Brunch with Dr. Yovi: Belajar Konsep Sehat, Personality dan Wellness

apa konsep sehat wellness dan personality

Wawasan tentang diet ternyata bukan hanya sekadar bagaimana agar diri bisa kurus semata, atau mendapatkan berat tubuh sesuai keinginan. Ini bisa disimpulkan adalah ukrannya hanya tentang bentuk tubuh. Padahal bisa lebih luas dari tentang fisik saja. 

Untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Tak hanya soal fisik tetapi juga psikis-nya. Makanya, senang banget saya bisa berkesempatan untuk hadir di Y CLINIC dalam acara yang bertajuk Brunch with Dr. Yovi Yoanita bersama Female Digiest, karena ada hal menarik yang bisa kamu simak juga nih. 

Kaitan Diet, Personality dan Wellness

Untuk diet-nya sendiri, pastinya kita sudah familiar tentang pengaturan pola makan. Macam-macamnya pun banyak. Hanya saja, penerapan dietnya kerap tidak mengaitkan dengan personality dan wellness. Padahal kesehatan itu cerminan dari gaya hidup kita. Serta wellness itu antara mind body and soul.

siapa dokter Yovi Yoanita Y Clinic

1. Ini Umumnya Alasan Diet 

Kebanyakan alasan orang ingin diet karena tidak nyaman dengan bentuk tubuhnya bisa karena pasca melahirkan, mau ada acara, “Akhirnya saya berdiet.”

Dengan cara mengurangi porsi makanan, adalah cara diet yang paling mudah. Padahal diet itu sebenarnya mengatur ulang apa yang kita masukkan ke dalam badan. Namun ada yang tidak bisa bertahan dengan hal itu, sehingga balik ke semula yang menyebabkan berat tubuhnya naik lagi. 

2. Personality dalam Mengenali Tubuh Sendiri

Pernah dengar ungkapan, “Biar gemuk asal sehat?”

Sebenarnya, gemuk itu sudah pertanda adanya gangguan pada tubuh. Begitu juga pada bagian otak orang yang overweight memiliki masalah. 

Maka dari itu pentingnya mengenali bentuk tubuh sendiri. Apalagi bentuk tubuh manusia itu sangat unik, sehingga tidak bisa digambarkan dalam 1 kata saja. Minimal kita bisa tahu, tubuh kita itu yang seperti apa. 

“Kita ini adalah aset untuk tubuh kita sendiri. Maka dimulailah dari kita lebih dulu.” Pesan dr. Yovi. 

3. Wellness

Wellness adalah harmoni secara keseluruhan antara tubuh, jiwa, dan pikiran. 

“Sebab tubuh itu bukan hanya sekadar body saja, tetapi juga semua yang tergabung dan bagaimana kita dapat meningkatkan semuanya untuk menjadi pribadi yang bahagia, lebih sehat, dan lebih berguna.” Terang dr. Yovi.

Ketika tubuh mengalami masalah, misalnya berat tubuh yang belum ideal, maka bisa menghadapinya dengan mudah dan ringan. 

Nah, saat konsep wellness + personality + ingin melakukan diet, kita sudah dapat menyadari tentang kondisi tubuh sendiri kekurangannya di mana, kelebihannya di mana, dan memahami akan sinyal badan saat terjadi sesuatu hal misalnya berat tubuh naik karena emosi meningkat. 

coaching game Points of you itu apa

Segmen Points of You

Pada segmen berikutnya, kami mendapat Asesmen Pengembangan Kepribadian ditinjau dari sisi kesehatan dengan menggunakan media "Point of You"

Points of You, adalah coaching game yang mengesankan dengan tools-nya berupa kartu foto, kartu pertanyaan, dan kartu kata. Nah di sini, terdapat foto baik berwarna atau hitam putih disertai kata-kata.  

Kami pun mendapat tantangan untuk mengambil 1 kartu Points of You, dan menjawab pertanyaan: "Apa emosi dan penyebab saya memiliki nafsu makan seperti sekarang ini?" 

Eh ternyata, saya dapatnya learning atau pembelajaran. 

Dimana memang saya masih terus belajar untuk menemukan makanan yang tepat biar gak salah makan nanti bikin mules padahal enak, tetapi juga rajin makan belum bisa bikin bb ideal. 

Soalnya pagi sebelum ke lokasi Y CLINIC, saya itu sebenarnya udah 4x bolak balik ke toilet untuk BAB huhu. Setelah diingat-ingat, ah iya juga saya makannya kurang tepat, karena makan nangka goreng balado cukup banyak dengan gulai daun singkong, yang mana kedua jenis makanan ini membuat saya doyan makan sekaligus bikin lancar BAB. 

Jadilah, saya memang harus pandai-pandai dalam memilah makanan. Jangan hanya karena melihat itu adalah makanan kesukaan, eh ngambilnya berlebihan hihi. 

Pada segmen ini menjadi segmen yang tak kalah seru, karena saya mendengarkan jawaban dari teman-teman atau ada yang kurang paham dengan kartu yang mereka pilih. Nah, untuk segmen Points of You ini, ternyata bagian dari program Wellness dari Y CLINIC, yaitu Personal Life Design.

Sekilas tentang Y CLINIC

Y Clinic merupakan pusat kesehatan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, dengan memiliki dua program yaitu:

1. Wellness

Wellnees di sini adalah menggabungkan tujuh dimensi kesejahteraan menjadi cara hidup yang berkualitas. Nah kesehatan itu merupakan kemampuan untuk menjalani hidup secara maksimal dan memaksimalkan potensi pribadi dalam berbagai cara, seperti Ozone Therapy, Infus and inject vitamin, akupunktur, slimming treatment, Brain wave, dan Personal Life Design seperti yang dipraktekkan kepada kami.

alamat Y Clinic dan transportasi menuju Y Clinic Bintaro

2. Aesthetic

Aesthetic ini sebagai langkah mewujudkan keinginan lara kaum hawa tentang pelayanan perawatan kecantikan yang menunjang penampilan, dengan treatmentnya adalah facial, acne treatment, rejuve treatment, v-shape treatment dan nail art.

Hadir pada tahun 2022, lokasi klinik ini berada di Ruko Kebayoran Arcade 1 yang bisa dijangkau dari Stasiun Jurangmangu sekitar 5-6 menit. YClinic terdiri dari 3 lantai, dengan memiliki 4 ruang tindakan, 2 ruang konsultasi. Sedangkan untuk dokternya, terdiri dari Therapist, Akupunktur, dan dokter estetik. Buka mulai pukul 10 pagi hingga setengah 6 sore pada hari Senin hingga Jumat, lalu pada hari Sabtu hanya sampai pukul 4 sore. Sedangkan pada hari Ahad dan tanggal merah libur. 

biografi dokter Yovi yoanita praktisi wellness

Sekilas tentang dr. Yovi Yoanita M. kes gizi FAARM ABRAAM

dr. Yovi Yoanita M. kes gizi FAARM ABRAAM adalah praktisi wellness, dokter sekaligus dosen di Universitas Parahyangan fakultas kedokteran umum, serta sudah menerbitkan buku Conscious Diet. Khusus mengenai bukunya saya bahas terpisah, di artikel resensi buku Conscious Diet ini. 

Dokter yang acap kali menjadi narasumber dan membagikan informasi kesehatan di media sosial ini, bahwa kesehatan itu tidak melulu merawat tentang fisik dan estetik saja, tetapi juga ke bagian mental. 

“Kesehatan itu adalah cerminan dari gaya hidup kita sendiri". dr. Yovi Yoanita M. kes gizi FAARM ABRAAM.
apa itu BDB Slender dari dokter Yovi Yoanita

Dokter Yovi pun membuat suplemen BDB Slender yang memiliki manfaat untuk melancarkan konstipasi, mengontrol kadar gula dalam darah, dan menghancurkan lemak. Cara minum produk yang terdaftar di BPOM ini adalah 1 kapsul setelah makan malam. Untuk saya tidak bisa mengonsumsi ini sering-sering, sehubungan memang kondisi berat badan yang skiny, jadi tidak dianjurkan. Namun, bagi kamu yang sedang menurunkan berat badan, bisa mencoba suplemen ini. 

Penutup

Sebelum acara ditutup, kami santap makanan sehat dari Eat Alinea. Meski ini makanan untuk diet, rasanya tetap ada. Namun, tidak yang berlebihan dari unsur garam, dan tingkat kepedasan. Sehingga mantul juga ini sebagai pilihan makanan diet sehat. 

apa saja contoh makanan sehat
(kiri): foto cover bagian depan. (kanan): sudah hampir sepertiganya saya makan hehehe, dan rasanya enak

Selain itu, pada saat acara belum dimulai ada presentasi dari perwakilan Radiant Group yang menerangkan tentang probiotik (bakterinya) dan prebiotik (makanannya). Nah terdapat produk Kyo-dophilus 9 yaitu kombinasi probiotik dengan enzim, dan ada juga Kyo-dophilus Multi 9 yang murni probiotik. Dua pilihan yang oke karena non-GMO yaitu produk yang budidayanya tanpa menggunakan rekayasa genetika tetapi alami. 

apa itu probiotik dan prebiotik

Nah, ada satu momen yang ciamik menurut saya, ketika dr Yovi menyampaikan, bahwa pentingnya kita menentukan apa yang menjadi goals ke depan. Ini penting dalam merancang program untuk otak kita dalam menentukan arah. Nanti ketahuan apa yang jadi hambatannya. 

Misalnya nih, si A ingin punya berat tubuh 55kg dari yang semula adalah 85kg, maka buat mindset bahwa ia bisa mendapatkan tubuh seperti keinginannya dengan kuncian memahami tubuhnya lalu terapkan konsep pola hidup sehat (khususnya pola makan yang tepat), dan kelola stres.

bagaimana konsep wellness diterapkan dalam kehidupan sehari-hari

Pola pikir dan realita yang adakalanya tidak seirama, maka memerlukan keseimbangan antara tiga hal yaitu estetik, mental dan fisik. Dengan begitu, pola pikir sehat dengan berat tubuh ideal dan mental yang sehat bisa terjaga. 

47 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
Keke Naima mengatakan…
Probiotik banyak banget manfaatnya, ya. Memang bagus sih buat pencernaan. Jadi kalau mau diet berhasil memang pencernaan juga sebaiknya tetap sehat.
Komen Blog fennibungsu.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Umumnya kita memang akan makan lebih banyak kalau dapat makanan favorit. Padahal, udah kenyang. Tapi ya masuk aja gitu. hehehe
Komen Blog fennibungsu.com
Diaz Bela mengatakan…
Wah seru sekali ya acaranya mba.. selain mendapatkan materi, secara nggak langsung juga mempraktekan apa itu wellness yaa..
Komen Blog fennibungsu.com
Müzeyyen Salik mengatakan…
Kalo aku sendiri keinginan diet ada, tapi kurang konsisten. Biasanya sih nafsu makan meningkat kalo setress. Klo sudah gitu, males ngapa-ngapain tapi banyak ngemil.
Komen Blog fennibungsu.com
vita mengatakan…
Mbak, aku galfok dengan nangka goreng balado. Sepertinya enak. Ini beliatau bikin sendiri, Mbak? Btw setuju banget bahwa kesehatan adalah cerminan dari gaya hidup kita sendiri selama ini. Masyaallah, acaranya keren.
Komen Blog fennibungsu.com
AlineaLala mengatakan…
Menarik dan edukatif banget. Sangat salut sama dokter yang bisa sedemikian rupa menjabarkan terkait diet. Jadi diet nya beneran all out dan sesuai dengan kaidah kesehatan. Eventnya sangat intimate, ilmu yang di sharing pun sangat mendetail ya. Sesi makan siang nya, melihat menu yang tersaji gak berasa lagi diet ya, namun memang makanan sehat pastinya baik buat tubuh. Keren banget semoga next bisa ikut hadir ke acaranya 😇
Komen Blog fennibungsu.com
Yonal Regen mengatakan…
Whah senangnya dapat ilmu tentang diet dari ahlinya langsung. Kalau belajar dari sumbernya InsyaAllah ga bakalan salah kaprah ya menerapkan diet yang sesuai porsinya
Komen Blog fennibungsu.com
Alfida Husna mengatakan…
Bener banget mbaaa, diet itu bukan soal mengurangi makanan tapi apa yang kita masukkan ke dalam tubuh. Ini ngurangin nasi tapi masih makan gorengan banyak yaa gimana. Susah banget ngatur gorengan ini, huhu.
Komen Blog fennibungsu.com
Irrya Lucita mengatakan…
Konsistensi dalam berdiet ini yang sulit buatku.Senang ngemil juga, apa lagi kalau lagi banyak kerjaan ngemilnya jadi banyak.
Komen Blog fennibungsu.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Urusan diet memang berkaitan dengan menurutkan berat badan, agar mendapatkan kembali tubuh ideal. Tapi ini juga perlu proses. bagaimana kita mengurangi porsi makan, namun tetap mendapatkan gizi yang cukup dan seimbang. Dan ini butuh program yang benar. Jangan sampai diet secara ekstrem dan merugikan tubuh sendiri.
Komen Blog fennibungsu.com
Didik Purwanto mengatakan…
Benar banget kak. Tubuh kita tuh aset. Kalo bagus dan berfungsi dgn baik, tentu utk beraktivitas pun normal. Kalo sakit, ya kita bakal terkendala.

Makanya penting bgt menjaga kesehatan tubuh kita dgb baik. Selain asupan nutrisi, jangan lupakan olahraga ya.
Komen Blog fennibungsu.com
Bunda Saladin mengatakan…
Kalau mau diet emang kudu konsultasi ke dokter ya karena ahlinya. Alhamdulillah Kak Fənni bisa konsultasi langsung ke dokter dan mendapat ilmu dari beliau.

Daku juga mau diet nih biar balik ke size M.
Komen Blog fennibungsu.com
Dian Restu Agustina mengatakan…
Setujuuu, penting untuk menetapkan goals dulu. Jadi terarah rencana kita dan bisa antisipasi hambatannya, agat tertanam mindset lalu ikuti dengan pola hidup sehat dan kelola stres. Yes!!
Komen Blog fennibungsu.com
Tukang jalan jajan mengatakan…
seru banget sih ini evennya yah. Kesehatan, personality, dan wellness adalah tiga pilar penting untuk menjalani hidup yang bahagia dan memuaskan. Dengan memahami hubungan antara ketiga hal ini dan menerapkan anjuran di atas, kita dapat meningkatkan kualitas hidup kita secara keseluruhan.
Komen Blog fennibungsu.com
HendraDigital mengatakan…
Hemmmm, soal pilih memilih makanan memang cukup penting diperhatikan ya, apalagi kalau usianya udah kepala 4, makan pedes dikit aja langsung moncrot, wkwkwkwkwk..... Ah bagi-bagi atuh nangka goreng baladonya.

Wah asyik banget sih bisa datang ke acara penuh manfaat ini. Bisa dapat info kesehatan langsung dari sumbernya. Udah gitu bisa icip-icip makanan sehatnya pula
Komen Blog fennibungsu.com
Putu Felisia mengatakan…
Saya setuju kalau sehat bukan cuma sekadar kurus atau mencapai body goals tertentu karena sehat itu sepaket antara body and soul juga.
Komen Blog fennibungsu.com
Ade UFi mengatakan…
Bener banget. Emang kalau mau diet itu kayak orang mau ibadah. Kudu dipaksain awalnya, nanti setelah terbiasa, maka tubuh akan menyesuaikan dengan pola makan diet kita. Saya udah ngalamin turun 20kg selama 6 bulan. Butuh 15kg lagi utk sampai di Bb ideal.. Huhuhu.. Tapi niat blm kekumpul jd masih stuck di angka sebelumnya.. Huhuhu
Komen Blog fennibungsu.com
Molzania mengatakan…
diet itu sebaiknya seumur hidup. ubah pola hidup dan mindsetnya, jgn lupa makan2an bergizi juga.
Komen Blog fennibungsu.com
Andiyani Achmad mengatakan…
wah diet, aku udah over banget nih mba, tapi pengen diet yang gampang, lah mana ada yak, tapi beneran harus diniatin banget dan dijalani dengan enjoy jangan sampai bikin stres
Komen Blog fennibungsu.com
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Wah kalau kliniknya begini jadi nyaman ya mau konsultasi atau diet nggak usah khawatir terlalu ketat atau gimana
Komen Blog fennibungsu.com
Wiwin Pratiwanggini mengatakan…
Gemuk adalah pertanda ada gangguan. Waduhh.. saya jadi mulai berpikir. Abisnya 2 tahun terakhir ini saya merasa badan kian berat. Harus mikir untuk diet ini, jangan sampai keterusan.
Komen Blog fennibungsu.com
Dee_Arif mengatakan…
Wah, senangnya bisa ikutan acara bermanfaat seperti ini
Bisa tahu cara diet yang benar langsung dari ahlinya ya
Komen Blog fennibungsu.com
Ria Nugroho mengatakan…
selama ini saya diet mengurangi porsi makan, salah yaa ternyata ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan.Setuju deh sama perkataan dokternya yang bilang kesehatan adalan cerminan dari gaya hidup kita, memang benar sih kalau gaya hidup kita teratur dan sehat tentu kesehatan kita juga terjaga
Komen Blog fennibungsu.com
Luluk Sobari mengatakan…
Gak papa gemuk, asal sejat. Itu yang selalu dilontarkan para tetua. Mungkin ini masuk toxic positivity kali ya. Saya tahu mereka tidak ingin merasa buruk karena gemuk. Tapi, pas sudah dewasa kayak gini, saya ya paham, gemuk itu tidak identik dengan sehat. Kalau mau sehat ya harus ideal berat tubuhnya.
Komen Blog fennibungsu.com
hani mengatakan…
Wah Mbak...bagi-bagi nangka goreng baladonya. Kayak apa tuh? Tahunya nangka goreng aja sih. Itupun jarang nemu...
Aku langsung kepoin dong BDB Slender-nya. Mau nyoba ah...
Aku memang dianjurkan dokter nurunin BB ~ 8kg. Ini baru turun 2 kg trus stuck...hiks...
Komen Blog fennibungsu.com
Sabrina mengatakan…
acaranya seru dan sangat bermanfaat banget pastinya ya Mba Fen apalagi bahasannya adalah soal kesehatan sangat useful pastinya. Mengingat bahasannya tidak hanya sehat dari makanan tetapi juga sehat dari mentalnya juga, pastinya acaranya sangat bermanfaat
Komen Blog fennibungsu.com
Akarui Cha mengatakan…
Nah lho, malahan kalau gemuk itu pertanda tubuh sebenarnya sudah mengalami gangguan akan sesuatu yang memang harus ditangani dengan diet yang memadukan soal alasan kenapa bisa gemuk, dan secara personalnya kita juga nih. Apalagi ternyata diet itu nggak bermakna ya cuma mengurangi makan saja, tapi memperhatikan hal-hal pendukung lainnya demi bisa punya berat badan ideal dan tetap sehat.
Komen Blog fennibungsu.com
Filza Halwa mengatakan…
Setuju nih, selama ini diet dianggap sebagai usaha menurunkan berat badan dengan mengurangi porsi makan. Padahal ya harus dikontrol apa aja yang masuk ke dalam tubuh kita. Pengelolaan setres juga bergantung pada diet, dan masih banyak yang belum tau. Banyak juga yang diet, eh pas badmood makaaan mulu. Sama aja dong.
Komen Blog fennibungsu.com
Nurul Mutiara R.A mengatakan…
Iya mbak, bener banget. Kalau gemuk udah over, itu sebenarnya warning bagi tubuh agar tidak over konsumsi. Cuma belum banyak orang yg aware mengenai itu.
Komen Blog fennibungsu.com
Dyah Kusuma mengatakan…
Menarik banget acaranya mbak, banyak edukasinya ya, mbak itu kalau mau beli suplemen nya dimana ya? Saya tuh bermasalah banget di pencernaan, selain metabolisme tubuh yang lambat, saya juga sering sembelit
Hal ini yang membuat badan saya mudah gemuk
Komen Blog fennibungsu.com
Eka FL mengatakan…
jadi inget pertama kali diet tujuannya emang buat nurunin BB, berhasil turun tapi naik lagi ketika stop. bener sih, mau diet itu harus tahu tubuh sendiri. terbukti dengan diet lemak yang pernah saya jalani ketika mau operasi batu empedu.
Komen Blog fennibungsu.com
gemaulani mengatakan…
Bener sih kak setuju, diet itu memamg tentang memilah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dan gak ada orang gemuk yang sehat. Yang sehat ya yang badannya ideal. Ohnah, saya juga kadang2 makan makanan kesukaan secara berlebihan, akhirnya malah diare kayak kakaknya ehehe.
Komen Blog fennibungsu.com
Kyndaerim mengatakan…
Haha cukup tertampar nih masalah perdietan. Tapi yg terpenting memang balik ke konsisten itu sendiri dan tentang kwsehatan kita.
Komen Blog fennibungsu.com
Irra Octaviany mengatakan…
Mengetahui sinyal tubuh itu penting sebelum melaksanakan diet. Alhamdulillah beberapa bulan terakhir aku konsisten defisit kalori dan bisa turun 7,5 kg. Semenjak fokus berdiet, badan jadi lebih enteng, pikiran jadi lebih jernih.
Komen Blog fennibungsu.com
Faktanya memang banyak orang yang diet itu karena pengin kurus, terus main diet aja tanpa tau dulu apa saja yang harus dia kurangi atau lebih cepatnya dengan mengonsumsi obat tanpa konsultasi pada ahlinya. Ini tuh menarik acaranya karena kita jadi lebih tau ya apa yang dilakukan ketika ingin berdiet secara sehat.
Komen Blog fennibungsu.com
Jiah Al Jafara mengatakan…
Ah begitu ya

Aku udah ada niat buat diet, tapi ya belum terlaksana. Kudu ngenyeimbangin kesehatan jiwa juga nih biar makin semangat dan ada hasilnya
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Selama ini goals terbesarku hanya BB dibawah 45.
Karena aku gak tinggi-tinggi banget, means mungils.. jadi gak bisa kalau terlalu gemuk. Apalagi buat yang pipinya duluan ketauan gembilnya.
Huhuhu.. memang kesadaran akan pola makan, olahraga serta pola pikir ini kudu ditanamnkan secara kuat.
Komen Blog fennibungsu.com
momtraveler mengatakan…
Eventnya menarik banget sih mak banyak banget ilmu yg bisa diambil ya. Memang kalo diet paling bagus konsul ke dokter ya. Selama ni aku ngasal aja kalo diet pantws aja selalu gagal dna malah berujung sakit. Sekarang ni aku lebih nata pola makan aja ngurangin gula dan karbo tujuannya supaya sehat aja
Komen Blog fennibungsu.com
Ida Raihan mengatakan…
Kalo ingin sehat memang harus berani dan mau memperhatikan detail yang bisa membawa pada kesehatan ya.
Komen Blog fennibungsu.com
Nova Violita mengatakan…
Ntah kenapa belum bisa konsisten padahal pengen nurunin 5 kg aja..., pikirannya belum jernih nih,,,
Komen Blog fennibungsu.com
Nova Violita mengatakan…
kadang sukakesel sendiri karena gak bisa konsisten, padahal cuma nurunin 5 kg aja. ajaaa..?? 5 kg banyak ya..., pengaruh diusia juga gak sih kenapa susah turunin Bb
Komen Blog fennibungsu.com
duniaeni.com mengatakan…
Aku nih kalau makan agak susah, tapi sistem pencernaanku tuh kurang bagus karena bab jarang, memang butuh juga prebiotik ya. Selama ini aku asup yogurt biar membantu sih, semoga bisa ikhtiar biar bisa asup yang sehat terus
Komen Blog fennibungsu.com
Ria Rochma mengatakan…
Aku pernah dengar, kalau mau diet, kita harusnya bukan hanya sekedar alasan ingin kurus. Tapi sebutkan beberapa juga alasan tentang kesehatan mental
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Jadi inget pas di drama The Atypical Family.
Kakanya Gwi-ju yang awalnya model, tus jadi obes karena kepikiran mengenai masa depannya.
Ternyata alarm tubuh tuh bisa menemukan kenyamanan di makanan sehingga jadi out of control gitu yaa..
Komen Blog fennibungsu.com
Syarifani Mulyana mengatakan…
Bener banget Mba. Diet itu sangat erat kaitannya sama pola pikir.
Mau udah punya keinginan buat kurus, kurangi makan ini itu tapi kalau pola pikirnya bergejolak dan tersiksa ya sulit.
Yang ada malah stress.
Pengalaman temen yang ikut program diet sultan belasan juta, memang bener turun selama program. Tapi setelah program selesai berat badan dia balik lagi ke angka awal. Katanya, emang dasarnya suka makan. Ya emang susah diet kalau ngga sejalan sama pola pikir
Komen Blog fennibungsu.com
Nunung Yuni Anggraeni mengatakan…
Waah sepertinya saya membutuhkan BDB slander ini. Soalnya lagi butuh suplemen untuk menjaga kandungan gula darah sekaligus menghancurkan lemak. Kebetulan kolesterol juga lagi tinggi.
Komen Blog fennibungsu.com
Nunung Yuni Anggraeni mengatakan…
Waah bagus banget ya suplemen dari bu dokter ini. Bisa menjaga gula darah sampai menghancurkan lemak. Kebetulan lagi butuh suplemen semacam ini.
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
BCC
BCC
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
MBC
MBC
KSB
KSB
Intellifluence
Intellifluence