Langsung ke konten utama

Inspiring Indonesian Look 2022 Semangat Kreatif Berkarya

fashion outlook tahun ini, fashion lokal seperti apa
“Perempuan harus mengenal potensi dirinya dan berani tampil untuk saling menginspirasi, teknologi sudah menjadi bagian kehidupan, gunakan dan manfaatkan secara maksimal secara positif dan produktif." ~ Martha Simanjuntak, BERLIMA.

Bila ekonomi kreatif berada di tangan perempuan, maka melalui pemberdayaan tersebut akan tercipta kesinambungan dalam meningkatkan ekonomi. Hal tersebut, sebagaimana riset pada Q1 2022 yang dilakukan oleh Sirclo Group terhadap 500 pengusaha perempuan di seluruh Indonesia,  bahwa mayoritas womenpreneur (65%) adalah reseller yang usia bisnisnya berkisar antara 1 hingga 2 tahun. 

Kebanyakan menjalankan tipe usaha mikro, dan lebih dari setengah (56%) usahanya dijalankan sendiri tanpa karyawan, 26% memiliki 1-2 karyawan, dan 10% memiliki 3-5 karyawan. Bidang-bidang yang digeluti adalah fesyen (32%), kuliner (27%), ritel (26%), kecantikan (17%), dan beberapa usaha lainnya di bidang kesehatan, kerajinan, pendidikan agrobisnis, serta travel. 

Oleh karenanya, bergabunglah antara satu perempuan, lalu terhubung dan saling terkait hingga menjadi 5 kekuatan yang hebat dan menggelar Inspiring Indonesian Look 2022 bagaimana perempuan Indonesia menjadi inspirasi melalui karya, prestasi dan kepemimpinannya sebagai representatif wajah bisnis Indonesia, Kamis 25 Agustus 2022 lalu. Siapa saja sosok BERLIMA ini? Hayuk kita kenalan.

Kenal Lebih Dekat dengan BERLIMA

BERLIMA merupakan pelaku bisnis yang memiliki tagline 'ekonomi kreatif di tangan perempuan berkarya'. BERLIMA yang masing-masing profilnya berbeda, tetapi menginspirasi para perempuan agar dapat berdaya pada bidang ekonomi kreatif berbasis teknologi dan komunitas. Berikut womenpreneur dari BERLIMA:

  • Martha Simanjuntak: konsultan yang telah berkecimpung di dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi lebih dari 20 tahun. Bu Martha juga merupakan CEO Iwita Kreatif dan Founder Chatha Ulos.

  • Fitri Wigati Mumpuni: praktikal bisnis bidang properti dan investasi.
  • Yulie Anita Bangun: berpengalaman dalam bidang finance dan procurement.
  • Kia Wael: mahir dalam bidang designer dan pemilik brand KIA, master of coloring and beauty service. 
  • Julia Warman: berpengalaman dalam bidang garmen dan pemilik brand Julia Warman basic. 


Tanggal 21 April 2022 menjadi sejarah untuk BERLIMA dengan mengadakan mini show yang menampilkan  karya designer Kia Wael dengan brand KIA Fashion dengan tema "Party Lover" dan KIA Make Up Artist. Lanjut di tanggal 31 Mei 2022 kali ini mini show dengan menampilkan designer Martha Simanjuntak, brand Chathaulos dengan tema "Ethnic with K.I.S.S (Keep It Simple Self)". 

Kemudian Miini Show ke tiga tanggal 29 Juni 2022, yaitu designer Yulia Warman, brand Julia Warman Classy dengan tema "Stay Simple Stay Classy". Masih di tanggal yang sama, diluncurkan juga Aplikasi Jahit Baju sebagai salah satu aplikasi karya perempuan Indonesia yang dikembangkan oleh IWITA Kreatif Inovasi dan BERLIMA sebagai wadah guna mendukung  kreatifitas dan inovasi sehingga dapat berkembang  dalam sebuah ekosistem yang berkelanjutan.

Nah, puncak acara dari gelaran mini show sebelumnya diselenggarakan kemarin, 25 Agustus 2022 dengan mengusung tema “Inspiring Indonesian Look 2022”, tiga designer dari BERLIMA menghadirkan karya dan perempuan-perempuan inspiratif Indonesia yang akan menerima Award Inspiring Woman for Leadership and Entrepreneurship. 


Keseruan Acara BERLIMA di  Inspiring Indonesian Look 2022

Dalam mengarungi kehidupan ini, pastinya kita tahu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kita dapat melihat potensi tersebut, dan menjadikannya sebagai bekal untuk dapat lebih maju lagi. Bila gagal, maka belajarlah dari hal itu jangan terlalu lama terpuruk. 

Sebagaimana yang disampaikan oleh Ibu Ina Rachman, S.H., M.H, Profesional Lawyer & Business Owner di rangkaian acara puncak mini show BERLIMA, bahwa untuk bisa sukses, hendaknya belajar dari kegagalan, jaga hubungan keluarga dan pertemanan, serta menjaga hubungan dengan Tuhan.  

Hubungan yang baik akan memberikan feedback yang positif juga. Makanya saya pun ketika meliput kegiatan BERLIMA di  Inspiring Indonesian Look 2022 ini saya takjub melihat harmonisasi dari para womenpreneur-nya, khususnya etnik budaya baik dari usaha kreatif maupun stand bazar, charity lelang baju designer dan memotivasi kepada sesama pelaku usaha perempuan dengan pemberian penghargaan. 

"Pemberdayaan perempuan harus disupport, kegiatan seperti ini sangat membantu khususnya di bidang ekonomi. Selain itu yang membanggakan adalah mengangkat kebudayaan juga, dimana bisa dilihat saat fashion show. Harapannya pada kegiatan kedepannya untuk lebih semangat lagi mengangkat pelaku ekonomi lainnya. Acara ini bagus dan sangat luar biasa." Ungkap Ibu Nirmala Chandra, dari Perempuan Berkebaya Indonesia. 


Acara pun berlanjut dengan fashion show menampilkan koleksi dari BERLIMA, yaitu Ethnic with KISS (Keep It Simple Self) dari Ibu Martha Simanjuntak, Party Lover by KIA Fashion (Ibu KIA Wael), dan Modest Fashion dari Ibu Julia Warman.

Koleksi Ethnic with KISS (Keep It Simple Self) dari Ibu Martha Simanjuntak, memadukan antara etnik ulos dengan gaya masa kini, serta menerapkan zero waste fashion, sehingga tampil modern, simple, nyaman dikenakan, dan ramah lingkungan.

Sedangkan Modest Fashion dari Ibu Julia Warman, terinspirasi dengan perayaan HUT RI ke-77 mengombinasikan modest fashion dengan ikon khas Indonesia. Terlebih lagi kerennya nih, style busananya itu tidak mengekspos lekuk tubuh tapi tetap modis. 


"Karena ini ada acara fashion show, saya tertarik untuk hadir. Terlebih lagi karena di jaman sekarang sudah banyak inovasi yang modelnya bisa dipadupadankan dengan apa saja, dan juga di sini ada koleksi fashionnya Ibu Martha yang etnik budaya unik. Saya tidak kan ragu untuk menggunakannya ke kantor." Terang Mbak Aulia, salah satu tamu undangan yang terkesan dengan acara ini.


Dari rangkaian acara BERLIMA di  Inspiring Indonesian Look 2022 memberikan inspirasi untuk bagaimana menjaga hubungan pertemanan, saling mendukung untuk bangkitkan ekonomi bangsa, bangga dengan kebudayaan Indonesia dan merangkul sesama perempuan untuk berdaya dan berkarya dengan ekonomi kreatif. Sukses terus untuk BERLIMA dan para perempuan Indonesia.

Komentar

Munasyaroh Fadhilah mengatakan…
Saya suka banget mengikuti acara bertema budaya seperti ini. Sayang lokasinya jauh jadi nyimak dari ulasan teman teman yg kesana saja.
Arni mengatakan…
Berlima ini benar-benar memberdayakan para perempuan Indonesia ya
Senang sekali melihat saat berkebaya. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi perempuan perempuan Indonesia dimanapun berapa
sari widiarti mengatakan…
Suka nih kolaborasi berlima dan visi misinya, saling mendukung perempuan terutama di duni fashion, liat koleksinya berasa simple tapi tetep elegan. Kain etnik selalu punya ciri khas sendiri terutama warnanya
sylvianayy mengatakan…
seru sekali ya acaranya, bisa kumpul-kumpul bersama wanita-wanita kreatif dengan mengangkat tema kebudayaan
Sandra Hamidah mengatakan…
Mereka Berlima tuh inspirasi banget ya di tengah budaya asing tapi mau maju dengan karya negeri sendiri
Indra DP mengatakan…
keren acaranya, sepertinya acara seperti ini kudu sering diadakan agar perempuan Indonesia makin cinta pada budaya negeri ini
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
5 wanita hebat yang sangat berprestasi dan mampu menginspirasi banyak wanita lain dengan karyanya. Acara seperti ini harus sering dibuat supaya makin banyak wanita Indonesia yang terpancing untuk berkarya
Arai Amelya mengatakan…
Baru aja kemaren ngelihat temen pamer produknya Catha Ulos dan emang sekeren ituu, takjub sama bu Mirtha ya kak, fashionista abis. Tapi aku juga kagum lho sama BERLIMA, perempuan2 keren yang berdaya
Lita Lestianti mengatakan…
Keren banget para wanita ini. Penasaran sama perjalanan mereka hingga menjadi seperti ini. Pasti banyak kendala-kendala yang bisa mereka atasi.
Yuni Handono mengatakan…
Pertemanan yang baik itu saling menginspirasi ya mbak. Bersyukur melalui pertemanan itu tercipta kolaborasi yang menginspirasi wanita Indonesia. Masing-masing bisa menunjukkan bakatnya, yang akhirnya mengantarkan mereka menjadi womanpreneur yang tangguh dengan hasil karyanya yang dikenal secara luas. Tentu salut dengan perjuangan keras mereka.
Putu Felisia mengatakan…
Memang kegiatan ekonomi kreatif sangat perlu didukung. Apalagi di bidang fashion seperti ini. Semoga makin banyak acara serupa ya mbak.
Ranggi's Travel Story mengatakan…
Kereen sekali semoga BERLIMA semangat saling mendukung satu sama lain.menular ke UMKM lain di Indonesia. UMKM bangkit kembali setelah pandemi. ,(gusti yeni)
Ranggi's Travel Story mengatakan…
Kegiatan yg sangat positif semoga UMKM di I donesia bangkit setelah terjangan pandemi. Bangkit Indonesiaku 💪.
Aldhi Fajar mengatakan…
Acara ini patut diapresiasi, sukses trus untuk acaranya
Blog berita mengatakan…
Ekonomi kreatif dan pelaku usaha mampu memberikan sumbangsih usaha buat pekerja dan ekonomi
Dian Restu Agustina mengatakan…
Berasa bangga jadi perempuan yang disebut pemegang koentji ekonomi kreatif dimana pemberdayaan akan berkesinambungan di tangannya. Inspiratif sekali ini BERLIMA dengan semua karya juga acara Inspiring Indonesin Look 2022
Dee_Arif mengatakan…
Keren sekali apa yang dilakukan BERLIMA ini
Wujud kepedulian terhadap budaya Indonesia yang dijadikan produk ekonomi kreatif ya
Han mengatakan…
Keren bangett kak Feni, aku selalu suka dan takjub sih sama orang2 yang berkumpul untuk membicarakan soal ini. Indonesian Look kalau dibiayain kayak di Korea tuhh insyaAllah jadinya akan mendunia kok yaa hihi
Okti Li mengatakan…
Berlima ini beneran menghasilkan karya yg inspiratif ya. Bagaimana kain tradisional seperti ulos dipadukan dengan design lain tapi bisa menghasilkan outfit yang zero waste. Ah jadi penasaran pengen punya koleksinya, hehehe
ginanelwan mengatakan…
Seru sekali melihat hasil karya anak bangsa, dengan beragam ciri khasnya. Apalagi begitu spesial disaat bersamaan perayaan HUT RI ke 77
Ria Nugroho mengatakan…
MasyaAllah acara yang bagus banget, kalau gini tentu akan semakin banyak orang kreatif yang berkarya
Goresan hati mengatakan…
Acara bertema pelestarian budaya seperti perlu diperbanyak dan ditingkatkan nih agar budaya bangsa tidak pudar karena kemajuan zaman. Kalau sekarang ada berlima, besok ada berlima lainnya yang ikut membangun budaya bangsa. Cerdas
wulan mengatakan…
keren yaa, indonesian look ini, bisa bikin fashion modern dan skala nasional dengan tema-teman budaya
ungayossy.com mengatakan…
Kalo wanita udah bergerak berkarya pasti gebrakannya gk tanggung2 ya kak. Apalagi dizaman sekarang semua harus melek digital . Gk boleh ketinggalan dan kita gk boleh lemah
lendyagasshi mengatakan…
Namanya sungguh relate sama tujuan dari BERLIMA itu sendiri di Inspiring Indonesian Look 2022.
Keren dan menginspirasi wanita Indonesia untuk terus berkarya dan mewujudkan impian.
Shyntako mengatakan…
aku tuh selalu suka terpesona loh sama produk-produk umkm yang bagus-bagus banget, bagus nih acara kaya gini harus kontinyu dibuat setiap bulannya
Maria G Soemitro mengatakan…
seneng banget lihat perempuan berkarya sesuai passionnya ya?

karena perempuan yang bisa berkarya demikian, umumnya sudah beres dengan dirinya

sehingga mampu menebar semangat pada lingkungannya
Retno Kusumawardani mengatakan…
perempuan-perempuan hebat kalau sudah berkumpul pasti menghasilkan karya. Salut dengan mereka semua yang bisa menginspoirasi perempuan lainnya...
Nimas Achsani mengatakan…
Aku selalu suka acara2 yg berbau budaya gini mbak. Karena selalu ada hal baru yg bisa diambil ya dan buat kita juga makin aware sama keunikan Indonesia
Irra Octaviany mengatakan…
seneng banget lihatnya, banyak hasil karya bangsa yang pajang. keren-keren semua..
Qoty Intan Zulnida mengatakan…
Wah keren keren yaaa look-nya. Kolaborasi BeRLIma juga oke banget deh, menghadirkan Indonesian look ini. Aku jadi excited banget deh lihatnya
Nita Juwithafina mengatakan…
inspiring banget ino 😍😍 kalau lihat mereka BERLIMA jadi terpacu semangat buat menelorkan karya...
Amai Laila mengatakan…
Suka dengan saling dukung antara sesama perempuan
Women support women.
Menginspirasi apa yang dilakukan oleh BERLIMA.
Semoga terus berkesinambungan
Erna mengatakan…
Bagus banget acaranya kak.. Emang perlu acara berbau kebudayaan kayak gini.. Sukses terus perempuan-perempuan Indonesia.. Tetaplah berkarya
Yola Widya mengatakan…
Seru banget ya kak, wanita memang jangan mau ketinggalan, harus berprestasi dan berkarya
Ida Raihan mengatakan…
Acaranya sangat keren ya Mbak, menginspirasi para perempuan, berkarir dengan tetap menjaga budaya. Sukses selalu.
Nurrahmah Widyawati mengatakan…
Seru banget kolaborasinya. Pingin deh dateng ke event-event gini, vibesnya bangga aja gitu hehe. Semoga perempuan semakin bisa produktif dan berdaya dengan cara masing-asing yang tentunya membuat bahagia juga ^^
Annisa Rizki Sakih mengatakan…
Kereen kolaborasinya. Bukti bahwa wanita Indonesia itu produktif dan berdaya. Sebagai sumber inpirasi kekayaan budaya kita kaya banget pula
ditaindrihapsari mengatakan…
Suka deh dengan baju-baju yang etnik dan khas nusantara. Apalagi akalu dipadupadankan dengan gaya modern gitu. Salut juga fashionnya sudah mudah ramah lingkungan, semoga terus beanjut dan makin sukses ya BERLIMA :)
Deeva Collection mengatakan…
Event nya bukan hanya sekedar sharing tapi juga memberikan motivasi, dan penghargaan. Ini perlu dijaga, karena dengan penghargaan akan semakin menarik dan memantik banyak ornag untuk ikut berkarya dan berkreasi dengan kreasi bangsa
Dila mengatakan…
Ternyata saya bagian dari 56% yaitu menjalankan usaha tanpa karyawan. semoga next bisa punya karyawan yang berarti usahanya makin berkembang. Bagus sekali acaranya, semoga menginspirasi wanita lainnya sehingga bisa membangkitkan ekonomi bangsa.
Katerina mengatakan…
Keren acaranya. Salut untuk 5 perempuan berprestasi, sangat menginspirasi. Semoga acara menarik ini bisa terus dilaksanakan secara rutin.
Yanti Alif mengatakan…
Berlima ini adalah para wanita yang menginspirasi sekali ya mba fenni memberdayakan para perempuan untuk terus aktif dan selalu kreatif sukses terus untuk Berlima
Happy mengatakan…
ya ampun seneng banget bacanya, keren-keren ya wanita-wanita kita. pengin bisa menginspirasi kayak gitu deh, salut :')
Ulfah Aulia mengatakan…
Berlima ini menginspirasi para wanita agar lebih produktif yaa dan melek financial juga. Pengen juga nih ikutan sharing webinar langsung seperti ini, pastinya akan bnyak insightnya buat kita berbisnis juga
Utie Adnu mengatakan…
Keren ya berkumpul berlima terus mempunyai karya..duh model designernya bagus2 lagi . Terus maju nih untuk berlima dan kompak semoga suatu saat dunia ya
dhenok hastuti mengatakan…
pas baca di awal: ooooo ini 'berlima' itu. soalnya namanya sliweran terus di beranda kawan fesbuk.

setelah sampai bawah, eh bener, yang punya beranda fesbuk malah muncul di foto ☺ yang mbak ade nirmala, dari perempuan berkebaya.

seru ya acaranya.. keren ini penggagaanya. semoga bisa lebih tersebar ke berbagai kalangan.
Rhoshandhayani KT mengatakan…
wuah keren banget ya kolaborasinya BERLIMA
visi misinya juga mulia untuk mengangkat look Indonesia yang kaya banget
mereka juga menginspirasi banget
gemaulani mengatakan…
Setuju itu busana bikinan designer BERLIMA tetep modis meski lekuk tubuh tidak terlihat. Udah gitu dipadukan dengan kain-kain etnik ulos gitu ya, Tjakep banget
Nengsih mengatakan…
Womenpreneurnya pas lima orang ya kak. Jadi cocok namanya itu BERLIMA. moga makin meng-influence wanita Indonesia dalam berkarya dan berwirausaha ya. Aamiinn
lendyagasshi mengatakan…
Semua pendiri BERLIMA adalah orang bisnis yaa..
Jadi gak salah banget kalau memiliki tujuan yang sama.
Semoga kolaborasinya selalu menginspirasi kita semua untuk cinta dengan budaya Indonesia.
Dee_Arif mengatakan…
Di era sekarang ini, kolaborasi adalah kunci ya mbak
Kolaborasi yang dilakukan oleh BERLIMA ini keren banget
Mengembangkan budaya Indonesia sekaligus mendorong ekonomi kreatif
Dian farida ismyama mengatakan…
Salut deh sama BERLIMA. Kolaborasi pengusaha perempuan yg ga main2. Saling dukung bukan saling jegal. Apalagi membawa budaya etnik Indonesia. Dua jempol
Amir Mahmud mengatakan…
Pebisnis tapi perempuan, salut banget pokoknya. Mereka yang punya tugas utama mengurus rumah tangga, tapi bukan hanya bekerja, tapi pebinis, itu luar biasa.
Lia Yuliani mengatakan…
Ternyata Berlima ini memang ada 5 orang ya. Inspiring banget mereka ya Mba. Setiap perempuan itu berharga dan punya potensi yang bisa dikembangkan.Seneng ya bisa menghadiri acara yang memberikan insight positif seperti ini.
Dee_Arif mengatakan…
Salut banget sama Berlima ini
Lima perempuan hebat yang menginspirasi
Tak hanya mengembangkan ekonomi kreatif, tapi juga melestarikan warisan budaya bangsa
Berasa banget energi positif yang disebarkan di acara ini, beliau berlima bersinergi untuk pemberdayaan perempuan Indonesia.
Semoga selalu kompak dan sukses terus untuk sosial bisnisnya,