Munculnya Satu Kasus Virus H7N4 di China

Fenni Bungsu (Health)- Kembali jumpa dengan saya yang akan membahas tentang penyakit flu. Berikut pembahasannya.


1. Tentang Penyakit Flu

Penyakit flu dapat menyerang siapa saja, tak memandang apapun usianya, pekerjaannya maupun di mana tempat tinggalnya. Penularannya pun demikian cepat, terutama bila kondisi sedang tidak fit, udara yang telah tercemar oleh virus flu, ataupun adanya kontak dengan hewan yang terinfeksi penyakit flu.

Illustrator by pixabay


Flu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti penyakit menular pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus.

Flu yang datang menyerang, ditandai dengan gejala seperti sakit kepala, panas dingin, bersin, hidung meler. Hal tersebut tidak menyenangkan terutama saat melakukan rutinitas seperti sedang belajar, ataupun bekerja di kantor. Untuk itu, penanganan cepat dilakukan baik dengan minum obat hingga memeriksakan diri ke dokter.


Macam-macam virus flu yang berkembang, contohnya seperti :
  • Virus H1N1 yaitu flu babi yang menjadi pandemi di tahun 2009. Dari virus ini dilaporkan bahwa ada 27.737 kasus influenza (H1N1) dari 74 negara. Di Indonesia sendiri terapat 86 kasus flu babi yang terjadi pada bulan Juli 2009. 
  • Virus H5N1 merupakan penyebab penyakit flu burung yang banyak menyerang spesies vertebrata, termasuk manusia. 
  • Virus H7N9, merupakan penyakit flu burung yang merebak di tahun 2013. Dikutip dari laman Bisnis.com, bahwa sejak 2013, setidaknya 600 orang meninggal di Negeri Panda (China-Pen) dan lebih dari 1.500 orang sakit karena virus flu H7N9.
  • Virus H7N4 yang juga merupakan penyakit flu burung.



2. Virus H7N4 Penyakit Flu Burung

Dilansir dari laman WHO, pada tanggal 14 Februari 2018, Komisi Kesehatan dan Keluarga Berencana Nasional (NHFPC) China memberi tahu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tentang satu kasus infeksi manusia dengan virus avian influenza A (H7N4). Ini adalah kasus manusia pertama dari infeksi flu burung A (H7N4) yang dilaporkan ke seluruh dunia.

Pada laporan tersebut disampaikan bahwa seorang pasien yang berada di Provinsi Jiangsu, China, terinfeksi virus H7N4. Pasien terpapar unggas hidup sebelum timbulnya gejala. Sementara pada keluarga dekat pasien, tidak tampak mempunyai keadaan yang sama ketika pemantauan medis. Sejauh ini baru satu kasus yang terdeteksi.

3. Akibat dari Virus H7N4
Penyakit flu yang disebabkan dari virus H7 mengakibatkan adanya gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas dan peradangan selaput lendir pada kelopak mata (konjungtivitis). Hal tersebut tentu membuat tidak nyaman saat bernapas, dan kondisi tubuh menurun disertai demam.

Ilustrasi by pixabay



4. Cara Mengatasi dan Menghindari dari Virus H7N4

Serangan virus H7N4 di tahun ini baru ditemukan satu kasus. Oleh karena itu, pembiasaan untuk memeriksakan dengan cepat ke layanan kesehatan amat diharapkan ketika gejala flu menyerang. Tujuannya, agar penanganan bisa cepat dilakukan. 
WHO pun menyarankan agar masyarakat sebisa mungkin menghindari lingkungan yang memiliki risiko tinggi terkontaminasi kotoran unggas. Membiasakan diri untuk menjaga kesehatan dengan selalu mencuci tangan.


Dengan adanya kebiasaan baik dalam hal kebersihan, tentu tidak akan mudah dihinggapi penyakit. Selain itu, jaga pula kesehatan tubuh, misalnya melalui asupan makanan dengan gizi seimbang. Teratur pada pola makan diperlukan. Jangan sampai yang tadinya ingin menghindari satu penyakit, justru malah timbul penyakit lain karena pengaturan pola makan yang tidak sesuai.





Referensi :
  • Aplikasi (Play Store) Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima
  • Human Infection with Avian Influenza A(H7N4) Virus - China - WHO
  • Wikipedia
  • Hello Sehat
  • Bisnis.com


Komentar

  1. Ya Allah mba begitu banyak jenis virus flu.. jujur ini bikin sedikit takut. takut menjangkit ke keluarga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. He em..
      Harus waspada dan jangan lupa jaga kesehatan

      Hapus
  2. mudah2an sehat terus yaaaa, duh serem ya sekarang kasus virus flu terus menyebar hiks

    BalasHapus
  3. Semanngat ciee..kalo slalu apdet baca blog feni. Yakinlah senantiasa mendapat informasi akan jenis2 penyakit yg patut diwaspadai

    BalasHapus
  4. Intinya di mata pun kita berada untuk bisa menjaga kesehatan harus tetap membiasakan sesuatu yang baik sehingga penyakit tidak mudah menyerang ke tubuh kita

    BalasHapus
  5. Semoga kasus ini cepet selesai dan tidak merebak kemana mana, soalnya inget kasus flu burung dulu. seluruh dunia jadi heboh banget

    BalasHapus
  6. Flu itu seperti penyakit dangkal ya, padahal ternyata begitu banyak juga jenis dan bahayanya

    Semoga setelah ini semakin banyak yg lebih aware terhadap flu

    BalasHapus
  7. Flu ini sebenernya nyeremin ya. Gampang banget bermutasi. Bisa jadi, lama-lama bakal ada jenis viru flu yang baru. Semoga kita sehat-sehat terus ya...

    BalasHapus
  8. Serem ya...padahal kita tau ny flu ya pilek ,ternyata ada bermacsn2 virus flu ya dan berbahaya .semoga bisa di atasi

    BalasHapus
  9. Saya awal-awal puasa kemarin terserang flu dan batuk, sungguh tidak enak bangat rasanya, semoga kita semua bisa lebih baik lagi dalam menjaga kesehatan kita agar terhindar dari virus flu.

    BalasHapus
  10. Orang2 harus di edukasi nih tata cara bersin atau batuk juga biar ga nular ke yang lain.

    BalasHapus
  11. Aku kalau denger flu burung dan nama2 virus flu lainnya udah mumet, apalagi liat tayangan berita tv :(
    Makanya dulu anak2 kuvaksin influenza semua mbak...

    BalasHapus
  12. Kelihatannya si cuma flu. Tapi ternyata bisa jadi gejala yang lain yang bahkan penyakit berbahaya ya. Jadi harus waspada juga nih.

    BalasHapus
  13. Bahaya banget ternyata ya Mba virus H7N4 ini. Baru tahu ini virus. Good information banget mba.

    BalasHapus
  14. Mesti benar-benar dalam menjaga stamina dan kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit flu yang mematikan ini.

    BalasHapus
  15. gara-gara flu burung ini, pernah banget takut makan segala macam unggas. Yang pasti virus memang susah untuk ditanggulangi. tetep jaga sehat selalu

    BalasHapus
  16. Jadi inget wabah flu burung dl, menggemparkan banget. merugikan petani, memakan banyak korban. bahkan sampe sempat menghindari unggas plus menghindari makan unggas jugaaaa.. huhuhu. Alhamdulillah sekarang udah lebih mendingan yaaaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Maaf, untuk yang komentar dengan menyelipkan link maupun alamat web, saya hapus 🙏

Postingan populer dari blog ini

Awasi Teknologi Nuklir, BAPETEN Siap Lindungi Negeri

Pilih Paket Umroh Sesuai Pilihan di Umrohnesia

Trans Jakarta Gratis 6, 7 dan 13 Oktober 2018

Smartphone Lenovo K9 Menjawab 5 Hal ini

Dompet Dhuafa Siap Gelorakan Semangat Menjawab Panggilan Zaman

Enam Hal Wajib Kita Ketahui Soal Susu Kental Manis

#TempatNMakanan Edisi Awal Oktober 2018