Langsung ke konten utama

Resolusi Kesehatan Jelang Akhir Tahun 2022

Masih adakah di antara pembaca Kisah di Blog Fenni Bungsu yang menjalankan resolusi kesehatan? Atau malah tidak ada resolusi di bidang ini? Huahahah, sama kitaah. Haddeh, untuk hal yang penting buat tubuh, malah seneng banget gak punya resolusi di bidang kesehatan, hehe.

Sebenarnya bukan seakan-akan jadi punya teman karena tidak memiliki resolusi kesehatan, tetapi ya kok bisa kita samaan gak terpikirkan untuk membuat resolusi. Padahal kan jaga kesehatan udah jadi hal penting yang harus dilakukan sebagai aset masa depan.

 

Mengapa Tidak Punya Resolusi Kesehatan?

Namun, bagi saya, kenapa jadinya tidak punya resolusi kesehatan, karena ingin mengalir begitu saja. Artinya tidak terlalu ngoyo untuk melakukan berbagai macam hal agar senantiasa sehat. Soalnya yang ada malah sayanya lupa, padahal udah dibuat jadwal hihi (please jangan ditiru, atau malah saya yang meniru mantemans, wkwkwk).

Hal kunci bagi saya untuk jaga kesehatan, sama kok dengan mantemans juga, dan boleh dikatakan juga sudah familiar, ya dari jaga waktu tidur jangan sampai begadang atau kurang tidurnya, makan teratur jangan sampai telat, minum air putih yang cukup, tidak membawa beban apa-apa ketika mau tidur biar tidak stres, asupan dipenuhi dengan gizi seimbang, tambah multivitamin bila diperlukan, konsumsi sayur dan buah.


Sudah menjaga kesehatan, tetapi bila qadarullah-nya jatuh sakit, maka dinikmati saja. Seperti waktu itu pernah yang sesuatu banget adalah cedera betis, dan sakit cacar air. Walau jadinya harus cancel pekerjaan dan juga mengundurkan diri karena kondisi yang uzur syar’i, tetapi dengan dibawa tenang maka kita akan menyadari bahwa kita ini adalah hamba yang lemah untuk tidak terlalu over dalam melakukan kegiatan sehingga lupa bahwa tubuh ini adalah titipan-NYA, dan juga sebagai reminder untuk mengingat: sehat sebelum sakit.

Saat sakit melanda tetap percaya bahwa bersama kita yang akan menguatkan kita, sambil berdzikir (sebagaimana doa Nabi Ayyub as ketika terkena penyakit): 

“Ya Tuhanku, sungguh aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang.” (QS: Al-Anbiyaa ayat 83).

 

Jadi, Penting Gak Sih Punya Resolusi Kesehatan?

Kalau dibilang gak penting, yah nggak juga. Soalnya dengan hidup terarah seakan punya G-maps kehidupan kan lebih bagus ya. Maka dengan punya resolusi kesehatan, seperti ada goals yang ingin dicapai dalam masa setahun, misalnya ingin:

  • Punya berat atau tinggi tubuh ideal.
  • Rajin makan sayur, padahal sebelumnya enggan.
  • Mengurangi garam, gula, dan lemak berlebihan.
  • Tidak makan setelah jam maghrib.
  • Berjalan kaki minimal 30 menit dalam sehari.
  • Tidur dimulai dari jam 8 malam.
  • Dan sebagainya.

Intinya memang kembali lagi pada kebutuhan dan bagaimana kitanya sanggup untuk memenuhi resolusi tersebut. Kalau ternyata gak sanggup, ya tak masalah.

[Baca Juga: Momen Hari Gizi Nasional, Yuk Cegah Stunting]

Terus gimana dong, kan pengen juga punya reseolusi kesehatan? 

Ya, bisa dilihat dari kemampuan badan kita. Pasalnya setiap orang kan berbeda ya. Mungkin jadi si A sanggup berjalan kaki selama 30 menit, tetapi si D tidak sanggup. Jangan paksakan yang bukan kemampuanmu, tapi rutinkan apa yang bisa diterapkan olehmu. Apalagi jelang tahun 2023, masih sekitar 3 bulan lagi. Jadi semangatkan diri buat menjaga tubuh agar tetap bugar. 

Komentar

kang ᗪirman mengatakan…
Aku salah satu resolusi kesehatan setelah meninggalkan tahun 2022 ini, kepingin punya waktu tidur yang cukup, kak.. supaya terus bisa semangat ngeblog dan beraktivitas yang lain, hehehe..
dessy achieriny mengatakan…
Aku lagi belajar mengubah pola makan ke arah yg serba sehat. Kemarin sering junk food sekarang lebih ke sayur dan buah supaya badan sehat. Ditambah berat badan tambah naik, mau kurangi manis dan garam juga.
Maria G Soemitro mengatakan…
resolusi kesehatan ku jalan pagi setiap pagi

besok mulai ah

karena tadi jalan keluar rumah, duh sakit semua

takutnya organ tubuh yang gak dipakai bakal mogok kerja :D
Deeva Collection mengatakan…
Resolusi kesehatan, menarik nih. Biasanya kan resolusi hidup selalu buat sifatnya finasial. Ngomingin resolusi kesehatan, hal oenting yang perlu dilakukan adalah memberikan hak tubuh untuk istirahat.
Annisa Rizki Sakih mengatakan…
Kalau saya penting banget tiap tahun punya resolusi sehat mbak. Biasanya sistem eliminasi, jadi pertahun selalu ada yg coba saya hilangkan baik kebiasaan kurang baik atau apa yg saya konsumsi. Ada yg Alhamdulillah sudah Istiqomah dijalankan, ada yg kadang masih suka kebablasan hehe
Djangkaru Bumi mengatakan…
Saya juga sama, tak punya target
alhirnya tiga tahun kopid, berat badan naik drastis. perut tambah buncit.
kerja lebih banyak di rumah, jarang banget ke luar rumah
Nengsih mengatakan…
Kalau di suruh buat resolusi kesehatan, aku maunya lebih rajin olah raga aja. baik itu sekadar senam atau jalan kaki di pagi hari. Biar tubuh lebih fresh
Susi Susindra mengatakan…
Contoh resolusimu itu juga yang jadi harapanku banget Mbak. DUlu pernah yang ngurangi garam dan minyak, berhasil selama 6 bulan. Seneng banget waktu minyak mahal aku ga terpengaruh. Begitu minyak balik ke 14 ribu malah ambyar....
Harus mengetatkan lagi nih
lendyagasshi mengatakan…
Sepertinya setelah berat badanku stabil seperti saat ini, aku sedang mempertahankan apa yang sudah aku lakukan sih.. Kalau bisa memang meningkatkan yang sudah dilakukan, seperti menambah jam olahraga ((yang masih bolong-bolong juga sebenarnya)) dan banyak konsumsi air mineral.
Aku mulai mengurangi makanan manis, karena beneran bikin badan leleus alias lemesss..
Okti Li mengatakan…
Menurut saya penting banget. Secara kesehatan kan saat ini selalu jadi prioritas yang utama. Apalah artinya kekayaan dan lainnya, sementara kita tidak sehat
dudukpalingdepan mengatakan…
Karena abis liburan sampai sekarang bb saya naik, jadi resolusi kesehatan saya adalah turun BB dengan pola hidup sehat salah satunya mengurangi konsumsi gula. Walau ini berat banget bagi saya pencinta kue dan minuman manis. Pelan-pelan deh, semoga bisa konsisten.
deddyhuang.com mengatakan…
resolusiku buat 3 bulan ini, semoga saja diberi kesehatan dan juga rejeki yang semakin lancar.. aamiin...
Irawati Hamid mengatakan…
resolusi kesehatan saya di akhir tahun ini adalah punya berat badan ideal. Saat ini sedang berusaha mencapai resolusi tersebut, semoga memasuki tahun 2023 saya bisa mewujudkannya
Aisyah Dian mengatakan…
Wah resolusi kesehatannya menarik nih kak. Saya jadi tersentil Untuk banyak makan sayur jadinya... Juga tidur cepat
Lia_Lathifa mengatakan…
Penting banget mbak, aku juga lagi pengen menjalankan resolusi kesehatan karena sekarang berasa banget badan sering sakit-sakitan dan ngilu. Minimal harus streaching supaya gak cepet pegel
Kanianingsih mengatakan…
semoga tercapai resolusinya y kak. jadi malu nih , awal tahun ini punya resolusi untuk rajin olahraga tapi ternyata kenyataannya ngga rajin
Okti Li mengatakan…
Tubuh sehat adalah goals yg paling utama. iyakan? Apalah artinya kekayaan, gelar, dll kalau badan tidak fit
sari widiarti mengatakan…
Sejak sakit, punya resolusi untuk kesehatan, seperti atur pola makan dan jam tidur, tapi ya namanya sakit, kadang nggak bisa kita hindari, yang penting tetap berdoa, dan jaga mental juga, kemarin sakit eh mental ikutan ngedrop
HendraDigital mengatakan…
Resolusi kesehatan penting banget sih, apalagi yang punya body goal. Meski nggak punya resolusi, tapi setidaknya bisalah menerapkan pola hidup sehat. Nah, praktiknya itu yang berat, hahaha 😂
Ranggi's Travel Story mengatakan…
Penting membiasakan hidup sehat, saya ikut yoga online seminggu 2x plus membuat agenda traveling dengan medan adventure bersama anak suami itung itung olah raga.(gusti yeni)
Henny mengatakan…
Bener banget. Perbaikan pola makan dan olahraga. Aku juga termasuk yang berantakan nih. Makan gak sehat dan terlalu banyak duduk
Yonal Regen mengatakan…
Salah satu resolusi kesehatan saya semoga dapat menjaga amanah tubuh yang dititipkan Allah sesuai fitrahnya agar dapat digunakan dijalan-Nya. Beberapa langkah yang bisa dijalankan seperti menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
gak kerasa nih udah mau akhir tahun huhu..bener juga ya sehat memang yang utama, ngerasain pertengahan tahun ini anak sakit dan kudu ada pengobatan lama, jadi sempet ngeganggu semua rencana lain huhu
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
semenjak pandemi, jadi makin sadar banget kalau kesehatan itu mahal, jadi kudu beneran dijaga nih :)
Muhammad Patintingan mengatakan…
Kalau saya pribadi nih Kak, resolusinya harus bisa rutin jogging pagi sebelum masuk ke kantor, jadi pas weekend nya bisa lebih fokus ke keluarga. HHe
Renayku mengatakan…
Makasi kak udah diingetin. Aku gak pernah punya resolusi soal kesehatan padahal penting bgt. Kalo udah sakit, banyak hal jadi terbengkalai deh
Mei Daema mengatakan…
Penting banget sih mba kalau menurut saya, saya juga ada GERD jadi bener2 meresolusi kesehatan mulai detik ini tuh sangat penting, pola hidup saehat yang saya jalankan berantakan ketika pandemi, sehingga membuat saya mengalami GERD dan akhirnya pola makan harus diatur dan dijaga lagi
Bambang Irwanto mengatakan…
Jangankan resolusi kesehatan, resolusi lainnya juga sudah saya hembaskan, Mbak hahaha.
Harapan saya, semoga sehat terus. tapi itu semua kuncinya dari diri saya juga. Saya harus banyak tahu diri juga. Tidak banyak makan pedas, cukupkan istirahat, tidak tergoda minum es saat cuaca panas, dan lainnya.
Ursula Meta Rosarini mengatakan…
Sebenarnya tiap awal thn aku selalu bikin resolusi beb, dan salah 1 resolusiku thn ini loss weight wkwk, sejak melahirkan badan melar ga karuan, harus diet buat kesehatan juga
Ika Gifka mengatakan…
gak masalah juga kan ya bikin resolusi kesehatan menjelang akhir tahun. siapa tahu nanti pas tahun baru udah jadi kebiasaan, jadi gak usah pake resolusi lagi
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
Semoga kita bisa selalu sehat dan selalu bisa menjaga kesehatan. Sekarang kudu mulai memperhatikan kesehatan diri sendiri dengan menjaga pola makan dan juga semangat berolahraga sih ya
Mutia Ramadhani mengatakan…
Wkwkwkwk. Aku enggak pernah punya resolusi kesehatan mba. Jadi ketabok nih. Sukanya doain orang tua, suami, anak, tapi suka lupa doa buat diri sendiri. Hihihi.

Semoga kita semua sehat-sehat ya Mba Fenni.
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
Semoga kita selalu sehat dan menjaga kesehatan kita selalu. Mulai sekarang menjaga pola makan dan berusaha untuk menyempatkan diri berolahraga supaya badan selalu sehat
ginanelwan mengatakan…
nice artikel, resolusiku hampir sama mbak karena aku udh kelebihan berat badan, pengen kurus untuk kesehatan juga sih.
Shyntako mengatakan…
kesehatan itu memang yang utama ya, gak enak banget kan rasanya kalo lagi sakit, baru deh sadar bahwa nikmat sehat itu luar biasa banget
Dee_Arif mengatakan…
Wah iya, tahun 2023 sudah di depan mata
Apa kabar ya resolusi kesehatanku
Pokoknya sih sudah sering olahraga dan cek up rutin
Bundamami mengatakan…
Salah satu resolusi kesehatan saya adalah makan tepat waktu, karena saya penderita maag. Tapi sampai saat ini pun belum sepenuhnya diterapkan, hehe.
Marita Ningtyas mengatakan…
Salah satu resolusi kesehatanku di tahun ini adalah mengurangi berat badan dan perut buncit. Daaan... belum tercapai dong. Apakah dalam waktu tiga bulan bisa mencapai resolusi itu yaa.. hehe.
Retno Kusumawardani mengatakan…
Wuaah tadinya aku belum kepikiran untuk membuat resolusi kesehatan, setelah baca artikel ini jadi kepikiran deh.
Siska Dwyta mengatakan…
Auto ingat resolusi kesehatan tahun ini apa yaa? Kayaknya gak ada resolusi kesehatan secara spesifik yang saya buat, bisa sehat sejauh ini saja udah alhamdulillaah banget..alhamdulillaah juga proses persalinan saya secara SC Agustus kemarin berjalan lancar
Leyla Hana mengatakan…
Resolusi kesehatan itu perlu supaya gak gampang sakit. Kalo aku harus rutin olahraga & defisit kalori hehe.
Lita Lestianti mengatakan…
Benar banget mbakk.. sesuai kemampuan saja.. saya juga ga bisa lari2 sekarang.. mending sepedaan deh.. yang penting olahraga..
lendyagasshi mengatakan…
Salut sama kak Fenni yang bener-bener detil memberikan gambaran mengenai resolusi kesehatan. Karena bagaimanapun, kesehatan ini kunci kebahagiaan. Bisa bekerja, bisa ceria dan mengikuti berbagai aktivitas produktif yang bermanfaat, karena diawali dengan badan dan jiwa yang sehat.

Semangat konsisten selalu.
Julia mamacalf mengatakan…
Menurutku penting ya, karena kesehatan ini mahal. Orang disekeliling kita sudah banyak yang memberi contoh di hari tua kesehatannya menurun.
Irawati Hamid mengatakan…
memang penting bagi kita untuk memiliki resolusi kesehatan yaa, salah satu fungsinya adalah kita jadi tahu kondisi kesehatan kita secara rutin
Goresan hati mengatakan…
Kalau aku pengen bisa tidur efektif. Selama ini bisanya tidur sejam dua jam aja. Jadi kurang tidur yang menyebabkan badan jadi gampang capek. Kalau kurang tidur juga gak bagus buat kesehatan kan.
Semoga resolusinya terwujud ya mbak. AKu juga pengen banget ngurangi minyak, gula dan garam. Semoga bisa. hiks, solany itu bikin candu banget.