Kok Bisa Cedera Betis? Ini Dia Penanganannya

Sabtu malam, tanggal 25 Juni 2022 mungkin jadi hal yang menegangkan buat saya, karena tiba-tiba bagian belakang betis kanan saya terasa nyeri. Saya berpikir ah paling ini hanya pegal-pegal aja jadi hanya dipakaikan balsem otot. Sebab memang dari pagi hingga jelang magrib saya sampai di rumah, banyak beraktivitas dengan berjalan kaki dan naik turun tangga moda transportasi.

Ah, Pegal Doang Kok, Tapi..

Keesokan harinya pada Minggu pagi, bagian belakang betis kanan saya makin terasa nyeri di bagian betis atas hingga ke dekat lutut. Masih berpikirnya, ah pegal aja. Lagipula saya harus bergegas untuk ke suatu tempat karena ada pekerjaan. Kalau mau absen, juga tidak enak dengan penyelenggara, jadi saya paksakan untuk pergi. Kebetulan acaranya juga terbuka untuk umum, sehingga saya bisa ditemani kakak untuk antisipasi bila terjadi apa-apa. 

Sesampainya di lokasi, saya berusaha untuk tetap profesional kerja, walaupun harus menahan nyeri di belakang betis kanan yang sangat terasa hingga pekerjaan selesai. 

Dalam perjalanan pulang menggunakan moda transportasi, untungnya bisa duduk. Walau pas mendekati halte untuk turun tangga, nyerinya mulai terasa. Perasaan udah nggak enak, antara mampu dan gak mampu untuk jalan.  

[Baca Juga: Ada Varian Baru Covid-19, Awas Jangan Lengah]

Tiba di rumah betis kanan yang udah nggak bisa diajak kompromi, buru-buru salin pakaian terus saya angkat kedua kaki lebih tinggi dari badan ketika berbaring. Tak lupa juga kompres batu es. Sayangnya belum ada efek yang mengarah lebih baik. 

Kakak pun menyarankan untuk coba balur dengan kencur. Saya pun teringat masih ada kencur bubuk yang pernah saya beli untuk mengobati jari kaki saya yang kepentok pintu (haddeh Fenni Bungsu, ada-ada aja kejadiannya, huhu 🥲).

[Baca Juga: Jaga Kesehatan Jantung dan Lingkungan]

Saya siapkan wadah, kencur bubuk kira-kira 1 sdt, lalu diaduk dengan air hingga mengental. Kemudian balurkan di bagian belakang betis kanan yang sakit. Lalu tunggu sampai kering.

Rasanya memang gak se-sejuk ketika pakai es batu. Hanya aja ada rasa hangat, dan reaksi di bagian dalam betis. Reaksinya itu seperti melepaskan simpul tali...treeekk.

Walaupun nggak yang cepet sembuhnya, alias perlahan-lahan gitu, Alhamdulillah udah lumayan bisa jalan pelan-pelan dan coba berani naik tangga meski masih berpegangan. Saya balurkan kencur 3x sehari, dan makin membaik berangsur-angsur hingga hari ini.

Kenapa Sih Bisa Betis Bisa Sakit?

Mengapa sih kok sampai cedera di bagian betis kanan? Jadi waktu hari Sabtu kerjanya itu dari satu lokasi ke lokasi berikutnya, saya tidak terlalu memperhatikan keadaan kaki. Dan kesalahan fatal saya adalah mengenakan celana panjang yang bagian ujungnya ada karetnya, sehingga memungkinkan sirkulasi darah tidak lancar, hingga menyebabkan betis kanan saya sakit.

Selain itu merangkum dari portal kesehatan, sakit pada betis setidaknya ada 5 yaitu kram otot, otot tegang, cedera betis, tendon Achilles, dan cedera pada saraf skiatik. 

Nah yang yang saya alami adalah cedera betis, karena ada muncul rasa sakit pada area belakang kaki, betis terasa lemah dan kaku terutama ketika dibawa berjalan, kesulitan untuk bertumpu pada kaki. 

Ilustrasi by shutterstock

Cara Mengatasi Cedera Betis

Jadi kalau misalnya kerjanya itu adalah  banyak bergerak atau berpindah lokasi, maka sebisa mungkin tidak hanya memerhatikan alas kaki yang nyaman saja, tapi juga gunakanlah pakaian yang tidak ada karetnya di bagian ujung. Entah itu ujung kaki atau ujung tangan, agar sirkulasi darah tetap bisa lancar karena kan kita banyak gerak. 

Selanjutnya, saat terjadi rasa sakit atau nyeri di bagian tubuh, lekaslah untuk kompres batu es. Bila sakit pada kaki maka naikkan kaki lebih tinggi daripada badan ketika berbaring. 

Kemudian, persiapan juga bahan-bahan alami, seperti kencur yang efektif meredakan rasa nyeri maupun bengkak, dan minum air putih yang cukup.

[Baca Juga: Edisi Merenungi Jaga Kesehatan]

Serta jangan lupa dalam masa pengobatan, usahakan untuk tidak banyak beraktivitas alias lebih banyak istirahatkan kaki. Nah itu dia pengalaman saya, semoga bermanfaat ya.

Eh iya, apakah kamu punya pengalaman seperti ini punya cedera di bagian tubuh, dan bagaimana cara penanganannya bisa sharing di kolom komentar blog Fenni Bungsu, yaa ..kita berbagi cerita juga yuk.


 

46 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
Nabilla DP mengatakan…
saya sering nih kalau lagi kecapean, betis terasa sakit banget. kadang bisa selesai dengan aneka salep aja.. kadang perlu pijet agak lamaa gitu.
Komen Blog fennibungsu.com
Putu Felisia mengatakan…
Semoga lekas sembuh, Mbak. Aduh, repot juga ya kalau cedera betis 😖 Terima kasih infonya.
Komen Blog fennibungsu.com
YSalma mengatakan…
Saya juga pernah mengalami cedera betis ini mba. Kalau melakukan perjalanan yg lumayan mengandalkan tungkai, alas kaki dan pakaian emang harus diperhatikan banget kenyamanannya.
Baluran kencur emang bikin hangat. Sy jg pernah menggunakan jahe untuk baluran betis.
Komen Blog fennibungsu.com
Mutia Erlisa Karamoy mengatakan…
Kalau aku sih gejala asam urat jadi kalau salah makan atau kebanyakan jalan jalan kaki suka sakit dan kram pokoknya bikin ngak nyaman. Biasanya balsam otot jadi andalanku banget kebayang kalau yang mengalami cidera betis.
Komen Blog fennibungsu.com
Ria Nugros mengatakan…
Semoga sehat-sehat selalu ya kak fenni, kakinya gak sakit lagi. Iya saya pernah jg sakit betis rasanya mang nyeri banget huhu
Komen Blog fennibungsu.com
trlitha11 (lithaetr) mengatakan…
Waktu masih sering olahraga, suka nih, pegel banget di bagian kaki, memang yang enak itu dikasih anget-anget, termasuk bubuk kencur itu. Semoga lekas kembali fit ya, kak Fenni, cedera apapun, termasuk bagian kaki memang bisa membuat kinerja menjadi kurang optimal
Komen Blog fennibungsu.com
Muhammad Patintingan mengatakan…
Untung cidera betisnya bisa segera di atasi yaa Mbak. Pengalaman saya sendiri pernah juga cidera di bagian betis setelah bermain bulutangkis. Penanganannya dengan rendam kaki di air es dan pakai minyak urut secukupnya serta istirahat dari aktivitas olahraga kurang lebih sebulan.
Komen Blog fennibungsu.com
Pandu Husna mengatakan…
Cepat sembuh ya kak, Nice infonya. Harus selalu sedia obat" tradisional emang yaa.
Komen Blog fennibungsu.com
Dyah Ummu AuRa mengatakan…
Semoga cepet sembuh mbak, kalau kaki termasuk betis sakit duh pasti susah beraktivitas jadinya.
Komen Blog fennibungsu.com
aku juga sering cedera betis mba Fenni, biasanya aku olesin obat penghilang nyeri sih.. mau mendingan biasanya
Komen Blog fennibungsu.com
Wiwid Nurwidayati mengatakan…
wah ini nice info mbak. Saya juga kadang luka nyeri betis begini. apalagi kalau habis jalan jauh. Biasanya pakai cream cream gitu. Ini ada resep obat baru, thanks mbak.
Komen Blog fennibungsu.com
Laily M Octavia mengatakan…
Alas kaki yang nyaman emang penting banget biar safety saat kerja. Get well soon ya mbak.
Komen Blog fennibungsu.com
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
aku pernah, kaya keram gitu rasanya, tapi mungkin gak separah ini ya :( kirain kalau betis tuh minim cedera karena gak ada tulang kan hihi.. ternyata bisa ototnya yang kena
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Betis mendadak sakit sampai kaya njarem gitu, kayanya perlu banget dirawat menggunakan obat luar yang alami. Kalau ke dokter, biasanya diberi kehangatan di area yang sakit sehingga bisa relax dan cepat kembali ke seperti semula.
Komen Blog fennibungsu.com
Retno Kusumawardani mengatakan…
Aku juga pernah pakai celana yang ujungnya berkaret agak ketat. Belum sampai cedera betis sih, tapi rasanya jadi cepet capek. Padahal aktivitas belum terlalu banyak....

Dan baru tau manfaat kencur untuk cedera betis...
Komen Blog fennibungsu.com
Siti Mustiani mengatakan…
Aku juga sering ngalamin nih, apalagi setelah turun gunung atau free diving lama-lama di laut. Banyak yg bilang kalo gejala asam urat, apa iya ya 🙈
Komen Blog fennibungsu.com
Han mengatakan…
Semoga cepet baikan yaa mba, kalau aku dulu sempet cedera bahu, dan itu sakitnya luar biasaa :( sampe ke fisioterapi
Komen Blog fennibungsu.com
Ursula Meta Rosarini mengatakan…
Ibu yg usianya jauh lebih tua dr aku, dikantor sering sambil jalan mondar2 mandir di ruangan aja gitu, aku kira ngapain, ternyata peregangan biar ga kaku duduk trs berjam2, lha aku yg masih muda magernya ampun ampun, duduk trs hahaha.

Harusnya emang ada gerakan peregangan gitu ya biar ga kaku & aliran darah lancar.
Komen Blog fennibungsu.com
Selvijua31 mengatakan…
Kalau aku sih pernah merasakan nyeri betis bagian belakang saat malam hari, untuk penanganan pertama kaki ditekuk sebentar untuk rileksasi, lumayan mereda.
Komen Blog fennibungsu.com
Gioveny Astaning Permana mengatakan…
Aduh aku kalo kaya gitu biasanya auto urut, nggak kepikiran balur balur. Jadi tau deh sekarang kalo kencur tuh manjur banget y mbak Fen
Komen Blog fennibungsu.com
Indri mengatakan…
Kalau ada keluhan disekitar betis biasanya aku olesin krem khusus buat nyeri otot gitu kak trs kalo udah sakit banget panggil aja tukang urut hehehe
Komen Blog fennibungsu.com
April Hamsa mengatakan…
Oh ternyata kencur tuh bisa meredakan nyeri dan juga bengkak gitu kalau kita cedera ya? Mungkin painkiller alami ya mbak?
Iya nih kadang tiba2 bangun pagi betis sakit bisa jd pas tidur gak sengaja nendang apaan gitu yaa
Kalau sakit berlanjut yg pasti hubungi dokter hehe
Komen Blog fennibungsu.com
andyhardiyanti mengatakan…
Pernah mengalami cedera betis beberapa kali. Terutama kalau habis jalan jauh, atau mendaki bukit gitu. Sakit banget rasanya, apalagi kalau pas udah mau tidur/gak beraktivitas..makin terasa deh sakitnya
Komen Blog fennibungsu.com
Cicajoli mengatakan…
oh saya baru tau kalau kesalahan mengenakan celana bisa mengakibatkan cedera betis, thank you mbak

secara mayan banyak juga celana yang ujungnya berkaret hehe
Komen Blog fennibungsu.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Alhamdulillah, saya belum pernah mengalami kram betis, Mbak. Tapi membaca postingan ini, saa jadi lebih tahu, dan usahakan tidak pakai pakaian yang ada karetnya di tangan atau kaki.
Terus kencur itu memang bagus sekali, ya pernah adik saya juga bengkak tangannya, dibaluri kencur. Terus tidak banyak beraktivitas dulu.
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Bahasa Jawanya "njarem" bukan sih, kak Fenni?
Kak Fenni persis kaya Ibuku. Kalau ada saraf kejepit atau saraf ketarik gitu, auto dibobokin sama kencur. Aduhai skali memang wanginya.. Sampai ke kasur-kasur plus remahannya yaa..

Semoga lekas sehat, kak Fenni.
Jangan capek-capek dulu dan banyak istirahat.
Komen Blog fennibungsu.com
Diah Agustina mengatakan…
Aku pernah mbak, dan rasanya sungguh menyakitkan. Apalagi kala itu lagi hamil besar. Jadi cuma bisa nangis aja kalau sakitnya lagi datang
Komen Blog fennibungsu.com
Elva Susanti mengatakan…
saya pernah nih mbak Feni, dan akhirnya kupukul2 area betis yg sakit. Soalnya sakit banget. Dan biasanya kejadian KL udah terlalu kelamaan duduk tiba2 berdiri
Komen Blog fennibungsu.com
Ade UFi mengatakan…
kalau kemarin pas ikut health talk nyeri di betis salah satu efek saraf kejepit. Semoga bisa teratasi dengan tepat ya
Komen Blog fennibungsu.com
kataresi mengatakan…
Betis suka kram malem klo sharian abis jalan tapi yg paling ngilu itu tulang kering suka kambuh . Solusi utk betis rutin diangkat keatas nemoel tembok sblom tidur atau tempel kyo dan balur minyak
Komen Blog fennibungsu.com
Parenting By Rey mengatakan…
Mamak-mamak jompo lebih awal ini, acung jari, hahaha.
Saya banget tuh sering banget sakit betis, nggak kenal waktu pula, kadang pas lagi enak-enak tidur, terus meregang atau ngulet ya namanya, eh langsung betisnya nyeri kayak 'kekancing' gitu dong.

Jadi, saya nggak boleh tidur tanpa peregangan dulu, bahkan setiap hari wajib peregangan minimal 1 kali, dan terutama di bagian kaki.
Dasar emang mamak Rey jompo, wakkakakaka
Komen Blog fennibungsu.com
Nabilla DP mengatakan…
aku juga pernah mba betis pegel2.. bisa karena kecapean jalan terus atau karena salah pas jatuh. kalo udah pegel banget biasanya saya pijet hehehe soalnya biar segera teratasi gituu
Komen Blog fennibungsu.com
hujan di jendela mengatakan…
Saya seringnya kram dibagian betis dan itu sakit sekali kalau sudah begitu. Ternyata ada juga cedera betis ya, penting banget ini untuk jaga-jaga karena saya kadang bermasalah juga dengan betis.
Komen Blog fennibungsu.com
Andiyani Achmad mengatakan…
kalo udah keram di besti itu wuih rasanya masyaallah banget deh! mau nangis saking sakitnya
Komen Blog fennibungsu.com
tantiamelia.com mengatakan…
Pernah itu Fen, aku mengalami, huidiiih rasanyaaa...
kalo aku ya akhirnya temenan sama koyo - sama decker (bebatan kaki) - dan minum tolak angin padahal ga ada hubungannya ya hihihi....
Komen Blog fennibungsu.com
Keke Naima mengatakan…
Punya stok kencur bubuk, tapi jarang banget dipake karena lebih sering pakai yang segar. Ternyata kencur bubuk bisa untuk mengobati cedera betis. Kalau tau gitu gak bakal saya buang, deh.
Komen Blog fennibungsu.com
Akarui Cha mengatakan…
Ooo ternyata bisa juga ya kalau si betis cidera itu ditolong pakai kencur. Kayaknya bakalan nyaman juga ya kalau selalu sedia kencur bubur di rumah buat berbagai kebutuhan. Kadang emang urusan pakaian itu juga suka ke-skip sih padahal mngasih pengaruh sama badan kalau kegiatan lagi butuh banyak bergerak.
Komen Blog fennibungsu.com
Helenamantra mengatakan…
ow kencur bisa bantu meredakan cedera betis yah
wah boleh nih ku coba kalau pegel-pegel di area betis bisa diolesin air plus kencur.
Komen Blog fennibungsu.com
sarrahgita mengatakan…
syukurlah betis mba Fenni udah normal kembali. terlihat sepele ternyata celana yang ujungnya ada karet bisa bikin peredaran darah tidak lancar. mungkin karetnya terlalu ketat ya mba. dan tuk mengobati kaki dengan kencur saya jadi ingat pengalaman waktu pergelagan kaki terkilir, waktu itu ke tukang urut dan dibalur parutan jahe.
Komen Blog fennibungsu.com
Arni mengatakan…
Wah ini resepnya sama dengan ajaran ibu mertua saya nih
Dulu itu beliau paling rajin numbuk kencur untuk dijadikan bahan Baluran
Di Bali namanya boreh
Komen Blog fennibungsu.com
Niwanda mengatakan…
Kompres es sama naikkan kaki lebih tinggi sambil berbaring ini juga jalan ninjaku, hehehe. Cuma ya sekarang karena kamar di lantai 2, akhirnya tetap harus naik dulu sebelum bisa istirahat dengan nyaman. Sama kayak Mbak Tanti di atas, aku pun pernah terbantu pakai dekker.
Komen Blog fennibungsu.com
Sadewi Handayani mengatakan…
Sehat,,,sehat mbak, aku juga suka nih sakit betis kalau terlalu banyak aktivitas atau jalan yang lumayan jauh, biasanya sih cuma dikasih yang anget-anget sama paling kalau sakit banget aku panggil tukang pijat...hehehe
Komen Blog fennibungsu.com
Maya Rumi mengatakan…
pengobatan cedera betis ternyata cukup simple yah kak yang penting memang harus segera dilakukan agar tidak berdampak lebih buruk lagi dan jangan anggap enteng aku jadi eman-eman nih ma kaki kadang suka forsir buat jalan-jalan padahal udah capek tapii maksain terus
Komen Blog fennibungsu.com
Deeva Collection mengatakan…
Biasanya ibu di rumah masih leih senang menggunakan kencur untuk mengobati beberapa kondisi misal saat kaki keseleo, katanya biar ga bengkak. ternyata beneran dan bisa jadi pertolongan pertama
Komen Blog fennibungsu.com
Endah Kurnia Wirawati mengatakan…
Memang repot dah kalau sampai cedera betis, mau dipakai jalan juga rasanya aduhai banget.. makanya selalu sedia balsem di tas, dan rendam air hangat dan garam kalau lagi di rumah.
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Kalau dipaksain pasti nyeri nya banget banget yaa..
Memag lebih baik treatment obat luar lalu istirahat sejenak. Tapi kalau on duty ya gak bisa istirahat juga ya..

Alhamdulillah,
Bisa segera membaik.
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
MBC
MBC
KSB
KSB
Intellifluence
Intellifluence