BAGAIMANAKAH PERAN UNDERWRITER DALAM DUNIA ASURANSI?

Fenni Bungsu (Finance) - Hai.. Hai..
Jumpa lagi dengan saya yang akan membahas seputar asuransi.. Kali ini mengenai salah satu bagian atau posisi di asuransi, yaitu underwriter.



Peran organisasi dalam sebuah bidang usaha, pasti memiliki andil besar agar roda perusahaan terus berputar dan berkesinambungan. Dari organisasi tersebut biasanya terdiri dari tim kerja yang bertanggung jawab dengan tugas atau jobdesk masing-masing. Begitupula halnya dalam dunia asuransi, dimana salah satu posisi ini, yaitu underwriting memiliki tugas penting yang dapat dikatakan dua arah yaitu untuk perusahaan asuransi dan nasabah. Untuk itulah saya akan mengajak kamu sekalian untuk berkenalan dengan  underwriter dalam dunia asuransi.

Image from : pixabay




Siapakah Underwriter?
Bila kamu sebagai tertanggung mengajukan klaim asuransi (baik asuransi jiwa atau kesehatan), ada tim kerja yang disebut dengan underwriter yang akan menganalisa atau menguji kelayakan calon nasabah apakah klaim tersebut :

  • Disetujui untuk mendapatkan perlindungan dari penanggung (asuransi). 
  • Ditolak, yang bisa saja disebabkan karena adanya riwayat kesehatan atau kondisi yang bermasalah. 
  • Ditangguhkan, misalnya masih dibutuhkan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut, yang kemudian akan diputuskan selanjutnya. 
  • Pemberlakuan pengecualian pada perlindungan penyakit kritis.


Peran Underwriter 
Peran underwriter amat penting pada bidang asuransi. Sebab penilaian atau analisa yang dilakukan, tentu akan terkait pada berbagai pihak, seperti tertanggung (calon nasabah), penanggung (perusahaan asuransi), dan agen asuransi.

Ada lima poin yang menjadi bahan pertimbangan underwriter terhadap klaim yang diajukan, yaitu :

  • Riwayat medis yang dialami oleh calon nasabah. 
  • Jenis kelamin dan usia 
  • Gaya hidup dapat memengaruhi kesehatan, sehingga menjadi salah satu poin dari penilaian underwriter. 
  • Finansial yang maksudnya adalah mengambil manfaat asuransi bukan karena ada hal-hal yang terselubung.  
  • Pekerjaan

Dengan memahami adanya peran penting underwriter dalam asuransi, calon nasabah dapat mengetahui bila klaim yang diajukan belum atau tidak sesuai dengan harapan. Bukan itu saja, antisipasi pun juga bisa dilakukan calon nasabah agar analisa yang dilakukan oleh underwriter memberikan hasil yang diinginkan yaitu disetujuinya klaim yang diajukan.

Nah semoga bermanfaat yah...
Sampai jumpa pada bahasan selanjutnya di Blog yang #KetjeCiee ini...
Tetap #SemangatCiee

Sumber artikel : futuready.com

Komentar

Vita Pusvitasari mengatakan…
Aku juga ikut asuransi dari kantor suamiku
Kania Safitri mengatakan…
Wah baru tau ternyata penting banget peran underwriter dalam asuransi.
Nchie Hanie mengatakan…
Peranan yang penting banget nih underwriter asuransi
Sapa Dunia mengatakan…
Ternyata di dunia asuransi ada istilah underwriter.
Anitamayaa mengatakan…
aku juga baru tahu ada peran underwriter begini. terimakasih untuk informasi pentingnya..
urmila utami karmani mengatakan…
bagus banget nih kak, lmu aku jd bertambah.. aku kira underwritter itu yg nulis tp gaketahuan 😆
windhu mengatakan…
Underwriter berperan banget ya untuk memutuskan diterima atau ditolaknya sebuah klaim asuransi. Untuk jadi underwiter biasanya lulusan apa kakak? tks
Marga Apsari mengatakan…
Waah, info baru nih seputar dunia asuransi. Terima kasih sudah sharing yaah :D
Atisatya Arifin mengatakan…
Wah baru tahu ada profesi underwriter asuransi. Ternyata peranannya penting ya. Kebetulan ibuku agen asuransi nanti coba tanya-tanya ibu aah soal ini. Jadi penasaran deh..
Fenni Bungsu mengatakan…
Keren Mbak, asuransi penting yah.
Fenni Bungsu mengatakan…
Semoga bermanfaat
Fenni Bungsu mengatakan…
Ada pak..semoga bermanfaat
Fenni Bungsu mengatakan…
Terima kasih pula untuk kunjungannya kak
Fenni Bungsu mengatakan…
Semacam ghost writer dong mbak , hehehe
Fenni Bungsu mengatakan…
Biasanya sarjana teknik atau matematika, mbak.
Fenni Bungsu mengatakan…
Terima kasih pula untuk kunjungannya
Fenni Bungsu mengatakan…
Boleh-boleh..nanti sharing juga yah mbak
Nunik Utami mengatakan…
Aku juga baru tahu ada profesi khusus underwriter asuransi.
Yayat mengatakan…
ooo baru tau ada underwriter asuransi...
Selamet Hariadi mengatakan…
baru tahu ada peran underwriter ya...
pewe mengatakan…
kalau BPJS gak ada underwriter-nya yah?
aku baru tau ini kalau ada underwriter, makasih ya mbak infonya
Helenamantra mengatakan…
Iya ya banyak pertimbangan sebelum klaim disetujui. Underwriter itu semacam verifikator gitu kali ya
Kurnia amelia mengatakan…
Aku baru tau tentang underwriter asuransi..ternta teada toh.
Sadewi mengatakan…
Aku dan keluarga sudah ikut asuransi dari kantor pak suami dan memang benar kalau asuransi itu penting
Natara mengatakan…
Sekarang kan banyak tuh asuransi yang ga pake syarat macam macam, itu kira kira peran underwriter masih ada ga ya...?
aurabiru mengatakan…
Jujur saja, saya dlu ikut asuransi krn dibilang kalau klaimnya gampang, dan sejauh ikut memang gampang krn sesuai dengan prosedur. Ternyata ada yng khusus menganalisa ya
Caroline Adenan mengatakan…
Aku baru tau namanya ada bagian underwritter di asuransi.
Yunita Tresnawati mengatakan…
Aku baru tau ada profesi underwriter di bidang asuransi, dan ternyata penting banget. Makasih infonya Mba
Reh Atemalem mengatakan…
Baru tau ada profesi yang namanya underwriter.
Kukira ini dulu namanya analis. :)
Fenni Bungsu mengatakan…
Bisa dibilang begitu mbak
Fenni Bungsu mengatakan…
Iya, Mbak..
Makanya klaim dan pengurusan gampang, karena ada yang dibelakang layar, hehehe
Fenni Bungsu mengatakan…
underwriter kan ada di asuransi
lita chan lai mengatakan…
aku pun baru tahu...makasi infonya.
kabar cendekia mengatakan…
apakah ada pendidikan khusus bagi seorang underwriter kak?
Tukang jalan jajan mengatakan…
tim penilai memang penting bagi pemberi jaminan dan nasabah jadi bisa diperhitungkan nilai yang harus dibayarkan supaya semua nyaman
Elva Susanti mengatakan…
Baru tau tentang underwriter mbak, duh saya kurang up-date��. Thank's banget infonya. Peran underwriter ternyata penting sekali ya.