Langsung ke konten utama

Review Film Dual, Gimana Rasanya Punya Manusia Kloningan?

pemeran film dual, resensi film dual, sinopsis film dual, review film dual, film dual tentang apa,

Bersyukurlah saat kita telah tiada, maka tidak perlu ada yang menggantikan diri kita alias manusia kloning. Kita bisa pergi meninggalkan dunia dan keluarga tercinta tanpa harus direpotkan pengurusan administrasi manusia kloning yang nantinya akan berperan persis seperti diri kita. 

Mending kalau manusia kloning atau orang pengganti kita tersebut munculnya benar-benar sesaat jelang kitanya tidak ada. Lah kalau ternyata kedatangannya malah jadi rebutan siapa yang akan hidup di dunia ini, terus gimana? Ini dia nih kisah yang diangkat di film Dual. 


Cuplikan Film Dual

Sarah (Karen Gillan), wanita muda pecandu alkohol ini divonis tidak akan lama lagi hidupnya di dunia ini. Dokter menyampaikan bahwa ketika dirinya akan pergi, maka dia dapat memesan manusia pengganti yang akan berperan persis dirinya agar keluarga yang ditinggalkan tidak menderita. 

Namun, sebelum Sarah memutuskan untuk memesan manusia kloning itu, dokter pun mengatakan bahwa kemungkinan akan ada vonis kesalahan 2% bahwa Sarah akan tiada. Tanpa berpikir panjang Sarah yang merasa dirinya tidak lama lagi hidup, langsung mengorder manusia kloning. Dalam beberapa jam, manusia kloningan yaitu Sarah Pengganti pun tiba di hadapan Sarah. 

pemeran film dual, resensi film dual, sinopsis film dual, review film dual, film dual tentang apa,
Momen Sarah asli bertemu Sarah Pengganti - dok. Imdb


Sarah dan Sarah Pengganti saling melihat, lalu berkenalan dan menyepakati berbagai hal yang salah satunya Sarah Pengganti akan diperkenalkan oleh Sarah kepada Ibunya (Martha Kelly), dan pacarnya Peter (Beulah Koale). Eh tapi, malah Sarah Pengganti yang langsung inisiatif kenalan sama orang terdekatnya Sarah, hingga Sarah asli putus dengan Peter.

Puncak ketegangan film pun satu per satu bermunculan, dari yang ternyata Ibu dan Peter lebih suka dengan Sarah Pengganti malah tidak menginginkan Sarah yang asli. Lalu dokter pun memberitahu kalau ternyata Sarah tidak menderita sakit keras. Jadi peluang hidupnya sangat besar. 

Lah terus gimana ini ada dua Sarah? Siapakah yang akan tetap hidup? Sarah Pengganti tidak bisa dinonaktifkan karena ada sesuatu, hmmm. Sedangkan salah satu harus tiada dan gak boleh ada dua Sarah. Ya udah pembaca Kisah di Blog Fenni Bungsu tonton langsung aja, hehe.


pemeran film dual, resensi film dual, sinopsis film dual, review film dual, film dual tentang apa,
Saat Sarah belajar ilmu bela diri dengan Trent agar bisa menang dari Sarah Pengganti - dok. Imdb


Tentang Film Dual

Judul: Dual

Durasi: 94 menit

Rilis: 15 April 2022 (di Amerika Serikat) di Indonesia bisa nonton di KlikFilm

Sutradara dan Penulis Cerita: Riley Stearns 

Produser: Nate Bolotin, Aram Tertzakian, Lee Kim, Riley Stearns, Nick Spicer, Maxime Cottray

Produksi: XYZ Films

Bahasa: bahasa Inggris

Genre: Thriller (17+)

Rating: 4/5

Cast: Karen Gillan, Beulah Koale, Theo James, Aaron Paul. 


[Baca Juga: 11 Film yang Asik Buat Ditonton Ulang]


Menurut Saya Film Dual Ini..

Mungkin kalau nonton tentang film kloning manusia udah banyak ya, seperti film Gemini Man (tahun 2019) dengan aktor utamanya Will Smith, I am Mother (rilis tahun 2019) dengan aktris utama Rose Byrne, dan Replicas (rilis tahun 2018) yang aktor utamanya Keanu Reeves. Namun ada yang menarik dari film Dual ini yaitu tentang manusia pengganti kala diri si orang itu tidak lagi hidup di dunia. 

Intrik di film ini pun menarik, bahwa ternyata si manusia penggantinya malah gak mau dinonaktifkan. Ia yang ingin tetap hidup di dunia. Otomatis harus dengan pertarungan antara si orang asli dengan kloningannya. 

pemeran film dual, resensi film dual, sinopsis film dual, review film dual, film dual tentang apa,
Hayooo...yang mana Sarah asli dan Sarah Pengganti? 😁

Semua dilakukan karena Sarah yang asli udah habis-habisan demi dirinya yang menang, ya habis uang untuk bayar pengacara, menyewa pelatih bela diri, ibunya diambil, pacarnya diambil, bahkan sampai uangnya habis untuk membiayai si Sarah Pengganti. 

"Tunggu, Anda bilang duel sampai mati?" tanya Sarah.

"Ya, untuk menentukan siapa diantara kalian yang melanjutkan sisa hidup Sarah." Jelas Pengacara. 


Dari film berdurasi 94 menit ini, ada beberapa hal yang bisa dijadikan pelajaran, yaitu:

  • Berpikir sebelum bertindak dan memutuskan sesuatu. 
  • Bila hubungan dengan orangtua tidak baik, maka berusahalah agar saling mengalah satu sama lain. 
  • Hal apa yang dilakukan, maka penting untuk mendiskusikannya dengan orang terdekat, sehingga tidak mengambil keputusan sendiri. 

film dual tayang dimana, pemeran film dual, resensi film dual, sinopsis film dual, review film dual, film dual tentang apa,

[Baca Juga: Review Film Exit, Siapa yang Harus Dipercaya?]


Untuk sinematografinya, Michael Ragen apik membuat film yang rilis pertamanya di bulan Januari 2022 di Sundance ini. Sehingga makin terasa ketegangan yang terjadi. Kalau kamu suka dengan film dengan genre thriller, bisa menikmatinya. Gimana, apakah kamu siap memiliki manusia pengganti alias kloningan?

Komentar

Reyne Raea / Rey mengatakan…
Racun dah ini, saya jadi pengen nonton dong.
Btw menarik nih tentang masalah konflik dengan orang tua.
Saya juga punya konflik, tapi udah mengalahpun tetap sulit memahami orang tua yang makin tua makin sensitif, huhuhu
Siti Nurjanah mengatakan…
Hollywood punya cerita yg unik dlm menggarap sebyah film
Aku pernah nonton (mirip tp "penggantinya ktu boneka yg mirip dgn ybs)
Tp jadi penasaran
Di film dual ini siapa yg akan bertahan
Maria G Soemitro mengatakan…
harus ada 'pergulatan' agar film rame ya?

saya ingat film 'face off' yang dibintangi John Travolta; ‎Nicolas Cage

sampai sekarang belum ada yang ngalahin dan masih asyik untuk ditonton
Annie Nugraha mengatakan…
Suka galau nonton film-film futuristik seperti ini. Apalagi dengan tema yang melibatkan rasa pada manusia. Jika terlalu ngadi-ngadi hahaha biasanya saya kurang tertarik untuk nonton. Lebih baik nonton film perang sekalian atau action yang berdarah-darah yang herannya bikin si jagoan gak mati-mati hahahahaha.
Goresan hati mengatakan…
Di dunia nyata sebenarnya ada gak sih manusia kloningan. Jadi ingat residen evil. Kan kloningnya banyak banget tuh. Ngeri ya
lendyagasshi mengatakan…
Film Dual membuat kita sadar ya.. Meskipun kloningan, gakkan bisa bener-bener identik. Pasti ada kelemahan si produk kloning ini.
Aku jadi ingat dengan "Are You Human", tapi ini robot sih.. Jadi gak punya perasaan.
sylvianayy mengatakan…
Baru ya ini film nya tahun 2022 awl. Tapi saya baru tau sekarang, jadi penasaran juga ceritanya gimana, kembar aja ada yg mirip banget ya apalagi kloning
Lintang mengatakan…
Lhaa kok jadi kita yang duel ama si kloningan wkwkwk, malah jadi rebutan hidup. Trus gada spiler nih sapa yg menang? bisikin lah. Berarti emang bener ya udah kalau meninggal mah ya udah belajar ikhlas, ternyata kalau masih ada kloningan kita pun nyatanya jadi masalah besar alih2 jadi pengganti yang didambakan.
Blog berita mengatakan…
Punya kloningan manusia?science memang berkembang termasuk kedokteran. Belum bisa membayangkan
Bambang Irwanto mengatakan…
Wah, saya jadi pengin nonton film ini, Mbak. Karena dasarnya, saya suka lihWat orang kembar. Jadi seru juga ini, kloning diri sendiri, padahal saling berseteru hehehe. Makanya kadang saya baca status, ingin membelah diri, biar bisa beraktivitas di berbagai tempat dalam satu waktu. Segera singkirkan pikiran itu.karena lebih baik menjadi diri sendiri seutuhnya hehehe.
Ays tala mengatakan…
Gak kebayang sih kalo kita punya kloningan. Ngeri aja rasanya hiii
Secara film ini menarik idenya. Jadi penasaran nonton nih
April Hatni mengatakan…
Seru banget nih kayaknya, jadi penasaran akhir ceritanya kayak gimana.
Antung apriana mengatakan…
Kayaknya Sarah asli ini orangnya menyebalkan ya sampai orang tuanya malah milih kloningannya. Berarti kloningan ini memiliki sifatnya sendiri ya
Putu Felisia mengatakan…
Film kayak gini bikin timbul ide bikin cerita juga. Menarik banget. Walau bukan tema baru,perkara rebutan identitas ini sangat interesting. Hahaha.
Arai Amelya mengatakan…
Eh baru tahu aku kalau ini filmnya mbak Karen Gillan yang cantik baday itu. Jadi pengen nonton, kayaknya seru juga nih, langsung meluncur ke Klik Film ah
wulan mengatakan…
huwaaa bisa gitu yaaa, nyiapin sosok pengganti klo kitanya udh ga ada, tapi mau gimana pun produk kloningan yaa bakal tetep beda yaa rasanya
Han mengatakan…
Kok agak serem gitu yah bayanginnya, dan lagi sejauh ini kalau di kehidupan nyata masih blm bisa kan yaa hihihi untunggnya ngga nyata
Erin Herlina mengatakan…
Serem juga ya kalau punya kloningan. Lebih baik jalani saja sesuai takdir Tuhan, apalagi kehilangan itu pasti. Tapi aku penasaran sama filmnya.
Dee_Arif mengatakan…
Wah iya, gimana ya punya kloningan diri sendiri
Pasti seru ya mbak filmnya
Jadi penasaran pengen nonton juga
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
kemarin baru saja nonton film jurasic park terbaru dimana sang peneliti hamil dan melahirkan kloningan yang dia ciptakan sendiri dan sudah disempurnakan. Bagaimana rasanya punya bayangan hidup didunia nyata ya? film yang menarik untuk ditonton nih
Hamimeha mengatakan…
Duh aku bayangin kalo ada banyak manusia dg kembar identik terus harus milih mana yang harus hidup yang asli atau kloningan. Wah wah dunia bagaimana ya? Bener2 senuah imajinasi yang wow banget ya
Ranggi's Travel Story mengatakan…
Waah baguss baca ulasan tentang film.cloning ini. Jadi mupeng pengen nonton secara keseluruhannya. (Gusti yeni)
Nabilla DP mengatakan…
belum nonton nih mba, bahkan baru dengar judulnya. nanti coba aku cek dulu trailernya sebelum memutuskan bakalan masuk watch list atau engga :D
Nimas Achsani mengatakan…
Thriller ya, langsung masuk wish list biat ditonton weekend besok mbak hihihi kok aku idah deg2an ya lihat si Sarah ini
Retno Kusumawardani mengatakan…
wah ngeri juga ya kalau ada kloningan kita, apalagi kloningannya enggak identik. Punya pemikiran yang berbeda dari diri kita... untung cuma film hahaha
lendyagasshi mengatakan…
Film dengan karakter dua pribadi begini cukup membuat penonton merasa gregetan yaa..
Jadi ikutan terbawa suasana dan sangat menantikan ending yang bahagia bagi karakter utamanya.
Witri Prasetyo Aji mengatakan…
Jujur, aku belum pernah nonton film tentang manusia kloningan gini. Penasaran sih. Btw, itu manusia kloningannya dari mana? Robot atau apa kok pakai sewa pengacara juga?
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
eh baru tau film ini, seru juga ya punya kloningan hehe.. jadi penasaran pengen nonton nih :)