Apa Kaitan Hari Pahlawan dengan Dunia Pendidikan?

Seminggu lagi kita akan memperingati Hari Pahlawan Nasional. Momen bersejarah yang sudah sangat familiar untuk kita, apalagi dulu ketika sekolah maka akan dibarengi dengan upacara bendera. Untuk di bulan November tahun 2023 ini, pada tanggal 10 November tidak libur yak, karena memang bukan hari libur nasional.

Kaitan dan Hubungan nilai hari Pahlawan dengan dunia pendidikan

Selayang Pandang Dunia Pendidikan dan Hari Pahlawan

Berhubung kanal yang saya bahas ini yaitu pendidikan, maka kita akan ngobrol Hari Pahlawan dan kaitannya dengan dunia pendidikan. Bila diuraikan sebagai berikut:

A. Hari Pahlawan Nasional

berarti kita menghormati dan merenungi akan  perjuangan para pahlawan kita (Indonesia) yang telah memperjuangkan kemerdekaan dari masa penjajahan. Refleksi berbagai nilai-nilai seperti patriotisme, semangat juang dan pengorbanan yang diwarisi dari para pahlawan untuk bisa kita terapkan dalam kehidupan.

B. Dunia Pendidikan Indonesia

bahwa pendidikan bangsa ini sebagai kunci pembangunan nasional dan kebahagiaan masyarakat. Pasalnya pendidikan adalah pondasi untuk kemajuan individu dan bangsa. Pendidikan juga menjadi sarana dalam pengembangan potensi generasi muda Indonesia dan menciptakan lingkungan yang inklusif dan berkeadilan. Maka dari itu pendidikan menjadi upaya bersama antara pemerintah, guru, siswa, orang tua dan masyarakat.

apa kaitan hari pahlawan dengan dunia pendidikan
sumber: freepik

Terhubungnya Hari Pahlawan Nasional dan Dunia Pendidikan Indonesia

Hari Pahlawan dalam konteks kaitannya dengan dunia pendidikan Indonesia, kita dapat mengaitkan nilai-nilai perjuangan para pahlawan dengan pentingnya pendidikan sebagai alat pembangunan nasional. Para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan agar generasi penerusnya bisa menikmati hak dan kebebasannya, termasuk hak atas pendidikan yang berkualitas.

Baca Juga: Hardiknas untuk Saat Ini dan Mendatang

Dari situ, peringatan Hari Pahlawan khususnya di sekolah setidaknya dapat dimaknai dengan mengadakan kegiatan diskusi atau acara yang menyoroti peran pendidikan dalam membangun masa depan Indonesia, serta menelaah strategi bagaimana setiap individu dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Bukan hanya sekadar upacara simbolis semata.

Tumbuhkan Semangat dengan Penerapan dan Pemahaman

Esensi akan semangat para pahlawan kita dapat memberikan keteladanan dalam berbagai aspek kehidupan, khususnya dalam konteks pendidikan, seperti:

  • Semangat juang para pahlawan yang gigih berjuang, bisa diterapkan dalam dunia pendidikan misalnya dengan mendorong peserta didik menunjukkan tekad dan keberanian dalam menghadapi tantangan akademik dan perubahan konsep pendidikan yang mungkin terbilang cepat.

  • Patriotisme, rasa cinta tanah air dapat menjadi nilai baik dalam dunia pendidikan, sehingga yang terkait dengan dunia pendidikan dapat menghargai sejarah dan budaya bangsa serta berkontribusi terhadap pembangunan negara.

  • Kepemimpinan yang ditunjukkan dan dicontohkan banyak pahlawan Indonesia, dapat menjadi inspirasi bagi para siswa misalnya mempelajari nilai-nilai kepemimpinan yang baik dilandasi kejujuran, keadilan, dan kepedulian terhadap orang lain.

  • Kemandirian yang ditunjukkan para pahlawan khususnya dalam menghadapi situasi sulit dan memutuskan tindakan yang cepat, tepat dan benar tanpa bergantung pada orang lain. Maka pada bidang pendidikan bisa mendorong siswa untuk menjadi lebih mandiri, kritis, dan mampu mengambil keputusan yang baik dan tepat.

  • Solidaritas di mana perjuangan pahlawan seringkali melibatkan kerja sama dan solidaritas, sehingga ini bisa menjadi nilai-nilai dalam pendidikan karena dapat menularkannya kepada siswa melalui proyek kerjasama dan kegiatan sosial.

  • Pengorbanan yang diteladani dari para pahlawan Indonesia adalah rela berkorban demi kebaikan bersama (yaitu bangsa ini). Dalam dunia pendidikan hal ini menjadi nilai positif dalam mengajarkan nilai pengorbanan dan kepedulian terhadap orang lain. 

semangat hari pahlawan nasional
sumber: freepik

Baca Juga: Tanggal 19 Hari Nasional Internasional

Kaitan Hari Pahlawan Nasional dengan dunia pendidikan saling berhubungan erat. Inspirasi ini dapat dikembangkan sehingga terciptanya pendidikan yang berkualitas dan berkeadilan bagi seluruh lapisan masyarakat. Tentunya pemerataan juga perlu diupayakan, sehingga antar satu daerah dengan daerah lainnya berimbang. Dengan begitu usaha dalam peningkatan kualitas pendidikan, mendukung pembelajaran  inklusif, dan menjamin pemerataan akses pendidikan bagi seluruh anak Indonesia memungkinkan terwujud, karena terinspirasi dari semangat patriotik para pahlawan kita. Bagaimana menurutmu?  

33 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
Farida Pane mengatakan…
Dulu para pahlawan mempertahankan wilayah dengan nyawa. Kini kita mengisinya dengan pendidikan untuk membangun SDM, ya
Komen Blog fennibungsu.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Kaitannya Hari Pahlawan dengan Dunia pendidikan sangat erat hubungannya ya, Mbak Fenni. Sikap-sikap parah Pahlawan sangat bisa diterapkan dalam dunia pendidikan dan dicontoh bagi para siswa.
Komen Blog fennibungsu.com
sari widiarti mengatakan…
Berjuang agar pendidikan merata di setiap wilayah, memiliki kesempatan yg sama untuk dapat pendidikan yg layak, termasuk sarana dan prasarana
Komen Blog fennibungsu.com
Bunda Saladin mengatakan…
Iyaa kak. Gak sadar aku bentar lagi hari pahlawan. Dan berkaitan erat dengan dunia pendidikan ya.

Semoga para murid makin nasionalis dsn berjuang keras untuk maju, seperti para pahlawan.
Komen Blog fennibungsu.com
Sabrina mengatakan…
ga berasa ya mba Fen sebentar lagi hari Pahlawan Nasional, betul setuju banget Hari Pahlawan Nasional berkaitan erat dengan pendidikan, karena lahir ini lahir dari para pejuang hebat yang pastinya secara tidak langsung mengajarkan atau mendidik kita untuk banyak hal, berkaitan dengan kemandirian, perjuangan, pengambilan sikap, kepemimpinan dan banyak hal lainnya, termasuk memberikan pelajaran bahwa kita wajib banget mencintai negeri kita ini
Komen Blog fennibungsu.com
April Hatni mengatakan…
Setuju banget. Sistem pendidikan yang baik akan menciptakan SDM yang unggul dan membuat suatu negara menjadi maju. Semakin tinggi kualitas pendidikan suatu negara maka negara tersebut semakin maju.
Komen Blog fennibungsu.com
fanny_dcatqueen mengatakan…
Setujuuuu dooong. Faktanya di lapangan masih banyak daerah2 terpencil yg akses utk bersekolah aja susah. Guru2nya pun terbatas , ga usah tanya fasilitas . Berharap mereka2 itu juga mendapat fasilitas yg memadai dalam menuntut ilmu. Karena untuk mengubah kehidupannya menjadi lebih baik, ga ada cara lain selain bersekolah setinggi mungkin.

Untuk sekolah yg di perkotaan, semoga aja pelajaran ttg cinta tanah air selalu ada dalam kurikulum. Anak2 Skr tetep ga boleh melupakan sejarah. Jangan sampai mereka jadi lupa bagaimana bangsa ini dulunya merebut kemerdekaan dari penjajah. Jangan sampai mudah diprovokasi.
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Kaitannya erat banget antara Hari Pahlawan dengan dunia pendidikan, karena aku arek Suroboyo dan salah satu kampus di kotaku, Institut Teknologi Sepuluh November ini adalah kampus kebangaan, jadi kebayang perjuangan arek Suroboyo untuk merdeka dan kini harus tetap berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.
Komen Blog fennibungsu.com
Didik Purwanto mengatakan…
Setidaknya pelajaran sejarah nggak dihilangkan dari dunia pendidikan. Baik yang udh umum terdengar maupun yang blm terpecahkan misterinya hingga sekarang. Setidaknya jgn ditutupin kasus kelam sejarah masa lalu biar kita bisa belajar dr sejarah lama. Soalnya banyak bgt kasus sejarah masa lalu yg ditutupin/ hilang sehingga anak sekolah masa sekarang nggak tahu ada sejarah kelam itu, kecuali klo kitanya emg mau mencari sejarah kelam masa lalu negara kita sendiri.
Komen Blog fennibungsu.com
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Setuju kak, momen hari pahlawan tahun ini menurutku lebih ke arah bagaimana Indonesia bisa merdeka dari masalah di dunia pendidikan seperti bullying, kurikulum, dan penerataan pendidikan
Komen Blog fennibungsu.com
khairiah mengatakan…
Pemerataan yang berimbang ini masih jadi pr menurutku, kesejahteraan yang merata, pembangunan yang merata
Komen Blog fennibungsu.com
Imawan mengatakan…
Iya nih, tak terasa sebentar lagi kita akan memperingati hari pahlawan ya, perjuangan para pahlawan begitu luar biasa sehingga kita bisa merasakan kemerdekaan seperti sekarang ini. Dan semangat juang seperti ini bisa ditiru dalam dunia pendidikan, agar siswa semangat belajar supaya kelak bisa membangun dan mengisi kemerdekaan yang telah diraih ini dengan kemajuan untuk memakmurkan seluruh rakyat Indonesia.
Komen Blog fennibungsu.com
Annie Nugraha mengatakan…
Tulisan seperti ini tuh wajib dibaca oleh generasi muda yang sedang berjuang mengenyam pendidikan untuk masa depan, menjadi lebih baik, dan bermanfaat bagi orang lain. Dengan menjalankan konsep ini aja, yang bersangkutan sudah berjuang menjadi pahlawan setidaknya bagi dirinya sendiri.

BTW, saya baru tahu kalau tgl 10 November itu bukan terhitung libur nasional. Beneran ya? Hahahaha. Ya ampun sampe gak ngeh.
Komen Blog fennibungsu.com
Dian Restu Agustina mengatakan…
Setuju, dengan meneladani semangat para pahlawan akan dapat dikembangkan pendidikan yang berkualitas dan berkeadilan bagi seluruh lapisan masyarakat. Selamat Hari Pahlawan!
Komen Blog fennibungsu.com
Adi mengatakan…
Ga nyangka udah November dan bakal ketemu lagi sama Hari Pahlawan. Yuk kita tegakkan semangat untuk terus memperbaiki diri dan berkontribusi bagi bangsa, termasuk dalam dunia pendidikan seperti yang sudah disinggung Mbak Fenni.
Komen Blog fennibungsu.com
Satu hal yang paling saya suka ketika bisa mengunjungi Surabaya pertama kalinya, apalagi bisa jadi warga Surabaya, terus bisa secara langsung melihat sisa dan jejak perjuangan para pahlawan, yang biasanya saya baca di buku sejarah.
Apalagi di bulan November gini ya, rasanya senang banget bisa ada di kota pahlawan
Komen Blog fennibungsu.com
Shinta Shyntako mengatakan…
hari pahlawan tuh mengajarkan kita bahwa pendidikan itu modal utama sebuah bangsa untuk bisa maju sih menurutku pribadi
Komen Blog fennibungsu.com
Ayah Ugi mengatakan…
Nilai perjuangan menghubungkan Hari Pahlawan nasional dengan pendidikan, ya Kak. Sebuah tulisan yang inspiratif. Mengajak kita menghubungkan nilai-nilai sejarah yang satu dengan yang lainnya
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Semoga dalam rangka Hari Pahlawan ini semakin banyak pahlawan di bidang pendidikan terutama terkait dengan pemerataan pendidikan di wilayah-wilayah 3T di Indonesia.
Komen Blog fennibungsu.com
nurul rahma mengatakan…
yapp semangat heroik harus ditularkan pd ggenerasi muda
karena mulai luntur ya patriotisme

semoga bs bangkit lagiii
Komen Blog fennibungsu.com
Ratna K mengatakan…
Kebetulan hari pahlawan itu my birthday hihi, dan baru tahu ada hubungannya dengan pendidikan. Thanks infonya!
Komen Blog fennibungsu.com
Siti Mustiani mengatakan…
Setuju nih sama artikel ini, semoga kita bisa memaknai sebagaimana hari pahlawan termasuk di dunia pendidikan seperti di sekolah yaahhh. Selamat Hari Pahlawan!
Komen Blog fennibungsu.com
Amethyst aiko mengatakan…
Semoga kita bisa meneladani semua perjuangan para pahlawan Dan tetap menumbuhkan rasa solidaritas yang tinggi...
Komen Blog fennibungsu.com
Maria G Soemitro mengatakan…
salah satu message hari pahlawan nasional adalah memerangi kebodohan

sayangnya, puluhan tahun berlalu, mayoritas penduduk Indonesia hanya lulusan SD
Komen Blog fennibungsu.com
Siti Nurjanah mengatakan…
Korelasi Hari Pahlawan dan pendidikannya bisa dibilang cukup erat kaitannya. Pastinya akan semakin bermakna apabila dijadikan moment untuk merefleksikan kembali spirit perjuangan para pahlawan untuk mencapai kemandirian bangsa secara bermartabat lewat pendidikan sehingga terbentuk SDM berkualitas
Komen Blog fennibungsu.com
Windi astuti mengatakan…
meneladani semangat patriotisme dari para pahlawan untuk pendidikan memang penting ya kak. Banyak sisi yang bisa kita amalkan dari para pahlawan terdahulu
Komen Blog fennibungsu.com
Nabilla DP mengatakan…
setuju banget Mba, hari pahlawan emang ada keterkaitannya ama pendidikan. ini tentang bagaimana kita menghormati para pahlawan yang berjuang, salah satunya demi kemajuan pendidikan indonesia juga
Komen Blog fennibungsu.com
Monica Anggen mengatakan…
Peningkatan dan pemerataan kualitas pendidikan di seluruh wilayah penting ya dan ini menjadi salah satu cara untuk mengisi kemerdekaan, hasil perjuangan para pahlawan
Komen Blog fennibungsu.com
Aldhi Fajar mengatakan…
Nilai nilai kephlawanan harus dikenalkan sejak dini dan saat di sekolah. Semoga generasi penerus kita bisa benar-benar menghargai pahlawan
Komen Blog fennibungsu.com
Eka FL mengatakan…
sektor pendidikan di Indonesia masih menjadi PR tidka hanya untuk pemerintah tapi kita juga. Masih dibutuhkan pahlawan pendidikan yaitu guru yang berdedikasi dan berkualitas sebagai tauladan dna pengajar generasi selanjutnya untuk perkembangan negara dan masyarakatnya. Relate sih dengan hari pahlawan ya, mengingat bener deh, masih banyak pelosok dan desa-desa terpencil terlebih yang minim akses yang belum tersentuh pendidikan apalagi adanya guru di sekolah tersebut.
Komen Blog fennibungsu.com
Eka FL mengatakan…
sektor pendidikan di Indonesia masih menjadi PR tidka hanya untuk pemerintah tapi kita juga. Masih dibutuhkan pahlawan pendidikan yaitu guru yang berdedikasi dan berkualitas sebagai tauladan dna pengajar generasi selanjutnya untuk perkembangan negara dan masyarakatnya. Relate sih dengan hari pahlawan ya, mengingat bener deh, masih banyak pelosok dan desa-desa terpencil terlebih yang minim akses yang belum tersentuh pendidikan apalagi adanya guru di sekolah tersebut.
Komen Blog fennibungsu.com
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
memang kita butuh para pahlawan tanpa tanda jasa yang berjuang but menyiapkan pendidikan terbaik buat anak-anak bangsa ya. semoga terus banyak pahlawan-pahlawan lainnya ya di semua bidang termasuk pendidikan
Komen Blog fennibungsu.com
deddyhuang.com mengatakan…
harapanku semoga pendidikan di Indonesia bisa merata ke pelosok.
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
BCC
BCC
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
MBC
MBC
KSB
KSB
Intellifluence
Intellifluence