block dan chain yang seperti dijelaskan oleh mba Fenni.
Yuni Handono mengatakan…
Memang harus benar-benar memahami ya apa itu blockchain. Saya pun masih suka abai dengan hal ini...tapi saat ini setidaknya harus mulai belajar berinvestasi dengan cara ini, yang jelas2 terjamin keamanannya dan menguntungkan bagi kita.
Elin DS mengatakan…
Banyak juga istilahnya di uang krypto maupun bitcoin. Terus terang saya belum berani terus untuk investasi di sana. Thanks mbak, artikelnya menambah wawasan saya tentang dunia bitcoin
Han mengatakan…
Iya yaak, aku baru ngeh cara kerjanya ternyata gini, hehehe pantes yaa dia nih paling oke kalo buat jual beli aset krypto
Nunung Yuni Anggraeni mengatakan…
Aku dijelasin NFT sama anakku gak mudeng mudeng mbak. Transaksi crypto juga gak ngeh yg kayak mana. Baca artikel ini lumayan jadi agak ngeh sedikit.
Nengsih mengatakan…
Cukup lama buat aku memahami tentang blockchain ini kak. Ku baca berulang-ulang. Apalagi aku baru dengar istilah ini. Hehe
Dee_Arif mengatakan…
Wah iya, buat yang berminat investasi crypto harus paham juga ya cara kerja blochain crypto ini
Lita Lestianti mengatakan…
Saya termasuk orang yang susah nyambung kalau bahas investasi dan bisnis.. padahal udah baca berulang2 hiksss
Hamimeha mengatakan…
akupun suka roaming kalo suami ceritatentang krypto mbak heheh dan blockchain hehehe... wah aku lihat indodax ini di hp suami
Nabilla DP mengatakan…
ehm... aku juga belum terlalu paham mba soal hal ini. biasanya aku mencoba mempelajari via youtube.. dan menurutku yang mudah dipahami penjelasan radityadika meskipun dia belum terjun ke sana
Retno Kusumawardani mengatakan…
sebelumnya aku ngga ngerti sama sekali apa itu blockchain, setelah baca artikel ini jadi sedikit lebih bisa membayangkan...
lendyagasshi mengatakan…
Iya, bagi yang belum paham-paham juga kaya aku, kudu banget instal Indodax dan belajar perlahan mengenai investasi masa kini yang menjanjikan.
Heizyi mengatakan…
Aku kok jadi ikutan bingung ya baca percakapannya fajar dan rian.tapiperlahan ngerti kok setelah baca sapai selesai. Apalagi kalau mau belajar, pasti makin paham. Sebab segala sesuatu yang baru dikenal itu memang harus dipelajari kan?
Ririn Erviana mengatakan…
Zaman udah berubah dengan cepat ya, bahkan transaksi keuangan itu bisa beragam sekali bentuknya. Mereka yang tidak cepat beradaptasi tentu akan semakin tertinggal.
Irawati Hamid mengatakan…
kripto saat ini sedang naik daun yaa. buat yang tertarik pengen investasi, harus belajar lebih dalam lagi nih agar saat berinvestasi udah tahu baik buruknya
wulan mengatakan…
hoo ternyata blockchain tuh semacam tempat penyimpanan dan pengelolaan kripto yaa, makin advance banget nih yaa alat investasi digital di dunia metaverse sekarang
Aku termasuk salah satu orang yg gak paham2 setelah dijelasin ttg blockchain, kripto, dan mata uang sejenisnya wkwk, suamiku tiap hari selalu jelasin tapi aku gak mudeng. Yauda jadi dia aja yang nyemplung ke sana, aku tetap menabung emas LM aja hahaha
Dee_Arif mengatakan…
Kalau ingin berinvestasi dengan krypto tentu harus paham dan mengerti tentang cara kerja Blockchain ya mbak
Biar kita g asal investasi saja
Raja Lubis mengatakan…
Kadang memang untuk memahami cara kerja hal-hal baru seperti Kripto ini, cara termudah memang learning by doing alias dengan praktik langsung.
ida tahmidah mengatakan…
Aku kalau belajar untuk memahami enaknya sih langsung praktek nah untuk uang kripto ini aku belum tertarik untuk mencoba nih... xixi kayaknya harus belajar mencari tahu dulu lebih dalam ya...
Ghina Rahmatika mengatakan…
haha aku masih bingung juga nih mba fen.. mungkin emang bakal paham tuh kalau learning by doing ya. kayak dulu aku main saham juga baca2 ha nggak paham tapi pas ngerjain mayan paham lah dikit2. tapi keren Indodax nih ada pelatihannya juga yaa
eka fitriani larasati mengatakan…
saya pribaid udah kenal blockchain dan kripto sejak tahun 2015 ketika kripto belum booming seperti sekarang. saya ambil beberapa job whitepaper soal kripto. sekarang udah gak lagi dan milih trading and yess saya pakai indodax, hehe
Rizkhaandhini mengatakan…
Aq harus langsung praktek nih, klu mau lebih paham tentang ini
Evi Sri Rezeki mengatakan…
Udah lama pengin nyobain investasi dari Kripto ini tapi masih ragu karena nggak paham cara kerjanya. Makasih infonya, Teh :)
Jadi ingat diajaein temen tentang blockchain kripto, awalnya ga paham, baru kesininya aja tahu cara kerjanya. Tapi belum ku praktekin.