Langsung ke konten utama

BloggerDay: Bukan Sekadar menjadi Blogger ala Kadarnya

Sudah berapa lama jadi blogger? Apa saja sih yang didapatkan sebagai blogger? Memang bisa ya kerja hanya dengan menjadi blogger?

apa itu bloggerday

Mungkin pembaca blog www.fennibungsu.com sudah amat familiar dengan contoh-contoh pertanyaan di atas yang kerap dilontarkan kepada kita seorang blogger. Uniknya adalah ketiga pertanyaan itu pernah saya alami dan diucapkan oleh seorang PIC dari komunitas yang berkaitan dengan dunia kepenulisan. Sebutlah si PIC itu adalah Ibu A, yang memang setelah saya menilik lebih dalam background beliau, kurang mengenal tentang dunia blogging.

Jelang akhir tahun 2023, ada kegiatan di komunitas tersebut untuk berkunjung ke salah satu taman rekreasi di bilangan Jakarta Selatan. Saya dan Ibu A pun berkenalan dan menjadi pertemuan pertama, karena memang komunitas itu sedang berjalan dengan susunan kepengurusan baru. Singkat cerita, ada satu momen yang saya dan Ibu A berjalan beriringan, hingga ketiga pertanyaan itu pun diucapkannya.

Dari cuplikan kisah saya itu, anggapan akan pekerjaan blogger yang istilahnya bisa “menghasilkan cuan” belum setara dengan pekerjaan sebagai karyawan kantoran. Memang kalau ukurannya adalah nominal bulanan, maka akan berbeda, memungkinkan sama, lebih rendah, bahkan bisa jadi lebih tinggi. Akan tetapi, jika ukurannya adalah tentang passion alias bawaan jiwa (ciee), maka jauh berbeda. Mengapa bisa seperti itu?

apa itu bloggerday
Eh ada saya lagi nunduk hehe (dok. Kak Wawa)

Saya dengan Dunia Blogging

Tahun 2018 menjadi momen bersejarah saya untuk bisa terjun mengenal lebih dalam tentang dunia blogging. Walau pada beberapa tahun sebelumnya sudah pernah menulis di blog ini yang waktu itu masih belum TLD (Top Level Domain). Selain di platform ini, saya juga menulis di platform UGC, yaitu Kompasiana. Ketika mengikuti kegiatan Nangkring di Kompasiana, saya pun berkenalan dengan para member di sana dan saling follow-follow akun media sosial. Dari intip-intip profil mereka, disitulah berkenalan dengan Komunitas Blogger Indonesia, yaitu Bloggercrony Community sebagai komunitas blogger pertama yang saya ikuti.

Apakah saya cukup berhenti di situ saja karena kan sudah jadi member Komunitas Blogger Indonesia sehingga menjadi blogger sekadarnya?

Tentu tidak. Tahap untuk terus bertumbuh meningkatkan kualitas diri dengan gali potensi diri harus saya lakukan. Caranya dengan:

Blogwalking a.k.a Saling Mengunjungi Blog Masing-masing

Blogwalking disinyalir dapat meningkatkan Domain Authority pada sebuah blog/web. Hemmm, mungkin ini jadi teknis banget ya hehe. Tenang bahasan ini sudah ada di artikel saya sebelumnya kok, bisa langsung search aja.

Blogwalking di sini, tak hanya bermanfaat untuk kita mendapat wawasan tentang artikel yang sedang dibahas, tetapi juga mendatangkan inspirasi tentang layout dan design dari blog yang kita kunjungi. Semisal ada komponen apa saja yang perlu ada di blog kita, maka bisa ditambahkan agar mendatangkan pengunjung dari berbagai arah.

Jalin Networking

Networking ini adalah koentji keberhasilan. Yups, bila ingin melangkah maju khususnya untuk karier, maka memiliki banyak jejaring alias networking bisa membantu mewujudkannya. Sebagai blogger pun demikian, bisa perluas networking dengan saling follow beragam akun media sosial (termasuk juga akun blog).

Selain itu juga, tatkala hadir di acara yang dihadiri dengan para blogger, jangan lupa untuk saling menebar salam. Pasalnya momen bertemu secara langsung bisa menjadi hal langka, yang mungkin entah bakal kapan lagi akan bertemu kembali. Bahkan juga menjadi momen 4L ketika ternyata di suatu acara isinya adalah si blogger itu lagi-itu lagi, hihi.

apa itu komunitas blogger
tadinya networking gegara blogwalking, lalu akhirnya bisa jumpa hihi (dok. Kak Fionas)

Ikut Pelatihan tentang Blogging

Belajar tentang dunia blogging memang bisa dari mana saja, entah itu dari brand/lembaga, komunitas blogger, melalui media internet (platform youtube/medsos), maupun penyelenggara lainnya. Pasalnya per-blogging-an ini akan terus update, sehingga perlu untuk mengikuti perkembangannya agar kita sebagai blogger tidak tertinggal.

komunitas blogger Indonesia adalah
foto bersama (dok. Kak Andini) 

Hadir di Kegiatan Blogging

Komunitas blogger biasanya kerap mengadakan kegiatan atau acara yang berkesan, baik itu bekerjasama dengan brand untuk promosi suatu produk, maupun dalam acara peringatan hari bersejarah. Ini menjadi momentum untuk blogger dalam mengaktulisasikan diri sambil berkenalan lebih dekat dengan para pengurus dan member lainnya. Pastikan ketika mengikuti acara tersebut, untuk mengikuti aturan dan arahan yang diberikan, seperti datang tepat waktu, menggunakan outfit yang rapi dan ikuti kegiatan hingga selesai.

Kegiatan blogging yang bisa saja dilakukan secara daring maupun luring, sebisa mungkin untuk diikuti oleh blogger. Seperti kegiatan dari Komunitas Bloggercrony Indonesia yang memiliki 5 program serunya, yaitu: BloggerCare, BloggerHangout, BloggerView, BloggerPreneur, dan BloggerDay. Nah..nah, yang bagian akhir itu tuh sesuatu. Iya, BloggerDay menjadi momen seru yang mengesankan yang saya ikuti sebagai BCC Squad alias membernya Bloggercrony Community.

Ya, bayangin aja dong, bisa ketemuan lebih dari 100 blogger dalam satu acara tahunan dari Bloggercrony Community. Keseruannya itu, karena yang datang bukan hanya BCCSquad dari Jabodetabek saja, melainkan juga dari Bandung, Jawa Tengah dan Jawa Timur. BCC Squad dari luar Jabodetabek ini pada roadtrip dengan layanan bus Bluebird. Pastinya menjadi pengalaman menyenangkan dan bisa diandalkan, karena Standar Nyaman Indonesia Bluebird. Hal tersebut terlihat pas kedatangan BCC Squad dari Bandung, Jawa Tengah dan Jawa Timur tersebut saya melihat pada wajah mereka yang semringah dan ceria.

alamat carro Indonesia jual beli mobil bekas
suasana di Carro Indonesia (dok. Fennibungsu.com)

Serunya BloggerDay 2024 di Carro Indonesia

BloggerDay 2024 diselenggarakan pada tanggal 25 Februari 2024 di Carro Indonesia, Jakarta Selatan. Lokasinya terbilang strategis karena masih dapat dijangkau dengan transportasi publik seperti KRL Comutterline (Stasiun Kebayoran), TransJakarta (Halte BRT Kebayoran), dan MRT (stasiun Blok M BCA), dan Mikrotrans (Jaklingko). Nah di Carro Indonesia ini, kita bisa membeli kendaraan roda empat rasa baru maupun menjual mobil (keluaran tahun 2015 ke atas) dengan cara simple yaitu dengan mengunjungi webnya Carro IndonesiaTerus bisa nih booking inspeksi gratis setiap hari hingga pukul 20:00, ataupun mau sambil santai di rumah pun bisa, karena Carro sat-set-sat-set datang dan jemput mobilnya dengan cepat, anti ribet. Kemudian raih pembayaran secara instan.

Kemeriahan acara BloggerDay 2024 dari pagi hingga sore itu, bertabur hadiah dan banyak dukungan dari berbagai pihak, diantaranya yaitu: Carro Indonesia dan co-partners Genie Indonesia, Asuransi MSIG Indonesia, Igloo Insurance, Mega Central Finance/MCF-MAF serta Bluebird Group. Dekorasi ciamik dari Alfa Kreasi Decoration, dan segarnya ngopi bareng Ngafe.in Teras. Hadir pula nih produk lokal BloggerPreneur dari Ummi Doodle, Kamiya Project, Nyi Pede Souvenir, Ayee Deo dan UMKM Malang Demadols, Venzfood, Aira Cake & Cookies.dan Kayis Craft.

apa itu grafologi
Kak Diana Aletheia sedang memaparkan presentasinya (dok. fennibungsu.com)

Tak sampai di situ, para peserta BloggerDay juga mendapatkan insight berkesan tentang Analisis SWOT dan personal melalui tulisan tangan dari Kak Diana Aletheia, SE, CBHA. Lewat tulisan tangan bisa diketahui akan kepribadian atau karakter seseorang. Maka dari itu bisa bermanfaat dalam proses rekrutmen/asesmen, membantu deteksi penyakit, bantu mendeteksi jurusan kuliah maupun pekerjaan.

Baca Juga: Seberapa Asiknya Menulis di Blog

Dari tulisan tangan, ada yang paling sesuatu yaitu untuk mengetahui apa yang menjadi kelemahan dan kelebihan dalam diri. Untuk kita sebagai blogger jadi bisa nih untuk meningkatkan apa dirasa kurang dan terus mempertahankan bahkan gali lebih dalam apa yang lebih dalam diri. Misalnya ternyata kurang dalam menulis niche teknologi, maka bisa coba belajar diarahkan angle menulis tentang yang berbau tekno tapi dari sudut pandang niche yang dikuasai.

harga jual beli mobil bekas carro indonesia
para pengisi acara (dok. fennibungsu.com)

Konklusi

Untuk terus bertumbuh menjadi blogger, tingkatkan kualitas diri dengan gali potensi diri harus dilakukan. Pasalnya pada diri kita yang harus terus menghidupkannya minimal di blog kita sendiri. Konsisten menulis entah itu paid post maupun organik. Dengan begitu, eksistensi blogger tetap hidup, bukan sekadar menjadi blogger hanya karena nama domain saja, melainkan turut berkontribusi untuk grow up ditengah gempuran konten video vertikal. Barakallahu untuk Bloggercrony Community ke 9, semangat bersama untuk tumbuh maju!

Komentar

Haryadi Yansyah mengatakan…
2018 tergolong masih muda usia blognya tapi konsistensi mbak Fenni ini luar biasa. Aku aja udah beberapa kali BW ke sini dan udah langsung notice, "aha ke blog mbak Fenni lagi"

Semoga makin konsisten ya mbak (sambil ngedoain diri sendiri haha), dan semoga Bloggercrony makin kompak dan sering ngumpul biar bisa menyerap energi positig dari teman-teman yang lain.
Komunitas bloggercrony ini aktif banget ngadain acar buat para blogger ya mbak. Jadi pengen nyemplung juga di komunitasnya. Buat belajar dan memperluas jaringan.
Adi mengatakan…
Selamat ya Mbak Fenni bisa mengikuti Blogger Day 2024. Pasti keren banget tuh acaranya. Thanks juga sudah berbagai pengalaman menjadi blogger selama ini. Semoga kita selalu semangat.
Imawan Anshari mengatakan…
Ngeblog ini mengasyikan, pertama karena memang hobi menulis dan tentunya makin senang karena bisa mendapatkan cuan dari blog ya. Dan acara bloggerday tahun 2024 seru banget ya kelihatannya, sayang banget kemarin nggak bisa datang, padahal materinya seru dan bisa kopdar dengan banyak teman blogger ya.
Windi astuti mengatakan…
memantapkan niat untuk terus aktif dalam kegiatan blogging, mengolah rasa dan menambah pengalaman agar jadi blogger yang enggak itu itu saja terus dilakukan. Sill kudu meningkat, aktif di komunitas..dan tentunya nulis , nulis dan nulis.
Annie Nugraha mengatakan…
Gak semua orang paham dengan dunia blogging dan pekerjaan seorang blogger. Kalau saya perhatikan sih, hal ini terjadi sama mereka yang jarang membaca atau menganggap kegiatan membaca dan menulis bukanlah hal penting dalam hidup mereka.

Kalau saya sih gak peduli. Yang penting apa yang saya lakukan (sebagai blogger) adalah kegiatan bermanfaat, tidak merugikan orang lain, dan bisa menjadikan saya mendapatkan banyak pengetahuan tentang banyak hal.
Andrew Pradana mengatakan…
alhamdulillah. Pasti acaranya seru banget. Di Pekanbaru tempat saya tinggal ga banyak bloggernya dan ketika diajak kumpul pasti susah banget. Jadi iriiiiii
Rafahlevi mengatakan…
betul sekali kak Fenny ngeblog kalo ukurannya nominal pendapatan tentu gak apple to apple. tapi ngeblog menghasilkan cuan juga gabisa dianggap sebelah mata. IMHO Jadi blogger yang bisa dijadikan salah satu keran pendapatan juga gak mudah butuh effort, konsistensi, relasi dan skill sesuai tantangan dunia perblogingan. Semangat.
Maria G Soemitro mengatakan…
Wah senangnya bisa ikut Blogger Day bareng Blogger Crony

terakhir mau ikut (dan lolos) tahun 2020 udah siap-siap berangkat eh gak taunya batal karena pandemi

Keren banget ya Blogger Crony setiap tahun mempersatukan ratusan blogger
Suci mengatakan…
Meskipun saya belum banyak menghasilkan cuan dari blog, tapi saya tetap bangga jadi seorang blogger.

Banyak daoat insight baru, temen baru, relasi dan pengalaman berbeda.
Pokoknya seru...

Smoga profesi blogger semakin terdepan, hehee

Eh, Aamiin...
Bambang Irwanto mengatakan…
Seru ya, acaranya Mbak. Bertemu teman-teman blongger, menambah pengalaman dan berbagi cerita. Semakin semangat ngeblognya. Semoga saya bisa ikut tahun depan lagi.
Ila Rizky mengatakan…
Moga makin semangat ngeblognya kak. Kalo jadi blogger bisa kumpul sama temen2 seindonesia, enaknya lagi jadi makin banyak kenalan dan pengalaman baru ya.
GE MAULANI mengatakan…
Wah seru banget nih Mbak Fenny ikut blogger Day 2024 yang bertabur hadiah juga tuh di acaranya ya. Salut sih sama blogger Day dari blogger crony ... soalnya selalu ada tiap tahun dan rangkaian acaranya selalu menarik beda-beda gitu dan beda kota juga tiap tahunnya.
elfanmauludi mengatakan…
Untuk menjadi seorang blogger konsistensi adalah kunci utamanya, karena yang namanya manusia itu pasti ada satu titik kita akan merasa jenuh, dan orang yang bisa bertahan sampai akhir dialah yang akan mendapatkan hasilnya. Saya sendiri sudah menekuni dunia blog sudah cukup lama, dan memang musuh terbesar saya adalah konsistensi, bulan lalu saja (februari 2024) saya cuma sempat posting 1 konten... hehehe...
Matius Teguh Nugroho mengatakan…
Yes, networking itu penting banget buat blogger. Pasalnya, kesempatan dapat job-job besar itu lahir dari networking, hahaha. Soal komparasi dengan karyawan kantoran, memang belum bisa disamakan mbak. Bahkan kalau boleh jujur, buat saya blogger masih belum sepenuhnya bisa disebut "profesi" karena penghasilan dari waktu ke waktu, dari satu blogger ke blogger lainnya, bisa sangat fluktuatif.
Iqbal RA mengatakan…
Keren banget komunitasnya. Kegiatannya juga seru, jadi pengen ikut bergabung juga.
Nita Juwithafina mengatakan…
Suka banget ada temu blogger seperti ini, awalnya ga pede jadi blogger jadi merasa percaya diri bisa bertemu dengan blogger lainnya :)
Dila mengatakan…
Ternyata grup blogger di Indonesia lumayan banyak, dari yang disebutan di artikel ini, saya belum join kayaknya. Btw mengenai kompasiana, pengen nulis di situ, tapi entah kenapa klo nulis sesuatu, merasa sayang banget kalau nggak di post di blog pribadi. Tips donk, tulisan apa aja yg sebaiknya dipos di sana.
Mario Andaru mengatakan…
Sepertinya saya perlu belajar banyak ke Kak Fenni huhu maafkan saya seorang blogger pemula ini. Saya juga masih meraba-raba komunitas blogging, khususnya di Yogyakarta. Aku harap ada event serupa deh di Jogja
Pipit ZL ceritaoryza.com mengatakan…
Aih seru banget sih. SUmpah pengen ikutan juga, apa daya kaki tak sampai, saya mah jauuuuh. Moga next bisa ikutan event kek gini
sarrahgita mengatakan…
Hai mba Fenni, nah, di acara BloggerDay 2024 ini akhirnya aku bisa ketemu langsung face to face sama mba Fenni. Sekali lagi salam kenal yaa.

selama ini aku cuma sering blogwalking aja ke fennibungsu.com tanpa hafal wajah nya. tapi aku hafal banget kl mba Fenni produktif nulis postingan organik.

acung jempol deh!. semoga kita bisa terus produktif dan ga jadi blogger sekadarnya ya hihi
Helmy Satria mengatakan…
Emang harus diakui kalo saya banyak banget dapat keuntungan. Network, uang, dan yang paling penting adalah bagaimana saya menulis.
Dee_Arif mengatakan…
Ah seru banget acara Blogger Day ini
Acara ini memberikan banyak ilmu sekaligus pengalaman berharga buat para blogger ya mbak
Mporatne mengatakan…
Blogger ala kadarnya meski meningkatkan kualitas jadi lebih baik lagi dimasa depan dengan terus menambah ilmu dan prilaku yang baik.
Ainun mengatakan…
seneng banget bisa hadir di offline blogger Day nya Blogger Crony kemarin, aku ga bisa ikutan, padahal pengen sih, mungkin lain kali diusahakan biar bisa ketemuan sama temen temen yang lain
untuk bertahan jadi blogger sampe sekarang memang bener dibutuhkan konsistensi ya, apalagi kalau kita memang suka nulis dan baca, blogging udah kayak obat penyemangat gitu
Putu Felisia mengatakan…
Apakah ada syarat tertentu untuk bergabung dengan Bloggercronny? Bagaimana caranya bergabung dengan Bloggercronny?
lendyagasshi mengatakan…
Keren banget BCC yaa..
Selalu seru kalau uda kumpul sesama blogger. Serangkaian acara pun terasa menjadi penuh makna.

Happy Anniversary, BloggerCrony.
Semoga senantiasa memberikan ruang untuk para blogger bisa belajar dan terus bertumbuh bersama.
Kata Nieke mengatakan…
Menyenangkan ya kalau bisa ngeblog sekaligus networking, ketemu temen baru, dapat ilmu baru. Dan syukur-syukur dapat bonus peluang dan cuan.
Antung apriana mengatakan…
Seru banget ya acara dari blogger crony ini. udah lama aku nggak ikutan acara blogger kayak gini di kotaku entah kapan bakal ada acara buat blogger lagi
Yanti Ani mengatakan…
Seru ya acaranya, sedih nih saya nggak bisa ikut. Tapi saya salut sama Mbak Fenny yang rajin ngeblog, pokoknya kalau ikut blogwalking pasti ada mbak deh. Pertahankan terus semangatnya ya Mbak!
Ning! mengatakan…
Pengen banget mba bisa ikutan acara blogger begini, tapi karena aku tinggal di kampung jadinya nggak memungkinkan ikut, hehe... paling ya ikutan komunitas blogger via virtual aja.