Lima Cara Aman Memulihkan Penglihatan Mata

Ketika terjadi gangguan penglihatan, mata kita akan terasa tidak nyaman untuk melihat. Pandangan yang harusnya tampak jelas dan tegas, karena mata terganggu jadilah terlihat kabur, buram, bahkan memungkinkan bergelombang. Oleh karena itu, perlunya mengenal lebih dalam tentang salah satu alat indera yang penting ini.

Saat mata sudah menunjukkan gejala yang membuat diri kurang nyaman seperti sulitnya fokus melihat dekat atau jauh, pandangan berbayang/ganda, nyeri mata, iritasi mata merah, sensitif melihat pada kondisi cahaya melimpah atau terlalu terang, dan gangguan melihat ketika senja/malam hari, maka perlu memeriksakan dengan cepat agar bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

lasik pulihkan kesehatan mata

Macam-macam Gangguan Kesehatan Mata

Saya pernah mengalami gangguan pada mata, di mana pandangan menjadi kabur tatkala melihat secara jauh. Waktu itu saya langsung memeriksakan mata ke fasilitas kesehatan, dan ternyata mata saya minus ½. Ceki-ceki lebih lanjut, gangguan kesehatan mata ini cukup beragam, sebagaimana yang saya rangkum dari laman ayosehat.kemkes, yaitu:

  • Miopia (rabun jauh): Saat mata dapat melihat benda di dekatnya dengan jelas, tetapi benda yang jauh tampak buram.

  • Hypermetropia (rabun dekat):  ketika mata dapat melihat benda jauh lebih jelas dibandingkan benda dekat.

  • Astigmatisma (atau familiar dikenal dengan silinder): Permukaan kornea mata mempunyai kelengkungan yang tidak normal, menyebabkan objek yang jauh dan dekat menjadi kabur atau tidak jelas dilihat.

  • Presbiopia: Hilangnya kemampuan melihat dari dekat seiring bertambahnya usia.

  • Katarak: Penyakit dimana lensa mata menjadi keruh menyebabkan penglihatan buram dan tidak jelas.

  • Glaukoma: Penyakit mata yang ditandai dengan peningkatan tekanan intraokular yang jika tidak ditangani dapat merusak saraf optik dan menyebabkan hilangnya kemampuan melihat.

  • Retinopati Diabetik: terjadinya komplikasi mata pada penderita diabetes yang dapat mengakibatkan kerusakan pembuluh darah di retina dan kehilangan penglihatan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kapalan di Tangan 

5 Tips Memulihkan Penglihatan

Upaya memulihkan penglihatan agar mata dapat melihat dengan normal, pastinya kita lakukan. Pasalnya bila gangguan penglihatan dibiarkan lama, tak hanya saat melakukan perjalanan yang akan terkendala, ketika bekerja pun juga, khususnya saat membaca dan menulis. Maka dari itu, langkah yang bisa dilakukan dalam memulihkan penglihatan yaitu:

A. Latihan mata dengan berkedip, terapkan aturan 20-20-20 (20 menit istirahat – 20 menit melihat objek sejauh 20 kaki selama 20 detik), latihan fokus jarak jauh – dekat, gerakkan bola mata ke kanan dan ke kiri tanpa menggerakkan kepala.

B. Terapi dengan obat, bisa digunakan pada kondisi tertentu. Penggunaan obat tetes mata dapat membantu menghambat gangguan penglihatan, dan dapat pula dengan terapi anti-VEGF (anti-vascular endothelial growth factor yaitu terapi untuk mengobati gangguan pada retina).

C. Penggunaan kacamata atau lensa kontak, yang bisa membantu mengoreksi atau memperbaiki gangguan refraksi pada mata.

D. Konsumsi asupan sehat untuk mata secara rutin, seperti wortel, ikan, telur, sayuran hijau, kacang-kacangan, yogurt, dan alpukat.

E. Pembedahan atau operasi, salah satunya dapat menggunakan LASIK (laser-assisted in situ keratomileusis).

cara lasik dan biaya memulihkan penglihatan mata
ilustrasi dari https://www.freepik.com/free-vector/eye-care-icons-set-with-myopia-presbyopia-symbols-flat-isolated-vector-illustration_26764173.htm

Berkenalan dengan Metode LASIK untuk Pulihkan Penglihatan

LASIK merupakan prosedur pembedahan menggunakan laser dengan tujuan memperbaiki kelainan refraksi. Dengan begitu ketergantungan pada kacamata atau lensa kontak dapat berkurang. Mata juga dapat pulih dengan cepat, karena prosedur yang membuat nyaman si pasien. Terlebih juga hasil pemulihan penglihatan yang dapat berjangka panjang.

Kita bisa memanfaatkan metode pemulihan penglihatan LASIK ini dengan catatan kondisi gangguan mata bukan karena glaukoma/katarak, minimal sudah berumur 18 tahun, kondisi kesehatan fisik secara umum dalam keadaan baik, tidak ada gangguan pada kornea, tidak dalam kondisi menyusui atau hamil, dan sedang tidak konsumsi obat-obatan tertentu. Usai melaksanakan operasi dengan LASIK, ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar hasilnya bisa sesuai harapan, seperti:

  1. Ikuti arahan dan rekomendasi dokter mata atau ahli bedah mata seperti dalam penggunaan obat tetes mata, waktu istirahat, dan aktivitas tertentu serta kapan waktu kontrol kembali, sehingga dapat mendukung proses penyembuhan dan mengurangi risiko terjadinya infeksi.
  2. Jangan kucek-kucek atau menyentuh mata, terutama pada minggu-minggu pertama setelah operasi, guna mencegah iritasi pada mata dan trauma selama pemulihan.
  3. Gunakan kacamata hitam untuk melindungi mata khususnya saat matahari sedang terik atau ketika berada di ruangan yang menyilaukan (penuh cahaya).
  4. Kurangi aktivitas fisik berat (atau yang dapat meningkatkan tekanan intraocular), olahraga ekstrem, berenang dan sauna.
  5. Istirahatkan mata untuk pulih dan hindari membaca maupun menatap layar gadget terlalu lama.
  6. Cukupi kebutuhan minum air putih agar terhindar dari dehidrasi.
  7. Bagi kaum hawa (atau kamu yang gemar menggunakan celak mata) yang melakukan operasi LASIK, untuk sementara hindari pemakaian riasan mata selama beberapa minggu guna mencegah iritasi.

cara memulihkan mata agar sehat
ilustrasi dari https://www.freepik.com/free-photo/girl_4490825.htm

Mata yang jelas memandang dan melihat pasti menjadi dambaan siapa saja. Bila sudah tampak gejala yang mengganggu penglihatan, tentunya akan cepat pula berusaha mengatasinya, dengan salah satu cara bantu pulihkan penglihatan menggunakan metode operasi LASIK yang bisa dilakukan di Klinik Mata Nusantara (KMN) Eye Care. Lakukan sesuai prosedur sehingga hasilnya bisa sesuai dengan harapan. Semangat, mata sehat!

39 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
lisa nurliat mengatakan…
Aku mau coba cara LASIK ini biar gak silinderan
Pernah denger katanya aman
Komen Blog fennibungsu.com
laila dzuhria mengatakan…
Aduh mataku tuh minus dan silinder kak. Kayaknya aman ya kalau lasik di KMN. Secara KMN juga sudah terkenal ya kak. Pasti pelayanannya bagus.. dan hasil Lasiknya juga terpercaya.
Komen Blog fennibungsu.com
Haryadi Yansyah mengatakan…
Sebagai orang yang matanya sudah "rusak" (aku pake kacamata sejak SD hiks), setuju banget sama kesadaran dalam menjaga kesehatan mata. Harus diakui dulu aku kebanyakan baca komik sambil baringan, nonton TV atau main game. Sekarang kerjanya di depan PC mulu.

Lasik aku tertarik banget. Tapi emang harus nabung dulu sebab biayanya nggak murah. Walaupun trennya kian tahun kian menurun biayanya. Siapa tahu nanti, atas kemajuan teknologi, ada alat yang lebih canggih lagi dan biayanya lebih murah sehingga orang kayak aku berkemampuan buat lasik :)
Komen Blog fennibungsu.com
Suci mengatakan…
Wah, lasik ini terbukti bener deh
temen aku ada yang udah berhasil pake metode lasik
sekarang udah pede kemana-mana lepas kacamata
Komen Blog fennibungsu.com
Nanik nara mengatakan…
Saya pilih konsumsi makanan sehat aja mbak, dan kalau mata sudah lelah ya istirahat,

Tapi kalau mata sudah bermasalah, dan pengen sembuh lagi, metode LASIK bisa jadi pilihan ya
Komen Blog fennibungsu.com
Maria G Soemitro mengatakan…
KMN Eye care ini solutif banget

Saya punya anak yang bermasalah dengan penglihatan, jadi bolak balik ke dokter mata

ternyata mayoritas solusinya LASIK, walau harus menunggu usia tertentu
Komen Blog fennibungsu.com
Metode pengobatan Lasik memang kini makin diminati, ya teh.
Dengan canggihnya alat-alat kedokteran dan skill dokter mata yang makin mumpuni,rasanya suatu saat orang akan enggan memakai kaca mata baca dan banyak beralih ke metode pengobatan mata Lasik ini.
Komen Blog fennibungsu.com
YSalma mengatakan…
Sudah lama dengan pemulihan penglihatan dengan metode Lasik ini, tapi masih maju mundur. Membaca ini jadi yakin, syaratnya pilih klinik yang sudah rekomendasi seperti Klinik Mata Nusantara Eye Care ini. Makasih infonya kak Fen.
Komen Blog fennibungsu.com
Sebagai pengguna kacamata selama 15 tahun, aku pengen banget ikutan LASIK. Semoga aja nanti ada dananya.
Komen Blog fennibungsu.com
Annie Nugraha mengatakan…
Dulu sempat banget pengen lasik karena sudah lelah banget pakai kacamata yang paling tidak harus diperiksa dan diganti lensanya setiap dua tahun. Tapi karena kondisi mata saya terlalu complicated (plus, minus, silinder, dll) akhirnya dokter memutuskan untuk tidak melakukan operasi lasik. Yasudlah sekarang dinikmati aja.
Komen Blog fennibungsu.com
Bayu Fitri mengatakan…
Mata sebagai panca indera emang harus dijaga bener nih kesehatnnya , secara banyak orang yg bekerja di ranah digital dan menggunakan panca indera mata sebagai alat utamanya
Komen Blog fennibungsu.com
Shinta Shyntako mengatakan…
boleh dicoba nih tipsnye fen, kebetulan papaku kmrn abis lasik juga kayanya boleh nih dipraktekkin
Komen Blog fennibungsu.com
Deeva Collection mengatakan…
Membaca tentang jenis-jenis gangguan mata dalam artikel ini, membawa saya teringat dengan masa saya masih di bangku SMP. Saya ingat betul kalau di Pelajaran Fisika saya jug amempelajarinya.
Komen Blog fennibungsu.com
Topik Irawan mengatakan…
Kesehatan mata memang sangat penting, indera penglihatan harus dirawat agar tetap sehat, duh ini kalau mata gatal pengennya ngucek aja.
Komen Blog fennibungsu.com
Triani Retno A mengatakan…
Mata bener-bener modal penting untuk kerja. Mataku dua-duanya minus, plus, dan silindris. Makanya seneng banget kalo nemu coffee shop yang punya area outdoor dengan banyak tanaman. Kerja di depan laptop jadi lebih enak karena mata nggak cepat lelah.
Komen Blog fennibungsu.com
sarrahgita mengatakan…
baca istilah-istilah tentang kelainan mata diatas jadi inget jaman sekolah dulu waktu pelajaran biologi hehe. btw ngomongin lasik, saya baru tau kalo ada minimal usianya. brati keponakan saya yg masih smp belom memenuhi syarat tuk operasi lasik ya.thx for share kak Fenni
Komen Blog fennibungsu.com
Yonal Regen mengatakan…
Akhir-akhir ini metode Lasik lumayan banyak dipilih sebagai salah satu cara untuk memulihkan kesehatan mata karena memang aman dan hasilnya juga banyak yang sudah merasakan, ya
Komen Blog fennibungsu.com
Windi astuti mengatakan…
metode lasik ini apa di setiap kota ada kak?. harus benar-benar syaratnya terpenuhi ya kak, agar metode lasiknya lancar dan berhasil
Komen Blog fennibungsu.com
Naqiyyah Syam mengatakan…
Buat aku yang pakai kacamata ini informasi ini sangat dibutuhkan Pengennya aku juga operasi lasik deh biar mata lebih cerah dan bebas kacamata
Komen Blog fennibungsu.com
Zakia Widayanti mengatakan…
Kadang kepikiran buat lasik tapi nyari waktunya rada susah. Biayanya pun lumayan ya? Jadi perlu nabung dulu nih.
Komen Blog fennibungsu.com
Lintang mengatakan…
Aku banget nih sering screen rime, apalagi kalo deadline lagi numpuk kayanya did epan laptop mulu. Aku nyobain aja aturan 20-20-20 ini. Kapan hari udah ngobrol ama suami mau lasik aja karena takut mines nambah mulu. Ntar nyoba deh tanya ke KMN Eye Care yuuukkk.
Komen Blog fennibungsu.com
Nurrahmah Widyawati mengatakan…
Aku tuh kadang mikir deh, untuk orang yang minus tinggi itu keren bgt ya. Aku aja minus 1.75 pas naik motor rasanya susah baca nama-nama toko. Blur gitu. Kayanya menyenangkan kalau bisa normal lagi. Awalnya ngeri lasik sih, tp ada temen lasik juga sekarang ga pakai kacamata jd emang aman ya.
Komen Blog fennibungsu.com
Marwita Oktaviana mengatakan…
Saya juga menderita rabun jauh, sudah cukup besar juga. Jadi ketergantungan banget dengab kaca mata. Takut pakai softlens. Sebenarnya pengen juga lasik, tapi velum ada dananya wkwkwk
Komen Blog fennibungsu.com
Bundamami Devi mengatakan…
Saya memiliki mata minus 1. Jadi pengen coba metode Lasik ini. Karena pake kacamata itu berasa ribet, apalagi kalo ketinggalan, hwkwkwkkk.....
Komen Blog fennibungsu.com
Wiwid Nurwidayati mengatakan…
wah ada operasi Lasik ya, Saya nih rabun dekat. Cukup mengganggu sebenarnya, karena jkacamata rabun dekat, tidak bisa dipakai untuk melihat barang jauh.
Komen Blog fennibungsu.com
Karunia Sylviany Sambas mengatakan…
Mata berhasil memberikan kita warna-warni kehidupan. Entah itu sedih, senang, dlsb. Jagalah mata kita dengan baik, ya. Btw, saya baru dengar tentang pengobatan ini. Kak. Berapa maksimal usia tindakan ini dapat diakukan, ya?
Komen Blog fennibungsu.com
Karunia Sylviany Sambas mengatakan…
Mata adalah jendela manusia melihat segala kekayaan alam semesta. Btw, saya baru dengar tindakan ini, Kak. Apakah ada usia maksimal seorang pasien bisa dilakukan tindakan ini?
Komen Blog fennibungsu.com
Topik Irawan mengatakan…
Mata memang salah satu anugerah dalam kehidupan, mata sehat perlu perawatan, salah satunya ke KMN Eye Care
Komen Blog fennibungsu.com
Hamimeha mengatakan…
Sempat ngobrolin tentang LASIK dengan suami. Kami berdua pengguna kacamata. Dan bagi kami udah gak bisa lihat jelas juga kalo g pakai kacamata. Dipikir2 kenapa minus kami makin nambah ya. Kayake pakai kacamta tidak cukup mengurangi minus tapi hanya alat bantu.

Wah terus ada LASIK ini sebagai alternatif lain. Aku bacanya jadi mikir2 .tampaknya bisa dipertimbangkan ya dengan catatan saran dokter juga.
Komen Blog fennibungsu.com
Bunsal mengatakan…
Masalah refraksi mata cukup menganggu, apalagi kita yang aktivitas rutinnya sangat mengandalkan sepasang mata. Setelah membaca jenis-jenis kerusakan mata di atas, saya juga mengalami miopi. Makin ketahuan pas ikut tes cek kesehatan perpanjangan Sim C.
Lagi-lagi dari tulisan mbak Fenni di atas, sepertinya memang sudah harus berkacamata.
Biar nyaman dan aman juga pas motoran
Komen Blog fennibungsu.com
Dyah Kusumastuti Utari mengatakan…
Lasik ini bisa mengurangi hingga ukuran minus berapa ya?
biayanya kira-kira berapa ya Kak? sedang cari info biayanya nih
Komen Blog fennibungsu.com
Diah Alsa mengatakan…
perlu dicatat nih bagi yang merasa butuh lasik, nanti kalau udah selesai lasik gak boleh melakukan hal-hal ini ya biar hasil lasiknya bisa cepat pulih.
Komen Blog fennibungsu.com
Ayah Ugi mengatakan…
ALhamdulillah berkat kemajuan teknologi di dunia kesehatan semakin memberikan solusi nyata terhadap masalah kesehatan yang dialami orang, termasuk masalah penglihatan
Komen Blog fennibungsu.com
Windi astuti mengatakan…
Untuk metode lasik ini kira-kira menghabiskan budget berapa ya kak. Buat gambaran terlebih dahulu. Apalagi ini urusannya dengan kesehatan mata.Mau mempertimbangkan dulu
Komen Blog fennibungsu.com
Harianeko.com mengatakan…
Mataku slinder nya makin gede, jadi pngn nyoba lasik kak biar mata sehat lagi.
Komen Blog fennibungsu.com
Irra Octaviany mengatakan…
Sebagai orang yang hidup dengan kacamata sejak kelas 2 SD, hingga sekarang punya mata minus yang besar banget. Pengen deh matanya di Lasik. Harus nabung dulu nih supaya mimpi ini bisa terwujud.
Komen Blog fennibungsu.com
Karunia Sylviany Sambas mengatakan…
Sebenarnya info tentang LASIK ini masih baru banget buat saya, Mba. Btw, kenapa wanita hamil dan menyusui tidak boleh menggunakan metode ini, Mba? Apakah ada dampak serius yang bisa timbul karenanya?
Komen Blog fennibungsu.com
Karunia Sylviany Sambas mengatakan…
Sebenarnya info tentang LASIK ini masih baru banget buat saya, Mba. Btw, kenapa wanita hamil dan menyusui tidak boleh menggunakan metode ini, Mba? Apakah ada dampak serius yang bisa timbul karenanya?
Komen Blog fennibungsu.com
Khairunnisa Z Putri mengatakan…
Asik juga ternyata lasik ini, apalagi untuk yang punya mata minus yang kalo pakai kacamata lensanya harus benar-benar ekstra tebal biar bisa meliat.
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
BCC
BCC
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
MBC
MBC
KSB
KSB
Intellifluence
Intellifluence