Mengenal, Penyebab dan Cara Mengatasi Kapalan

Kapalan. Bukan jari-jari yang sedang mengepal ya. Itu lain lagi hehe. Kapalan mungkin kamu familiar mendengarnya, bahkan sering mencari cara ngilangin kapalan pakai apa. Soalnya memang membuat tidak nyaman kulit. Seperti ada yang mengembung atau timbul.

apa itu kapalan dan apa saja penyebabnya

Merangkum dari berbagai sumber (laman kesehatan), kapalan atau bahasa kerennya adalah kallositas merupakan kondisi kulit yang keras dan menebal. Umumnya terjadi akibat gesekan atau tekanan berulang pada area kulit tertentu. Sehingga menyebabkan kulit memberikan respon dengan membentuk lapisan pelindung yang lebih tebal.

Apa Penyebab Kulit Kapalan?

Kapalan ini bisa terjadi pada telapak kaki, telapak tangan, dan bagian kulit lainnya yang kerap mendapat gesekan berulang. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan kulit menjadi kapalan, yaitu:

  • Penggunaan sepatu yang terlalu ketat, tidak pas, atau aktivitas tertentu yang menempatkan tekanan ekstra pada kulit.

  • Tekanan pada telapak tangan tatkala memegang sesuatu, misalnya memegang sapu, tangkai pel, alat tulis, alat musik gesek, dan sebagainya.

  • Kecenderungan akan genetik sehingga mengembangkan kapalan lebih mudah daripada yang lain. Walau sebenarnya kapalan tidak secara langsung diwariskan dari generasi ke generasi.

  • Berlebihnya kondisi tubuh atau berat badan dapat meningkatkan tekanan pada kaki sehingga menyebabkan pembentukan kapalan.

  • Kurangnya kelembaban pada kulit dapat meningkatkan risiko kapalan.

  • Bertambahnya usia memungkinkan lebih rentan terhadap kapalan karena kondisi kulit yang kering.

cara mengatasi kapalan dengan mudah
dok. freepik

Apa yang Harus Dilakukan Jika Kapalan?

Saat terjadi kapalan pada bagian kulit, perlu diingat bahwa kapalan tidaklah menular. Tidak dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain baik melalui kontak fisik atau penggunaan barang-barang pribadi secara bersama. Sebab bukan disebabkan oleh mikroorganisme penyebab penyakit atau infeksi seperti bakteri, virus, atau jamur. Oleh karena itu, saat ada bagain kulit yang menebal perlu untuk segera mengatasinya, dengan cara:

  • Rendam area kulit yang terkena kapalan dalam air hangat sekitar 10-15 menit. Ini bermanfaat untuk melunakkan kulit dan memudahkan pengelupasan kapalan.

  • Manfaatkan batu apung, atau penggosok kaki untuk melepaskan kulit mati pada kapalan dengan menggosoknya secara perlahan.

  • Pakai pelembap khusus yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit, sekaligus mencegah kapalan muncul kembali.

  • Gunakan krim atau produk pengelupas kapalan umumnya memiliki kandungan asam salisilat atau urea. Ingat, perhatikan cara pakainya ya!

  • Hindari gesekan dan tekanan berlebihan pada area kulit yang rentan terhadap kapalan. Di sini, kamu bisa menggunakan alat pelindung, seperti plester khusus atau bantalan, agar mengurangi tekanan pada area kulit tersebut.

  • Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli dermatologi, karena setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda, dan hasil perawatan dapat bervariasi.

Tips agar Kulit Tidak Kapalan

Untuk menghindari kapalan atau kallositas, kamu dapat mengambil langkah-langkah pencegahannya dengan menggunakan alas kaki yang sesuai ukurannya agar tidak terlalu sempit maupun longgar. Bila perlu, pakai juga kaus kaki yang cocok karena dapat mengurangi kulit terkena gesekan langsung dari alas kaki.

Pastinya kita dalam rutinitas harian akan bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya, maka usahakan agar mengindari berdiri atau berjalan kaki dalam waktu yang lama tanpa jeda istirahat. Beri waktu rehat pada kulit bagian kaki.

Tips terhindar dan cegah kapalan
dok. freepik

Baca Juga Artikel Kesehatan Lainnya:

Rutin melakukan perawatan kaki rutin sebagai upaya mencegah kapalan. Lalu tak lupa, aplikasikan pelembap sehingga kelembapan kulit dapat terjaga dan menghindari kulit kering. Tak lupa perhatikan juga asupan nutrisi yang seimbang guna membantu kulit agar terhidrasi dengan baik. Hindari faktor-faktor risikonya, sehingga kulit kamu bisa bebas dari kapalan. 

29 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
www.kisahsejati.com mengatakan…
Aku baru tahu loh Fen penyebab kapalan itu apa. Dulu aku pernah kapalan di telapak kaki. Hiks, jelek juga kalau pakai sendal terlihat ketebalannya. Untung sekarang udah hilang
Salam: Dennise Sihombing
Komen Blog fennibungsu.com
Annie Nugraha mengatakan…
Perawatan anggota tubuh yang sering terbungkus dan bersentuhan dengan alat berat memang bisa menjadi salah satu penyebab terjadi kapalan. Meski tidak menular, sebaiknya kapalan juga dapat perhatian karena menyebabkan ketidaknyamanan pastinya. Untuk menghindari hal ini memang ada baiknya mengoleskan krim kulit pada tempat-tempat yang rentan tumbuh kapalan. Rutin aja melakukannya setiap akan tidur. Niscaya bisa dihindari.
Komen Blog fennibungsu.com
Awan Marero mengatakan…
Kapalan itu emang tidak nyaman banget, pernah juga aku rasakan pada kaki, dan benar sih kayanya sepatunya yang bikin nggak nyaman, setelah ganti sepatu Alhamdulillah sekarang aman-aman saja.
Komen Blog fennibungsu.com
Lia Yuliani mengatakan…
Kalau masalah kulit saya kering Mba Fen dan kalau kena detergen tertentu saat nyuci biasanya jadi panas dan kemerahan. Berasa nggak cocok mungkin dengan bahan kimia.
Komen Blog fennibungsu.com
Maria G Soemitro mengatakan…
dulu, sewaktu kaki harus berbasah ria, telapak kaki pasti pecah-pecah dan kapalan
sekarang sih tinggal kapalan yang sebetulnya lebih mudah diatasi
Tapi begitulah, kalo sudah duduk lupa berdiri :D
Komen Blog fennibungsu.com
Suci mengatakan…
Aku dong langganan kapalan (nyebelin banget)
Seringnya di telapak tangan kanan (area yang kena mouse komputer)
Udh dikasi salep, digosok pun tetep muncul terus.
Ada stok kayanya di bawah kulit, hahaa

malah sekarang di area jari2 pun jadi muncul :(
Komen Blog fennibungsu.com
DokterTaura mengatakan…
BTW, ini masih misteri ya... mengapa dinamakan kapalan? Padahal bentuknya tidak mirip sama sekali dengan kapal.
Dalan bahasa medis, kapalan sering disebut sebagai callus. Emang sangat menyiksa sih kalau punya callus tuh... Nyeri saat kena tekanan
Komen Blog fennibungsu.com
Emma Malika mengatakan…
Kapalan pada tubuh bikin gak cantik ya, apalagi klo berada di telapak tangan, berasa kasar dan malu untuk berjabat tangan dengan orang lain tapi Alhamdulillah ada solusi ciamiknya nih👍
Komen Blog fennibungsu.com
Enny Mamito mengatakan…
Aku dulu pernah kapalan juga di telapak tangan. Rasanya sangat gak nyaman apalagi kalau digunakan untuk beraktivitas. Antara kesel tapi gemess hihihii
Komen Blog fennibungsu.com
Utie Adnu mengatakan…
Ini aku juga suka kapalan ditangan mba...kalau pas nyapu halan rumah ibuk kan luas banget tuh... Baru tau juga kalau batu alung bisa mengurangi mau coba cari deh mudah2an ada..bener pakai bodycare yg rutin klo aku
Komen Blog fennibungsu.com
Siti Nurjanah mengatakan…
Kendati tidak berbahaya atau tidak menular, nyatanya mengalami kapalan bikin ga nyaman pastinya utk beraktivitas. Ternyata ada beragam hal sederhana yg bisa dilakukan utk mengatasinya, yg cukup mudah dijumpai bahan2nya di keseharian
Komen Blog fennibungsu.com
Dian Restu Agustina mengatakan…
Noted, aplikasikan pelembap untuk hindai kapalan. Sama aku juga merendam ke air hangat 15 menitan biar kulit melunak saat kapalan... efektif ini
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Kapalan pas jaman sekolah dulu sering di jari Karena sering nulis. Sekarang ga pernah nulis pake tangan, ngetik di laptop. Ternyata itu juga bentuk mekanisme tumbuh dalam merespon sebuah kejadian yaa..
Komen Blog fennibungsu.com
Hastin Pratiwi mengatakan…
Wahh.. makasih tips mengatasi kapalannya, Mbak. Aku sering di tangan karena pegang sapu kelamaan. Ternyata harus direndamk air hangat ya biar lembap dulu kulitnya.
Komen Blog fennibungsu.com
Kanianingsih mengatakan…
mkasih kak Fenni tipsnya, memang mengganggu kalau kapalan ga diatasibikin ganyaman berkatifitas
Komen Blog fennibungsu.com
Kyndaerim mengatakan…
Itu gambar yg kedua pasti karena sering naik motor, soalnya telapak tangan kananku kekgitu, wkwk..

Enw, alhamdulillahnya tumit kakiku aman nih kalo di runah, cuman entah kenapa ketuka pulkam, langsung muncul dah tu kapalan, ternyata mrmang bisa dari banyak faktor yah. Jadi, memang kudu konsisten ngerawat sih.
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Aku jadi cek cek lagi nih.. ada bagian yang sedang kapalan gak yaah..
Rasanya lebih nyaman kalau perawatan di bagian yang biasa bekerja terlalu keras dengan tekanan. Ini akan bikin kulit sehat dan gak ada rasa sakit atau bagian kasar seperti kapalan lagi.
Komen Blog fennibungsu.com
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Dulu aku sering kapalan di bagian jari tangan karena sering dipakai untuk menulis waktu SD. Tapi seingatku kapalan yang di tangan itu hilang dengan sendirinya sih kalau sudah jarang nulis
Komen Blog fennibungsu.com
Eka FL mengatakan…
biasanya ibu-ibu punya kapalan di telapak tangan nih atau mata kaki,. nah saya punya kapalan di dua lokasi bagian tubuh itu. kalau dimata kaki karena kebiasaan duduk sila selama menyusui anak-anak dan sekarang kerja depan laptop dengan meja lesehan, hahahaha. Pernah lihat tuh di marketplace ada cream kapalan, mau nyoba tapi belum di CO, hihihi.
Komen Blog fennibungsu.com
Eka FL mengatakan…
biasanya ibu-ibu punya kapalan di telapak tangan nih atau mata kaki,. nah saya punya kapalan di dua lokasi bagian tubuh itu. kalau dimata kaki karena kebiasaan duduk sila selama menyusui anak-anak dan sekarang kerja depan laptop dengan meja lesehan, hahahaha. Pernah lihat tuh di marketplace ada cream kapalan, mau nyoba tapi belum di CO, hihihi.
Komen Blog fennibungsu.com
Han mengatakan…
Aaah bener banget, sejak pindahan rumah tuh beban jadi berat banget karena udah gak ada asisten rumah tangga kwkwkwk. jadi yaudahh, kapalan deh nih kaki, terus aku rutinkan pake pelembab, alhamdulillaaah jauuuh berkurang
Komen Blog fennibungsu.com
Dyah Kusuma mengatakan…
Duh kapalan tuh menyebalkan,pernah kena di kaki, sakit dan mengganggu banget, menghilangkannya juga lama ya ternyata
Komen Blog fennibungsu.com
Didik Purwanto mengatakan…
Aku baru tahu loh ternyata kapalan bisa disembuhin pake cara tertentu. Kirain ya dibiarin aja. Soalnya aku biasanya kubiarin aja sih. Atau pake lotion pelembab yg bs menghaluskan kulit.

Ntar aku coba deh cara2 di atas. Kayaknya ya bs berhasil sih. Tergantung nutrisi dr masing2 kulit kita kali ya kak.
Komen Blog fennibungsu.com
Alley Hardhiani mengatakan…
Wah, baru tahu nih tips menghilangkan kapalan. Bisa dicoba nanti buat kakiku yg ada tanda2 kapalan.
Komen Blog fennibungsu.com
Sabrina mengatakan…
wah pastinya tipsnya bakal bermanfaat banget mba Fen buat orang yang mudah kapalan, biar kapalannya cepat hilang, saya tipikal orang yang kayaknya mudah kapalan kalau bawa belanjaan agak lama atu bawa tas agak lama dan berat, bekasnya suka langsung memerah dan abis itu kayak gumpal kulitnya kasar dan akhirnya bisa kapalan kalau keseringan, atau juga kalau pakai sepatu kelamaan atau keseringan langsung kayak numpuk kulit matinya gitu
Komen Blog fennibungsu.com
fanny_dcatqueen mengatakan…
Aku sempet ngalamin di tangan Mbaaa 🤭😂. Gara2 aku kan rutin angkat beban yaa. Pake dumbell, barbel, kettle bell, dan lama2 itu bikin telapak tangan mengeras. Apalagi kalo beban nya berat 😅.

Untungnya Skr udah ga. Aku atasin pake sarung tangan olahraga yg melindungi telapak, trus rajin aja oles pake hand cream. Alhamdulillah sembuh.


Krn memang yg begini hrs rutin sih pake pelmbab biar kapalannya lembut lagi
Komen Blog fennibungsu.com
Adi mengatakan…
Thanks banget mbak Feni sudah diberi tips untuk mengatasi kapalan. Saya sering kapalan khususnya setelah main tenis atau kerja bakti. Dengan tips ini bisa lebih cepat pulih deh.
Komen Blog fennibungsu.com
sylvianayy mengatakan…
aku pernah juga nih kapalan gara-gara pegang sapu, entah karena kelamaan atau karena jarang pegang sapu terus sekalinya nyapu tanganku kapalan persis seperti di foto itu kapalannya di bawah jari kelingking
Komen Blog fennibungsu.com
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
kalau aku sih udah cuek aja sama kapalan hehe.. cuma kasian kalau liat anak-anak mulai kapalan tuh apalagi anak cewek ya wkwwk.. butuh perawatan nih sejak dini
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
BCC
BCC
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
KSB
KSB