Rekomendasi Skincare yang Cocok Saat Cuaca Panas

Cara merawat wajah di daerah panas perlu diperhatikan. Mengingat cuaca saat ini yang terbilang panas menyengat. Sebab merawat kulit ketika cuaca panas memerlukan perhatian khusus. Tujuannya demi menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi dari paparan sinar matahari, serta faktor-faktor cuaca panas lainnya.

rekomendasi skincare yang cocok saat cuaca panas

Kamu memang tidak bisa berpaling dari kondisi ini. Harus dihadapi dan mengantisipasinya dengan merawatnya secara tepat. Apalagi untuk kamu yang rutin beraktivitas di luar ruangan maka membutuhkan skincare untuk pekerja lapangan yang cocok. Berikut ini ada rekomendasi skincare untuk kamu terapkan kala cuaca panas ini:

1. Jangan Skip Sunscreen

Penggunaan tabir surya atau sunscreen dengan SPF (Sun Protection Factor) tinggi minimal SPF 30 setiap hari atau kalau bisa yang SPF 50 juga bagus. Serta yang mengandung PA++ (Protection Grade of UV A). Penggunaan sunscreen juga diperlukaan saat cuaca mendung. Kalau beraktivitas di luar ruangan, pastikan sunscreen-nya yang memang dikhususkan untuk kegiatan outdoor.

2. Pakai Pelembap Ringan

Pilih cream yang cocok untuk daerah panas atau pelembab yang ringan dan juga bebas minyak sehingga dapat mencegah kulit terasa berminyak. Krim moisturizer yang punya dengan kandungan aloevera atau hyaluronic acid dapat membantu kulit menjadi lebih lembab tanpa memberatkan.

3. Serum Antioksidan

Rutin pakai serum, terlebih yang memiliki kandungan antioksidan seperti vitamin C atau vitamin E. Hal ini dapat membantu guna melindungi kulit dari bahaya radikal bebas dan paparan matahari.

Baca Juga: Review Wardah Foaming Cleanser 

4. Sabun Muka yang Cocok untuk Daerah Panas

Banyak produk facial wash atau sabun wajah yang dapat dijadikan pilihan, dan ada baiknya yang lembut dan bebas alkohol. Sehingga tatkala membersihkan kulit wajah dari kotoran dan keringat bisa dengan lembut tanpa mengiritasi.

Sabun Muka yang Cocok untuk Daerah Panas
sumber: https://www.freepik.com/author/artursafronovvvv

5. Aplikasikan Toner

Aplikasikan toner juga memiliki manfaat baik untuk kulit. Pilihlah yang memiliki kandungan bahan baik seperti witch hazel atau chamomile, sehingga bagian kulit terasa lebih sejuk dan membantu menenangkan kulit. Hanya saja, bagian ini saya suka skip sih, hehe (jangan ditiru gaess, wkwkwk).

Baca Juga: Apa Kandungan Skincare untuk Glowingkan Kulit?

6. Masker Wajah

Kamu bisa mempertimbangkan pula penggunaan masker. Pastinya sudah diketahui masker wajah memiliki manfaat baik untuk kulit tak hanya melembabkan tetapi juga bisa membantu mencerahkan. Nah, untuk di kondisi panas ini, pemakaian masker yang mengandung bahan seperti cucumber (mentimun) bisa membantu atasi peradangan maupun kulit berminyak.

7. Jangan Skip Peeling

Peeling juga baik untuk merawat kulit wajah agar senantiasa bersih dan mencegah komedo. Pakai peeling yang mengandung AHA (alpha hydroxy acids) atau BHA (beta hydroxy acids) secara teratur. Eksfoliasi kulit seperti ini dapat membantu  mencegah kulit agar tidak kusam.

Apapun jenis produknya alias mereknya, sesuaikan dengan kondisi kulit wajah ya. Cocok di satu orang belum tentu cocok untuk kamu, karena keadaan kulit wajah tiap orang berbeda. Cukupi kebutuhan minum air putih juga jangan sampai terlewatkan. Apalagi kondisi cuaca panas seperti ini, asupan air minum yang cukup dapat membantu kulit agar senantiasa terhidrasi dari dalam. Jadinya kan bisa cantik luar dalam, ya kan..kan..

skincare untuk pekerja lapangan yang cocok
sumber: https://www.freepik.com/author/freepik

Selain 7 rekomendasi skincare yang cocok saat cuaca panas, dan minum air putih, penting pula untuk menjaga diri agar menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Kamu bisa memanfaatkan topi atau pergunakan payung ketika beraktivitas di luar ruangan.

Saat berada di bawah sinar matahari, bisa pula berjalan di area yang teduh bila memungkinkan. Pakai pula pakaian yang adem dan menyerap keringat sehingga tidak membuat kamu bercucuran apalagi sampai bermandikan peluh. Semoga rekomendasi skincare yang cocok saat cuaca panas ini bisa bermanfaat untuk kamu. 

37 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
Ursula Meta Rosarini mengatakan…
Cuaca akhir2 ini edan sih panasnya, ga nguatin, emang bener2 ga boleh skip basic skincare, cuacanya lagi ga bersahabat buat kulit.
Komen Blog fennibungsu.com
Farida Pane mengatakan…
Bisa dicoba, nih. Memang belakangan panasnya ekstrem, ya. Mau musim penghujan. Kulit yang dasarnya rewel jadi makin kacau. Kali aja pake ini cocok
Komen Blog fennibungsu.com
Nurul Mutiara R.A mengatakan…
Ulasan yang bermanfaat banget mbak. Akhir-akhir ini emang panas banget cuacanya, jadi skincare pun pakainya kudu pilih2. Yang aku pakai biasanya sunscreen sih
Komen Blog fennibungsu.com
Indra DP mengatakan…
nah ini, cuaca yang panas menyengat jadi kurang baik untuk kulit dan solusi ampuhnya pakai skincare yang cocok untuk kita
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Karena sekarang cuaca panas banget, aku jadi rajin minum.
Meskipun aku bilang rajin minum, tapi kulit tetap hadapi tantangan berat. Jadi bener sih ya, kudu dirawat dari luar dan dalam dengan sungguh-sungguh.
Komen Blog fennibungsu.com
Dyah Kusumastuti Utari mengatakan…
Peeling ini yang sering terlupa, padahal sudah beli lo
Terima kasih remindernya ya Kak, mau ta pakai ah peelingnya sebelum ekspired
Komen Blog fennibungsu.com
Suci mengatakan…
Duuuh harus banget emang ngejaga kulit saat di luar ruangan ya mbak.
Saya kemaren hiking ke gunung, meski udah pake SS dan sunblock ttp aja gosong.
Tapi kemungkinan kalau ngga pake sama sekali bisa jauh lebih gosong, hehee

Komen Blog fennibungsu.com
Dian Restu Agustina mengatakan…
Nah iya, sudah November nih, masih panaaasnya. Maka penting memperhatikan pemakaian skincare untuk suasana panas. Dan yang pasti minum air putih yang cukup agar tetap terhidrasi. Makasih reminder-nya, Mba Fenni:)
Komen Blog fennibungsu.com
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Masker yang sebelumnya ditaruh kulkas nih mba, alamak enak banget diapply di wajah saat cuaca panas
Komen Blog fennibungsu.com
Eri Udiyawati mengatakan…
Lagi musim panas gini, gak boleh ngelepas sunscreen dan skincare. Kudu lebih peduli ama wajah kita. Aku paling suka tuh makai masker wajah. Aslii bikin kulit wajah merasa adem, tenang, gitu.
Komen Blog fennibungsu.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Soal cuaca panas saat ini memang tidak bisa dihindari ya, Mbak Fenni. jadi memang harus dicari solusinya dan disiati dengan cara yang pas, agar tidka menganggu dan mehambat aktivitas kita. termasuk pemilihan dan penggunaan skincare yang tepat.
Komen Blog fennibungsu.com
Luluk Sobari mengatakan…
Wah beneran Kak, cuacanya luar biasa. Sampai gak berani keluar siang-siang saking menyengatkan. Dan betul, perawatan penting kalau kondisi seperti ini. Sementara cuma pakai sunscreen dan pelembab. Semoga bisa pakai yang lain-lainnya juga ke depannya.
Komen Blog fennibungsu.com
Deeva Collection mengatakan…
Bagi pemilik wajah kering, cuaca panas sangat menjasi tantangan. Pemilik wajah kwrjng haeus pintar-pintar melakukan perawatan wajah. Salah satunya menjaga kelembaban kulit wajah dengan skincare.
Komen Blog fennibungsu.com
Shinta Shyntako mengatakan…
wah cuaca panas gini yang jelas sih ak gak lepas sm yg namanya pelembab dan sunscriin yg light, tp spfnya tinggi dan gak bikin lengket wajah deh pokoknya, bagus lg klo ada sensasi rasa dingin2nya tuh
Komen Blog fennibungsu.com
Kyndaerim mengatakan…
Huhu.. aku maaih belum nemu sunscreen yg pas nih. Ada rwkomendasi nggak, kak? Buat kulit normal cenderung berminyak
Komen Blog fennibungsu.com
Han mengatakan…
Poin terakhir jangan skip peeling itu bener2 nancep sih, masalahnya aku seriiiing banget keskip secara ngga sengaja, padahal penting yaaa, at least seminggu sekali lah yaa
Komen Blog fennibungsu.com
Didik Purwanto mengatakan…
Walau cowok, aku jg selalu pake nih. Minimal pelembab soalnya kan emg lg panas bgt tuh di luar. Kalo ga pake, kulit jd bersisik dan belang2. Bs dik3cengin mulu kl di kantor. Kyk ga pernah perawatan aja. Ya udh deh pelan2 jg pake skincare lain tp ya msh normal2 aja. Kyk masker sekali smggu, pelembab kulit tiap hari. Lg bljr pake toner jg krn ckp ribet kl ga terbiasa. Hehe.
Komen Blog fennibungsu.com
Imawan mengatakan…
Saat ini emang cuaca lagi panas-panasnya ya, benar-benar harus diperhatikan untuk perawatan kulit dan wajah apalagi jika sering berada di luar ruangan. Dan setuju sih, selain banyak minum air putih, menjaga kulit juga harus dengan menggunakan skincare yang tepat agar kulit tetap sehat.
Komen Blog fennibungsu.com
Eka FL mengatakan…
Bener banget, pake moisturizer yang ada Aloe Vera nya itu bantu banget kulit wajah gak cepet kering di cuaca panas. Aku biasa pake moisturizer Aloe Vera, yang gak ada kandungan lainnya seperti Ceramide misalnya. Itu tuh nyess dan adem banget yg ke kulit wajah. Gak breakout atau kering.
Komen Blog fennibungsu.com
Eka FL mengatakan…
Bener banget, pake moisturizer yang ada Aloe Vera nya itu bantu banget kulit wajah gak cepet kering di cuaca panas. Aku biasa pake moisturizer Aloe Vera, yang gak ada kandungan lainnya seperti Ceramide misalnya. Itu tuh nyess dan adem banget yg ke kulit wajah. Gak breakout atau kering.
Komen Blog fennibungsu.com
Rey - reyneraea.com mengatakan…
Sunscreen itu, the most important skincare banget nget, khususnya di musim kemarau tanpa ujung kayak sekarang.
Kalau siang tuh, panasssnyaaaa...
Kulit auto gosong, kulit tangan saya aja makin hancur karena emang alergi kena matahari, huhuhu
Komen Blog fennibungsu.com
Dee_Arif mengatakan…
Huhu iya
Benar sekali
Akhir-akhir ini cuaca panas banget
Emang harus lebih jeli milih skincare yg cocok ya kak
Komen Blog fennibungsu.com
Goresan hati mengatakan…
Kalau cuaca panas kayak gini memang jangan lupakan sunacreen. Bisa melindungi kulit dari bahaya sinar UV yang lagi ganas ganasnya
Komen Blog fennibungsu.com
Fera Marentika mengatakan…
nah ini, sekarang tuh berasa panas banget.. kadang buru2 lupa pake sunscreen dan pelembab, padahal penting jangan sampe skip ya xD pengen cobain sunscreen spray deh aku
Komen Blog fennibungsu.com
nurul rahma mengatakan…
di Surabaya cuaca panaaass bukan main
keringetan mulu.
abis mandi, lngsg lengkett keringat.
butuh skincare yg paripurnaaaa pastinya
Komen Blog fennibungsu.com
Adi mengatakan…
Yuhuuuuuuuu.......... nih ada skincare rekomendasi mbak Fenni tentang skincare untuk cuaca panas. Mantap khan!
Komen Blog fennibungsu.com
Aprillia Ekasari mengatakan…
Mbak spill donk brand sabun wajah yang sekiranya cocok buat dipakai di daerah panas gtu, yg bagus apa ya?
Aku yang pasti pelembab dan sunscreen emang gk skip apalagi kalau kegiatan di outdoor mayan banyak hehe.
Wah Iya kalau yg antioksidan juga perlu ya, apalagi skrng gk cuma melawan sinar UV tetapi juga berjuang lawan polusi
Komen Blog fennibungsu.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Bener sih. Kadang maskeran pake timun tuh emang bikin adem banget sih. Apalagi kalau timunnya udah masuk kulkas. Jadi nggak heran kalau harus milih masker yang ada kandungan timunnya buat skincare di daerah yang panas.
Komen Blog fennibungsu.com
Annie Nugraha mengatakan…
Emang istimewa deh skincare selama musim kemarau berkepanjangan ini. Sunscreen tuh harus dengan SPF yang tinggi (50+) karena kalau enggak terjangan sinar UV tuh bakal terasa sakit banget di kulit wajah. Facemist tuh juga wajib deh kayaknya. Karena selama berkegiatan luar ruang, facemist tuh perlu banget untuk menghidrasi kulit wajah. Supaya gak kering dan tetap terjaga kelembapannya.
Komen Blog fennibungsu.com
andyhardiyanti mengatakan…
Cuaca panas gini saya malah sering lupa skincarean. Bawaannya pengen mandi ajaaa gitu. Padahal ya penting untuk tetap skincarean. Memastikan kulit tetap terawat dan terlindungi dengan baik
Komen Blog fennibungsu.com
Rania Fardyani mengatakan…
Skincare wajib untuk cuaca panas itu emang SUNSCREEN deh
Cuaca biasa aja wajib, kalau cuaca panas SUPER WAJIB
Kasian muka kita klo kena UV terus-terusan
Jangan lupa exfoliasi biar kotoran di muka terangkat semua
Komen Blog fennibungsu.com
Maria G Soemitro mengatakan…
setuju banget
Banyak dokter kecantikan yang bilang: Sewaktu lagi terburu-buru, minimal pakai pelembap dan sunscreen

Itu pun sebisa mungkin kualitasnya bagus, agar kulit wajah kita terawat
Komen Blog fennibungsu.com
Dee_Arif mengatakan…
Sebulan terkahir, Surabaya semakin panas membara
Makanya aku nggak pernah skip sunscreen, bahkan tak lupa di re aply tiap 4 jam sekali
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Kalo dulu, sering kena racun tiktok, aku jadi rajin banget co skincare.
Skarang, si keranjang kuning uda dihilangkan, aku jadi mager banget.
uhuhu.. Cuma daily routine-nya aja.
Jarang pake masker sama exfoliate. Kudu sih ini yaa.. biar sel-sel kulit mati terhempaskan dengan paripurna.
Komen Blog fennibungsu.com
fanny_dcatqueen mengatakan…
Memang lah cuaca sekarang ampuuun, bikin kulit mudah breakout saking panasnya. Ini kebetulan kulitku lagi breakout juga mba, tp sbnrnya gara2 salah produk sih, kecentilan ganti retinol 🤣🤣. Jadi mau ga mau, ritme skincare diubah dikit. Pake yg basic dulu supaya calming. Nanti kalo dah normal, baru deh balik ke ritme lama, pakai 10 steps skincare.
Komen Blog fennibungsu.com
Nanik nara mengatakan…
Betul, cuaca panas memang tak bisa dihindari.
Yang bisa dilakukan adalah beradaptasi, salah satunya dengan rutin melakukan perawatan terhadap kulit, jadi walau cuaca panas cetar, kelembaban dan kesehatan kulit tetap terjaga
Komen Blog fennibungsu.com
Susi Susindra mengatakan…
Ketika cuaca panas dulu saya rajin menggunakan skincare. Ya.. ga sampai pakai peeling, sih, karena tipe yang males elus2 wajah. Pelembab dan sering2 bersihin wajah saja.

Sekarang karena sering dingin kok males, ya. Huhuhu.
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
BCC
BCC
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
KSB
KSB